cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 2 (2016)" : 30 Documents clear
PENGARUH PENGELOLAAN LABORATORIUM PEMESINAN TERHADAP MOTIVASI DAN KUALITAS PRAKTIK SISWA YANG MENERAPKAN ISO 9001:2008 Marhaendra, Gilang; ., Sunyoto
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengelolaan laboratorium pemesinan di SMK N I Kedungwuni yang menerapkan ISO 9001:2008, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengelolaan laboratorium pemesinan terhadap motivasi, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengelolaan laboratorium pemesinan terhadap kualitas praktik siswa, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi terhadap kualitas praktik siswa. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Kedungwuni yang berjumlah 64 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Hasil dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa SMK N 1 Kedungwuni telah bersertifikat ISO 9001:2008 guna menjalankan sistem manajemen mutu  sekolah. Pengelolaan laboratorum pemesinan memberikan pengaruh terhadap motivas siswa dengan kontribusi sebesar 62,4%. Pengelolaan laboratorium pemesinan memberikan pengaruh terhadap kualitas praktik siswa dengan kontribusi sebesar 55,9%. Motivasi memberikan pengaruh terhadap kualitas praktik siswa dengan kontribusi sebesar 69,6% 
MEDIA PEMBELAJARAN ALAT UJI PERUBAHAN PROPERTIS UAP JENUH YANG MELALUI NOZZEL Firdos, Muhammad Helmi; ., Karnowo
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan propertis uap jenuh sebelum dan sesudah melewati  nozzel, untuk mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran dari ahli media dan ahli materi dan mengukur tingkat kelayakan media pembelajaran dari sebelum menggunakan media pembelajaran dan sesudah menggunakan media pembelajaran dengan melakukan tes. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan  desain penelitian ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Bahan penelitian pengembangan adalah media pembelajaran perubahan propertis uap jenuh melalui nozzel berupa alat peraga. Subjek penelitian adalah ahli media pembelajaran, ahli materi Termodinamika dan mahasiswa mata kuliah Termodinamika Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penilaian pree test dan post test. Hasil validasi ahli dan tes yang diajukan pada mahasiswa dianalisis dengan teknik skala persentase dan dijabarkan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan propertis uap jenuh sebelum dan setelah melalui nozzel. Persentase kelayakan dari ahli media diperoleh 88% tergolong dalam kriteria “sangat layak”, dari ahli materi diperoleh 65% dan tergolong dalam kriteria layak, sedangkan dari penilaian mahasiswa diperoleh dalam kriteria sedang.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK BIDANG KEAHLIAN TKR ., Canto; ., Samsudi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM) dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada materi sistem kemudi. Prosedur penelitian yang digunakan adalah desain jenis pre test-post test control group desaign. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata – rata hasil studi kompetensi memperbaiki sistem kemudi pada kelompok eksperimen yang semula 51,26 menjadi 73,71 atau terjadi peningkatan sebesar 17,97%, sedangkan pada kelompok kontrol yang  semula memiliki rata–rata sebesar 53,42 menjadi 60,44 atau terjadi peningkatan sebesar 6,17%. Hasil penghitungan analisis data terjadi perbedaan antara structured dyadic methods (sdm) dan model pembelajaran langsung pada kompetensi memperbaiki sistem kemudi
PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN SISTEM EFI (ELECTRONIC FUEL INJECTION) MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID Seto, Hongko Pulung; Wijaya, M. Burhan Rubai
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi Android untuk media pembelajaran sistem EFI, menguji kelayakan aplikasi sebagai media pembelajaran, dan meningkatkan pemahaman materi sistem EFI pada siswa kelas XII TKR SMK Negeri 1 Tengaran. Pengembangan model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Desain Pembelajaran ADDIE. Objek penelitian yang digunakan adalah siswa SMK Negeri 1 Tengaran pada kelas TKR 1, TKR 2 dan TKR 3. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dibuktikan dari nilai rata-rata antara kelompok eksperimen adalah 7,97 dan kelompok kontrol adalah 7,06. Artinya, rata-rata skor kelas eksperimen yang diajar dengan media Android pada pembelajaran sistem EFI lebih baik daripada kelas kontrol. Peningkatan nilai rata-rata post test kelas eksperimen sebesar 31 dan kelompok kontrol sebesar 24,1. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung=4,76 > ttabel=1,67 maka penerapan media elektronik berbasis Android dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem EFI. Dari hasil penelitian yang dilakukan terjadi peningkatan nilai rata-rata pada kelas eksperimen setelah diberikan pembelajaran sistem EFI menggunakan media elektronik berbasis Android. 
PENERAPAN MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI RACK GEAR LURUS Priyadana, M. Iwan; Suharmanto, Agus
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis adobe flash dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar pada kompetensi rackgear lurus menggunakan media berbasis adobeflash. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group desaign. Populasi penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni jurusan Teknik Pemesinan dengan sampel penelitian kelas XI TP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TP 2 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian yaitu media pembelajaran berbasis adobeflash dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis adobeflash. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya media pembelajaran media berbasis adobeflash kompetensi pembuatan rackgear  lurus dengan dibuktikan dengan data sebagai berikut: rata-rata hasil nilai pretest kelas eksperimen 65.03 dan kelas kontrol 69.29. setelah dilaksanakan posttest nilai kelas eksperimen menjadi 81.23 dan kelas kontrol 75.16. Kelas eksperimen meningkat sebesar 25% dan kelas kontrol meningkat sebesar 8%. Peningkatan diukur dengan uji gain yaitu kelas eksperimen sebesar 0.464 (sedang) dan kelas kontrol 0.191 (rendah).
MEDIA PEMBELAJARAN ALAT UJI PERUBAHAN PROPERTIS UAP JENUH YANG MELALUI DIFFUSER Setiawan, Eko Aris; Anis, Samsudin
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran alat uji perubahan propertis uap jenuh yang melalui diffuser sebagai media pembelajaran termodinamika. Metode yang digunakan adalah research and developmen (R & D) dengan desain penelitian Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Subjek penelitian adalah ahli media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan eksperimental. Hasil validasi para ahli dan tanggapan mahasiswa dianalisi dengan teknik skala persentase dan dijabarkan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran alat uji perubahan propertis uap jenuh yang melalui diffuser sebagai media pembelajaran termodinamika. Persentase kelayakkan dari ahli media diperoleh 96% tergolong dalam kriteria sangat baik, dari ahli materi diperoleh 77,76% dan tergolong dalam kriteria baik, sedangkan dari penilaian mahasiswa diperoleh 76,5%, nilai ini termasuk dalam kriteria baik.
PENERAPAN MEDIA BENDA SEBENARNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN CARA PENGGUNAAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI Nuryanto, Joko; ., Sudarman
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menjelaskan cara  penggunaan alat ukur mekanik presisi yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media benda sebenarnya, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi yang diberi perlakuan pembelajaran dengan metode ceramah, dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi setelah diberi perlakuan antara  pembelajaran media benda sebenarnya dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode eksperiman dengan pendekatan pre-test post-test control group design. Pengolahan data menggunakan dokumentasi untuk mengetahui seberapa besar nilai rata-rata hasil belajar siwa, perhitungan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dari 3 kelas yang ada, yaitu kelas X TP I sebagai kelas eksperimen, X TP II sebagai kelas kontrol, dan kelas XI TP I sebagai kelas uji coba instrumen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 15.78 dengan peningkatan  sebesar 4.5 (39.89%), sedangkan rata-rata nilai belajar kelompok kontrol sebesar 14.69 dengan peningkatan  sebesar 3.03 (25.98%).
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA KOMPONEN SISTEM KARBURATOR MENGGUNAKAN VIDEO INTERAKTIF Irawan, Fajar; Rahardjo, Winarno Dwi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan media video interaktif untuk meningkatan nilai siswa pada pembelajaran kompetensi memelihara komponen sistem karburator. Penelitian ini menggunakan model eksperimen semu dengan pola Pre-test - Post-test Control Group Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data penelitian.  Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI TKR SMK Muhammadiyah Salatiga tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 103 siswa. Sampel diambil dengan metode purposive sample, kemudian diperoleh 2 kelas, 1 kelas sebagai kelompok kontrol dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana hasil belajar peserta didik kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 22,06 dengan skor rata-rata pre-test sebesar 56,07 meningkat menjadi 78,13. Hasil belajar peserta didik yang menggunakan ceramah biasa mengalami peningkatan sebesar 12,26 dengan skor ratarata pretest sebesar 57,54 meningkat menjadi 69,80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik antara kelompok eksperimen maupun kontrol mengalami kenaikan yang signifikan, tetapi kenaikan kelompok eksperimen lebih tinggi. 
PERANAN JOB SHEET OF INDEPENDENT LAB WORK BASED PROBLEM TERHADAP KETERAMPILAN PRAKTIK SISWA SMK PADA KOMPETENSI SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL Fakhri, Faizal; ., Abdurrahman
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan job sheet of independent lab work based problem terhadap keterampilan praktik siswa serta mengetahui apakan terjadi peningkatan keterampilan praktik siswasetelah menggunakan job sheet of independent lab work based problem. Metode penelitian yang digunakan dalampenelitian ini merupakan jenis pretest-posttest control group design. Hasil penelitian yang diperoleh pada pengujianmelalui uji korelasi biserial diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 36,88 % sehingga disimpulkan bahwapenerapan job sheet of independent lab work based problem berperan pada hasil belajar siswa. Serta keterampilanpraktik siswa meningkat sebesar 0,49 yang termasuk dalam kategori sedang.
PENGARUH PENERAPAN WORK PREPARATION JOB SHEET (WPJS) UNTUK PEMBELAJARAN PRAKTIK PADA KOMPETENSI DASAR MELAKSANAKAN TEKNIK PENGERJAAN LOGAM Badawi, Lutfi; ., Wahyudi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 16, No 2 (2016)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar praktik melaksanakan teknik pengerjaan  logam pada siswa kelas X tanpa menggunakan metode pembelajaran WPJS dan yang menggunakan metode pembelajaran WPJS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Posttest-Only Control Design.  Populasi penelitian yaitu siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Tujuh Lima 1 Purwokerto sebanyak 210 siswa, sedangkan sampel penelitian yaitu siswa kelas X M2 sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X M5 sebanyak 38 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar praktik pengerjaan logam tanpa menggunakan metode pembelajaran WPJS dengan rata-rata nilai sebesar 73,87 termasuk dalam kategori baik, sedangkan menggunakan metode pembelajaran WPJS dengan rata-rata nilai sebesar 81,42 termasuk dalam kategori baik. Hal tersebut menunjukkan ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar praktik melaksanakan teknik pengerjaan logam antara menggunakan WPJS dan tanpa menggunakan WPJS dengan nilai t hitung sebesar 4,938 > nilai ttabel sebesar 1,67.

Page 1 of 3 | Total Record : 30