cover
Contact Name
Mustofa
Contact Email
mustofa@uny.ac.id
Phone
+6285292126258
Journal Mail Official
mustofa@uny.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Kampus Karangmalang Yogyakarta, 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
ISSN : 18298028     EISSN : 26555182     DOI : 10.21831
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2018)" : 5 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT MENABUNG DI BANK SYARIAH Mia Muktiana Banowati; Maimun Sholeh
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 15, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.537 KB) | DOI: 10.21831/jep.v15i1.20299

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemahaman prinsip tabungan syariah, tingkat religiusitas, faktor sosial budaya, persepsi tentang Bank Syariah baik secara parsial maupun simultan terhadap niat menabung di Bank Syariah pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2014 Universitas Negeri Yogyakarta. Jumlah anggota populasi yaitu sebanyak 69 Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2014. Dengan teknik analisis regresi linear berganda, menunjukkan bahwa terdapat (1) pengaruh positif pemahaman prinsip tabungan syariah terhadap niat menabung di Bank Syariah; (2) pengaruh positif tingkat religiusitas terhadap niat menabung di Bank Syariah; (3) pengaruh positif faktor sosial budaya terhadap niat menabung di Bank Syariah; (4) pengaruh positif persepsi tentang Bank Syariah terhadap niat menabung di Bank Syariah; dan (5) terdapat pengaruh pemahaman prinsip tabungan syariah, tingkat religiusitas, faktor sosial budaya, persepsi tentang Bank Syariah secara simultan terhadap niat menabung di Bank Syariah pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2014.Abstract: This study aims to determine the effect of understanding the principles of sharia savings, the level of religiosity, socio-cultural factors, perceptions of Islamic banks both partially and simultaneously towards the intention to save at a Sharia Bank for the 2014 Yogyakarta State University Economic Education Students. The number of members of the population is as much as 69 S1 students of the 2014 Economic Education Study Program. With multiple linear regression analysis techniques, it shows that there are (1) positive influences on understanding the principle of sharia savings towards the intention to save in Islamic banks; (2) a positive influence on the level of religiosity on the intention to save in Islamic banks; (3) the positive influence of socio-cultural factors on the intention to save in Islamic banks; (4) the positive influence of perceptions of Islamic banks on the intention to save in Islamic banks; and (5) there is an effect of understanding the principles of sharia savings, the level of religiosity, socio-cultural factors, perceptions of Islamic banks simultaneously towards the intention to save in a Sharia Bank for 2014 Economic Education Students.
KEMISKINAN MULTIDIMENSI DI KOTA YOGYAKARTA Pandu Baniadi; Mustofa Mustofa
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 15, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.239 KB) | DOI: 10.21831/jep.v15i1.19706

Abstract

Abstrak: Kemiskinan merupakan salah satu masalah yang terjadi di semua pembangunan daerah, termasuk di Yogyakarta. Persoalan kemiskinan bukan hanya terkait dengan masalah ekonomi, namun juga terkait dengan bidang lain yang sifatnya multidimensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kemiskinan moneter, kemiskinan multidimensi, dan perbandingan antara kemiskinan moneter dan multidimensi di Kota Yogyakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DIY dan sumber lainnya sebagai pendukung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan moneter di Kota Yogyakarta berada di angka 7,66%, sedangkan angka kemiskinan multidimensi adalah 1,39%. Kemiskinan multidimensi paling banyak terjadi pada indikator kepemilikan rumah. Perbandingan menunjukkan bahwa tren angka kemiskinan moneter cenderung menurun sementara multidimensi fluktuatif.Abstract: Poverty is a problem which is faced by every region, including Yogyakarta. The matter of poverty is not only related to economic problems, but also the other majors who have a multidimensional characteristic. This research aims to find out the condition of monetary poverty, multidimensional poverty, and the comparison between monetary poverty and multidimensional poverty in Yogyakarta. The data used is secondary data from D.I Yogyakarta's Indonesian Statistic Agency (BPS) and other related sources. In contrast, the analysis method that is used in this research is descriptive. The result of this research shows that number of monetary poverty in Yogyakarta is 7,66% while multidimensional poverty is 1,39%. The indicator of house ownership mostly happens multidimensional poverty. The comparison shows that the trend of monetary poverty is decreasing, whereas the multidimensional poverty is fluctuating.
WILLINGNESS TO PAY MAHASISWA FE UNY 2014-2017 TERHADAP MAKANAN BERLABEL HALAL Lely Diana Sari Saputri
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 15, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.328 KB) | DOI: 10.21831/jep.v15i1.20899

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, pengalaman mengkonsumsi, dan kesadaran kehalalan mahasiswa secara parsial dan simultan terhadap Willingness To Pay/WTP mie samyang berlabel halal LPPOM MUI. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 96 Mahasiswa FE UNY. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis menggunakan regresi ganda dan contingent valuation method. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel pendapatan dan pengalaman mengkonsumsi berpengaruh positif terhadap WTP mie samyang berlabel halal LPPOM MUI, namun kesadaran kehalalan berpengaruh negatif terhadap WTP mie samyang berlabel halal LPPOM MUI. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap WTP mie samyang berlabel halal LPPOM MUI. Perubahan yang terjadi pada variabel WTP dapat dijelaskan oleh variabel bebas dalam penelitian ini sebesar 58,9%. Hasil analisis nilai WTP menunjukkan mayoritas responden bersedia membayar sebesar Rp 15.000,00.Abstract: This study aims to find out the effects of the income, consuming experience, and awareness of being halal among the 2014-2017 admission year students of the Faculty of Economics (FE), Yogyakarta State University (YSU), partially and simultaneously, on the Willingness to Pay (WTP) for Samyang noodle halal-certified by LPPOM MUI. The research sample consisted of 96 students, selected using the Slovin formula. A questionnaire collected the data. The data analysis technique was OLS multiple regression. Also, the WTP value was analyzed by the contingent valuation method. The results of the study showed that partially the variables of the income and consuming experience have significant positive effects on the WTP for Samyang noodle halal-certified by LPPOM MUI. However, the awareness of being halal has a significant adverse effect on the WTP for Samyang noodle halal-certified by LPPOM MUI. The result of the simultaneous test indicates that the three variables significantly affect the WTP for Samyang noodle halal-certified by LPPOM MUI. The change that occurs in the variable of the WTP that can be explained by the independent variables in this study is 58.9%. The result of the WTP value analysis shows that the majority of respondents are willing to pay by Rp 15,000.00.
MODEL ACTIVITY BASED COSTING PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Sri Sumardiningsih; Sugiharsono Sugiharsono; Mimin Nur Aisyah; Aula Ahmad Hafidh Syaiful Fikri
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 15, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.047 KB) | DOI: 10.21831/jep.v15i1.19471

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui alokasi dana pendidikan ke seluruh aktivitas yang ada di sekolah, unit cost pelayanan pendidikan tiap siswa di setiap tingkat dan paket keahlian, dan perbandingan unit cost pelayanan pendidikan di setiap tingkat dan paket keahlian dihitung dengan ABC dan metode Traditional Costing. Objek penelitian yakni unit cost pelayanan pendidikan di SMK Negeri Yogyakarta 2016/2017. Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, FGD. Menggunakan analisis data deskriptif. Hasil menunjukkan alokasi dana terbesar untuk biaya aktivitas belajar mengajar yaitu 55,77%, paling rendah adalah biaya kegiatan manajemen sekolah 6,20%, dan aktivitas  lainnya sekitar 9%. Unit cost per siswa dihitung dengan ABC dilihat antar Paket Keahlian berbeda-beda, berkisar dari Rp 1.168.513 sampai Rp 1.424.116. Unit cost dengan Traditional Costing dibanding dengan ABC ada yang termasuk kategori undercosted dan overcosted. Biaya yang termasuk kategori overcosted adalah seluruh paket keahlian di kelas X dan kategori undercosted adalah pada seluruh paket keahlian di kelas XI dan XII.Abstract: ABC calculates the cost of education services for each student at each level and the package of expertise, and the cost of education services at each level and skills packages and Traditional Costing methods. The object of this study is the unit of cost of education services in Yogyakarta 2016/2017 State Vocational School. Data collection through interview and documentation techniques, FGD. Data analysis using descriptive data analysis. The results of the funding for teaching and learning activities are 55.77%, 6.20% of the lowest cost of school management activities, and other activities around 9%. Unit cost per student is calculated with seen ABC between different skill packages, ranging from Rp 1,168,513 to Rp 1,424,116. Unit costs with Traditional Costing compared to ABC are categorized as undercosted and over costed. Costs included in the overcosted category are all skill packages in X and undercoated categories in all skills packages in class XI and XII.
INTERNALISASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN Endang Mulyani
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 15, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jep.v15i1.19766

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan: 1) menemukan model penginternalisasian pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran dan penilaian , 2) menum­buh­­kan sikap dan minat  berwirausaha siswa SMK. Dengan model Four-D, penelitian dilakukan di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model internalisasi pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran dan penilaian diwujudkan dalam perangkat pembelajaran yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang didalamnya terinternalisasi nilai-nilai kewirausahaan. 2) Sikap dan minat berwirausaha siswa sebelum dilakukan intervensi model penginternalisasian pendidikan kewirausahaan dalam kategori cukup, setelah implementasi model penginternalisasian pendidikan kewirausahaan ke dalam pembelajaran dan penilaian mampu meningkatkan sikap dan minat berwirausaha. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan (nilai t: 5,35 untuk sikap dan 2, 549 untuk minat wirausaha).Abstract: This study aims to: 1) find an entrepreneurship education entrepreneurship model in learning and assessment, 2) foster entrepreneurial attitudes and interests of vocational students. With the Four-D model, research was conducted at the Yogyakarta Special Region Vocational School. The results of the study show that: 1) The model of internalization of entrepreneurship education in learning and assessment is realized in the learning tool in the form of Learning Implementation Plans (RPP), in which entrepreneurial values are internalized. 2) Students' entrepreneurial attitudes and interests before being intervened in the entrepreneurship education internalization model in the sufficient category, after the implementation of entrepreneurship education internalization model into learning and assessment can improve entrepreneurial attitudes and interests. This is indicated by the results of the t-test between the experimental group and the control group indicating a significant difference (t value: 5.35 for attitude and 2, 549 for entrepreneurial interest)

Page 1 of 1 | Total Record : 5