cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
galuh.amadeo@uajy.ac.id
Editorial Address
Jl. Babarsari No. 6, Yogyakarta 55281
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 18296564     EISSN : 25488643     DOI : -
Core Subject : Education,
urnal ILMU KOMUNIKASI has been published since 2004 by Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Atma Jaya Yogyakarta. The publisher only accepts an original work, which has not been published elsewhere. The article should be submitted through this site in accordance with our format (see Author Guidelines). Submitted article will be reviewed and edited for format uniformity, term, and other procedures.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 18 No. 1 (2021)" : 8 Documents clear
Fact-Checking dan Jurnalisme Kolaboratif pada Platform Media Online Mufti Nurlatifah
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 18 No. 1 (2021)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1256.99 KB) | DOI: 10.24002/jik.v18i1.1871

Abstract

Perlawanan terhadap hoaks di Indonesia tidak hanya dilakukan melalui gerakan sosial, namun juga melalui praktik verifikasi informasi pada beragam media. Sejumlah media online melakukan perlawanan terhadap hoaks dengan melakukan fact-checking journalism. Praktik jurnalisme pemeriksa fakta yang dilakukan oleh media-media ini mengadaptasi konsep hipermedia milik Ireton dan Posetti dengan melakukan pemilahan informasi melalui tahapan verifikasi informasi. Mekanisme ini memadukan kemampuan mesin digital dalam menggali informasi dan kemampuan jurnalis dalam menyajikan hasil verifikasi informasi. Melalui analisis isi kualitatif, kajian ini mengelaborasi fact-checking journalism pada Tirto.id dan Kompas.com sebagai bentuk jurnalisme kolaboratif antara manusia dengan mesin untuk melawan hoaks.
Analisis Tren Online Live Streaming Pada Website dan Youtube Televisi Berita di Indonesia Rossalia Marine Andanni
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 18 No. 1 (2021)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.422 KB) | DOI: 10.24002/jik.v18i1.2215

Abstract

Meningkatnya adopsi online live streaming oleh sebagian besar televisi berita di Indonesia dimanfaatkan sebagai salah satu media penyiaran online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode metaanalisis dari data salah satu televisi berita swasta di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa tren penggunaan online live streaming pada website dan Youtube untuk mendapatkan informasi berita terus meningkat dan memungkinkan pengguna lebih mengadopsi tayangan online daripada konvensial yang juga akan memicu timbulnya pergeseran bisnis dan konvergensi media di Indonesia.
Pengaruh Promosi Buku Penerbit Mediakita di Instagram terhadap Proses Keputusan Pembelian Generasi Z Widuri Dwi Astuti; Retor Aquinaldo Wirabuanaputera Kaligis
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 18 No. 1 (2021)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.536 KB) | DOI: 10.24002/jik.v18i1.2955

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemanfaatan teknologi digital, yakni Instagram, sebagai sarana promosi buku. Lewat Instagram, Penerbit Mediakita menyasar menyasar Generasi Z yang memiliki ciri figital, yakni menjadikan dunia virtual sebagai bagian realitas mereka. Kuesioner disebarkan melalui Instastory @mediakita dan dijawab oleh 1.547 followers. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Instagram berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian. Namun, diperlukan strategi dan konten promosi yang lebih menarik dan interaktif.
Media Digital dalam Komunikasi Pemasaran Pariwisata: Efektivitas Sistem Informasi Kanal Pemesanan Daring Y. A. Nunung Prajarto; Mashita Phitaloka Fandia Purwaningtyas
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 18 No. 1 (2021)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.833 KB) | DOI: 10.24002/jik.v18i1.2956

Abstract

Penggunaan kanal pemesanan daring sebagai bagian dari strategi komunikasi pemasaran banyak diimplementasikan oleh pegiat bisnis perhotelan. Namun demikian, sejauhini belum ada model evaluasi yang dikembangkan untuk menelaah efektivitas penggunaan kanal pemesanan daring. Penelitian ini berupaya mengembangkan model evaluasi yang berangkat darimodel ICTRT dengan target untuk menemukan model evaluasi yang sesuai dengan perspektif kajian komunikasi tanpa meninggalkan konteks sosiokultural  masyarakat Indonesia. Metode yangdipakai adalah studi kasus, sehingga mengakomodir kebutuhan peneliti dalam melakukan evaluasi terhadap praktik komunikasi pemasaran pariwisata digital melalui kanal pemesanan daring secarakomprehensif.
Adoption of E-Payment Systems in the Philippines Camille Jeremy B. Raon; Myra V. De Leon; Rayan Dui
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 18 No. 1 (2021)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.68 KB) | DOI: 10.24002/jik.v18i1.3197

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi konsumen Filipina dalam mengadopsi sistem pembayaran elektronik. Analisis korelasi Spearman digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari 83 karyawan Departemen Pemasaran perusahaan yang menggunakan pembayaran belanja online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi dari konstruk, yaitu perceived risk, trust, security, use of web-assurance seals, perceived use, dan perceived advantage tidak memadai untuk menentukan hubungannya dengan niat mengadopsi sistem pembayaran elektronik. Oleh karena itu, faktor yang digunakan dalam penelitian ini bukanlah satu-satunya faktor pendorong yang akan memengaruhi keputusan pelanggan.
Google Trends dan Analisis Pengelolaan Konflik Sosial di Ruang Publik Virtual Rofi'ah; Sumardjo; Sarwititi Sarwoprasodjo; Djuara P. Lubis
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 18 No. 1 (2021)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (908.935 KB) | DOI: 10.24002/jik.v18i1.3252

Abstract

Salah satu fasilitas yang disediakan oleh Google yang dapat digunakan sebagai alat analisis data adalah Google Trends. Penelitian ini bertujuan menganalisis data yang direkam oleh Google Trends pada tahun 2016 dan 2017 perihal konflik sosial Aksi Bela Islam yang terjadi di ruang publik virtual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan netnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur kata kunci yang disediakan oleh Google Trends menjadi alat hegemoni media untuk mengarahkan pencari berita pada informasi yang seragam, sehingga mengakibatkan terjadinya polarisasi massa dalam menyikapi fenomena Aksi Bela Islam. Terlebih lagi, kebijakan yang dikeluarkan pemerintahj ustru menguatkan polarisasi.
Implementasi Panduan Pemberitaan Ramah Anak di Tribunnews.com Sri Mustika; Rita Pranawati
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 18 No. 1 (2021)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.409 KB) | DOI: 10.24002/jik.v18i1.3339

Abstract

Media memiliki peran untuk melindungi anak melalui pemberitaan ramah anak. Pemberitaan harus sesuai dengan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA). Penelitian ini mengidentifikasi implementasi PPRA pada 14 berita kekerasan anak di Tribunnews.com sejak 15 Januari 2020 hingga 15 Februari 2020. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas media. Peneliti menemukan bahwa sebagian besar pemberitaan sesuai dengan PPRA. Hampir semua identitas anak tidak tampak, meskipun masih ada pelanggaran, seperti penyebutan identitas orang tua korban yang merupakan ayahnya dan penyebutan nama sekolah.
Pembentukan Konsep Diri Remaja Penonton Film Dilan 1990 di Yogyakarta Rebekka Rismayanti
Jurnal ILMU KOMUNIKASI Vol. 18 No. 1 (2021)
Publisher : FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.784 KB) | DOI: 10.24002/jik.v18i1.4036

Abstract

Tulisan ini mendeskripsikan peran film Dilan 1990 pada pembentukan konsep diri remaja di Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui FGD bersama sepuluh siswa SMA di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja berupaya membandingkan kehidupan nyata mereka dengan kehidupan tokoh utama film. Penonton remaja menganggap diri mereka tidak lebih baik daripada kehidupan Dilan yang menjadi panutan ideal mereka. Film tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga memersuasi penonton dengan membentuk standar dan nilai bagi penonton. Penonton remaja percaya bahwa diri mereka yang sebenarnya (real-self) dan diri mereka yang seharusnya (oughtself) dapat berubah, berdasarkan kriteria yang dibuat oleh film.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 20 No. 1 (2023) Vol. 19 No. 2 (2022) Vol. 19 No. 1 (2022) Vol. 18 No. 2 (2021) Vol. 18 No. 1 (2021) Vol 18, No 1 (2021) Vol 17, No 2 (2020) Vol. 17 No. 2 (2020) Vol 17, No 1 (2020) Vol. 17 No. 1 (2020) Vol 16, No 2 (2019) Vol. 16 No. 2 (2019) Vol. 16 No. 1 (2019) Vol 16, No 1 (2019) Vol. 15 No. 2 (2018) Vol 15, No 2 (2018) Vol 15, No 1 (2018) Vol. 15 No. 1 (2018) Vol 14, No 2 (2017) Vol. 14 No. 2 (2017) Vol. 14 No. 1 (2017) Vol 14, No 1 (2017) Vol 13, No 2 (2016) Vol. 13 No. 2 (2016) Vol 13, No 2 (2016) Vol 13, No 1 (2016) Vol. 13 No. 1 (2016) Vol 12, No 2 (2015) Vol. 12 No. 2 (2015) Vol 12, No 2 (2015) Vol 12, No 1 (2015) Vol 12, No 1 (2015) Vol. 12 No. 1 (2015) Vol. 11 No. 2 (2014) Vol 11, No 2 (2014) Vol 11, No 2 (2014) Vol 11, No 1 (2014) Vol. 11 No. 1 (2014) Vol 11, No 1 (2014) Vol 10, No 2 (2013) Vol. 10 No. 2 (2013) Vol 10, No 1 (2013) Vol 10, No 1 (2013) Vol. 10 No. 1 (2013) Vol 9, No 2 (2012) Vol. 9 No. 2 (2012) Vol 9, No 2 (2012) Vol 9, No 1 (2012) Vol 9, No 1 (2012) Vol. 9 No. 1 (2012) Vol. 8 No. 2 (2011) Vol 8, No 2 (2011) Vol 8, No 2 (2011) Vol 8, No 1 (2011) Vol 8, No 1 (2011) Vol. 8 No. 1 (2011) Vol 7, No 2 (2010) Vol. 7 No. 2 (2010) Vol 7, No 2 (2010) Vol 7, No 1 (2010) Vol 7, No 1 (2010) Vol. 7 No. 1 (2010) Vol 6, No 2 (2009) Vol. 6 No. 2 (2009) Vol 6, No 2 (2009) Vol. 6 No. 1 (2009) Vol 6, No 1 (2009) Vol 6, No 1 (2009) Vol 5, No 2 (2008) Vol. 5 No. 2 (2008) Vol 5, No 2 (2008) Vol 5, No 1 (2008) Vol. 5 No. 1 (2008) Vol 5, No 1 (2008) Vol. 4 No. 2 (2007) Vol 4, No 2 (2007) Vol 4, No 2 (2007) Vol 4, No 1 (2007) Vol 4, No 1 (2007) Vol. 4 No. 1 (2007) Vol 3, No 2 (2006) Vol. 3 No. 2 (2006) Vol 3, No 2 (2006) Vol 3, No 1 (2006) Vol 3, No 1 (2006) Vol. 3 No. 1 (2006) Vol. 2 No. 2 (2005) Vol 2, No 2 (2005) Vol 2, No 2 (2005) Vol. 2 No. 1 (2005) Vol 2, No 1 (2005) Vol 2, No 1 (2005) Vol 1, No 2 (2004) Vol. 1 No. 2 (2004) Vol 1, No 2 (2004) Vol 1, No 1 (2004) Vol. 1 No. 1 (2004) Vol 1, No 1 (2004) More Issue