cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA" : 12 Documents clear
ANALISIS BELAJAR MANDIRI MAHASISWA MELALUI TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER (ANALISIS PENERAPAN KKNI DAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER) Ishaq, Ishaq; Rufaidah, Salwa
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.149 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v15i1.9412

Abstract

Berdasarkan hasil analisis capaian pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah aplikasi komputer sesuai hasil revitalisasi kurikulum, ditemukan ketidaksesuaian materi ajar serta tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa sesuai dengan sitematika yang dituliskan dalam RPS. Terlihat pula hasil evaluasi pembelajaran yang belum maksimal, proses pembelajaran yang tidak interaktif, serta tidak terlihat kreativitas mahasiswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran sebagai sebuah proses pendidikan selalu mengupayakan terciptanya pembelajaran yang bersifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa. Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut adalah memberikan kesempatan belajar mandiri dengan tugas terstruktur. Dari hasil analisis data penelitian, ditunjukkan bahwa pada saat diterapkan metode pembelajaran pertama, yaitu pembelajaran yang diawali dengan pemberian kajian teoritis dalam bentuk tatap muka, kemudian pemberian tugas terstruktur, mahasiswa melaksanakan pembelajaran mandiri, mengerjakan tugas, melakukan kegiatan praktik pada pertemuan selanjutnya, dan diakhiri dengan kajian teori untuk pertemuan selanjutnya. Adapun perlakuan berbeda dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran kedua, yaitu mengawali pembelajaran dengan pemberian kajian teoritis, melakukan kegiatan praktik, pemberian tugas, belajar mandiri, dan mengerjakan tugas. Perbedaan penerapan metode pembelajaran tersebut memperlihatkan perbedaan perolehan skor rata-rata, dimana mahasiswa yang melaksanakan metode pembelajaran pertama memperoleh skor rata-rata sebesar 70,15 dan mahasiswa yang melaksanakan metode pembelajaran kedua memperoleh skor rata-rata sebesar 60,05. Penelitian ini menghasilkan luaran berupa prototipe metode pembelajaran tugas terstruktur yang menjamin terlaksananya pembelajaran efektif dan efisien dalam kelas, baik pada saat mahasiswa melaksanakan pembelajaran secara mandiri maupun berkelompok yang dapat menjadi tolok ukur capaian pembelajaran yang telah ditetapkan sesuai dengan RPS.
EFEKTIVITAS PENERAPAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN SAINS BERORIENTASI INQUIRY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 13 MAKASSAR Destalina, Destalina; Ali, Muhammad Sidin; Palloan, Pariabti
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.218 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v15i1.9405

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian true experiment dengan desain posttest only control design yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik antara kelas yang diajar dengan pembelajaran discovery learning dengan kelas yang diajar menggunakan pembelajaran langsung. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 1 dan XI IPA 4 di SMA Negeri 13 Makassar semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor pemahaman konsep kedua kelas tersebut berada pada kategori tinggi. Selain itu, varians dan standar deviasi dari kelas eksperimen diperoleh 7,46 dan 2,73 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 12,63 dan 3,55. Hal ini menunjukkan bahwa sebaran data kelas kontrol lebih besar dibandingkan kelas eksperimen. Hasil analisis inferensial parametrik, diperoleh bahwa rata-rata skor hasil tes pemahaman konsep fisika yang diajar menggunakan model discovery learning lebih besar dari pada rata-rata skor hasil tes pemahaman konsep fisika yang diajar menggunakan pembelajaran langsung. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran sains berorientasi inquiry lebih efektif dibandingkan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 13 Makassar.
ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN BAKAR HIGH SPEED DIESEL (HSD) DAN MARINE FUEL OIL (MFO) TERHADAP PARAMETER TITIK UTAMA SIKLUS KERJA DAN PERFORMA MESIN DIESEL MITSUBISHI MAN TYPE 18V52/55A Padilla, Nur; Subaer, Subaer; Muris, Muris
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.742 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v15i1.9402

Abstract

Analisis Penggunaan Bahan Bakar High Speed Diesel (HSD) dan Marine Fuel Oil (MFO) Terhadap Parameter Titik Utama Siklus Kerja dan Performa Mesin Diesel Mitsubishi Man Type 18V52/55A. Penelitian ini dilaksanakan di PT. PLN (Persero) Sulselrabar yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan bakar jenis HSD dan MFO terhadap parameter titik utama siklus kerja dan performa mesin diesel Mitsubishi MAN type 18V52/55A. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data sekunder berupa spesifikasi mesin dan jam operasi mesin selama bulan September dan oktober. Hasil pengolahan data diperoleh dengan menggunakan program Microsoft Office Excel. Pada bagian pertama disajikan data hasil perhitungan parameter termodinamika di titik-titik utama siklus kerja mesin. Pada bagian kedua disajikan data hasil perhitungan parameter kinerja mesin. Hasil pengolahan data perhitungan parameter termodinamika di titik-titik utama siklus kerja mesin diesel saat menggunakan bahan bakar HSD dan MFO menunjukan bahwa, setiap peningkatan 1 oK suhu dan atau 1 kg/cm2 tekanan pada tiap satu titik utama siklus akan diikuti dengan peningkatan pada titik lainnya demikian pula sebaliknya. Hasil perhitungan parameter kinerja mesin diesel berbahan bakar HSD dan MFO menunjukan, perolehan Daya Indikator (Ni) dan Daya Efektif (Ne) bahan bakar MFO lebih tinggi yaitu 3244,7064 PS dan 2758,0004 PS dibandingkan dengan HSD yang memiliki Daya Indikator (Ni) 3078,079 PS dan Daya Efektif (Ne) 2616,367 PS. Hal ini menandakan bahwa daya mesin yang dihasilkan mesin saat menggunakan bahan bakar MFO lebih tinggi dibandingkan saat menggunakan HSD. Terlihat pula bahwa penggunaan bahan bakar lebih besar saat mesin beroperasi menggunakan bahan bakar HSD disbanding saat menggunakan MFO. Dengan demikian, performa mesin saat menggunakan bahan bakar MFO lebih baik daripada saat menggunakan bahan bakar HSD.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) LUAR KELAS BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS XI MIPA SMAN 8 MAROS Azmarita, Triya; Helmi, Helmi; Azis, Aisyah
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.176 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v15i1.9410

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas lembar kerja peserta didik (LKPD) luar kelas berbasis kontekstual untuk meningkatkan literasi sains peserta didik XI MIPA SMAN 8 Maros. LKPD luar kelas berbasis kontekstual untuk meningkatkan literasi sains yang dirancang berbasis kontekstual merujuk pada kearifan lokal di Maros dengan objek “Bakul Maulid” adalah perangkat pembelajaran dalam melakukan penugasan berupa penguatan konsep fisika diluar kelas yang menuntun peserta didik agar dapat mengaplikasikan materi fisika yang telah di ajarkan di kelas dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) luar kelas BerbasisKontekstual dirancang dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil validasi pakar diperoleh nilai koefisien r yaitu 1 berdasarkan analisis Gregory yang menunjukkan valid untuk digunakan. Hasil persepsi guru terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) luar kelas berbasis kontekstual untuk meningkatkan literasi sains diperoleh rata-rata persentase untuk setiap aspek adalah 66,6 % yang menunjukkan bahwa guru setuju artinya guru memberi respon positif terhadap LKPD. Hasil persepsi peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) luar kelas berbasis kontekstual untuk meningkatkan literasi sains diperoleh rata-rata persentase untuk setiap aspek adalah 83,4% yang menunjukkan bahwa peserta didik sangat setuju terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKPD. Hasil test awal sebelum diuji cobakan LKPD luar kelas berbasis kontekstual untuk meningkatkan literasi sainspeserta didik dalam dimensi sikap sangatlah rendah. Hasil test akhir setelah dilakukan uji coba LKPD luar kelas berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan literasi sains menunjukkan terdapat
ANALISIS KESESUAIAN KOMPETENSI DASAR DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH Sahriani Sahriani; Subaer Subaer; Aisyah Azis
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.187 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v15i2.11031

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian kompetensi dasar dengan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 21 Makassar. Data hasil penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi partisipan dan wawancara selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis diperoleh dari 11 kompetensi dasar materi fisika kelas X dengan 31 kali pertemuan terdapat 29 kali pertemuan yang dapat menggunakan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari fase-1 yaitu orientasi siswa kepada masalah.
ANALISIS DISTRIBUSI SPASIAL DAN TEMPORAL SEISMOTEKTONIK BERDASARKAN NILAI B-VALUE DENGAN MENGGUNAKAN METODE LIKELIHOOD DI PULAU JAWA Linda, Linda; Ihsan, Nasrul; Palloan, Paribati
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.124 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v15i1.9403

Abstract

Abstrak. Analisis Distribusi Spasial Dan Temporal Seismotektonik Berdasarkan Nilai B-Value Dengan Menggunakan Metode Likelihood Di Pulau Jawa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui distribusi spasial dan temporal seismotektonik wilayah Pulau Jawa. Data gempa diperoleh dari 2 katalog ISC (interntional seismological centre) GCMT (global centroid moment tensor) dan LIPI dari tahun 1935-2014. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis distribusi spasial seismotektonik yang didasarkan pada nilai-b, dan nilai-a, serta analisis distribusi temporal seismotektonik yang didasarkan pada variasi nilai-b terhadap waktu. Metode yang digunakan dalam menentukan nilai-b adalah metode Likelihood dengan bantuan software Zmap. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa daerah perairan Provinsi DKI Jakarta dan Banten dan sekitarnya adalah daerah yang berpeluang besar untuk terjadinya gempa bumi dengan magnitude besar dan perulangan kejadian gempa bumi dalam interval waktu yang cepat. Sebaliknya, Provinsi Jawa Timur dan sekitarnya adalah daerah dengan peluang yang sangat kecil untuk terjadinya gempabumi dengan magnitude yang besar dan perulangan kejadian gempa bumi dalam interval waktu yang relatif lama. Pola distribusi temporal seismotektonik (distribusi nilai-b terhadap waktu) menunjukkan bahwa, nilai-b menurun secara drastis ketika akan terjadi gempa bumi dengan magnitude yang besar dan interval waktu antar kejadian sangat cepat.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI SMA. NEGERI 1 PANGKAJENE Subaer, Muammar; Sari, Salamang Salmia; Jasaruddin, Jasaruddin
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (779.039 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v15i1.9404

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian untuk hasil belajar fisika berdasarkan kurikulum 2013 dalam ranah kognitif untuk siswa kelas XI yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan dengan tahapan yaitu persiapan spesifikasi tes, penulisan soal tes, validasi teoretis, uji coba empiris, analisis item, peningkatan instrumen dan perakitan instrumen. Subjek pengujian instrumen adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 1 Pangkajene. Instrumen tes yang dikembangkan dapat mengukur ranah kognitif, yaitu mengingat, memahami, menerapkan, dan menganalisis. Terdiri dari 19 indikator yang dikembangkan dari 4 kompetensi dasar. Validasi teoretis oleh dua ahli menghasilkan koefisien validasi konten sebesar 0,87 sehingga dinyatakan bahwa instrumen tersebut valid dalam hal konten. Hasil validasi empiris menunjukkan bahwa ada 36 item yang valid dalam materi, Elastisitas dan Hukum Hooke, Rotasi Dynamics, Cairan Statis dan Cairan Dinamis. Kriteria hasil pengujian menunjukkan reliabilitas instrumen adalah 0,662. Kesimpulannya, instrumen tes hasil belajar kognitif dikembangkan secara empiris valid dan reliabel.
KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 24 BONE Thahir, Fauziah; Herman, Herman; Khaeruddin, Khaeruddin
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.897 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v15i1.9407

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pembelajaran fisika di SMA Negeri 24 Bone dengan subjek yaitu sebanyak dua orang guru fisika. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data diperoleh bahwa RPP yang dikembangkan oleh guru tidak menyeluruh mencakup untuk keseluruhan komponen-komponen RPP, LKPD yang dikembangkan oleh guru tidak mencirikan untuk lembar kerja untuk mendukung kegiatan saintifik, lembar evaluasi yang dikembangkan guru tidak pernah di terapkan dikelas saat proses pembelajaran, sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah tidak sesuai dengan apa yang tercantum pada RPP. Pelaksanaan pembelajaran guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mencoba, mengasosiasi / menalar, dan mengkomunikasikan 5M.
PEMODELAN SEBARAN POLUTAN UDARA AKIBAT AKTIVITAS PLTD TELLO KOTA MAKASSAR MENGGUNAKAN MODEL DISPERSI GAUSS Aslim, Muhammad Arief Fitrah Istiyanto
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.334 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v15i1.9473

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model sebaran polutan udara dan memprakirakan konsentrasi polutan yang diakibatkan oleh aktivitas PLTD Tello Kota Makassar. Sebaran polutan dimodelkan menggunakan program Matlab dengan batasan wilayah sebaran sejauh 3000 meter dari sumber polutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi maksimum CO yang terbesar dihasilkan pada bulan September hingga Desember dengan nilai konsentrasi sebesar 9,5 μg/m3 untuk siang hari yang terletak sejauh 900 meter dari sumber polutan, sedangkan pada malam hari dari bulan Agustus hingga Desember dengan nilai konsentrasi sebesar 5,3 μg/m3 yang terletak sejauh 2900 meter dari sumber polutan. Polutan pada malam hari terdispersi lebih jauh dengan konsentrasi maksimum yang lebih kecil dibanding siang hari dikarenakan stabilitas atmosfer pada malam hari lebih stabil sehingga menyebabkan polutan terdispersi secara lebih jauh dan lebih merata. Stabilitas atmosfer pada malam hari di tahun 2017 umumnya netral dan sedikit stabil, sedangkan pada siang hari umumnya tidak stabil dan sedikit tidak stabil.
DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS EKSPERIMEN PADA MATERI FISIKA KELAS X SEMESTER GENAP Dewi, Eva Septiana; Arsyad, Muhammad; Khaeruddin, Khaeruddin
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.737 KB) | DOI: 10.35580/jspf.v15i1.9406

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan tujuan 1). untuk mengevaluasi validitas lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen; 2). untuk mendeskripsikan penilaian guru terhadap lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen; 3). untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen; 4). untuk mensintesis efektifitas penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah responden terdiri dari 6 orang guru fisika yang berasal dari 5 sekolah berbeda yang ada di kabupaten Luwu Timur dan peserta didik SMAN 3 Luwu Timur kelas X bejumlah 25 orang pada tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan: (1) lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen dikatakan valid terlihat dari nilai validitas konten yang diperoleh adalah 1. (2) persentase respon guru terhadap lembar kerja peserta didik berbasis eksperimen diperoleh 89.9%. (3) persentase persepsi peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik diperoleh 83,7%. (4) efektivitas penggunaan LKPD dikatakan efektif terlihat pada ketuntasan belajar peserta didik telah mencapai kriteria ketuntasan minimum.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 3 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 1 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 2 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 3 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 2 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 1 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 3 (2019): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 2 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 3 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 1 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 13, No 3 (2017): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 3 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 2 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 1 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 3 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 2 (2015): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 11, No 1 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 10, No 3 (2014) Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 3 (2012) Vol 8, No 3 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 1 (2012) Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011) Vol 7, No 1 (2011) Vol 7, No 1 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA More Issue