cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA" : 12 Documents clear
PENERAPAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 10 PINRANG M. Cakmar, Sri mulyani Indrawati; Nurhayati, Nurhayati; Yani, Ahmad
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i3.28991

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui deskripsi hasil belajar fisika peserta didik setelah diterapkannya blended learning  pada SMA Negeri 10 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah pra experimen. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran blended learning. Pada strategi blended learning dilakukan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi zoom metting berbantuan whatsapp dan pembelajaran luring menggunakan metode kelompok kerja yang berlangsung pada semester genap. Setelah diterapkan blended learning maka diberikan instrumen tes pada ranah kognitif untuk mengetahui skor hasil belajar peserta didik yang mengikuti strategi pembelajaran blended learning. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 yang telah memenuhi kriteria dalam penelitian yang berjumlah 25 orang peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk skor terendah, skor tertinggi, skor rata-rata, standar deviasi, varians. Hasil analisis deskriptif diperoleh skor terendah 11, skor tertinggi 26, skor rata-rata 20,2, standar deviasi 3,9 dan varians 14.5. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar fisika siswa SMAN 10 Pinrang setelah diterapkannya blended learning berada pada kategori tinggi.
MONITORING KANDUNGAN CO2 BERBASIS IOT DENGAN NODEMCU ESP8266 DAN SENSOR MQ135 Rochmania, Alven; Sucahyo, Imam; Yantidewi, Meta
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i3.30634

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui cara kerja alat monitoring kandungan CO2 di udara berbasis Internet of Things. Penelitian dimulai pada bulan November di dua daerah yang berbeda yaitu Panekan Kabupaten Magetan dan di Ketintang Kota Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen yang dilakukan dengan menggunakan alat monitoring kandungan CO2 yang dibangun yang kemudian dibandingkan dengan alat pembanding yaitu “Air Quality Detector” yang dapat mendeteksi kandungan CO2 juga. Berdasarkan percobaan yang dilakukan alat monitoring kandungan CO2 yang dibangun menghasilkan nilai rata-rata sensor berturut-turut 549.18 ppm dan 666.29 ppm serta pada alat pembanding berturut-turut 523.75 ppm dan 658.75 ppm. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alat yang dirancang mampu mendeteksi kadar CO2 yang ada di udara baik di daerah pedesaan maupun perkotaan. Alat monitoring yang dibangun memiliki taraf ketelitian 99.32% di daerah pedesaan dan 99.86% saat alat digunakan untuk memonitoring kandungan CO2 di daerah perkotaan. Hasil pembacaan ini dapat tertampil pada Smartphone yang telah terpasang aplikasi monitoring kualitas udara.   
ANALISIS HASIL BELAJAR YANG DIAJAR MENGGUNAKAN SIMULASI PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 8 LUWU TIMUR Bunga, Suharti; Khaeruddin, Khaeruddin; Yani, Ahmad
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i3.15716

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain one-shot case study. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar hasil belajar fisika peserta didik melalui penggunaan Simulasi PhET di SMA Negeri 8 Luwu Timur. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar fisika peserta didik setelah diajar menggunakan Simulasi PhET, subjek penelitian menggunakan kelas XI IPA 2. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda hasil belajar pada ranah kognitif. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata sebesar 18.13 berada pada kategori sedang. Tabel distribusi frekuensi menunjukkan pembelajaran fisika secara keseluruhan peserta didik sebesar 3,3% berada pada kategori sangat tinggi, 43,3% berada pada kategori tinggi, 50,0% berada pada kategori sedang, dan 3.3% berada pada kategori rendah. Kata Kunci : simulasi PhET, teori kinetik gas, hasil belajar
PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PhET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 9 MAKASSAR Tullah, Hidayat; Azis, Aisyah; Helmi, Helmi
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i3.29289

Abstract

Penerapan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology) terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMAN 9 Makassar. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hj. Aisyah Aziz, dan Helmi). Penelitian dengan jenis pre experiment dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan pengetahuan dan keterampilan terhadap hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media pembelajaran simulasi PhET serta ada tidaknya perbedaan diantara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. yang menjadi objek dalam penelitian ini berjumlah 32 peserta didik dari populasi. Sebelum di berikan pembelajaran siswa terlebih dahulu diberikan pre-test untuk mengetahuan kemampuan awal. Setelah proses pembelajaran kelas diberikan post-test kemudian didapat bahwa skor hasil belajar fisika  peserta didik mengalami perubahan yang signifikan 
KARAKTERISTIK GUA KELELAWAR DI KAWASAN KARST RAMMANG-RAMMANG MAROS TN BANTIMURUNG BULUSARAUNG Sambolangi, Arise; Arsyad, Muhamad; Tiwow, Vistarani Arini
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i3.30657

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang karakteristik gua di Kawasan Karst Rammang-Rammang Maros. Karst Rammang-Rammang Maros yang masih alami, memicu kelelawar bersarang di salah satu gua di Kawasan Karst Rammamg-Rammang Maros, warga sekitar menamai gua tersebut sebagai Gua Kelelawar, dikarenakan kelelawar yang hidup di dalam gua. Saat ini, penelitian mengenai karakteristik gua masih jarang dilakukan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mngetahui karakterisik Gua Kelelawar di Kawasan Karst Rammang-Rammang Maros. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik Gua Kelelawar. Pengambilan  data  karakteristik  Gua Kelelawar dengan  ng  berupa  pengamatan  langsung  dan  mengunakan  data  sekunder.Dari hasil penelitian didapatkan karakteristik kawasan Wisata Gua meliputi sungai temperatur, intensitas cahaya, kelembaban, flora dan fauna gua serta keberadaan ornamen gua. Beberapa jenis fauna yang ditemukan di dalam gua yakni kelelawar, dan  kera. Sedangkan flora yang ditemukan yaitu berupa tumbuhan lumut, keberadaannya menandakan di dalam gua tersebut memiliki intensitas cahaya dan temperatur rendah, serta kelembaban yang tinggi. Selain lumut, ditemukan ada beberapa pohon dan rumput-rumput liar di sekitar gua. Beberapa ornamen gua yang dapat dilihat seperti stalaktit, dan Pilar.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 MAKASSAR Alfiani, Ayunita
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i3.16008

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimental Design dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap minat belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Makassar. Sampel pada penelitian ini yaitu XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur minat belajar peserta didik dalam penelitian ini menggunakan angket. Statistik deskriptif menunjukan skor rata-rata minat belajar pada kelas eksperimen eksperimen sebesar 89,69 dengan standar deviasi 12,37, sedangkan pada kelas kontrol skor rata-rata minat belajar peserta didik sebesar 80,85 dengan standar deviasi 10,22. Hasil uji hipotesis dengan uji-t pada taraf siginifikan  = 0,05 diperoleh  thitung = 3,00  dan ttabel = 1,99. Karena ttabel < thitung, maka hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yaitu pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri  mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Makassar. Abstract.This research is a True Experimental Design with Posttest Only Control Group Design. This research aims to determine the effect of the inquiry learning model on students' interest in learning physics class XI SMA Negeri 3 Makassar. The subjects in this study were XI MIPA 4 as the experimental class and XI MIPA 3 as the control class. To measure students' interest in learning in this study was a questionnaire.  Statistics descriptive shows the average score of learning interest in the experimental class was 89.69 with standard deviasi 12,37, while in the control class the average score of students' learning interest was 80.85 with standard deviasi 10,22. The results of hypothesis testing with t-test of the taraf significance   = 0,05 obtained tvalue = 3.00 and ttable = 1.99. Because ttable < tvalue, this indicates that H0 is rejected and H1 is accepted, namely learning with inquiry learning models has a positive effect on the students' interest in learning physics in class XI SMA Negeri 3 Makassar.
ANALISIS KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 MAKASSAR Ishaq, Iin Mulyani; Khaeruddin, Khaeruddin; Usman, Usman
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i3.29781

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berargumentasi dalam pembelajaran fisika  peserta didik SMA Negeri 8 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA  SMA Negeri 8  Makassar semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subyek penelitian sebanyak 36 orang yang berasal dari kelas XI MIPA 4, XI MIPA 5 dan XI MIPA 6. Data kemampuan berargumentasi peserta didik diperoleh dari hasil tes kemampuan berargumentasi yang mengukur beberapa aspek yakni, klaim, data, pembenaran dan dukungan. Hasil dari penelitian ini  menunjukkan kemampuan berargumentasi peserta didik untuk setiap aspek berada pada kategori cukup untuk aspek klaim, kategori kurang untuk  aspek data dan  aspek pembenaran, serta kategori sangat kurang untuk aspek dukungan, dengan secara keseluruhan kemampuan berargumentasi peserta didik SMA Negeri 8 Makassar berada pada kategori kurang. Hal ini disebabkan karena tidak maksimalnya jawaban yang diberikan oleh peserta didik yang disebabkan beberapa faktor diantaranya kurangnya pemahaman konsep fisika, bentuk soal yang tidak familiar dan terdapat beberapa nomor soal yang tidak dijawab oleh peserta didik.  
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA MATERI FISIKA SISWA KELAS VII SMP Bahri, Syamsul
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i3.25610

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul penerapan model Problem Basede Learning (PBL) terhadap kemampuan kognitif pada materi (Fisika) siswa kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif siswa sebelum dan setelah menerapkan model PBL. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan One Group Pretest- Postest yang termasuk ke dalam jenis penelitian pre-experiment.  Penelitian ini melibatkan 30 siswa sebagai sampel penelitian dari 54 populasi. Pengmabilan sampel dilakukan berdasarkan purpossive sampling dengan dasar menetapkan siswa yang tingaal jauh dari sekolah tidak termasuk dalam sampel. Dengan menggunakan instrumen kognitif sebanyak 15 butir soal yang telah valid dengan nilai r =0,432 atau lebih besar dari 0,344 menunjukkan hasil penelitian bahwa rerata kemampuan kognitif siswa sebelum diterapkan model PBL adalah sebesar 41,11 pada kategori sangat rendah dan belum mencapai KKM sebesar 60, setelah diterapkan model PBL menunjukkan rerata kemampuan kognitif siswa sebesar 66,67 pada kategori sedang dan mencapai nilai KKM sebesar 60. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif secara signifikan sebelum dan setelah penerapan model PBL pada materi FISIKA kelas VII di UPTD SPF SMP Negeri 4 Liliriaja.
PENENTUAN KOEFISIEN TUMBUKAN MENGGUNAKAN APLIKASI PHYPOX Liwun, Katarina Boleng; Ecing, Fransiska Yosdi; Pora, Elisabeth Montesia; Astro, Richardo Barry; Ika, Yasinta Embu
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i3.26878

Abstract

Peristiwa tumbukan lenting sebagian merupakan salah satu fenomena fisika yang terjadi dalam waktu yang singkat sehingga untuk mendapatkan data kecepatan benda sebelum dan setelah tumbukan, diperlukan perangkat yang mampu merekam gejala tersebut dengan ketelitian tinggi. Penelitian ini menggunakan aplikasi phypox yang terinstal dalam smartphone sebagai alat ukur eksperimen. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui nilai koefisien restitusi benda (kelereng) pada tiga permukaan yaitu permukaan keramik, permukaan lantai semen dan permukaan kayu. Penelitian dilakukan dengan menjatuhkan kelereng dari ketinggian 30 cm. Pengukuran dilakukan sebanyak 5 kali untuk mendapatkan hasil yang akurat. Data hasil percobaan ini berupa nilai ketinggian pantulan benda. Berdasarkan nilai tinggi pantulan benda diperoleh koefisien tumbukan kelereng terhadap permukaan keramik sebesar e = 0,88, lantai semen sebesar e = 0,76 dan permukaan kayu sebesar e = 0,87. Disimpulkan bahwa tumbukan antara kelereng dan ketiga permukaan diatas, serta aplikasi phypox sebagai alat ukur, diperoleh nilai koefisien tumbukan sesuai dengan teori.
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 8 MAKASSAR Irwan, Irma Yanthi; Kaharuddin, Kaharuddin; Khaeruddin, Khaeruddin; Helmi, Helmi; Usman, Usman
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v17i3.26738

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survei yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA SMA 8 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Makassar pada tahun ajaran 2020/2021. Indikator keterampilan berpikir kritis yang diteliti meliputi interpretasi, analisis, dan inferensi. Variabel penelitian adalah keterampilan berpikir kritis peserta didik. Sampel penelitian, peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Makassar yang berjumlah 136 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode tes dengan pemberian tes keterampilan berpikir kritis berupa pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Makassar berada pada kategori sedang dengan persentase 47,79%.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 3 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 1 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 2 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 3 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 2 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 1 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 3 (2019): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 2 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 3 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 1 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 13, No 3 (2017): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 3 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 2 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 1 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 3 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 2 (2015): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 11, No 1 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 10, No 3 (2014) Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 3 (2012) Vol 8, No 3 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 1 (2012) Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011) Vol 7, No 1 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 1 (2011) More Issue