cover
Contact Name
-
Contact Email
jpp_lp2m@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpp_lp2m@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Research and Community Service Institute, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Gunungpati, Semarang, Central Java, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 25031260     EISSN : 25804154     DOI : -
Core Subject : Education,
This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 35, No 1 (2018): April 2018" : 20 Documents clear
Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 Azizah, Mira; Sulianto, Joko; Cintang, Nyai
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 35, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v35i1.13529

Abstract

Pembelajaran Matematika tidak hanya sekadar mengajarkan konsep-konsep Matematika dan menuntut siswa hanya menjawab pertanyaan dengan benar, namun perlu mendorong siswa untuk mampu berpikir kritis. Berpikir kritis dalam pembelajaran Matematika diperlukan sebagai proses dalam pemecahan masalah. Kurikulum 2013 memfasilitasi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar yang menjadi pilot project Kurikulum 2013 di Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa secara kualitatif berdasarkan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif berdasarkan indikator berpikir kritis yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa terbagi menjadi empat kategori, yaitu siswa yang termasuk kategori sangat kritis 42,2%; kritis 44,3%; tidak kritis 10,3%; dan sangat tidak kritis 3%. Simpulan dalam penelitian ini adalah mayoritas siswa sekolah dasar pilot project di Kota Semarang sudah mampu berpikir kritis dalam pembelajaran Matematika.
THE INFLUENCE OF L1/L2 BASED STRATEGIES TOWARD STUDENTS’ SPEAKING ABILITY IN IKIP BUDI UTOMO MALANG PUSPITASARI, IKE DIAN; Lestari, Hernina Dewi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 35, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v35i1.13693

Abstract

In speaking English, students should concern with vocabulary items, grammar, intonation, body language and so on. This research purposes to know the ability of students taught by using L1/L2 based strategies and students taught without L1/L2 based strategies, and also to know the influence of L1/L2 based strategies toward students’ speaking ability. The research method was quasi-experimental which used two groups as Experimental Group (EG) and Control Group (CG). The research subjects were 90 students. The EG showed that there was difference before and after treatment although it was not significant. It also occurred for CG. However, by comparing the scores of both groups, this research found that sig. value is 0.000, in which the probability value (pvalue) < significant level (α=0.05). Hence, it is strengthen by tvalue 3.807 with df 44 (n-1) compared to ttable (2.015). Thus, it can be concluded that Ho is rejected. There is positive influence of L1/L2 based strategy towards speaking ability of students in IKIP Budi Utomo Malang.
MENGEMBANGKAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN TUGAS PERKEMBANGAN MAHASISWA UPI KAMPUS CIBIRU Herawati, Nenden Ineu
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 35, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v35i1.12161

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya layanan bimbingan dan konseling diberikan kepada semua peserta didik termasuk mahasiswa UPI Kampus Cibiru, dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling tersebut perlu dipersiapkan programnya dahulu yang dilandasi pada layanan yang sangat diperlukan oleh mahasiswa, berdasarkan pengamatan awal ternyata layanan bimbingan yang sangat essensial dalam memfasilitasi dan mengembangkan tugas perkembangannya, karena menurut pendapat ahli psikologi perkembangan Havighurst jika individu mencapai tugas perkembangan yang optimal akan memperoleh kebahagiaan dan sebaliknya jika tidak mencapai tugas perkembangan yang optimal akan mendapat kesedihan dan menghambat tugas perkembangan selanjutnya. Oleh karena itu tugas perkembangan yang optimal akan berimplikasi kepada prestasi belajarnya. Metode penelitian yang dilakukan dengan deskriptif, instrumen penelitiannya I T P(Inventori Tugas Perkembangan). Hasil dan pembahasan diperoleh setelah di tes tugas-tugas perkembangan mahasiswa dengan ITP menunjukan belum mencapai tugas perkembangan pada aspek kematangan intelektual, kemandirian perilaku ekonomis, landasan perilaku etis dan kesiapan untuk menikah dan berkeluarga.Sehingga disususnlah program Bimbingan dan konseling untuk memfasilitasi meningkatkan tugas perkembangan mahasiswa, program layanan Bimbingan dan Konseling terdiri atas layanan dasar, layanan responsif, layanan perencanaan individual dan layanan dukungan sistem.
EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Listiani, Ivayuni
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 35, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v35i1.13547

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas lembar kerja untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif.  Desain penelitian adalah Posttest Only Control Group Design dengan menggunakan lembar kerja mahasiswa pada kelompok eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester 5 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Madiun tahun akademik 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sehingga diperoleh semseter 5 kelas D sebagai kelompok eksperimen dan semester 5 kelas F sebagai kelompok kontrol.  Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay, lembar observasi, serta dokumen akademik. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig. 0,000 hal ini dapat disimpulkan bahwa lembar kerja efektif untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
STRATEGI INTERACTIVE READ ALOUDS DALAMOPTIMALISASI KETERAMPILAN PEMAHAMAN DONGENG ANAK DI SDN 01 TAWANGMAS SEMARANG Susilaningsih, Sri; Abbas, Nuraeni; Nurharini, Atip
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 35, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v35i1.15093

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui keterampilan pemahaman dogeng setelah adanya penerapan strategi interactive read alouds, menganalisis perubahan tingkah laku siswa setelah pembelajaran dongeng dengan strategi interactive read alouds, mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan strategi interactive read alouds dalam optimalisasi keterampilan pemahaman dongeng siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan random sampling secara undian. Jumlah siswa yang dijadikan sampel adalah 25 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, catatan lapangan dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mix methode antara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini antara lain: 1) anak mengetahui keterampilan pemahaman dogeng setelah adanya penerapan strategi interactive read alouds, dengan memahami bacaan, membuat prediksi, membuat koneksi, meringkas, mengambil kesimpulan dengan kriteria berhasil. 2) Perubahan tingkah laku siswa setelah pembelajaran dongeng dengan strategi interactive read aloud dengan hasil sangat baik. 3) Pelaksanaan pembelajaran dengan strategi interactive read alouds dalam optimalisasi keterampilan pemahaman dongeng siswa bisa berjalan dengan sangat baik dan maksimal.
MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL DESA WISATA MANDIRI WANUREJO BOROBUDUR MAGELANG Sutarto, Joko; Mulyono, Sungkowo Edi; Nurhalim, Khomsun; Pratiwi, Hesty
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 35, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v35i1.15091

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (a) menganalis model pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kecakapan hidup berbasis keunggulan lokal desa wisata mandiri di Desa Wanurejo Borobudur Kabupaten Magelang yang diimplementasikan saat ini; dan (b) merumuskan model konseptual pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kecakapan hidup berbasis keunggulan lokal yang ideal dikembangkan, sehingga membawa dampak terhadap penanaman kewirausahaan masyarakat. Penelitian ini dirancang dengan desain penelitian deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Temuan Penelitian menunjukkan: (a) pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kecakapan hidup berbasis keunggulan lokal dilakukan dengan pemberian keterampilan kecakapan hidup berupa kecakapan pemandu wisata, kecakapan seni budaya/tari, dan kecakapan busana jawa/blangkon/wiru jarik; dan (b) model (konseptual) yang ditawarkan berorientasi penyempurnaan model yang telah dilakukan selama ini seperti telah dipaparkan di atas, dengan modifikasi dimulai dari identifikasi masalah dan kebutuhan pelatihan, pendampingan teknis, dan seterusnya pelibatan pelaku usaha mulai tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan kecakapan hidup dan proses pemagangan, pendampingan manajemen, pemasaran, dan penggalian bantuan kegiatan dari pemerintah.
PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PGSD DALAM PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KONSERVASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PENERAPAN METODE TASK BASED ACTIVITY DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL Nuryanto, Sukarir; Abidin, A. Zaenal; Setijowati, Umi; Sismulyasih, Nugraheti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 35, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v35i1.15095

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode Task-Based Activity (TBA) untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa PGSD dalam mata kuliah bahasa Indonesia yang berbasis konservasi nilai-nilai karakter (kesantunan berbahasa dan kearifan lokal), di jurusan PGSD, FIP, UNNES. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa PGSD dalam berbicara bahasa Indonesia dengan menerapkan task-based activity berbasis konservasi nilai-nilai karakter, dan (2) untuk mendeskripsikan respon mahasiswa PGSD dalam perkuliahan “berbicara” bahasa Indonesia dengan diterapkannya task-based activity berbasis konservasi nilai-nilai karakter. Penelitian ini merupakan pengkajian empirik yang dapat digolongkan ke jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya yaitu dosen dan mahasiswa PGSD semester 3 rombel 1 (B) yang berjumlah 42 orang. Berdasarkan skor hasil tes mahasiswa, terlihat adanya suatu peningkatan yang bagus dari fase identifikasi masalah sampai pada siklus 2. Fase identifikasi masalah, nilai rerata mahasiswa secara klasikal adalah 4,5 yang berada pada kategori kurang. Dari nilai ini, hanya 6 (23%) orang yang mendapatkan skor lebih besar daripada atau sama dengan 6, sedangkan sisanya (77%) mendapatkan skor kurang daripada 5. Ssiklus 1 rerata keterampilan berbicara mahasiswa PGSD UNNES adalah 6,92; dari nilai tersebut diketahui bahwa ke-26 mahasiswa (100%) mahasiswa mendapatkan skor sama dengan atau lebih besar dari 6. Siklus 3 skor rerata keterampilan berbicara mahasiswa meningkat menjadi adalah 7,54. Berdasarkan nilai tersebut diketahui bahwa 100% siswa mendapatkan skor sama dengan atau lebih besar dari 6
EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM UNTUK MENGINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA KOMPETENSI DASAR TEKNOLOGI PENGOLAHAN SUSU Furi, Lani Meita Indah; Handayani, Sri; Maharani, Shinta
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 35, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v35i1.13886

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan antara model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Project Based Learning terintegrasi STEM (PjBL-STEM). Hal tersebut untuk mengetahui keterlaksanaan dari model pembelajaran, hasil belajar (aspek kognitif dan psikomotor) dan kreativitas siswa pada kompetensi dasar teknologi pengolahan susu. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain Pretest-postest Nonequivalent  control group yang di lakukan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penilitian ini adalah peserta didik SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang sebanyak 60 orang, yang terdiri dari dua kelas. Kelas XI TPHP-1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran PjBL. Kelas XI TPHP-2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PjBL-STEM. Setelah melaksanakan pembelajaran, penggunaan model pembelajaran PjBL-STEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa (aspek kognitif dan psikomotor) dan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah dibandingkan penggunaan model pembelajaran PjBL. Aspek kognitif pada kelas PjBL-STEM memiliki nilai N-gain yang lebih tinggi dibandingkan kelas PjBL. Pada kelas PjBL-STEM, siswa memiliki nilai aspek psikomotor yang lebih tinggi dibandingkan PjBL. Aspek psikomotor dilihat dari nilai keterampilan saat melaksanakan praktikum. Penilaian kreativitas  diperoleh dari 3 indikator penilaian yaitu fluency (kefasihan), flexibility (fleksibel), dan novelty (kebaruan). Nilai kreativitas siswa menggunakan model pembelajaran PjBL-STEM memiliki nilai kreativitas yang lebih tinggi  dari pada model pembelajaran PjBL.
SELF-EFFICACY CALON GURU MATEMATIKA PADA PENGELOLAAN KELAS DAN PENGAJARAN MATEMATIKA DI STKIP QOMARUDDIN-GRESIK wildani, Junaidah
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 35, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v35i1.13899

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-efficacy calon guru matematika pada kopetensi pengelolahan kelas dan juga pengajaran matematika. Untuk mencapai tujuan tersebut, dua angket untuk masing-masing self-efficacy disiapkan untuk diberikan pada subjek penelitian. Angket yang bertama adalah diadaptasi dari teacher readiness scale for managing challenging classroom behaviour sedangkat angket keduda diadaptasi dari Mathematics teaching efficacy belief instrument. Kedua angket tersebut menggunkan skala Likert dengan nilai dari 1-5 mulai dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju. Skor rata-rata tiap item dihitung dengan menjumlahkan seluruh respon subjek untuk item tersebut dan dibagi oleh jumlah subjek. Skor rata-rata self-efficacy keseluruhan dihitung dengan menjumlahkan seluruh rata-rata tiap item dan dibagi dengan jumlah item. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata self-efficacy calon guru matematika pada kemampuan pengelolaan kelas adalah 3.85, sedangkan skor rata-rata calon guru matematika pada kemampuan pengajaran matematika adalah 3.77.
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KOMIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI EKONOMI PESERTA DIDIK Utomo, Eko Prasetyo
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 35, No 1 (2018): April 2018
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpp.v35i1.14015

Abstract

Abstract. Economic literacy or simply termed "economic literacy" is the ability to identify economic problems, the preparation of alternative solutions by considering the benefits and costs. This study aims to produce LKPD IPS based on comics to increase economic literacy in learners. This development research uses Dick, Carey, and Carey (2009) development models. Product development is piloted through formative evaluation that includes several stages: IPS material expert review, review of design experts and instructional media, one-to-one trials, small group trials, and field trials. The results of the overall evaluation, put this prototype in a very decent category. The test results show that in the field trial there is a difference of mean post test result (83.45)> pre test (45.10) with significant level 0.000 <0.05. t arithmetic (14.83)> t table (1.701). Thus LKPD IPS based on this comic can effectively improve student learning outcomes. Keywords: LKPD, IPS, comics, economic literacy

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 40, No 2 (2023): October 2023 Vol 40, No 1 (2023): April 2023 Vol 39, No 2 (2022): October 2022 Vol 39, No 1 (2022): April 2022 Vol 38, No 2 (2021): October 2021 Vol 38, No 2 (2021): Oktober 2021 Vol 38, No 1 (2021): April 2021 Vol 37, No 2 (2020): October 2020 Vol 37, No 1 (2020): April 2020 Vol 36, No 2 (2019): Oktober 2019 Vol 36, No 2 (2019): October 2019 Vol 36, No 1 (2019): April 2019 Vol 35, No 2 (2018): October 2018 Vol 35, No 2 (2018): Oktober 2018 Vol 35, No 1 (2018): April 2018 Vol 34, No 2 (2017): October 2017 Vol 34, No 2 (2017): Oktober 2017 Vol 34, No 1 (2017): April 2017 Vol 33, No 2 (2016): October 2016 Vol 33, No 2 (2016): Oktober 2016 Vol 33, No 2 (2016): Oktober 2016 Vol 33, No 1 (2016): April 2016 Vol 33, No 1 (2016): April 2016 Vol 32, No 2 (2015): October 2015 Vol 32, No 1 (2015): April 2015 Vol 32, No 2 (2015) Vol 32, No 2 (2015) Vol 32, No 1 (2015) Vol 32, No 1 (2015) Vol 31, No 2 (2014): October 2014 Vol 31, No 1 (2014): April 2014 Vol 31, No 2 (2014) Vol 31, No 2 (2014) Vol 31, No 1 (2014) Vol 31, No 1 (2014) Vol 30, No 2 (2013): October 2013 Vol 30, No 1 (2013): April 2013 Vol 30, No 2 (2013) Vol 30, No 2 (2013) Vol 30, No 1 (2013) Vol 30, No 1 (2013) Vol 29, No 2 (2012): October 2012 Vol 29, No 1 (2012): April 2012 Vol 29, No 2 (2012) Vol 29, No 2 (2012) Vol 29, No 1 (2012) Vol 29, No 1 (2012) Vol 28, No 2 (2011): October 2011 Vol 28, No 1 (2011): April 2011 Vol 28, No 2 (2011) Vol 28, No 2 (2011) Vol 28, No 1 (2011) Vol 28, No 1 (2011) Vol 27, No 2 (2010): October 2010 Vol 27, No 1 (2010): April 2011 Vol 27, No 2 (2010) Vol 27, No 2 (2010) Vol 27, No 1 (2010) Vol 27, No 1 (2010) More Issue