cover
Contact Name
Rahmat Fadhli
Contact Email
rahmat.fadhli@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jump@uny.ac.id
Editorial Address
Educational Administration Department, Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No 1, Karangmalang, Yogyakarta 55281 Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
ISSN : 19781938     EISSN : 25806491     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The journal’s focus is on the studies of management and leadership in schools. The scope: • School planning. • Program and project management in school. • School resources management. It includes management of educational personnel, curriculum, student affairs, school finance, infrastructure and educational facilities (libraries, laboratories, learning resources, etc.), technology and information. • School leadership preparation and development. • School leadership in different contexts culturally, geographically, economically, etc. The journal enocurages manuscripts that discuss innovations, practices, current issues within the scope above. Studies outside Indonesian contexts are welcome if they have implications for broad audience.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2022): April 2022" : 7 Documents clear
Permasalahan-permasalahan Pendidikan yang Dihadapi Sekolah di Tahun Pertama Pandemi Covid-19 Danang Dewantoro; Dwi Esti Andriani
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i1.59890

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan pendidikan apa saja yang dihadapi sekolah pada tahun pertama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumen, dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan teori atau konstruk operasional (theory based/operational construct sampling). Dokumen yang digunakan merupakan artikel yang diambil dari kompas.com, republika.id, dan suaramerdeka.com. Artikel merupakan hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru, orang tua/wali siswa, dan siswa, yang berlokasi pada jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas/sederajat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah coding sheet dan menggunakan content analysis sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat permasalahan penyelenggaraan pendidikan yang dihadapi sekolah dalam lingkup nasional dan Jawa Tengah di tahun pertama pandemi Covid-19. Rinciannya meliputi: (1) masalah terkait siswa berupa kesulitan belajar di rumah dan rendahnya kehadiran di kelas daring; (2) masalah terkait guru berupa ketidaksiapan mengajar daring, motivasi mengajar daring rendah, dan beban kerja meningkat; (3) masalah terkait orang tua siswa berupa kesulitan mendampingi siswa, kepedulian terhadap pendidikan anaknya rendah, dan tidak setuju dengan pembelajaran daring; serta (4) masalah terkait fasilitas pembelajaran berupa akses internet yang tidak memadai dan fasilitas belajar daring yang kurang memadai. Hasil penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh penelitian lain sehingga dapat diperoleh temuan yang lebih lengkap.
Analisis Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan untuk Menunjang Kegiatan Belajar Siswa Agustinus Nong Masri; Achmad Supriyanto; Ahmad Yusuf Sobri
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i1.45906

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu substansi dalam manajemenpendidikan yang sangat urgen dan wajib dimiliki dalam sebuah satuan pendidikan. Tanpa adanya sarana dan prasarana, suatu kegiatan pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik dan akan menemui berbagai kendala. Sekolah Menengah Kejuruan Kejuruan (SMK) sebagai salah satu satuan pendidikan yang memiliki visi untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang siap bersaing dalam pasar kerja tentu harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana SMK ini dibutuhkan untuk menunjang kegiatan belajar siswa. Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 25 secara khusus berbicara tentang Sarana dan Prasarana Pendidikan. Detil standardisasi sarana dan prasarana pendidikan di SMK/MAK dimuat dalam Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis standar sarana dan prasarana pendidikan di SMK Syuradikara Ende. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana di SMK Syuradikara belum sepenuhnya mencapai standar sarana dan prasarana pendidikan yang telah ditetapkan dalam Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008. Hal ini dikarenakan masih ada ruangan-ruangan yang belum dibuat dan dibenahi dengan sarana dan prasarana antara lain: ruang kepala sekolah, ruang tata usaha, lab komputer, ruang kurikulum, ruang BK, ruang kesiswaan, ruang guru, ruang OSIS, gudang, kantin, tempat parkir, dan ruang praktik.
Manajemen Strategis Sekolah Unggulan Berbasis Islam di Sekolah Dasar Nadya Zilan Maulida; Nanda Dwi Rohmah
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i1.59897

Abstract

Dalam dunia modern sekolah unggulan merupakan acuan pendidikan yang banyak dipandang mempunyai mutu paling baik. Pada penelitian ini, SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen merupakan salah satu sekolah unggulan  berbasis islam yang ada di lingkungan masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan case study research (penelitian studi kasus) untuk mengetahui secara rinci proses manajemen strategis yang dilakukan oleh SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan responden kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) sekolah mampu mengembangkan dan mempertahankan kualitas melalui program unggulan, 2) sekolah merencanakan visi, misi, dan tujuan berdasarkan pada rapat RPS tiap semester atau ajaran baru, 3) sekolah menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, tantangan, dan ancaman, 4) prestasi dan kegiatan ekstrakurikuler sekolah adalah hasil dari keberhasilan sekolah dalam merumuskan visi, misi, dan tujuan sekolah dengan baik dan benar. Manajemen strategis yang digunakan oleh sekolah terbukti memberikan dampak baik untuk peningkatan prestasi siswa, sehingga sekolah mampu bersaing dengan kompetitor terdekat.
Penerapan Kurikulum Darurat dalam Pembelajaran Online di Madrasah Tsanawiyah pada Masa Pandemi Covid-19 Wina Octaviani; Firsta Adilaturrahmah; Aulia Nurul Aini
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i1.38248

Abstract

Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru untuk menghadapi kegiatan pembelajaran pada masa pandemi yakni dengan pembelajaran online. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersebut, pemerintah mengeluarkan kurikulum baru yakni kurikulum darurat sebagai penyederhanaan dari kurikulum sebelumnya sebagai pedoman dan panduan dalam pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum darurat di MTs Al-Amin Cikaso. Jenis penelitian ini yaitu penelitian studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan, dan studi dokumen. Instrumen penelitian antara lain pedoman wawancara, pedoman pengamatan, dan pedoman studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah : kepala sekolah, wakil kepada sekolah bagian kurikulum, guru, dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) proses pembelajaran daring di MTs Al-Amin dengan menggunakan kurikulum darurat dilaksanakan melalui dua metode yaitu daring dan guling (guru keliling), (2) Tanggapan siswa mengenai kegiatan pembelajaran online antara lain, siswa merasa leih mandiri dalam proses pembelajaran, namun siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru dan sering merasa mudah malas karena kegiatan pembelajaran yang membosankan. (3) Hambatan yang memengaruhi kegiatan pembelajaran, yaitu tidak semua siswa memiliki smartphone, faktor ekonomi orang tua, keterbatasan jaringan internet dan penguasaan teknologi, interaksi siswa dan guru yang kurang terkontrol, serta kurangnya motivasi belajar siswa. (4) Solusi untuk hambatan yang memengaruhi kegiatan pembelajaran adalah pemberian kuota gratis oleh pemerintah, diadakan pembelajaran guling, dan memberikan motivasi siswa untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran daring.
Profil Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumedang Septi Ega
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i1.48239

Abstract

Dalam sebuah organisasi baik formal maupun non formal dibutuhkan adanya seorang pemimpin. Dalam lembaga pendidikan sosok pemimpinnya yaitu kepala sekolah yang memiliki peran penting dalam menentukan dan mengelola sekolah. Status sekolah memiliki fungsi penting untuk kepemimpinan kepala sekolah yaitu antara sekolah negeri dengan sekolah swasta tentu memiliki perbedaan yang berpengaruh terhadap kebijakan sistem kepemimpinan yang akan dilakukan kepala sekolah. Sekolah negeri sering dianggap memiliki pemimpin yang unggul yang dibuktikan dengan sekolah favorit siswa dan identik dengan aturan yang tegas yang dibuat kepala sekolah untuk memajukan sekolah dan warga sekolah dari berbagai lingkup. Begitu pula dengan sekolah yang umum dengan yang kental dengan agama tentu memiliki sistem kebijakan kepala sekolah yang berbeda dengan sekolah umum. Dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh status sekolah terhadap kebijakan sistem kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus menggunakan teknik wawancara tidak langsung yaitu menggunakan google form dengan responden sebanyak 30 orang kepala sekolah Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari berbagai sekolah baik yang berstatus negeri maupun swasta di Sumedang. Dalam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa status sekolah memiliki pengaruh terhadap pengambilan sistem kebijakan kepemimpinan yang dilakukan kepala sekolah untuk memajukan kualitas sekolah yang dipimpinnya.
Hubungan antara Kualifikasi Akademik dan Kompetensi dengan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri se Kota Malang Icca Nabilah Nisa; Djum Djum Noor Benty; Asep Sunandar; Desi Eri Kusumaningrum
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i1.50063

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kualifikasi akademikTAS, mendeskripsikan tingkat kompetensi TAS, mendeskripsikan tingkat kinerja TAS,mengetahui hubungan antara kualifikasi akademik dan kompetensi TAS, mengetahuihubungan antara kualifikasi akademik dan kinerja TAS, mengetahui hubungan antarakompetensi dan kinerja TAS, mengetahui hubungan antara kualifikasi akademik dankompetensi dengan kinerja TAS. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri se Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif- korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dan Simple Random Sampling. Populasi penelitian berjumlah 270 orang dengan sampel berjumlah 161 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif, korelasi Product Moment Pearson, dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualifikasi akademik TAS berada dalam kategori sangat tinggi, tingkat kompetensi TAS berada dalam kategori sangat tinggi, tingkat kinerja TAS berada dalam kategori sangat tinggi, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dan kompetensi TAS, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dan kinerja TAS, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi dan kinerja TAS, secara simultan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dan kompetensi dengan kinerja TAS di SMA Negeri se Kota Malang.
Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Se-Kabupaten Pekalongan Akhyat Hidayat; Ngurah Ayu Nyoman Murniati; Ghufron Abdullah
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i1.50712

Abstract

Kinerja guru dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan menilai hasil belajar merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, dan (3) pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 265 guru yang tersebar di empat sekolah dengan sampel sejumlah 160 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan disiplin kerja terhadap kinerja guru sebesar 56,6% dengan dimensi yang paling lemah adalah taat aturan waktu, terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 8,9% dengan kelemahan pada dimensi motivasi intrinsik, dan terdapat pengaruh signifikan antara disiplin kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMK Negeri di Kabupaten Pekalongan sebesar 56,2%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kedua variabel tersebut yaitu disiplin kerja dan motivasi kerja maka akan meningkatkan kinerja guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 7