cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 19799594     EISSN : 25415492     DOI : 10.21831
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2012): September" : 10 Documents clear
TREND PERFORMANCE PENILIK PROGRAM PLS DALAM ANALISIS STANDAR JUMLAH RASIO PENILIK DAN PETA KEBUTUHAN PENDIDIKAN MASYARAKAT Puji Yanti Fauziah, dkk
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2012): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (920.459 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v5i2.4752

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui trend kinerja penilik di lapangan dalam melakukan pengendali mutu program dan evaluasi dampak program-program PNFI, kedua, perbandingan jumlah penilik dan beban kerja dengan banyaknya sasaran yang menjadi lembaga yang dibimbing oleh penilik dan, ketiga, faktor pendukung dan penghambat. Metode penelitian yang dipakai pendekatan survei dengan menggunakan instrumen angket, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah PNFI, Kinerja dan tupoksi Penilik. Hasil penelitian ditemukan bahwa : 1) Pada umumnya kinerja penilik berada pada posisi sedang (70%), hal ini dilihat dari pendampingan yang dilakukan oleh penilik, tetapi penilik masih beradaptasi pada tupoksi baru yaitu menjadi pengendali mutu program. 2) Jumlah perbandingan pada penilik kesetaraan dan kursus masih memenuhi beban kerja karena menurut perhitungan rumus Arif Sulistyo beban kerja ideal untuk setiap penilik adalah 20 lembaga. Sedangkan untuk penilik PAUD masih dibutuhkan 41 penilik dengan asumsi jumlah lembaga PAUD 826 lembaga. Padahal situasi saat ini jumlah penilik PAUD hanya 7 orang.   Kata kunci : kinerja, penilik, rasio
MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PROGRAM SEKOLAH RISET DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA Baiquni Rahmat , Wuradji
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2012): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (808.481 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v5i2.4745

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen serta faktor- faktor yang mempengaruhi pengembangan sumber daya manusia dalam program sekolah riset di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian meliputi: 1) Manajemen pengembangan sumber daya manusia dalam program riset di SMA Negeri 6 Yogyakarta meliputi: a) Penentuan kebutuhan dilakukan melalui identifikasi kelemahan dan kelebihan guru. Hasil identifikasi menjadi pertimbangan untuk melaksanakan pengembangan guru; b) Perencanaan diawali dengan rapat pimpinan sekolah. Hasil rapat disosialisasikan kepada guru melalui rapat; c) Pengorganisasian dilakukan melalui pembentukan panitia; d) Pelaksanaan kegiatan mengacu pada perencanaan awal; e) Pengawasan dilaksanakan ketika kegiatan berlangsung. Evaluasi dilakukan setelah kegiatan selesai. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi meliputi: a) Faktor pendukung meliputi komitmen komite sekolah serta bantuan, bimbingan, dan motivasi dari rekan kerja; b) Faktor penghambat yaitu rendahnya semangat guru untuk mengamalkan materi yang diberikan.   Kata kunci: manajemen, pengembangan, sumber daya manusia
PENGELOLAAN KURIKULUM MUATAN LOKAL (KML) BAHASA INGGRIS SD NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA Slamet Lestari
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2012): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (928.912 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v5i2.4754

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan, kendala dan upaya mengatasi kendala dalam pengelolaan Bahasa Inggris di SD Negeri se-Kecamatan Gondokusuman. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris di SD Negeri se-Kecamatan Gondokusuman yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengelolaan KML Bahasa Inggris di SD N Gondokusuman sudah berjalan dengan baik. Namun demikian, masih ada hal-hal yang perlu ditingkatkan, seperti mutu pendidik, ketercukupan fasilitas dan dana untuk meningkatkan mutu pembelajaran KML Bahasa Inggris. 2) Kendala dalam pengelolaan KML Bahasa Inggris di SD N Gondokusuman meliputi kendala yang terkait dengan siswa dan fasilitas. 3) Upaya mengatasi kendala tersebut adalah dengan cara, antara lain: membimbing dan menumbuhkan motivasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang memotivasi dan disesuaikan dengan materi ajar, dan berusaha melengkapi fasilitas pendidikan.   Kata Kunci: manajemen, kurikulum muatan lokal
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRAKTEK PRODUKTIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Fajar Suryanto
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2012): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.641 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v5i2.4746

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran praktek produktif di SMK Negeri I Kalijambe Sragen. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri I Kalijambe Sragen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran praktek produktif di SMK Negeri I Kalijambe Sragen program keahlian Tata Buasana dilaksanakan dari kelas X sampai XII menganut model Pendidikan Sistem Ganda (PSG) 2) kerja sama yang dilaksanakan dengan perusahaan berupa praktek kerja industri (Prakerin) dan perekrutan tenaga kerja; c) hasil praktek siswa berbentuk nilai dan produk barang/pakaian, penilaian dilakukan oleh guru selama proses kegiatan dan melihat hasil praktek siswa. Hasil tamatan dua tahun terakhir sebanyak 33 siswa dan 94% sudah bekerja dan melanjutkan sekolah.   Kata Kunci: pembelajaran praktek
EFEKTIFITAS SISTEM LAYANAN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI D I YOGYAKARTA Suparno Suparno; Eko Budi Prasetyo; Sungkono Sungkono
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2012): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (962.209 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v5i2.4759

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai efektifitas sistem layanan pendidikan yang diberikan institusi terhadap anak-anak berkebutuhan khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto, dengan subjek institusi/sekolah yang memperikan layanan pendidikan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus yang diambil secara purposive, sebanyak 5 (lima) sekolah, dan 25 responden. Hasil penelitian menunjukkan: Lembaga/ sekolah yang memiliki visi misi yang baik, dengan mengembangkan kurikulum dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan ternyata telah berkontribusi terhadap prestasi belajar siswanya. Ada empat (.80.%) dari lima sekolah yang dijadikan subyek yang telah melakukan hal tsb; Secara umum komponen pembelajaran, kurikulum, proses, dan tenaga pendidik yang ada, sebagian besar (≥ 75%) dianggap sudah memadai dan memenuhi persyaratan kualifikasi dan profesionalisme untuk pemberian layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Namun sebagian lain (≤ 25%) menilai masih kurang memadai, untuk pemberian layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus, dan Dari sisi hasil (outcome) menunjukkan adanya pencapaian tujuan pembelajaran (79%), dan hanya sebagian kecil (21%) yang menyatakan bahwa hasil (outcome) yang ada belum memadai untuk memberikan layanan kepada anak-anak berkebutuhan khusus. Secara umum KKM telah tercapai, meskipun tingkat keberhasilan melanjutkan studi, dan pencapaian prestasi-prestasi (akademik dan nonakademik) di luar lembaga masih kurang, atau belum memenuhi harapan.   Kata Kunci: Pendidikan anak berkebutuhan khusus
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Zul Anwar
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2012): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (809.773 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v5i2.4747

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran matematika pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif naturalistik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) pelaksanaan pembelajaran matematika pada kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalangan Gemolong Sragen telah berjalan dengan baik dengan diterapkannya langkah-langkah umum dalam proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran matematika di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalangan guru sangat menekankan pemahaman konsep kepada siswa. Penggunaan media dan metode dalam proses pembelajaran akan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa; (2) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran matematika seperti a) sebagian siswa kurang bersemangat dalam belajar matematika, b) fasilitas dan media pembelajaran yang tersedia masih terbatas, c) waktu yang tersedia masih kurang bila dibandingkan dengan materi yang harus diajarkan; (3) prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Kalangan cukup memuaskan.   Kata Kunci: pembelajaran matematika
KONTRIBUSI PENGEMBANGAN KARIER DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA PEMBANTU KEPALA SMP Priadi Surya
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2012): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (940.529 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v5i2.4760

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur besaran kontribusi pengembangan karier dan komitmen organisasional secara bersama-sama terhadap kinerja pembantu kepala SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Subjek Penelitian adalah guru dengan tugas tambahan sebagai pembantu kepala sekolah di sepuluh SMP Negeri di Kota Cimahi. Pengolahan data menggunakan statistik parametrik untuk analisis korelasi ganda, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, kontribusi pengembangan karier dan komitmen organisasional secara bersama-sama terhadap kinerja pembantu kepala sekolah SMP Negeri di Kota Cimahi tergolong sedang. Kedua, pengembangan karier dan komitmen organisasional secara bersama-sama yang berada dalam pencapaian yang tinggi dapat mendorong optimalisasi pelaksanaan pekerjaan pembantu kepala sekolah dalam mem-berikan layanan pendidikan. Ketiga, pengembangan karier guru dengan tugas tambahan sebagai pembantu kepala sekolah harus memperhatikan kecakapan guru dan ketentuan kepegawaian.   Kata kunci: pengembangan karier, komitmen organisasional, dan kecakapan guru
ASESMEN KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN KHUSUS Ishartiwi Ishartiwi
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2012): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1220.528 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v5i2.4748

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kebutuhan pengembangan profesionalisme guru pendidikan khusus dari aspek: kondisi profesionalisme guru, kebutuhan pengembangan profesi, dan kendala yang dihadapi guru dalam pengembangan profesi. Desain penelitian adalah survei dengan populasi seluruh guru pendidikan khusus di 10 sekolah luar biasa dan 35 sekolah inklusif se Kota Yogyakarta. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, guru pendidikan khusus sebagian besar guru berstatus Pegawai Negeri Sipil, bertugas di sekolah inklusif karena jumlah sekolah luar biasa di Kota Yogyakarta juga lebih sedikit, telah memiliki pengalaman pelatihan, tetapi guru belum pernah menghasilkan karya tulis ilmiah pengembangan profesi dan juga tidak mengikuti perkembangan kebijakan pendidikan. Kedua, sebagian besar guru membutuhkan peningkatan kemampuan berkesinambungan, modifikasi kurikulum untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) dan buku ajar untuk ABK, jurnal ilmiah guru bidang pendidkan luar biasa (PLB), referensi untuk mengajar dan penulisan karya ilmiah serta sarana penunjang berupa komputer. Ketiga, kendala yang dihadapi guru dari segi eksternal berupa sarana prasarana aksesbilitas belum lengkap, dari segi internal berupa kurangnya pemahaman ABK dan layanananya, rendahnya motivasi, komitmen mengikuti informasi kebijakan layanan ABK, rendahnya pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran ABK dan Menulis karya ilmiah pengembangan profesi.   Kata Kunci: asesmen kebutuhan, profesionalisme guru, guru pendidikan khusus
PENGUASAAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH Dwi Esti Andriani
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2012): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (820.501 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v5i2.4761

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penguasaan kompetensi manajerial kepala sekolah SD. Penelitian ini merupakan penelitian populasi pada 41 kepala sekolah SD se-Kotamadya Yogyakarta Wilayah Utara.Hasil penelitian menunjukkan­ bahwa pengua-saan kompetensi manajerial Kepala SD di Kota Yogyakarta Wilayah Utara berada pada kategori baik.Namun, jika dilihat berdasarkan kategori tertentu, misalnya masa kerja, masa menjabat sebagai kepala sekolah, latar bela­kang pendidikan, frekuensi mengikuti berbagai program pengembangan,tingkat penguasaan komptensi bervariasi: cukup, baik, dan sangat baik. Hal itu berim­plikasi­ perlunya upaya pengembangan kompetensi mana-jerial berdasarkan analisis kebutuhan dan kondisi kepala sekolah untuk meningkatkan keefektifannya.   Keywords: prinsip pengembangan, kompetensi manajerial, manajemen berbasis sekolah
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN TEKNIK SCRAMBLE SISWA KELAS RENDAH Suyatinah Suyatinah
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 5, No 2 (2012): September
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (927.711 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v5i2.4750

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran membaca dengan tehnik scramble pada siswa Sekolah Dasar kelas rendah. Adapun spesifikasi produk yang dikembangkan model perangkat pembelajaran membaca permulaan dengan teknik scramble dengan instrumen membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Demangan. Model penelitian pengembangan ini adalah model Plomp. Prosedur pengembangan model Plomp terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) tahap investigasi awal, 2) tahap perancangan, 3) tahap realisasi, dan 4) tahap validasi, uji coba dan revisi. Hasil pengembangan model pembelajaran membaca permulaan dengan teknik scramble kata dan kalimat adalah sebagai berikut. Langkahnya adalah: 1) memilih tema sesuai latar belakang siswa kelas rendah, 2) memilih suku-suku terbuka sesuai tema yang dipilih, dan dilanjutkan dengan suku-suku tertutup, 3) menggunakan kalimat sederhana atau kalimat yang hanya terdiri dari subjek dan predikat.   Kata kunci: membaca, scramble, kelas rendah

Page 1 of 1 | Total Record : 10