cover
Contact Name
Rahmat Fadhli
Contact Email
rahmat.fadhli@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jump@uny.ac.id
Editorial Address
Educational Administration Department, Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No 1, Karangmalang, Yogyakarta 55281 Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
ISSN : 19781938     EISSN : 25806491     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The journal’s focus is on the studies of management and leadership in schools. The scope: • School planning. • Program and project management in school. • School resources management. It includes management of educational personnel, curriculum, student affairs, school finance, infrastructure and educational facilities (libraries, laboratories, learning resources, etc.), technology and information. • School leadership preparation and development. • School leadership in different contexts culturally, geographically, economically, etc. The journal enocurages manuscripts that discuss innovations, practices, current issues within the scope above. Studies outside Indonesian contexts are welcome if they have implications for broad audience.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2020): October 2020" : 7 Documents clear
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Etos Kerja Guru dan Staf Muhammad Luthfi Zharfan Fadhilah; Suryadi Suryadi; Abubakar Abubakar
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 2 (2020): October 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i2.34635

Abstract

Kepemimpinan transformasional berfokus pada pencapaian perubahan nilai-nilai, kepercayaan, sikap, perilaku, emosional, dan kebutuhan staf menuju perubahan yang lebih baik di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap etos kerja guru dan staf. Sampel penelitian ini yaitu 56  guru dan staf di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif  menggunakan  program Microsoft Excel 2016 dan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan etos kerja guru beserta staf dengan nilai koefisien sebesar 0,370. Selain itu, gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh sebesar 13,7% terhadap etos kerja guru dan staf. Jika gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah ditingkatkan sebesar 53,483 maka nilai etos kerja guru dan staf akan bertambah sebesar 0,260. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian ini merekomendasikan perlunya pengembangan dan penerapan kepemimpinan transformasional kepala sekolah. 
Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Program Sekolah Siaga Bencana di Sekolah Dasar Unggulan ‘Aisyiyah Bantul Lia Yuliana; Kasniati Sastiarini
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 2 (2020): October 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i2.34321

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam pelaksanaan program Sekolah Siaga Bencana (SSB) di Sekolah Dasar Unggulan ‘Aisyiyah Bantul dari aspek: (1) kurikulum (2) sumber daya manusia (3) dan sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan utama dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, sedangkan informan pendukung meliputi: ketua dan anggota tim SSB, wakil kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan beberapa peran kepala sekolah dalam pelaksanaan program SSB yaitu  penyusun kurikulum, penanggung jawab program dan penanggung jawab sarana dan prasarana program.
Kinerja Wakil Kepala Sekolah Menengah Pertama dilihat dari Tugas Pokok dan Fungsinya Sulistia Paudi; Ikhfan Haris; Arifin Suking
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 2 (2020): October 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i2.34636

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu  mengetahui kinerja wakil kepala sekolah (wakasek) bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, dan hubungan masyarakat (humas) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri se-Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Kinerja tersebut dilihat dari keterlaksanaan tugas pokok dan fungsi jabatan wakasek. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja: (1) wakasek bidang kurikulum berada pada kategori “baik”, (2) wakasek bidang kesiswaan berada pada kategori “sangat baik”, (3) wakasek bidang sarana dan prasarana berada pada kategori “sangat baik”, dan (4) wakasek bidang humas berada pada kategori “baik”. Hasil penelitian menyarankan kepada kepala sekolah untuk (1) melakukan pemantauan kepada setiap wakasek dalam mengerjakan tugas pokok dan wewenang mereka, (2) mengevaluasi setiap program yang dilaksanakan oleh masing-masing wakasek, (3) meningkatkan keefektifan komunikasi dengan wakasek  (4) dan melaksanakan pemotivasian. 
Relationship Between the Practices of Learning Organization and Teacher Leadership at Indigenous Primary Schools of Kuala Langat District, Selangor, Malaysia Saraswathy Kullan; Mahaliza Mansor
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 2 (2020): October 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i2.34345

Abstract

The main focus of this study was to (1) identify the level of the practices of learning organization, (2) identify the level of teachers’ leadership, and (3) determine the relationship between practices of learning organization and teacher leadership. The theoretical framework of both Watkins and Marsick (1999) and Katzenmeyer and Moller (2009) were modified to form the conceptual framework of the study. The data were collected through questionnaires distributed to 72 teachers which were randomly selected from six Indigenous Primary Schools of Kuala Langat District, Selangor. The study was a quantitative research. The data collected was analyzed using descriptive and inferential statistics using the SPSS IBM Version 23.0 software. The results showed that the practices of learning organization by teachers recorded a high level of mean value at 3.87 and at 4.05 for teacher leadership. There was a moderate, positive and significant relationship between practices of learning organization and teacher leadership (r = 0.699, p0.01). This finding promotes practices of learning organization in schools which may lead to positive changes in teacher leadership. The implication of the study is the practices of learning organization should be practised at individuals, teams and organization levels in schools to improve the leadership skills of teachers through learning continuously.
Pengarsipan Digital Sebagai Wujud Optimalisasi Manajemen Audit Persuratan di Sekolah Sunarni Sunarni; Maulana Amirul Adha; Alma Bethris Kusvitaningrum; Della Nadhia Agustina; Dita Andriani; Firda Dwi Pratiwi; Rosa Safianti
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 2 (2020): October 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i2.34471

Abstract

Pada era saat ini penggunaan teknologi dalam bidang apapun sangat diperlukan. Bersikap adaptif dengan cara mengikuti perkembangan zaman dapat terlihat melalui  kegiatan pengarsipan. Pengarsipan yang dulunya menyimpan berkas fisik dan mencatat kodenya secara manual, kini bisa dilakukan dengan menyimpannya dalam bentuk data digital. Penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam pengarsipan digital sebagai wujud optimalisasi manajemen audit persuratan di SMP Islam Ma’arif 02 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara dengan informan kunci yaitu kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengarsipan digital membantu dan memudahkan sekolah dalam melaksanakan manajemen audit persuratan. Penelitian ini merekomendasikan bahwa kegiatan pengarsipan digital yang baik membutuhkan dukungan sumber daya manusia yang mampu mengoperasikan secara optimal aplikasi pengarsipan digital. Dukungan fasilitas sekolah juga dibutuhkan agar pengarsipan digital berjalan dengan efisien.
Manajemen Sarana Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih Restika Manurung; Edi Harahap; Tahrun Tahrun; Aris Suharyadi
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 2 (2020): October 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i2.33747

Abstract

Pada saat ini, salah satu faktor yang menentukan mutu pendidikan di Indonesia adalah sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana pendidikan dapat membantu siswa belajar dengan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Prabumulih, kendala yang dihadapi, dan solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan staf tata usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengadaan sarana dan prasarana memprioritaskan pembangunan sanitasi. Manajemen sarana prasarana yang meliputi perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, dan penghapusan sarana prasarana telah berjalan dengan baik. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya dana yang diperlukan untuk proses pengadaan dan kurangnya tenaga tata usaha dalam proses pengelolaan manajemen sarana dan prasarana.
How Principals of Madrasah Ibtidaiyah Negeri Dealt with Obstacles Amalia Hasanah; Ummi Kultsum
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 2, No 2 (2020): October 2020
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v2i2.34510

Abstract

This study was intended to find out how principals of Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) in remote regions in South Sumatra dealt with obstacles of shortage of permanent teachers and lack of infrastructure. This study was a qualitative interpretivist study. Semi-structure interviews and observations were implemented to collect the data. Four MIN principals in remote regions in two districts in South Sumatra were interviewed. The results showed that to overcome the shortage of permanent teachers, the principals took the non-permanent teachers to be in charge as homeroom teachers and placed teachers available to teach subjects that were not suitable with their education background. To overcome the lack of infrastructure, the principals used available rooms in the school for other purposes needed, used the classes in turn, and limited the number of students enrolled in the school.

Page 1 of 1 | Total Record : 7