cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 13, No 2 (2013)" : 10 Documents clear
PENGGUNAAN ALAT PERAGA SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR DIESEL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEKNIK OTOMOTIF Kurniawan, Wahyu; Budiyono, Aris
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 13, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kompetensi memperbaiki sistem injeksi bahan bakar diesel pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar kompetensi memperbaiki sistem injeksi bahan bakar diesel dengan nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelompok kontrol 58,25 meningkat menjadi 72,88 atau sebesar 25,12%. Sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar yang semula 59,13 meningkat menjadi 78,23 atau sebesar 32,98%, hasil belajar dengan penggunaan alat peraga sistem injeksi bahan bakar diesel berjalan dengan baik karena mengalami peningkatan. Persentase peningkatan hasil belajar dengan keteria pengujian nilai gain yang diperoleh lebih dari 30%, maka peningkatan hasil belajar termasuk dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga sistem injeksi bahan bakar diesel pada kompetensi memperbaiki sistem injeksi bahan bakar diesel dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa.
HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGAMBAR TEKNIK MESIN DENGAN HASIL BELAJAR MOMPETENSI PROSES PEKERJAAN MEMBUBUT Rusiyanto, Rusiyanto; Nasir, Abdul
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 13, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: seberapa besar nilai hasil belajar kompetensi menggambar teknik mesin, seberapa besar ketrampilan pekerjaan membubut, dan seberapa besar tingkat hubungan antara kompetensi menggambar teknik mesin terhadap kompetensi proses pekerjaan membubut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Adiwerna, Kab. Tegal jurusan teknik pemesinan yang berjumlah 32 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling berdasarkan proporsi. Metode pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa hasil belajar kompetensi menggambar teknik mesin termasuk dalam kategori sangat baik dengan hanya 3 siswa yang tidak mencapai KKM. Sedangkan untuk nilai hasil belajar kompetensi proses pekerjaan membubut juga dalam kategori sangat baik dimana siswa yang tidak mencapai KKM hanya 5 siswa. Hasil analisis regresi diperoleh nilai F = 105.104, sig = 0,000, yang berarti terdapat hubungan antara hasil belajar kompetensi menggambar teknik mesin terhadap hasil belajar kompetensi proses pekerjaan membubut. Berdasarkan hasil uji pengaruh menunjukan bahwa hasil belajar menggambar teknik mesin berpengaruh kuat terhadap hasil belajar proses pekerjaan membubut sebesar 77,8%.
PENINGKATAN PEMAHAMAN TROUBLESHOOTING KELISTRIKAN ENGINE PGM-FI DENGAN ALAT PERAGA KELISTRIKAN ENGINE Muryanto, Muryanto; Rahardjo, Winarno Dwi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 13, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar siswa jika menggunakan alat peraga pada proses pembelajaran troubleshooting kelistrikan engine PGM-FI. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan pola pre test-post test control group design. Populasinya adalah siswa Kelas XII Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Kudus yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah sebanyak 35 siswa. Keseluruhan anggota populasi menjadi sampel penelitian yang kemudian dibagi dalam dua kelompok sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitiaan menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan t-test dua pihak menghasilkan thitung > ttabel yaitu thitung 4,56 dan nilai ttabel sebesar 1,69. Pengujian peningkatan hasil belajar dilakukan dengan uji t dan cara deskriptif prosentase yaitu membandingkan selisih antara nilai awal rata-rata hasil belajar dengan nilai akhir rata-rata hasil belajar tiap kelompok. Ini memberikan bukti bahwa pembelajaran dengan menggunaan alat peraga meningkatan nilai post test siswa yang lebih besar.
ENGGUNAAN MEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT SERVICE ENGINE PADA MATERI TUNE UP VVTI Riyandi, Agus; Basyirun, Basyirun
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 13, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah program media flash engine tune-up VVT-I dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran kompetensi mengidentifikasi komponen-komponen engine VVT-I, dan seberapa besar peningkatan antara hasil belajar siswa yang menggunakan program media flash engine tune-up VVT-I dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan program media flash engine tune-up VVT-I. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flash dapat digunakan dalam proses pembelajaran kompetensi mengidentifikasi service engine tune-up VVT-I. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami materi kompetensi mengidentifikasi service engine tune-up VVT-I yang menggunakan media flash pada peserta didik kelas eksperimen sebesar 4,33%. Pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada kompetensi mengidentifikasi service engine tune-up VVT-I yang menggunakan media flash mengalami peningkatan sebesar 24,83 dengan skor rata-rata hasil belajar pre-test sebesar 50,33 meningkat menjadi 75,17 pada skor rata-rata post-test. Hasil belajar peserta didik pada kompetensi mengidentifikasi service engine tune-up VVT-I yang pembelajarannya hanya menggunakan ceramah biasa mengalami peningkatan sebesar 20,50 dengan skor pre-test sebesar 45,67 meningkat menjadi 66,17 pada post-test.
PEMBELAJARAN MEPERGUNAKAN MEDIA TRAINER STAND SISTEM PENGAPIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IDENTIFIKASI KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN Gunawan, Nova Adi; Ramelan, Ramelan
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 13, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media trainer stand sistem pengapian pada kompetensi mengidentifikasi komponen sistem pengapian dalam proses pembelajaran mata pelajaran kelistrikan otomotif. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan Pretest Posttest Control Group Design, tes sebagai alat pengumpul data. Populasinya adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Kandeman tahun ajaran 2012/2013, terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 35 siswa dan digunakan semua sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis uji-t didapat thitung 20,29 dan ttabel 1,609, nilai rata-rata sebelum 71,07 meningkat menjadi 78,98 setelah perlakuan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media trainer stand sistem pengapian lebih mudah untuk dipahami dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak mempergunakan media trainer stand pada mata pelajaran mengidentifikasi komponen sistem pengapian dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi mengidentifikasi komponen sistem pengapian setelah menggunakan media trainer stand sistem pengapian sebesar 7,86%.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PERBAIKAN SISTEM REM SEPEDA MOTOR Maqsudi, Ajib; Masugino, Masugino
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 13, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perangkat pembelajaran adalah sarana dan prasarana meteri kurikulum pendidikan dalam menyusun perencanaan pembelajaran, serangkaian perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan dan digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran perbaikan sistem rem yang telah dikembangkan dan mengetahui tanggapan guru terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan adalah research and development (R & D). Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian yang menghasilkan produk tertentu dan menguji kevalidan produk tersebut. Berdasarkan hasil validasi dari validator perangkat pembelajaran perbaikan sistem rem sepeda motor telah valid dengan ratarata nilai total (RTV) silabus=4,3; rata-rata nilai total (RTV) RPP=4,0; rata-rata nilai total (RTV) modul=4,0; ratarata nilai total (RTV)) video = 4,1; dan rata-rata nilai total (RTV)) video = 4,1. Perangkat pembelajaran juga mendapatkan respon yang baik dari guru dengan rata-rata skor angket guru=40,0.
PENGARUH KELENGKAPAN PERALATAN PRAKTIK DAN PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERBAIKAN KOPLING Amin, Ridwan; Pramono, Pramono
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 13, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kelengkapan peralatan praktik dan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja terhadap hasil belajar kompetensi perbaikan kopling di SMK N 1 Adiwerna Kabupaten Tegal menurut persepsi siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa diambil menggunakan teknik total sampling. Metode pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) yang telah diuji validitas reliabilitasnya. Metode analisis data dan hipotesis menggunakan analisis regresi dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan peralatan praktik dan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kompetensi perbaikan kopling di SMKN 1 Adiwerna Kabupaten Tegal. Disarankan kepada sekolah untuk meningkatkan kelengkapan peralatan praktiknya dan guru untuk selalu mengawasi siswa pada saat pembelajaran praktik berlangsung agar siswa terkontrol jika ada siswa yang tidak menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH CAD KOMPETENSI MENGGAMBAR 3 DIMENSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO Mardhika, Indra Yupriansyah; Khumaedi, Muhammad
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 13, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah perlaukan penggunaan media video. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest and posttest group. Populasi penelitian semua mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah propotional random sampling. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase kelayakan sebesar 88,00% dan validasi ahli materi sebesar 92,00% yang menunjukkan media video masuk kriteria sangat valid/layak. Hasil penelitian menunjukan pada post test t hitung adalah 4,43 lebih besar dari ttabel yaitu 1,67. Karena t hitung berada pada daerah penerimaan Ha, maka kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Ketuntasan belajar kelompok eksperimen terdapat 29 peserta didik (82.85%) dan kelompok kontrol hanya 11 peserta didik (37,93%). Kelompok eksperimen mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 36,97%, sedangkan kelompok kontrol hanya 26,4%. Rata-rata hasil belajar pre-test kelompok eksperimen hanya 51,41 dan kelompok kontrol 52,41. Rata-rata hasil belajar post-test kelompok eksperimen mencapai 81,57 sedangkan kelompok kontrol hanya 71,21.
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR Asmara, Roie Ulfha; Murdani, Murdani
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 13, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara metode pemberian tugas dengan metode ceramah pada Mata Pelajaran Menggunakan Alat-Alat Ukur di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Kelas X SMK 17 Agustus 1945 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian t-test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 dan 2 yang berjumlah 75 siswa. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara metode pemberian tugas dengan metode ceramah Mata Pelajaran Menggunakan Alat-Alat Ukur Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Kelas X SMK 17 Agustus 1945 Semarang. Peningkatan yang diperoleh dengan metode pemberian tugas sebesar 16,31% sedangkan dengan metode ceramah meningkat sebesar 9,33%. Dari hasil tersebut berarti dengan menggunakan metode pemberian tugas siswa akan dapat lebih memahami materi yang diberikan oleh guru serta diperoleh hasil yang lebih baik.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA KOMPETENSI DASAR MEMBACA GAMBAR TEKNIK Sofwan, Maskhun; Boenasir, Boenasir
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 13, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar penggunaan model pembelajaran STAD pada kompetensi dasar membaca gambar teknik pada peserta didik prodi teknik pemeliharaan mekanik industri (TPMI) kelas X SMK Karya Teknologi Jatilawang pada materi gambar proyeksi tahun ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X teknik pemeliharaan mekanik industri (TPMI) dengan jumlah 100 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini seluruh kelas X teknik pemeliharaan mekanik industri (TPMI), teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan tipe pretest-posttest control group desain. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes pilihan ganda 20 soal dengan empat alternatif pilihan jawaban dan dianalisis menggunakan uji statistik perbedaan dua rata-rata dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel dengan maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X teknik pemeliharaan mekanik industri SMK Karya Teknologi Jatilawang pada materi gambar proyeksi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10