cover
Contact Name
Rahmat Fadhli
Contact Email
rahmat.fadhli@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jump@uny.ac.id
Editorial Address
Educational Administration Department, Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No 1, Karangmalang, Yogyakarta 55281 Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
ISSN : 19781938     EISSN : 25806491     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The journal’s focus is on the studies of management and leadership in schools. The scope: • School planning. • Program and project management in school. • School resources management. It includes management of educational personnel, curriculum, student affairs, school finance, infrastructure and educational facilities (libraries, laboratories, learning resources, etc.), technology and information. • School leadership preparation and development. • School leadership in different contexts culturally, geographically, economically, etc. The journal enocurages manuscripts that discuss innovations, practices, current issues within the scope above. Studies outside Indonesian contexts are welcome if they have implications for broad audience.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020): April 2020" : 7 Documents clear
Kebijakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru Zaenab Hanim; Dian Septiana Sari; Rahmat Soe’oed
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i1.30672

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguraikan 1) kebijakan kepemimpinan dalam meningkatkan efektivitas kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah (Sekolah Dasar); 2) kendala kebijakan kepemimpinan yang menghalangi efektivitas kinerja guru di dalamnya; dan 3) solusi berdasarkan teori kepemimpinan yang dapat meningkatkan efektivitas kinerja guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah dengan 3 informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru PNS dan Non-PNS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) kebijakan kepemimpinan kepala sekolah dalam menyelesaikan masalah sekolah dengan merekrut guru tambahan, berbagi jam mengajar dengan guru yang baru direkrut dan memberikan tugas administratif kepada pekerja administrasi untuk meningkatkan efektivitas kinerja guru. Kebijakan kepala sekolah memengaruhi kinerja beberapa guru; 2) kendala manajemen sekolah yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam pengambilan keputusan disebabkan oleh beberapa guru dan pekerja administrasi yang tidak disiplin, tidak mampu, dan tidak terampil; dan 3) solusi yang dibuat oleh kepala sekolah untuk meningkatkan efektivitas kinerja guru termasuk partisipasi guru dalam setiap kegiatan sekolah yang dapat meningkatkan kinerja guru. Untuk meningkatkan kinerja guru, guru yang lebih aktif dan kreatif diberikan hadiah tambahan finansial sementara guru yang tidak mampu dan tidak terampil dikirim untuk mengikuti pelatihan pengetahuan, keterampilan, dan peningkatan kompetensi
Pengaruh Tunjangan Sertifikasi dan Komitmen pada Tugas terhadap Prestasi Kerja Guru Evi Anggraini; Edi Harapan; Tahrun Tahrun
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i1.31108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji  1) Ada atau tidak pengaruh tunjangan sertifikasi terhadap prestasi kerja guru di SMA Negeri Tanjung Raja, 2) Ada atau tidak pengaruh komitmen pada tugas terhadap prestasi kerja guru Di SMA Negeri Tanjung Raja, 3) Ada atau tidak pengaruh tunjangan sertifikasi dan komitmen pada tugas terhadap Prestasi Kerja Di SMA Negeri Tanjung Raja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan program SPSS versi 16 for windows. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh tunjangan sertifikasi (X1) terhadap prestasi kerja (Y),  2) Terdapat pengaruh komitmen pada tugas (X2) terhadap prestasi kerja guru (Y),  dan 3) Ada pengaruh sertifikasi (X1), dan komitmen pada tugas (X2) terhadap prestasi kerja guru (Y) di SMA Negeri Tanjung Raja. Implikasi dalam penelitian ini adalah: 1) Sertifikasi guru merupakan sebuah program di mana guru akan dimonitoring dan diuji secara berkala dengan menggunakan alat uji yang telah ditetapkan pemerintah. Sertifikasi guru akan menciptakan mampu sumber daya pengajar yang semakin baik. 2) Komitmen pada tugas yang dimiliki oleh setiap guru sangat penting karena dengan suatu komitmen seorang guru dapat menjadi lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Guru yang memiliki suatu komitmen, akan bekerja secara optimal sehingga dapat mencurahkan perhatian, pikiran, tenaga dan waktunya untuk pekerjaannya, sehingga apa yang sudah dikerjakannya sesuai dengan yang diharapkan oleh sekolah. 3) Prestasi kerja guru merupakan kontribusi yang diberikan oleh seorang guru terhadap tugas dan fungsinya di melalui totalitas kemampuan yang dimilikinya untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Student Management at Saint Aloysius School Dormitory Antsa Rinaldi Rafaliarisoa; Cepi Safrudin Abdul Jabar
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i1.31050

Abstract

This study aims to obtain an understanding of the student management at the Saint Aloysius school dormitory in the Special Region of Yogyakarta, Indonesia. The research applied a case study research method. It mainly involves the participation of four caretaker team members and ten students. The obtained data were collected through techniques, such as interviews, observations and document analysis. The research study involves the application of three concurrent data analysis techniques.  The research led to the knowledge and the understanding that despite the dormitory’s geographical location and its small size, the caretakers at the involved school dormitory make an effort to provide most of the services and tasks required for an effective student management.Generally, the student management implemented at this specific school dormitory involves the establishment of different tasks and services. Important factors, including staff supervision and training, the establishment of the formal program, also need to be considered by the caretakers. Caretakers still need to make some effort to improve management services.
Menarikkah Jabatan Kepala Sekolah Dasar di Indonesia dalam Pandangan Guru? Cepi Safrudin Abdul Jabar; Imi Khuzaimi; Dwi Esti Andriani
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i1.31051

Abstract

Kepala sekolah berperan penting untuk keberhasilan sekolah. Namun, penelitian tentang kekepalasekolahan masih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pandangan guru tentang jabatan kepala sekolah dasar dan bagaimana mereka menyikapi tawaran rekrutmen dan seleksi calon kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi fenomena tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur kepada 11 orang guru sekolah dasar yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti rekrutmen dan seleksi calon kepala sekolah. Mereka dipilih dengan metode purposive. Data penelitian diolah dengan teknik analisis data kualitatif. Wawancara juga dilakukan dengan kepala sekolah, pengawas, dan personil Dinas Pendidikan untuk kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memandang jabatan kepala sekolah dasar sebagai jabatan yang beban pekerjaannya berat, insentifnya rendah, dan juga membutuhkan peran kepemimpinan yang besar. Hampir semua guru sekolah dasar bersikap menolak untuk mengikuti rekrutmen dan seleksi calon kepala sekolah. Sebagian kecil sisanya menerima dengan terpaksa.
Leadership Strategies of Elementary School Principals in Developing Teacher Professionalism Irdayanti Mat Nasir; Nunuk Hariyati; Suyud Suyud; Diani Fitriana Susmita; Dwi Esti Andriani
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i1.30675

Abstract

Principal leadership plays a vital role in school effectiveness through its direct effect on teachers. This study aimed to explore the leadership strategies performed by school principals to develop teacher professionalism at elementary schools. The theoretical underpinnings of interpretivism guided this study. It employed in-depth semi-structured interviews and document analysis to collect data. The interviews were conducted with nine elementary school principals in Klaten district, Indonesia. Data were analyzed using the grounded theory data analysis method, specifically the use of constant comparison through open coding. The 'open-coded' data were then analyzed using the analytic induction technique. The results show that the principals employ a wide range of leadership strategies to develop teacher professionalism. The strategies include providing exemplary behavior and attitude, fostering work discipline, motivating teachers, providing educational supervision, and encouraging teachers to participate in continuing professional development programs.
Level of Satisfaction on Sports Facilities and Infrastructure among Students of Sport-Specific Class in A Senior High School Asmaa Abusamra; Slamet Lestari; Dyssa Arfiesta Valentin Fajri
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i1.31087

Abstract

This study aims to investigate the students’ levels of satisfaction on sport-specific class facilities and infrastructure in SMA N 4 Yogyakarta. This is a quantitative descriptive study that involves as many as 64 students of the tenth and eleventh grades of sport-specific classes. The data of this study were collected through surveys and observations before being analyzed using the descriptive statistics method. The results of this study show that the student level of satisfaction on sports facilities and infrastructure in SMA N 4 Yogyakarta is in the "moderate" category. Furthermore, seen from the categories of the service quality determinants, the aspect of reliability is in the “high” category while the tangibility is in the “very low” category.
Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Tristiniar Titin Akhmadal Badawi; Edi Harapan; Destiniar Destiniar
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i1.30936

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa, 2) pengaruh penggunaan media pembelajaran oleh guru terhadap prestasi belajar siswa, dan 3) Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan penggunaan media pembelajaran oleh guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan program SPSS versi 16 for windows. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) ada pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) di SMA se-kecamatanTanjung Raja, 2) ada pengaruh penggunaan media pembelajaran oleh guru (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) di SMA se-kecamatan Tanjung Raja, 3) ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah (X1), dan penggunaan media pembelajaran oleh guru (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Implikasi dalam penelitian ini adalah: 1) kepala sekolah adalah pemimpin pendidikan dalam tingkatan satuan pendidikan yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kualitas pendidikan dan juga maju mundurnya sekolah yang dipimpinnya. kepala sekolah juga merupakan seorang figur yang harus menjadi teladan bagi semua yang ada di lingkungan sekolah; 2) Penggunaan media pembelajaran oleh guru memberikan menjadikan proses belajar mengajar lebih menyenangkan, membangkitkan keinginan dan minat baru, meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan berpengaruh secara psikologis kepada peserta didik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7