cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3" : 11 Documents clear
PENGARUH METODE LATIHAN DAN KOORDINASI TERHADAP KETERAMPILAN CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLABASKET Wahyu Jayadi
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.478 KB) | DOI: 10.21831/cp.v0i3.1552

Abstract

Abstrak: Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi terhadap Keterampilan Chest Pass dalam Permainan Bola Basket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan pliometrik dan latihan beban secara konvensional terhadap keterampilan chest pass dalam permainan bolabasket ditinjau dari koordinasi mata tangan. Penelitian eksperimen ini dirancang dengan faktorial group design dengan 2 x 2 dan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai Propinsi Sulawesi Selatan dengan sampel 60 siswa putra. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Varian yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. (1) Secara keseluruhan keterampillan Chest Pass pada kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan metode latihan pliometrik lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan metode latihan beban secara konvensional. (2) Kelompok siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi yang diberi perlakuan metode latihan pliometrik lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi yang diberi perlakuan metode latihan konvensional. (3) Kelompok siswa yang memiliki koordinasi mata tangan rendah dan diberi perlakuan metode latihan pliometrik lebih rendah dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki koordinasi mata tangan rendah dan diberi perlakuan metode latihan konvensional. (4) Terdapat interaksi antara pemberian metode latihan dan koordinasi mata tangan terhadap keterampilan chest pass pada kelompok siswa. Kata Kunci: metode latihan, koordinasi, keterampilan chest pass, permainan bola basket
PENGARUH E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN DAYA MATEMATIK MAHASISWA R. Poppy Yaniawati
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.067 KB) | DOI: 10.21831/cp.v0i3.1137

Abstract

Abstrak: Pengaruh E-learning untuk Meningkatkan Daya Matematik Abstrak: Pengaruh E-learning untuk Meningkatkan Daya Matematik Mahasiswa. Peran integrasi teknologi pada pembelajaran modern cukup penting guna terjadinya proses percepatan dalam peningkatan daya matematika (mathematical power) secara optimal. Penelitian ini mengungkapkan pengaruh e-learning untuk meningkatkan daya matematika. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV pada dua level LPTK yang berbeda. Teknik pengumpulan data dengan tes dan teknik analisis data dengan statistik anova dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa daya matematika mahasiswa yang pembelajarannya melalui blended learning lebih baik dibandingkan melalui full e-learning dan konvensional. Tetapi, daya matematika mahasiswa yang pembelajarannya melalui full e-learning kurang baik dibandingkan melalui pembelajaran konvensional. Dengan demikian, peran guru dalam pembelajaran matematika tidak dapat tergantikan oleh teknologi informasi. Terdapat korelasi yang signifikan antara daya matematik dengan pengetahuan awal, tetapi tidak terdapat korelasi yang signifikan antara daya matematik dan durasi login. Kata Kunci: e-learning, daya matematik, blended learning Abstract: Influence of E-learning to Improve Students’ Mathematical Power. The role of technology on modern learning is essential to the acceleration process in the improvement of mathematical power. This research describes the influence of elearning to improve mathematical power. The subject is the fourth semester students at two Universities. The results show that students who learned through blended learning method are much better in mathematical power than students who learned through full e-learning or conventional approaches. Furthermore, students who learned through e-learning are worse than students used conventional method. Therefore, this indicates that the role of teachers in the mathematics learning process can not be replaced by information technology. In addition, there is a significant correlation between mathematical power and pre-knowledge, on the other hand there is no a significant correlation between mathematical power and login duration. Keywords: e-learning, mathematical power, blended learning
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PERTANYAAN SOCRATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA I Wayan Redhana
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.423 KB) | DOI: 10.21831/cp.v0i3.1136

Abstract

Abstrak: Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan Socraticuntuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di SMP. Penelitian kuasi eksperimental ini menggunakan nonequivalent control group design, dengan melibatkan 273 siswa dari empat SMP di Buleleng, Bali. Dua kelas diambil dari masing-masing sekolah, satu kelas sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan model pembelajaran langsung, dan satu kelas sebagai kelompok eksperimenyang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan Sokratik. Data dianalisi dengan menggunakan Ancova pada taraf signifikansi 5%.Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan Sokratik lebih efektif jika dibanding dengan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, pertanyaan Socratik, berpikir kritis Abstract: A Problem-Based Teaching Model and The Socratic Question to Improve Students’ Critical Thinking Skill. This study was aimed to test the effectivenessof the problem-based teaching model and the Socratic questions to improve the students’ critical thinking skill in the science subject at the junior high school. This quasi-experimental study employed the nonequivalent control group design, involving 273 students from four junior high schools in Buleleng, Bali. Twoclasses were taken from each school, one as the control group taught using the direct teaching model and one as the experimental group taught using the problembasedteaching model and the Socratic questions. The data were analyzed using the Ancova analysis at the significance level of 0.05. The findings showed that the problem-based teaching model and the Socratic questions were more effective thanthe direct teaching model in improving the students’ critical thinking skill.Keywords: problem-based teaching, Socratic question, critical thinking
SEJARAH LEMBAGA PENDIDIKAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI JAWA Mumpuniarti .
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.176 KB) | DOI: 10.21831/cp.v0i3.1553

Abstract

Abstrak: Sejarah Lembaga Pendidikan Khusus Tunagrahita Di jawa. Penelitian ini bertujuan untuk merefleksi kausalitas dan masalah utama dalam mendirikan lembaga untuk siswa dengan keterbelakangan mental. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode historis dan reflektifinterpretatif. Hal ini dilakukan dalam tahap berikut: tahap pengumpulan sumber, tahap pengelompokkan sumber dan ke tahap sumber penting. Tahap analisis dilakukan dengan basis interpretatif mengenai implikasi dari sumber dan menjelaskan tema dasar pada kausalitas dan masalah utama. Temuan berikut menunjukkan perkembangan Lembaga pendidikan bagi siswa dengan keterbelakangan mental di Jawa dalam memecahkan masalah pembelajaran terhadap siswa di sekolah dasar dan ditangani melalui program khusus untuk siswa dengan keterbelakangan mental. Masalah utama yang berkelanjutan pada institusi khusus untuk siswa dengan keterbelakangan mental adalah implementasi program khusus dengan program keahlian. Kata Kunci: sejarah, institusi pendidikan khusus, keterbelakangan mental Abstract: Historical of Institution for Education of Mentally Retarded. This study aims to reflec of causality and main’s problem to stand of institution for mentally retarded. This study employed the qualitative approach with historical method and reflective-interpretative. It was conducted in following stages: the sources collecting stage, categorizing sources and to critical sources stage. The analysis stage to conduct with interpretatif base on implication of the sources and to explain of theme base on causality and main problems. The following findings show the development of Institution of education for mentally retarded students in Java in solving of learning problems of student in elementary school and to carry out the special programs for special needs for mentally retarded students. The main sustainable problem for special institution for mentally retarded student is the implementation of special program with skill program. Keywords: history, special education institution, mentally retarded
PENGEMBANGAN BANK SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL BERBASIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MACROMEDIA AUTHORWARE 7.0 Sunarti dan Deri Anggraini
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.124 KB) | DOI: 10.21831/cp.v0i3.1138

Abstract

Abstrak: Pengembangan Bank Soal dan Pembahasan Ujian Nasional Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Macromedia Authorware 7.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bank soal dan pembahasan UN SD berbasis multimedia pembelajaran interaktif dengan macromedia authorware 7.0. Penelitian menggunakan desain penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan. Penelitian ini telah berhasil mengembangkasan bank soal dan pembahasan UN SD berbasis multimedia pembelajaran yang dikemas dalam bentuk CD pembelajaran dan telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta telah diujicobakan pada pengguna produk. Ditinjau dari aspek isi dan pembelajaran validator menilai kualitas produk sangat baik. Dengan menggunakan rentang skor 1 sampai 5, skor rata-rata aspek isi 4,67, aspek pembelajaran 4,68, aspek tampilan 3,95, dan pemrograman 4,13. Aspek daya tarik menunjukkan bahwa produk sangat menarik dengan skor rata-rata 4,15. Hasil uji coba menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar latihan UN IPA rata-rata 85% (baik), Bahasa Indonesia mencapai rata-rata 90% (sangat baik), dan Matematika 31% (sangat kurang). Produk ini diharapkan mampu untuk membantu siswa dalam mempersiapkan UN SD. Kata Kunci: pengembangan bank soal, multimedia, pembelajaran interaktif, UN Abstract: Development of The Interactive Learning Multimedia-Based National Examination Item Bank and Its Discussion Using The Macromedia Authorware 7.0. This study aimed to develop the interactive learning multimedia-based Elementary School National Examination (UN SD) item bank and its discussion using Macromedia Authorware 7.0. The development research model of Borg Gall, Arief S, Sadiman et al., and Sugiyono was used in this study. This research was successfully to develop the interactive learning multimedia-based UN SD item bank and its discussion in learning CD and validation was carried out by material and media experts, and trials were also conducted among product users. From the content and learning aspects, the product was assessed as excellent by the validators. Based on the scale of 1 to 5, the average scores of content, learning, display, and programming aspects were 4.67, 4.68, 3.95, and 4.13, respectively. From interest aspect, it was shown that the product was highly interesting averaged of 4.15. From the trial, the percentage of students’ learning mastery in Science, Bahasa Indonesia, Mathematics UN trials were 85%, 90%, and 31% in averages with the criteria of good, excellent, very poor, respectively.It is expected that this product will be able to assist Elementary School students in preparing their UN. Keywords: development, multimedia, National Examination
PENERAPAN SISTEM NILAI DALAM BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH UNGGUL: STUDI MULTIKASUS Manshur .
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.275 KB) | DOI: 10.21831/cp.v0i3.1555

Abstract

Abstrak: Penerapan Sistem Nilai dalam Budaya Organisasi Sekolah Unggul Studi Multikasus. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran mendalam tentang penerapan sistem nilai dalam budaya sekolah unggul yang memiliki latar budaya organisasi yang berbeda, baik dari segi nilai-nilai yang dianut maupun penyelenggaranya, yaitu SMPN1 Banyuwangi, SMP Kristen Aletheia Genteng, dan SMP Bustanul Makmur Genteng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus dengan menggunakan pendekatan fenomenologis dan budaya. Informan ditetapkan secara purposif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara berulang-ulang melalui analisis dalam kasus dan analisis lintas kasus. Temuan penelitian sebagai berikut. (1) Penerapan sistem nilai pengetahuan terwujud apabila (a) terlaksana sistem nilai prestasi; (b) sistem nilai mandiri; (c) sistem nilai displin; dan (d) sistem nilai keunggulan. (2) Penerapan sistem nilai sosial terwujud apabila (a) terlaksana sistem nilai kebebasan yang ber tanggung jawab; (b) sistem nilai kesederhanaan kesahajaan; dan (c) sistem nilai kebersamaan dan persaudaraan. (3) Penerapan sistem nilai agama terwujud apabila (a) terlaksana sistem nilai ibadah; dan (b) sistem nilai kerendahan hati. Kata Kunci: sistem nilai, budaya organisasi, sekolah unggul, SMP
A MODEL OF ACADEMIC GUIDANCE IN UNIVERSITY Nurhayati, Eti
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.074 KB) | DOI: 10.21831/cp.v0i3.1856

Abstract

Abstrak: Model Bimbingan Belajar di Perguruan Tinggi. Tulisan ini merupakan hasil penelitian membahas pentingnya bimbingan belajar karena beberapa alasan yang bersifat internal dan eksternal untuk menunjang kesuksesan belajar dan menyongsong masa depan bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model bimbingan belajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan kemandirian dalam belajar dengan menggunakan pendekatan Research and Development (RD) melalui empat tahapan: studi pendahuluan, merancang draf model, memvalidasi draf model, dan menguji model di lapangan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain The pretest and posttest non-equivalent control group design. Hasil penelitian menyimpulkan, model bimbingan yang telah diuji di lapangan terbukti secara meyakinkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif serta kemandirian, baik aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap dalam belajar. Kata kunci: Bimbingan akademik, keterampilan berpikir, kemandirian belajar.
MODEL PEMBERDAYAAN KELEMBAGAAN LOKAL SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN PENGEMBANGAN USAHA Sukidjo .; Ali Muhson
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.423 KB) | DOI: 10.21831/cp.v0i3.4186

Abstract

Abstrak: Model Pemberdayaan Kelembagaan Lokal Sebagai Wahana Pendidikan Pengembangan Usaha. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui : (1) permasalahan yang dihadapi kelompok usaha warga miskin dalam mengembangkan usaha; (2) kegiatan pemberdayaan yang dilakukan Tim Konsultan Manajemen Wilayah (KMW) terhadap lembaga lokal; (3) kegiatan pemberdayaan yang dilakukan lembaga lokal terhadap kelompok usaha dalam mengembangkan usaha. Penelitian ini merupakan RD, dilakukan di Provinsi Yogyakarta. Penentuan sampel dilakukan secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data digunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan : (1) permasalahan utama yang dihadapi kelompok usaha warga miskin adalah kekurangan modal kerja, bahan baku dan pemasaran; (2) Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan Tim KMW kepada lembaga lokal berupa pelatihan dan pendampingan; (3) kegiatan pemberdayaan yang dilakukan lembaga lokal terhadap kelompok usaha berupa pelatihan, bimbingan, pendampingan melalui program pinjaman bergulir, pelatihan keterampilan dan pembangunan permukiman dan lingkungan. Kata Kunci: pemberdayaan dan pengembangan usaha Abstract : Local Institutional Empowerment Model As A Educational for Bisnis Development. The objective of this study were to identify : (1) the problem facing the poor in developing their business; (2) empowerment activities that was undertaken by Regional Management Consultant Team towards local institution; (3) empowerment activities that was undertaken by local institution toward business groups in order to developing their business activity. This study was R D, and undertaken in Yogyakarta Province. Samples were randomly selected. Data were obtained through questionnaire, interview, and documentation. Data analysis used descriptive qualitative analysis. Conclusion of this study were : (1) the main problem faced by business group of the poor is lack of capital, raw materials, and marketing; (2) empowerment activities that was undertaken by Regional Management Consultant Team towards local institution were training and mentoring; (3)empowerment activities that was undertaken by local institution toward business groups in order to developing their business activity were training, guidance, assistance through revolving loan program, skills training, and development of settlement and environment Keywords : empowerment and bisnis development
EVALUASI ISI BUKU TEKS PELAJARAN SEJARAH PADA MASA ORDE BARU Hieronymus Purwanta
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.897 KB) | DOI: 10.21831/cp.v0i3.1551

Abstract

Abstrak: Evaluasi Isi Buku Teks Pelajaran Sejarah pada Masa Orde Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mjengevaluasi isi buku teks sejarah untuk sekolah menengah pada masa Order Baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan fokus pada analisis isi buku teks sejarah. Analisis dan evaluasi dilakukan dengan menggunakan kriteria Sartono dalam menulis sejarah nasional. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kualitas buku teks sejarah sudah berkembang tetapi masih perlu perbaikan dalam hal pendekatan, kesamaan, dan integrasi nasional. Kata Kunci: evaluasi, pelajaran sejarah, buku teks, kesamaan, integrasi nasionalAbstract: An Evaluation of The History Textbooks in The New Order Era. This study aimed to evaluate the content of history textbooks for high schools in the New Order era. The research method used was qualitative, focusing on the content analysis of history textbooks. The analysis and evaluation used Sartono’s criteria of writing the national history. The findings showed that the quality of history textbooks had already developed, but it needed improvement in approach, equity and national integration. Keywords: evaluation, history textbooks, equity, national integration
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS UNTUK SISWA SMK Widarto Noto Widodo, Pardjono
Jurnal Cakrawala Pendidikan No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.577 KB) | DOI: 10.21831/cp.v0i3.1139

Abstract

Abstrak: Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills dan Hard Skills untuk Siswa SMK. Era global menuntut sumber daya manusia yang memiliki daya saing, adaptif dan antisipatif, mampu belajar, terampil, mudah beradaptasi dengan teknologi baru. Profil tenaga kerja yang dibutuhkan pasar adalah yang kuat pada aspek soft skills dan hard skills. Ada tiga alternatif model pendidikan yang memadukan hard skills dan soft skills, yaitu (1) aspek soft skills dan hard skills dilaksanakan di sekolah; (2) aspek soft skills dilaksanakan di sekolah, sedang hard skills dilaksanakan bersamaan praktik kerja di DUDI; atau (3) aspek soft skills dilaksanakan di sekolah, sedang aspek hard skills ketika praktik kerja di teaching factory. Untuk itu, struktur kurikulum SMK disusun sesederhana mungkin dengan tetap mengacu Kurikulum Nasional yang digunakan dengan tekanan pada aspek soft skills dan mengintegrasikannya ke dalam silabus dan RPP. Karakteristik guru yang diperlukan adalah: (1) the adaptor; (2) the visionary; (3) the collaborator; (4) the risk taker; (5) the leaner; (6) the communicator; (7) the model; dan (8) the leader. Selain itu, diperlukan dukungan stake holders yakni dinas pendidikan setempat, masyarakat dan DUDI. Kata Kunci: model pembelajaran, pendidikan soft skills, hard skills, siswa SMK, tenaga kerja Abstract: Development of Soft Skills and Hard Skills Learning Model for Students of SMK. The global era demands human resources that are competitive, adaptive and anticipatory, able to learn, skillful, adaptable to new technology. Labors’ profile that market needs are someone who has a strong skill in the aspect of soft skills and hard skills. There are three alternative education modela that combines hard skills and soft skills, namely (1) aspects of soft skills and hard skills present in the school; (2) aspects of soft skills is implemented in schools, while the hard skills is being held during working practices in DUDI; (3) soft skills aspect is implemented in schools, while aspects of hard skills when working practices in teaching factory. For that, the structure of vocational curriculum is arranged as simple as possible referring to the National Curriculum which is used with an emphasis on aspects of soft skills and is integrated into the syllabus and lesson plans. Teachers’characteristics requires: (1) the adaptor; (2) the visionary; (3) the collaborators; (4) the risk taker; (5) the leaner; (6) the communicator; (7) the model; and (8) the leader. In addition, it requires the support of local education stakeholders, communities and DUDI.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue