cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
WIDYA TEKNIKA
Published by Universitas Widyagama
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 20, No 1: Maret 2012" : 11 Documents clear
PENGARUH TEBAL RUSUK TERHADAP LAJU PERPINDAHAN PANAS KONVEKSI PADA RIBBED SQUARE CHANNEL Farid, Akhmad
WIDYA TEKNIKA Vol 20, No 1: Maret 2012
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan turbulensi aliran fluida dapat meningkatkan laju perpindahan panas konveksi paksa, seperti pada alat penukar kalor. Turbulensi aliran pada suatu saluran dapat tergantung pada kekasaran dinding saluran. Dengan ditambahkan rusuk-rusuk pada dinding saluran akan meningkatkan turbulensi sehingga akan meningkatkan laju perpindahan panas konveksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tebal rusuk terhadap laju  perpindahan panas secara konveksi paksa dengan menggunakan saluran segi empat berusuk. Variabel bebas berupa tebal rusuk dan laju aliran fluida, sedangkan laju konveksi sebagai variable bebas. Penelitian dilakukan dengan variasi tebal rusuk 0 mm, 1 mm, 2 mm dan 3 mm, sedangkan variasi laju aliran fluida menghasilkan variasi bilangan Reynold 6965,157 hingga 22963,55. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju aliran fluida (Bilangan Reynold) dan tebal rusuk berpengaruh terhadap laju perpinhan panas konveksi. Angka Nusselt yang dihasilkan meningkat seiring dengan bertambahnya tebal rusuk. Kata Kunci: Laju konveksi, Ribbed square channel, tebal rusuk, Angka Reynold, Angka Nusselt.
PERANCANGAN SISTEM PENGENALAN POLA SUARA MENGGUNAKAN METODE PIECEWISE DYNAMIC TIME WARPING (PDTW) Qustoniah, Anis
WIDYA TEKNIKA Vol 20, No 1: Maret 2012
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi pengenalan suara merupakan teknologi dengan sumber masukannya adalah suara, seperti mikropon untuk menginterpretasikan suara manusia, untuk transkripsi atau sebagai metode alternatif interaksi dengan komputer. Pada proses pengenalan suara, untuk mendapatkan informasi dari sinyal suara perlu dilakukan ekstraksi ciri sehingga dapat dianalisis untuk setiap variasi sinyal suara yang ada. Metode ekstraksi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Linear Predictive Coding (LPC), yang menghasilkan koefisien-koefisien cepstral dari pola suara yang di-input-kan. Dari koefisien tersebut kemudian dilakukan pengenalan dengan menggunakan metode Piecewise Dynamic Time Warping (PDTW). PDTW merupakan sebuah modifikasi dari DTW yang menjalankan Piecewise Aggregate Approximation (PAA) sebagai metode pembanding antara data input dan data referensi.Dari hasil perbandingan tersebut akan didapatkan suatu keputusan yang kemudian diubah menjadi output berupa text. Hasil dari penelitian ini didapatkan Word Error Rate (WER) sebesar 45% untuk 40 data uji dari 4 kata. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode LPC dan PDTW dapat digunakan untuk mengenali pola suara dengan keakuratan 55%. Kata Kunci: Linear Predictive Coding (LPC), Piecewise Dynamic Time Warping (PDTW), Piecewise Aggregate
PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH PASIR ONYX SEBAGAI SUBSTITUSI PASIR TERHADAP KUAT TEKAN, PENYERAPAN AIR DAN KETAHANAN AUS PAVING BLOCK Aditya, Candra
WIDYA TEKNIKA Vol 20, No 1: Maret 2012
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangunan sarana transportasi melalui program Pavingisasi oleh Pemerintah sedang berjalan sampai pelosok desa. Peningkatan akan  kebutuhan paving ini memerlukan  efisiensi dan inovasi dari bahan-bahan material penyusunnya agar diperoleh paving dengan harga yang murah tapi tidak mengurangi kekuatannta. Pasir onyx yang berasal dari Tulungagung merupakan limbah dari kerajinan batu onyx yang dapat dipakai sebagai inovasi dan efisiensi bahan penyusun material paving block yaitu dijadikan sebagai bahan pengganti pasir sungai. Tujuan utama dari penelitian ini adalah memanfaatkan limbah yang selama ini tidak terpakai bahkan bisa menimbulkan gangguan lingkungan menjadi bahan pengganti material paving.  Tujuan yang lebih khusus adalah untuk mengetahui kekuatan optimal paving block yang meliputi kuat tekan, penyerapan air dan ketahanan aus dengan limbah pasir onyx sebagai alternatif pengganti pasir dengan perbandingan komposisi campuran 1PC:6Ps (sebagai kelompok kontrol/Perlakuan 1); 1PC:4Ps:2PsO (Pasir Onyx)/(Perlakuan 2); 1PC:3Ps:3PsO (Perlakuan 3); 1PC:2Ps:4PsO (Perlakuan 4); 1PC:6PsO (Perlakuan 5). Penelitian ini akan menggunakan metode eksperimen yang dimulai dari pengujian material dasar genteng beton dan paving yaitu bahan pengikat (semen portland dan serbuk marmer), agergat halus (pasir sungai dan pasir marmer), sampai dengan uji sifat fisik dan mekanik paving block. Benda uji dicetak menggunakan cetakan besi berupa kubus berukuran 21 cm x 10,5 cm x 6 cm, sebanyak 90 sampel benda uji dan  pengujian dilakukan setelah benda uji berumur 28 hari. Untuk analisis data dalam penelitian ini dilakukan uji hipotesis dengan analisis statistik metode RAL (Rangan Acak Lengkap) dengan alat bantu program SPSS 15 for Windows. Hasil uji hipotesis dengan uji F, didapatkan bahwa pengaruh penggunaan limbah pasir onyx sebagai pengganti pasir berpengaruh nyata terhadap kuat tekan dan ketahanan aus, sedangkan untuk penyerapan air tidak berpengaruh nyata. Hasil pengujian kuat tekan paving block karakteristik optimal terjadi pada komposisi campuran 1PC : 6PsO dengan nilai 378,36 kg/cm2, yaitu mengalami peningkatan sebesar 64,05% dari kuat tekan paving block karakteristik komposisi 1PC : 6Ps (0% pasir onyx). Untuk ketahanan aus optimal terjadi pada komposisi campuran 1PC : 6PsO dengan nilai ketahanan aus sebesar 0,399 mm/menit, mengalami penurunan sebesar 4,6% dan untuk hasil pengujian penyerapan air optimal terjadi pada komposisi campuran 1PC : 3Ps : 3PsO dengan nilai penyerapan air 6,63%, mengalami penurunan 2,01% dibandingkan dengan komposisi campuran 1PC : 6Ps (0% pasir onyx). Kata Kunci: pasir onyx, ,kuat tekan, penyerapan air dan ketahanan aus  paving block.
PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU PENGEMAS DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) Putri, Chauliah Fatma
WIDYA TEKNIKA Vol 20, No 1: Maret 2012
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam era industrialisasi yang semakin kompetitif sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetisi dalam dunia industri akan memberikan perhatian penuh pada efektivitas dan efisiensi perusahaan, termasuk dalam masalah logistik. Dengan bantuan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), dilakukan pemilihan supplier bahan baku pengemas pada perusahaan. Hasil penilaian evaluasi kinerja supplier di perusahaan menggunakan rancangan penilaian dengan menggunakan model Quality, Quantity,Cost, dan Delivery (QQCD) menghasilkan 4 Supplier Performance Indicator (SPI). Kriteria quality memiliki bobot yang tertinggi sebesar 40%, Delivery sebesar 30% selanjutnya Quantity 20% dan terakhir adalah cost atau harga sebesar 10%. Hasil keputusan penilaian tetap dijalankan oleh perusahaan meskipun hasil keputusannya adalah mengeluarkan supplier dari daftar supplier terpilih. Kata Kunci: Supplier, Kriteria Pemilihan, Analitycal Hierarchy Process (AHP)
APRESIASI KONTRAKTOR DALAM PENGGUNAAN ASURANSI PADA PEMBANGUNAN KONSTRUKSI DI MALANG Irawan, Dafid; -, Riman
WIDYA TEKNIKA Vol 20, No 1: Maret 2012
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konstruksi merupakan proyek yang memiliki potensi resiko relatif tinggi, dibandingkan pekerjaan non konstruksi seperti manufaktur. Besarnya potensi yang dihadapi, menyebabkan kontraktor harus mencari cara untuk menangani resiko dengan menggunakan asuransi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat jenis proyek yang biasa diasuransikan, jenis asuransi, resiko yang sering terjadi, dan pemahaman kontraktor terhadap pentingnya asuransi sebagai alternatif pengalihan resiko proyek. Pengambilan sampel secara random pada kontraktor di Kota Malang. Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data, hasilnya diolah menggunakan statistik deskriptif. Untuk mengetahui pemahaman kontraktor akan pentingnya asuransi digunakan Importance-Performance Analysis. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa jenis proyek yang banyak diasuransikan adalah proyek gedung, drainase dan proyek infrastruktur milik pemerintah. Jenis asuransi yang sering digunakan adalah Contractor All Risk (CAR). Resiko yang seringkali terjadi di proyek adalah inflasi, kenaikan harga, pencurian dan perampokan, serta kerusakan peralatan dan mesin. Dari hasil Importance-Performance Analysis, bahwa cukup banyak responden yang mengetahui pentingnya asuransi untuk proyek konstruksi, dan  cukup banyak yang  melaksanakannya, sebagian  responden beranggapan bahwa penggunaan asuransi akan mengurangi profit proyek, karena resiko yang dijaminkan jarang terjadi (53%). Hasil lain menunjukkan besar premi yang dibayarkan kontraktor kapada perusahaan asuransi cukup kecil (1-7%) dibanding kerugian yang harus ditanggung apabila terjadi resiko mencapai (40%), rata-rata premi yang diterima mencapai (20%). Kata Kunci: Apresiasi, Kontraktor, Pembangunan, Konstruksi.
PENGARUH KANAL MULTIPATH FADING DAN RUGI LINTASAN (PATH LOSS) TERHADAP UNJUK KERJA SISTEM DIGITAL VIDEO BROADCAST TERRESTRIAL (DVB-T) -, Faqih
WIDYA TEKNIKA Vol 20, No 1: Maret 2012
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan unjuk kerja sistem DVB-T akibat pengaruh dari kanal fading lintasan jamak, rugi-rugi lintasan dan noise Additive white Gaussian Noise (AWGN). Metode simulasi yang diterapkan menggunakan metode Monte Carlo, simulasi sistem DVB-T terdiri dari data integer acak, pengkode Reed-Solomon, interlever konvolusi, interleaver DVB-T, pemancar OFDM, dan kanal yang terdiri dari noise AWGN, multipath fading dan free space path loss. Dari hasil simulasi dapat diketahui bahwa unjuk kerja sistem pada kanal AWGN, dengan SNR yang rendah < 10 dB mengakibatkan rusaknya ampitudo sinyal, pada kanal free space pathloss mengakibatkan penurunan level amplitudo sinyal terima, sedangkan pada kanal multpath fading mengakibatkan naik turunnya level amplitudo sinyal terima.  Perbandingan unjuk kerja sistem pada kanal AWGN, free space loss dan multipath fading, diketahui bahwa nilai BER pada kanal AWGN mempunyai nilai terbaik jika dibandingkan dengan nilai BER pada kanal lainnya. Pada kanal AWGN, free space pathloss dan multipath fading nilai BER tidak bergerak turun yaitu berkisar antara harga 0,4 sampai 0,5 hal ini disebabkan karena adanya respon impuls dan frekuensi dari kanal multipath. Kata Kunci: DVB-T, AWGN, Fre Space Pathloss, Multipath Fading
PENGARUH PENGGUNAAN WATER COOLANT TERHADAP PERFORMANCE MESIN DIESEL Soebiyakto, Gatot
WIDYA TEKNIKA Vol 20, No 1: Maret 2012
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mesin konversi energi ini dikenal dengan motor bakar yang banyak digunakan manusia sebagai penggerak mesin-mesin produksi, pompa, kendaraan bermotor dan lain sebagainya yang sering dijumpai diberbagai instansi-instansi perusahaan sekarang ini dengan menggunakan sistem radiator untuk pendinginan, sehingga dapat menghasilkan efisiensi yang tinggi, disamping harus diperhatikan gas sisa pembakaran yang berbahaya sehingga perlu diadakan analisa pendinginan pada mesin, pengujian ini melakukan pengamatan Pemakaian Water Coolant, sehingga karakteristik motor bakar dapat diketahui. Untuk meningkatkan efisiensi kerja maka penulis menggunakan engine sebagai motor penggerak, dimana daya yang dihasilkan tidak selalu stabil, dengan mempergunakan alat ini maka dapat diperoleh data-data mengenai efektif pemakaian water coolant tersebut. Tujuan penelitian yang akan dilakukan yaitu untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Water Coolant Terhadap Performance Mesin Diesel. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah melakukan Eksperimental melalui uji laboratorium untuk mengetahui hasil percobaan dari pemakaian  Water Coolant terhadap daya mesin diesel. .Adapun langkah – langkah yang ditempuh melalui  Alat dan uji Coba, Water Coolant yang digunakan dalam penelitian , Pengambilan data,  Analisis data,Kesimpulan dan Variabel yang diteliti yaitu  variabel  bebas   Pemakaian Water Coolant dalam proses penelitian dan  Variable terikat yaitu putaran mesin yang disebabkan akibat Water Coolant. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan dengan Penambahan water coolant tidak berpengaruh terhadap torsi sebuah mesin apabila bebannya sama, Penambahan water coolant berpengaruh terhadap daya dari sebuah mesin, Tekanan pada setiap penambahan water coolant tidak berbeda jauh hasilnya, Penurunan effisiensi thermal dipengaruhi oleh besarnya daya. Kata Kunci: Water Coolant, Putaran Mesin, Daya, Efisiensi, Mesin Diesel.
ANALISIS DEBIT BANJIR PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI UNTUK DESAIN DAN EVALUASI KAPASITAS TAMPUNG BANGUNAN AIR -, Riman
WIDYA TEKNIKA Vol 20, No 1: Maret 2012
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prediction of flood discharge of a river Basin  is a major input for the planning and evaluation capacities of waterworks. This estimate should be the appropriate method that can produce more accurate flood predictions. Several methods have been developed by scientists, such as the analysis of rainfall intensity, frequency distribution and hidrograph  unit, but the data difficult to obtain sufficient observations. Due to lack of data flow and the rain of data, the method chosen hidrograph unit as an alternative to estimate the flood discharge. Although the method has been developed hidrograph unit, not necessarily appropriate for use, because of differences in the characteristics, conditions and rainfall patterns. Based on this, needs to be reviewed and rainfall intensity analysis unit to produce hidrograf  by comparing several methods. Based on the analysis of the results obtained, the comparison with the HSS Nakayasu and there is a difference HSS Gama I, intensity of Mononobe, HSS Nakayasu Q= 922,804 m3/dt, HSS Gama I Q= 595,286 m3/dt, so the difference 327,518 m3/dt (35,48%), and intensity of PSA 007,  HSS Nakayasu, Q= 396,223 m3/dt, HSS Gama I Q= 413,125 m3/dt, so the difference = 16,902 m3/dt (5%). Key Words: Discharge, Flood, Design, Evaluation, Capacity.
PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN MARKETING MIX (Studi Kasus pada PT. Batik Danar Hadi) -, Silviana
WIDYA TEKNIKA Vol 20, No 1: Maret 2012
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Batik Danar Hadi  merupakan  perusahaan batik yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Semarang,Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Batam. Bahkan perusahaan ini sudah mengekspor produk-produknya ke luar negeri. Produk yang dihasilkan PT. Batik Danar Hadi adalah bermacam-macam produk yang berbahan dasar batik. Karena semakin banyak perusahaan batik yang tersebar di Indonesia, maka persaingan dalam menjalankan usaha tidak dapat dihindari lagi. Maka untuk mempertahankan kelangsungan  hidup  perusahaan, khususnya dalam menjalankan kegiatan usaha untuk memperoleh profit, PT. Batik Danar Hadi berusaha meningkatkan dan mengatur strategi dalam kegiatan pemasaran dalam rangka meningkatkan penjualan produknya. Seperti yang diungkapkan oleh (Indriyo Gito Sudarmo, 1994:24) bahwa strategi pemasaran merupakan  strategi untuk melayani pasar atau segmen pasar yang dijadikan target oleh seorang pengusaha, sehingga tinggi rendahnya penjualan ditentukan oleh baik buruknya strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuan organisasinya. PT. Batik Danar Hadi dalam pelaksanaan pemasarannya menggunakan strategi  marketing mix (bauran pemasaran) yaitu  memperhatikan dan menjaga  perpaduan  antara produk, harga, promosi dan distribusi. Kata Kunci: strategi pemasaran, marketing mix, segmen pasar
PENGARUH PEMAKAIAN MEDAN ELEKTROMAGNET TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MESIN BENSIN JENIS DAIHATSU HIJET Putra, Toni Dwi
WIDYA TEKNIKA Vol 20, No 1: Maret 2012
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kelangkaan bahan bakar minyak yang terjadi belakangan ini telah memberikan dampak yang sangat luas di berbagai sektor kehidupan. Sektor yang paling cepat terkena dampaknya adalah sektor transportasi. Selain itu pembakaran bahan bakar  ini telah memberikan dampak negatif terhadap lingkungan yaitu polusi udara, tingkat kesehatan udara  semakin menurun akibat asap pembakaran minyak bumi dan emisi gas buang akibat dari pembakaran pada unjuk kerja mesin kendaraan. Beberapa hal yang mempengaruhi unjuk kerja mesin bensin, antara lain besarnya perbandingan kompresi, tingkat homogenitas campuran bahan bakar dengan udara, angka oktan bensin sebagai bahan bakar, dan tekanan udara yang masuk ke ruang bakar. Variabel dalam penelitian ini adalah kondisi yang mempengaruhi munculnya suatu gejala. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah penggunaan medan elektromagnet dan tanpa menggunakan medan elektromagnet. Variabel terikat adalah emisi gas buang (HC, CO dan CO2). Dari percobaan yang telah dilakukan dengan menggunakan medan elektromagnet dan tanpa menggunakan medan elektromagnet pada saluran bahan bakar mesin DAIHATSU HIJET , Medan elektromagnet dapat menurunkan nilai emisi gas buang berbahaya sekitar  20% (CO=24%, CO2=10%, HC=40%), dibandingkan dengan percobaan tanpa menggunakan medan elektromagnet yang nilainya lebih tinggi. Saluran bahan bakar yang menggunakan medan elektromagnet dapat meningkatkan kandungan emisi gas buang oksigen O2 sekitar 10%. Kesimpulan bahwa dengan  menggunakan medan elektromagnet pada saluran bahan bakar  dapat   menghasilkan pembakaran  yang mendekati sempurna. Kata Kunci: Medan Elektromagnet, Putaran Mesin, Emisi Gas Buang, Pembakaran Sempurna.

Page 1 of 2 | Total Record : 11