cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengajaran MIPA
ISSN : 14120917     EISSN : 24433616     DOI : -
Core Subject :
Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education Universitas Pendidikan Indonesia (FPMIPA-UPI) in association with Indonesian Society for Science Educators (JPII), twice a year in April and October with 16 articles per number or 32 articles per year.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008" : 8 Documents clear
KAPASITAS BIOSORPSI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) TERHADAP LOGAM KROM Dalam LIMBAH CAIR PENYAMAKAN KULIT Saefudin, Saefudin; N., Tina Safaria; Solihat, Rini; Rahmansyah, Dicky
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v11i1.35759

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai penggunaan biomasa jamur Pleurotus ostreatus dalam penyerapan logam krom dari larutan limbah cair penyamakan kulit melalui proses biosorpsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan biomassa yang berbeda-beda terhadap kapasitas biosorpsi logam krom oleh jamur Pleurotus ostreatus pada limbah cair penyamakan kulit. Parameter yang diukur yaitu banyaknya serapan ion logam (q) untuk tiap gram biomassa yang digunakan. Enam variasi biomassa kering dari jamur Pleurotus ostreatus yaitu (0,04) g; (0,08) g; (0,12) g; (0,16) g; (0,20) g; (0,24) g dalam bentuk serbuk dicampurkan kedalam 0,25 L larutan limbah penyamakan kulit. Untuk pH larutan diatur hingga pH 5 dan waktu kontak penelitian yang digunakan adalah 80 menit berdasarkan hasil pra-penelitian. Konsentrasi larutan krom sebelum dan setelah perlakuan ditentukan dengan metoda AAS (Atomic Absorption Spectrometry). Konsentrasi logam krom sebelum perlakuan adalah 297,5 mg/L dan setelah proses pengontakan dengan biomassa jamur Pleurotus ostreatus kadar logam krom dalam larutan limbah dapat terserap hingga kisaran 73%- 80%. Serapan ion logam tertinggi terjadi pada biomassa perlakuan 0,04 gram yaitu sebesar 148,83 ± 2,58 mg/g dan terendah pada biomassa perlakuan 0,24 gram yaitu sebesar 22,75 ± 0,62 mg/g. Kapasitas biosorpsi maksimum dari jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) terjadi pada konsentrasi biomassa yang rendah dan mengalami penurunan seiring dengan peningkatan kosentrasi biomassa yang digunakan.
MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGINTEGRASIKAN KONSEP IPA DAN PENDIDIKAN IPA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN IPA CALON GURU SEKOLAH DASAR Siahaan, Parsaoran
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v11i1.35760

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan suatu program termasuk program pendidikan bagi mahasiswa calon guru. Pemisahan mata kuliah konsep dasar IPA dan pendidikan IPA pada semester yang berbeda dalam kurikulum PGSD cenderung menyulitkan mahasiswa untuk memahami kedua materi perkuliahan secara terintegrasi. Penelitian ini dilakukan untuk mencari pola perkuliahan yang dapat mengintegrasikan materi konsep dasar IPA dan pendidikkan IPA dalam satu perkuliahan. Skenario perkuliahan dibagi dalam empat fase yaitu pemodelan oleh dosen, diskusi, pengayaan dan Pembelajaran sebaya (Peer Teaching). Topik yang dijadikan materi perkuliahan adalah Kemagnetan (mewakili materi konsep dasar IPA) dan keterampila proses IPA (mewakili materi pendidikan IPA). Subjek penelitian adalah mahasiswa calon guru sekolah dasar yang sedang kuliah di PGSD Tasikmalaya , banyak mahasiswa yang menjadi subjek penelitian sebanyak 26 orang. Perolehan data dilakukan dengan tes (tes awal dan akhir), wawancara dan observasi. Hasil tes awal dan tes akhir diolah secara statistik: yaitu uji normalitas , uji homogenitas da uji t. Dari uji t pada taraf signifikansi 0,01 diperoleh hasil bahwa ada perbedan yang signifikan antara tes awal dan akhir setelah pembelajaran. Dari hasil wawancara terhadap mahasiswa calon guru diperoleh data bahwa mereka senang dengan model perkuliahan yang dilakukan karena mereka merasa terlibat aktif dalam pembelajaran terutama ketika melakukan percobaan dan mendapat kesempatan langsung mengimplementasikan pembelajaran dalam pembelajaran sebaya walaupun mereka disibukan dengan persiapan dalam membuat rancangan pembelajaran.
PENENTUAN PARAMETER-PARAMETER KARAKTERISTIK SEL SURYA UNTUK KONDISI GELAP DAN KONDISI PENYINARAN DARI KURVA KARAKTERISTIK ARUS-TEGANGAN (I-V) Suhandi, A.; Tayubi, Y. R.; Hikmat, Hikmat; Eliyana, A.
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v11i1.35761

Abstract

A systematic procedure to obtain the main parameters which characterize a commercial solar cells, both in dark conditions (series and shunt resistances and recombination and diffusion saturation currents) and also under illumination (short circuit current, open circuit voltage and fill factor) are presented in this paper. All the measurements needed are made with simple and inexpensive apparatus and the calculations are straightforward.
RANCANGAN PENELITIAN UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER Marwati, Rini; Aryanti, Aryanti
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v11i1.35756

Abstract

Research on school mathematics learning with computer as tutee has been doing by some of student of mathematics education department of UPI for their paper. There are two big points in this kind of research, i.e. making school mathematics learning software and implementing in school. This article discuss about planning of that kind of research.
PERKULIAHAN TERINTEGRASI PRAKTIKUM SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA DASAR Wahyu, Wawan; Rustaman, Nuryani Y.; Liliasari, Liliasari; Achmad, Sadijah
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v11i1.35762

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peningkatan penguasaan mahasiswa terhadap konsep kimia dasar melalui perkuliahan terintegrasi praktikum. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes grup kontrol. Penelitian dilakukan di Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Data dikumpulkan melalui lembar kerja mahasiswa, teknik wawancara, teknik observasi, dan tes kemampuan kimia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif. Data diolah dengan menggunakan program SPSS versi 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan mahasiswa terhadap konsep kimia dasar meningkat secara signifikan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perkuliahan terintegrasi praktikum dapat meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap konsep kimia dasar. Disarankan agar penelitian ini dikembangkan pada topik-topik kimia lainnya.
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FPMIPA UPI JALUR PMDK DAN SPMB Karso, H.
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v11i1.35757

Abstract

Tulisan ini memuat sebagian dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Karso, Sumar Hendayana, Siti Fatimah dan Nono Sutarno ( 2004/2005). Adapun yang menjadi fokus penelitian ini terletak pada upaya menganalisis keberhasilan studi mahasiswa FPMIPA UPI yang berasal dari Jalur PMDK dan Jalur SPMB (UMPTN). Aspek-aspek yang diungkap mencakup persentase lulusan dan indek prestasi yang meliputi IP-MKDU, IP-MKDK, IP-MKPBM, IP-MKBS, IPK dan yudisium. Sedangkan pengelolaan dan analisis datanya dilakukan dengan menggunakan uji-z pada tarap signifikansi 5%.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP REAKSI REDUKSI-OKSIDASI DAN ELEKTROKIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD Rusmansyah, Rusmansyah; Hamid, Abdul
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v11i1.35763

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari Konsep Reaksi Reduksi-Oksidasi dan Elektrokimia melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Division (STAD). Subyek penelitian adalah siswa kelas III IPA1 Tahun Pelajaran 2003/2004 SMA Negeri 6 Banjarmasin yang berjumlah 30 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas dengan proses siklus berjumlah 2 kali, dimana pada siklus I dilakukan tiga kali pelaksanaan tindakan dan pada siklus II dilakukan satu kali pelaksanaan tindakan. Data dikumpulkan dari hasil tes belajar, observasi, dan angket, yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari tes awal yang hanya 21,60% menjadi 75,85% setelah selesaii siklus I. Kelemahan pengusaan konsep masih terlihat pada konsep-konsep penentuan koefisien reaksi redoks, jumlah elektron yang terlibat dalam reaksi redoks dengan metode setengah reaksi, peristiwa reaksi kimia menghasilkan energi listrik, menentukan logam yang mudah teroksidasi dari data Eo yang ada, menyusun urutan daya pengoksidasi unsur dari data Eonya, menentukan salah satu cara pencegahan korosi pada besi yang paling tepat, menentukan reaksi yang berlangsung pada anode dari suatu reaksi elektrolisis, serta menerapkan aplikasi dari hukum Faraday. Untuk itu dilakukan siklus II, hasilnya siswa dapat menguasai konsep-konsep tersebut dengan baik, hasil belajar siswa 91,51%. Hasil observasi terhadap pengelolaan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilakukan guru menunjukkan hasil yang baik, dimana guru telah mampu menerapkan model pembelajaran tersebut dengan baik. Hasil angket terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diterapkan guru menunjukkan respon yang sangat positif dari siswa, sekitar 86,67% strategi mengajar guru memudahkan siswa belajar, 100% siswa merasa senang dan termotivasi untuk belajar, 90% siswa senang dan mudah belajar dengan model diskusi STAD karena dibantu oleh teman yang lebih pandai dalam memahami konsep, 96,67% siswa merasa punya tanggung jawab untuk kemajuan individu dan kelompoknya, 83,33% siswa menginginkan agar dalam pembelajaran konsep kimia lainnya bisa pula guru menerapkan strategi STAD ini, dan sekitar 60% siswa dapat menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
MENGEMBANGKAN MEDIA GENETIKA MIKROBA BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA Nuraeni, Eni
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v11i1.35758

Abstract

Studi tentang pengembangan media pembelajaran genetika mikroba berbantuan komputer dilakukan dalam upaya meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa. Pengembangan media dilakukan dengan desain R and D meliputi tahap studi pendahuluan, perancangan, pengembangan, dan validasi media. Hasil studi lapangan menunjukkan adanya kebutuhan media untuk membantu menjelaskan topik tersebut. Tahap perancangan dan pengembangan media dilakukan dengan membangun software multimedia menggunakan program Flash yang dapat digunakan secara individu maupun berkelompok. Tahap validasi media menggunakan The One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, penyebaran angket, observasi dan wawancara. Hasil analisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa secara signifikan pada taraf kepercayaan 95%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2008 2008


Filter By Issues
All Issue Vol 27, No 2 (2022): JPMIPA: Volume 27, Issue 2, 2022 Vol 27, No 1 (2022): JPMIPA: Volume 27, Issue 1, 2022 Vol 26, No 2 (2021): JPMIPA: Volume 26, Issue 2, 2021 Vol 26, No 1 (2021): JPMIPA: Volume 26, Issue 1, 2021 Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012 Vol 25, No 2 (2020): JPMIPA: Volume 25, Issue 2, 2020 Vol 25, No 1 (2020): JPMIPA: Volume 25, Issue 1, 2020 Vol 25, No 2 (2020): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2020 Vol 25, No 1 (2020): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2020 Vol 24, No 2 (2019): JPMIPA: Volume 24, Issue 2, 2019 Vol 24, No 1 (2019): JPMIPA: Volume 24, Issue 1, 2019 Vol 24, No 1 (2019): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2019 Vol 23, No 2 (2018): JPMIPA: Volume 23, Issue 2, 2018 Vol 23, No 1 (2018): JPMIPA: Volume 23, Issue 1, 2018 Vol 23, No 2 (2018): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2018 Vol 23, No 1 (2018): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2018 Vol 22, No 2 (2017): JPMIPA: Volume 22, Issue 2, 2017 Vol 22, No 1 (2017): JPMIPA: Volume 22, Issue 1, 2017 Vol 22, No 2 (2017): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2017 Vol 22, No 1 (2017): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2017 Vol 21, No 2 (2016): JPMIPA: Volume 21, Issue 2, 2016 Vol 21, No 1 (2016): JPMIPA: Volume 21, Issue 1, 2016 Vol 20, No 2 (2015): JPMIPA: Volume 20, Issue 2, 2015 Vol 20, No 1 (2015): JPMIPA: Volume 20, Issue 1, 2015 Vol 19, No 2 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 2, 2014 Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014 Vol 18, No 2 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 2, 2013 Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013 Vol 17, No 1 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 1, 2012 Vol 16, No 2 (2011): JPMIPA: Volume 16, Issue 2, 2011 Vol 16, No 1 (2011): JPMIPA: Volume 16, Issue 1, 2011 Vol 15, No 2 (2010): JPMIPA: Volume 15, Issue 2, 2010 Vol 15, No 1 (2010): JPMIPA: Volume 15, Issue 1, 2010 Vol 14, No 2 (2009): JPMIPA: Volume 14, Issue 2, 2009 Vol 13, No 1 (2009): JPMIPA: Volume 13, Issue 1, 2009 Vol 12, No 2 (2008): JPMIPA: Volume 12, Issue 2, 2008 Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008 Vol 9, No 2 (2007): JPMIPA: Volume 9, Issue 2, 2007 Vol 9, No 1 (2007): JPMIPA: Volume 9, Issue 1, 2007 Vol 8, No 2 (2006): JPMIPA: Volume 8, Issue 2, 2006 Vol 8, No 1 (2006): JPMIPA: Volume 8, Issue 1, 2006 Vol 6, No 2 (2005): JPMIPA: Volume 6, Issue 2, 2005 Vol 6, No 1 (2005): JPMIPA: Volume 6, Issue 1, 2005 Vol 5, No 2 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 2, 2004 Vol 5, No 1 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 1, 2004 Vol 4, No 2 (2003): JPMIPA: Volume 4, Issue 2, 2003 Vol 4, No 1 (2003): JPMIPA: Volume 4, Issue 1, 2003 Vol 3, No 1 (2002): JPMIPA: Volume 3, Issue 1, 2002 Vol 2, No 2 (2001): JPMIPA: Volume 2, Issue 2, 2001 Vol 2, No 1 (2001): JPMIPA: Volume 2, Issue 1, 2001 Vol 1, No 1 (1993): JPMIPA: Volume 1, 1993 More Issue