cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3" : 14 Documents clear
COLLABORATIVE LEARNING TO IMPROVE PRESERVICE TEACHERS’ KNOWLEDGE ABOUT CHEMISTRY CONTENT IN THE AUTOMOTIVE VOCATIONAL CONTEXT Antuni Wiyarsi; Sumar Hendayana; Harry Firman; Sjaeful Anwar
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3335.656 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.7337

Abstract

Abstract: This study was aimed to examine the effectiveness of collaborative problem-solving-based learning to improve knowledge about chemistry content in the automotive vocational context. The study design used was one-group pretest-posttest design and applied to Vocational Chemistry subjects. Data analysis was performed by using the normalized gain-test formula and t-test using SPSS software version 21. The findings showed that collaborative learning is effective to improve pre-service teachers’ knowledge about chemistry content of petroleum and polymer chemistry. The mastery level of basic knowledge about the petroleum and polymers is fairly good. However, the knowledge of the content of petroleum and polymer applications in the automotive field is not satisfactory. Although the application content knowledge increased with the moderate criterion for the application of petroleum and with the low criterion for polymer applications, the mastery level of pre-service teachers at the end of the course was still low. Factors that allegedly become the causes of the low mastery of application content knowledge are the characteristic factor of the content, conceptual learning difficulties and the experience factor. Keywords: content knowledge, chemistry in the vocational context, preservice chemistry teachers, petroleum, polymers PEMBELAJARAN KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONTEN KIMIA KONTEKS KEJURUAN OTOMOTIF CALON GURU KIMIA Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran kolaboratif berbasis pemecahan masalah dalam meningkatkan pengetahuan konten kimia konteks kejuruan otomotif. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretes-postes design dan diterapkan pada mata kuliah Kimia SMK. Analisis data dilakukan dengan uji t menggunakan software SPPS edisi 21 dengan menggunakan rumus gain-test yang dinormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif efektif dalam meningkatkan pengetahuan konten minyak bumi dan polimer bagi mahasiswa calon guru kimia. Tingkat penguasaan pengetahuan dasar tentang minyak bumi dan polimer cukup baik. Namun, untuk pengetahuan konten aplikasi minyak bumi dan polimer dalam bidang otomotif belum memberikan hasil yang menggembirakan. Meskipun pengetahuan konten aplikasi tersebut meningkat dengan kriteria peningkatan sedang untuk aplikasi minyak bumi dan kriteria rendah untuk aplikasi polimer, tingkat penguasaan calon guru di akhir perkuliahan masih rendah. Faktor yang diduga menjadi penyebab rendahnya penguasaan pengetahuan konten aplikasi ini adalah faktor karakteristik konten, kesulitan belajar konseptual, dan faktor pengalaman. Kata Kunci: pengetahuan konten, kimia konteks kejuruan, calon guru kimia, minyak bumi, polimer
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, TINGKAT HIERARKI MORAL, DAN MOTIVASI TERHADAP KOMITMEN GURU Pramudjono Pramudjono
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.72 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.7408

Abstract

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara gaya kepemimpinan, tingkat hierarki moral, dan motivasi terhadap komitmen guru. Sampel diambil dengan teknik proportional sampling dengan jumlah sebesar 450 orang guru dari populasi 796 guru SMA PNS di Samarinda. Data dikumpulkan dengan pemberian angket dan analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap komitmen guru yang berarti peningkatan gaya kepemimpinan akan meningkatkan komitmen guru; (2) tingkat hierarki moral memiliki pengaruh pada komitmen guru yang berarti meningkatnya tingkat hierarki moral akan mengakibatkan peningkatan komitmen guru; (3) motivasi kerja guru memengaruhi komitmen guru yang berarti tingginya motivasi kerja akan menyebabkan tingginya komitmen; (4) gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap motivasi kerja guru yang berarti peningkatan gaya kepemimpinan akan meningkatkan motivasi kerja guru; dan (5) tingkat hierarki moral memengaruhi motivasi kerja guru yang berarti meningkatnya tingkat hierarki moral akan meningkatkan motivasi kerja guru. Peningkatan aspek-aspek tersebut akan memperkuat komitmen para guru terhadap sekolah. Kata Kunci: komitmen, gaya kepemimpinan, tingkat hierarki moral, motivasi THE INFLUENCE OF THE LEADERSHIP STYLES, MORAL HIERARCHY LEVELS, AND MOTIVATION TOWARDS TEACHER’S COMMITMENT Abstract: This study was aimed to find out the influence of the leadership styles, moral hierarchy levels, and motivation towards teachers’ commitment. The sample taken using the proportional sampling technique consisting of 450 teachers out of 796 senior high school teachers in Samarinda. The data were collected using questionnaires and analyzed using the path analysis. The findings showed that (1) the leadership styles influence the teachers’ commitment, meaning that an improvement in the leadership styles would improve the teachers’ commitment; (2) the moral hierarchy levels influence the teachers’ commitment, meaning that an improvement in the moral hierarchy levels would improve the teachers’ commitment; (3) the motivation influence the teachers’ commitment, meaning that the higher the motivation is, the higher the teachers’ commitment is; (4) the leadership styles influence the teachers’ motivation, meaning that an improvement in the leadership styles would improve the teachers’ motivation; and (5) the moral hierarchy levels influence the teachers’ motivation, meaning that an improvement in the moral hierarchy levels would improve the teachers’ motivation. The improvement in those aspects would strengthen the teachers’ commitment towards the schools. Keywords: commitment, leadership styles, moral hierarchy levels, motivation
SEMIOTICS PROGRESS IN TRADITIONAL-GAME-BASED NUMBER LEARNING FOR PRIMARY SCHOOL STUDENTS Nasrullah .
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.966 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.7354

Abstract

Abstract: This study was aimed at describing the students’ semiotic progress on learning number by using traditional games of Bermain Satu Rumah (BSR) supported by a set of learning activities based on Indonesian Realistic Mathematics Education. The study was designed into three stages, that is, the preliminary design, the teaching experiment, and the retrospective analysis. Then, Hypothetical Learning Trajectory (HLT) was modified as the reference of this study as well as the research instrument. HLT was tested to 24 third graders. The data were collected by applying the interview technique, observation, and field notes. The findings of the study showed that this instructional design could motivate students to join learning activities and could stimulate them to conserve the context, to understand the symbol meaning and use it, and to communicate starting from the informal to the formal levels. The progress was on the ability of students to abstract by holding and using symbols as a part of plan to solve the problem. Keywords: semiotics, bermain satu rumah, hypothetical learning trajectory, learning numbers KEMAJUAN SEMIOTIKA DALAM PEMBELAJARAN BILANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemajuan semiotika siswa dalam pembelajaran bilangan dengan menggunakan permainan tradisional Bermain Satu Rumah yang didukung dengan serangkaian aktivitas belajar berdasarkan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Penelitian didesain melalui tiga fase, yaitu desain awal, eksperimen mengajar, dan analisis retrospektif. Dugaan Lintasan Belajar dibuat sebagai acuan dalam pelaksanaan penelitian sekaligus menjadi instrumen penelitian. Dugaan Lintasan Belajar diujikan kepada 24 orang siswa kelas III SD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan desain pembelajaran ini dapat memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dan dapat merangsang siswa untuk mengonservasi konteks, memahami makna simbol dan menggunakannya, serta mengomunikasikan mulai dari tahap informal sampai formal. Kemajuan yang ditemukan adalah kemampuan siswa untuk mengabstraksi dengan mengadakan dan menggunakan simbol sebagai bagian dari rencana untuk menyelesaikan masalah. Kata Kunci: semiotik, bermain satu rumah, dugaan lintasan belajar, pembelajaran bilangan
MODEL DAN MATERI PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI PERSPEKTIF GENDER UNTUK MENGHINDARKAN SEXUAL ABUSE Tri Endang Jatmikowati; Ria Angin; Ernawati Ernawati
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.13 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.7407

Abstract

Abstrak: Kekerasan seksual yang menimpa siswa PAUD/TK Jakarta International School beberapa waktu yang lalu menyadarkan kita akan pentingnya mengembangkan materi pendidikan seks untuk anak usia dini. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan model dan materi pendidikan seks anak usia dini perspektif gender. Sumber data primer penelitian adalah guru-guru TK/PAUD. Langkah penelitian meliputi identifikasi permasalahan sexual abuse anak usia dini, identifikasi kebutuhan, potensi, pendidikan seks anak usia dini perspektif gender, dan FGD workshop model dan materi pendidikan seks anak usia dini perspektif gender. Uji model dan materi oleh psikolog anak dan ahli pendidikan. Ada pun materi pokok pendidikan seks anak usia dini meliputi tema-tema: (1) Aku dan Tubuhku; (2) Aku dan Pakaianku; (3) Keluarga dan Orang di Sekitarku; dan (4) Cara Merawat dan Menjaga Tubuh. Model pembelajaran dengan menggunakan sentra bermain peran. Hasil pengembangan materi ajar divalidasi oleh pakar dengan menghasilkan nilai “Baik” untuk bahan yang menyangkut ranah kognitif, afektif, dan psikomotrik. Kata Kunci: pendidikan seks, perspektif gender, anak usia dini, sexual abuse A MODEL AND MATERIAL OF SEX EDUCATION FOR EARLY-AGED-CHILDREN OF GENDER PERSPERCTIVE TO PREVENT SEXUAL ABUSE Abstract: Sexual abuse occurring on the early-aged student of Jakarta International School made us realize on the importance of developing sex education materials for early-aged child. This study was aimed to find a model and material for sex education for early-aged children of gender perspective. The data source was the teachers of kindergartens. The steps of the study was identifying sexual abuse on the early-aged children; identifying needs, potentials, sex education of early-aged children of gender perspective; conducting FGD workshop model. The model and material were validated by involving psychologists and education experts. The findings showed that the material of sex education for earlyaged children covered the themes: (1) My body and I; (2) My Clothes and I; (3) Family and My Surrounding; and (4) The Way to Care and Preserve Body. The intructional model used the role play technique. The developed product validated by experts belonged to the good category covering the cognitive, affective, and psychomotoric domains. Keywords: sex education, gender perspective, early-aged-child, sexual abuse
THE DEVELOPMENT AND IMPLEMENTATION OF BIOLOGY TEACHING KITS USING SELF REGULATED LEARNING (SRL) STRATEGIES Agusta, Erie; ., Djukri
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.535 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.7355

Abstract

Abstract: This study was aimed to develop Biology teaching kits using Self Regulated Learning (SRL)-based strategy in senior high schools that have been validated and tested. The study was carried out by using the development strategy of Borg and Gall. The subjects were the tenth grade students of SMA Negeri 1 Sentolo in the academic year of 2014/2015. The data for the validation process and the implementation of the teaching kits were collected through questionnaires and observations. The data of the validator assessment were analyzed using the categorization formula and Borich formula. The data on the try-out were analyzed using the paired sample test. The findings were in the form of teaching kits product for Bryophyta materials for the tenth grade students. The teaching kits had been validated theoretically by experts and teachers, the lesson plans had been validated and simulated, and the teaching kits and research instruments had been tried out in a small scale and implemented in the field. Keywords: teaching kits, Self Regulated Learning (SRL) strategies PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN STRATEGI SELF REGULATED LEARNING (SRL) Abstrak: Tujuan penelitian pengembangan ini adalah dihasilkannya perangkat pembelajaran biologi berbasis Self Regulated Learningdi SMA yang telah tervalidasi dan teruji. Metode penelitian menggunakan strategi pengembangan Borg dan Gall. Subjek penelitian perangkat pembelajaran adalah siswa kelas X SMAN 1 Sentolo. Teknik pengumpulan data dalam proses validasi dan implementasi perangkat pembelajaran menggunakan angket dan observasi. Data penilaian validator dianalisis dengan rumus kategorisasi, sedang persamaan validator terhadap lembar validasi menggunakan rumus Borich. Data hasil uji coba dianalisis dengan paired sample test. Hasil penelitian berupa produk perangkat pembelajaran pada materi tumbuhan lumut di kelas X SMA. Perangkat pembelajaran tersebut telah divalidasi secara teoretis yang dilakukan oleh ahli dan guru, rencana pelaksanaan pembelajaran tertentu telah diuji secara terbatas keterbacaan dan disimulasikan, perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian telah diuji coba terbatas dan lebih luas. Kata kunci: perangkat pembelajaran, strategi self regulated learning
DEVELOPING GUIDED DISCOVERY LEARNING MATERIALS USING MATHEMATICS MOBILE LEARNING APPLICATION AS AN ALTERNATIVE MEDIA FOR THE STUDENTS CALCULUS II Sunismi .
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1116.87 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.7340

Abstract

Abstract: The development research aims to develop guided-discovery learning materials of Calculus II by implementing Mathematics Mobile Learning (MML). The products to develop are MML media of Calculus II using guided discovery model for students and a guide book for lecturers. The study employed used 4-D development model consisting of define, design, develop, and disseminate. The draft of the learning materials was validated by experts and tried-out to a group of students. The data were analyzed qualitatively and quantitatively by using a descriptive technique and t-test. The findings of the research were appropriate to be used ad teaching media for the students. The students responded positively that the MML media of Calculus II using the guided-discovery model was interestingly structured, easily operated through handphones (all JAVA, android, and blackberry-based handphones) to be used as their learning guide anytime. The result of the field testing showed that the guided-discovery learning materials of Calculus II using the Mathematics Mobile Learning (MML) application was effective to adopt in learning Calculus II. Keywords: learning materials, guided-discovery, mathematics mobile learning (MML), calculus II PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL GUIDED DISCOVERY DENGAN APLIKASI MATHEMATICS MOBILE LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA MATAKULIAH KALKULUS II Abstrak: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matakuliah Kalkulus II model guided discovery dengan aplikasi Mathematics Mobile Learning (MML). Produk yang dikembangkan berupa media MML Kalkulus II dengan model guided discovery untuk mahasiswa dan buku panduan dosen. Model pengembangan menggunakan 4-D yang meliputi tahap define, design, develop, dan dissemination. Draf bahan ajar divalidasi oleh pakar dan diujicobakan kepada sejumlah mahasiswa. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan teknik deskriptif dan uji t. Temuan penelitian bahan ajar ini sangat tepat digunakan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa. Mahasiswa memberikan tanggapan positif bahwa media MML Kalkulus II dengan model guided discovery disusun menarik, dapat dioperasikan dengan mudah melalui HP (semua HP berbasis JAVA, android, dan blackberry) sehingga dapat digunakan panduan belajar mahasiswa kapan saja. Hasil uji lapangan diperoleh bahwa bahan ajar matakuliah Kalkulus II model guided discovery dengan aplikasi Mathematics Mobile Learning (MML) efektif digunakan dalam pembelajaran matakuliah Kalkulus II. Kata Kunci: bahan ajar, guided discovery, Mathematics Mobile Learning (MML), Kalkulus II
KESADARAN METAKOGNITIF DAN PENGETAHUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MEMPERSIAPKAN KETERCAPAIAN STANDAR KELULUSAN PADA KURIKULUM 2013 Yanti Herlanti
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.984 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.7343

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran metakognitif dan pengetahuan metakognitif peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas. Kesadaran metakognitif merupakan potensi yang dimiliki peserta didik. Pengetahuan metakognitif merupakan kondisi aktual yang ada pada peserta didik. Penelitian bersifat survei ditindaklanjuti dengan eksperimen terbatas. Survei dilakukan di tingkat Sekolah Menengah Atas. SMAN dan MAN di Kota Bogor dan Jakarta menjadi populasi target. Sampel penelitian sebanyak 204 orang peserta didik. Eksperimen terbatas dilakukan pada kelas X SMA Peminatan IPA di SMAN Jakarta Selatan dengan melibatkan 71 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan kesadaran metakognitif (zona potensial) peserta didik rata-rata berada pada kisaran 7583 atau katagori baik, namun pengetahuan metakognitif (zona aktual) berada pada kisaran 10-15 atau katagori sangat buruk. Standar proses yang ditawarkan kurikulum 2013 belum dapat menarik peserta didik pada zona ideal yaitu pengetahuan metakognitif sama dengan kesadaran metakognitif. Kata Kunci: metakognitif, kurikulum 2013, zona aktual, zona potensial, zona ideal SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ METACOGNITIVE AWARENESS AND METACOGNITIVE KNOWLEDGE IN ACHIEVING THE GRADUATE STANDARD IN THE 2013 CURRICULUM Abstract: This study was aimed to describe senior high school students’ metacognitive awareness and metacognitive knowledge. Metacognitive awareness is the students’ potential while metacognitive knowledge is the actual conditions that exist on the students. The study was a survey followed by a limited experiment. The survey was conducted in senior high schools, state senior high schools, and Isamic senior high schools in Bogor and South Jakarta. The sample consisted of 204 students. The limited experiment was carried out in the tenth grade of SMA Peminatan IPA in state senior high schools in South Jakarta involving 71 students. The findings showed that the students ‘ metacognitive awareness was at the range between 75-83 or in the good category while the students’ metacognitive knowledge was at the range between 10-15 or in the very poor category. The process standard offered by the 2013 curriculum has not been able to attract students to the idea level, that is, the metacognitive knowledge and the metacognitive awareness was of equal level. Keywords: metacognitive, 2013 curriculum, actual zone, potential zone, ideal zone
THE IMPACT OF ORGANIZATIONAL CULTURE, ORGANIZATIONAL STRUCTURE, AND JOB-SATISFACTION ON HIGH SCHOOL TEACHERS’ JOB-PERFORMANCE Wesly Hutabarat
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.089 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.7357

Abstract

Abstract: This study was a causal espouse fact study intended to find out and uncover direct and indirect effects of organizational culture, organizational structure, and job-satisfaction on teachers’ jobperformance. The sample consisting of 143 out of 645 public high school teachers were selected from 10 senior high schools by using the stratified random sampling technique. The teachers were those having teaching experience of at least 10 years and they had been certified as professional teachers and received certification fees continuously, except for guidance and counseling teachers. The findings showed that organizational culture, organizational structure and job-satisfaction had a positive impact on teachers’ job-performance. The direct and indirect effects of organizational culture on job-satisfaction were 21.20%, and 10.00% respectively. The direct and indirect effects of organizational culture on job-performance were 23.20% and 22.80% respectively. The direct effect of organizational structure on job-performance was 29.50%. Meanwhile, the indirect effect of organizational structure on job-performance was not significant. Finally, the direct effect of job-satisfaction on job-performance was 18.60%. Keywords: organizationa culture, organizational structure, job-performance, job-satisfaction DAMPAK BUDAYA ORGANISASI, STRUKTUR ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kausal espouse facts yang dimaksudkan untuk meng- ungkap efek langsung dan tidak langsung budaya organisasi, struktur organisasi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja. Sampel terdiri atas 143 dari 645 guru SMA yang diambil dari 10 SMA di Medan yang diambil dengan teknik stratified random sampling techmiques. Sampel guru paling tidak memiliki pengalaman mengajar 10 tahun dan telah disertifikasi sebagai guru profesional. Data dianalisis dengan teknik regresi dan sebelumnya telah diuji normalitas dan linearitas sebarannya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi, struktur organisasi dan kepuasan kerja memberi dampak positif terhadap kinerja guru SMA Kota Medan. Pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung budaya organisasi terhadap kepuasan kerja masing-masing 21,20%, dan 10,00%. Efek langsung dan tidak langsung budaya organisasi terhadap kinerja masing-masing 23,20% dan 22.80%. Efek langsung dari struktur organisasi terhadap kinerja ada 29,50%, sedangkan pengaruh tidak langsung dari struktur organisasi terhadap kinerja tidak fignificant. Akhirnya, efek langsung dari kepuasan kerja terhadap kinerja ada 18,60%. Kata Kunci: budaya organisasi, struktur organisasi, kepuasan kerja, kinerja
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI BIDANG KELISTRIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Riana T. Mangesa Dyah D. Andayani
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.724 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.7356

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian adalah mengembangkan model pembelajaran dan perangkat pembelajaran berbasis kompetensi terintegrasi pendidikan karakter di SMK. Penelitian ini termasuk jenis Research Development yang mengacu tahapan Borg dan Gall (1983), yaitu yang terdiri atas analisis kebutuhan, perancangan pengembangan, validasi ahli dan revisi, uji coba, dan tahap implementasi. Data berupa data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh lewat angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik nonparametrik, yaitu Kruskall Wallis yang penghitungannya memakai SPSS. Hasil penelitian berupa produk pengembangan perangkat pembelajaran bidang kelistrikan yang berupa modul, media, dan penilaian pencapaian kompetensi (rubrik penyekoran). Hasil pengembangan memenuhi tuntutan validitas, pencapaian kompetensi dalam proses pembelajaran yang dipergunakan secara keseluruhan tinggi, guru memberi skor penilaian melalui pencapai kompetensi sesuai kriteria dalam rubrik penyekoran terhadap ketiga aspek kompetensi, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penilaian keefektifan pembelajaran secara menyeluruh menunjukkan bahwa siswa dan guru memberikan tanggapan secara aktif dan mencapai tujuan pembelajaran. Kata Kunci: pengembangan model penilaian, pembelajaran berbasis kompetensi, rubrik penye- koran, SMK DEVELOPING A COMPETENCE-BASED INSTRUCTIONAL MODEL IN THE ELECTRICAL FIELD IN VOCATIONAL SCHOOLS Abstract: This study was aimed to develop a competence-based instructional model integrated with character education in vocational schools. This study belonged to the Research and Development study using the stages as developed by Borg and Gall (1983): a needs analysis, developmental design, expert validation and revision, try-out, and implementation stages. The data were in the form of quantitative and qualitative data obtained through questionnaires. The data were analyzed using the descriptive statistics and non-parametric statistics, that is, Kruskall Wallis with the help of SPSS program. The findings showed that the developed product of the instructional kits in the electrical field in the form of a modulle, media, competence achievement assessment (scoring rubric) had fulfilled the validity requirement. The achievement of the competence in the instructional process was as a whole considered as high. Teachers gave the scores based on the criteria in the scoring rubric in the three competence aspects, that is, cognitive, affective, and psychomotoric domains. The assessment of the instructional effectiveness showed that students and teachers responded actively and achieved the instructional objectives. Keywords: instructional model, scoring rubric, vocational schools
MODEL KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH Husaini Usman
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.243 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.7338

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model kepemimpinan instruksional kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multikasus. Instrumen penelitan adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru secara snowball. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah. Objek penelitian adalah pelaku, konsep, tempat, dan kegiatan. Langkah-langkah dan analisis data menggunakan model Creswell (2014). Keabsahan data dilakukan dengan kriteria kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Pada penelitian ditemukan model kepemimpinan instruksional kepala sekolah dengan siklus: pemahaman definisi kepemimpinan instruksional; tujuan dan manfaat kepemimpinan instruksional; indikator kepemimpinan instruksional yang efektif; strategi kepemimpinan instruksional; carapraktis melaksanakan kepemimpinan instruksional. Kata Kunci: kepemimpinan, instruksional, kepala sekolah THE SCHOOL PRINCIPALS’ INSTRUCTIONAL LEADERSHIP MODEL Abstract: This study was aimed to find a school principals’ instructional leadership model. This study used the multicase qualitative approach. The instrument was the researcher himself. The data were collected using the in-depth interviews, participant observation, and documentation. The subjects were the school principals, vice principals, and teachers taken using the snowball sampling technique. The key informants were the school principals. The object of the study was the persons, concept, places, and activities. The stages and the data analysis used Creswell’s (2014) model. The data validation was carried out using the credibility, transferability, dependability, and confirmability criteria. The findings showed that the school principals’ instructional model followed the following cycle: an understanding of the definition of instructional leadership, the objectives and benefits of instructional leadership, indicators of effective instructional leadership, and practical ways of implementing the instructional leadership. Keywords: instructional, leadership, principal

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue