cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan" : 9 Documents clear
KEEFEKTIFAN MODEL PROBEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA ., Maryono; Irawan, Edi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan pada 25 orang siswa kelas VII MTS Muhammadiyah Nawangan tahun akademik 2008/2009. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan prestasi siswa diukur dengan menggunakan tes. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk perhitungan persentase dan rata-rata nilai. Hasilnya menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas belajar siswa pada Siklus I 32 %, Siklus II 60%, Siklus III 100%; 2) Aktivitas mengajar guru juga menunjukkan adanya peningkatan dari setiap siklus, 3) Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari Siklus I 5,96, Siklus II 6,68, dan Siklus III 7,76. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.Kata kunci: model problem based learning, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
FUNDAMENTALISME ISLAM; SURVEI HISTORIS, DOKTRINAL, DAN INFILTRASINYA DI INDONESIA Yusron, Muhammad
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian ini pada intinya menghadirkan sebuah eksplorasi tentang Fundamentalisme Islam yang mencoba memotret akar sejarah gerakan fundamentalisme, periodesasi, ajaran, sampai pada fenomemanya di Indonesia. Pada bagian awal akan diberbincangkan seputar perbedaan dalam penggunaan term fundamentalisme Islam yang ditujukan kepada gerakan kebangkitan Islam. Kemudian lebih jauh akan mendrive beberapa analisa yang berusaha menjembatani berbagai pertanyaan yang muncul dalam iklim akademik seperti bagaimana gerakan fundamentalisme muncul pertama kali dalam Islam. Bagaiman periodesasinya, apa yang menjadi doktrin dari gerakan fundamentalisme. Hasil kajian ini ditemukan bahwa fundamentalisme Islam di Indonesia tidak begitu saja berjalan mulus dalam perjalanannya. Perlawanan yang cukup inten dilakukan oleh kalangan intelektual Islam moderat, sebut saja Jaringan Islam Liberal, ormas Nahdatul Ulama, ormas Muhammadiyah dan kalangan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemajemukan.Kata Kunci: Fundamentalisme, Islam moderat dan Intelektual Islam.
SISTEM PENDIDIKAN TAMAN SISWA: STUDI KASUS PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA Wiratmoko, Dheny
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Politik Ethis bagi bangsa Indonesia mempunyai pengaruh yang sangat penting dalam upaya untuk merebut kemerdekaan. Pendidikan sebagai salah satu sila dalam Politik Ethis, memungkinkan bangsa Indonesia dapat merasakan pendidikan formal, seperti bangsa lainnya. Dengan pendidikan, masyarakat Indonesia akan dapat berkembang, serta dapat meraih ilmu pengetahuan dan teknologi seperti yang didapat oleh masyarakat Barat. Ki Hajar Dewantara sebagai salah satu tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia , bersama dengan rekan-rekannya, berjuang melalui gelanggang politik yaitu dengan membentuk organisasi pergerakan yang diberi nama Indische Partij. Sedangkan perjuangan melalui gelanggang pendidikan dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara dengan mengemukakan konsep pendidikan yang diberi nama Taman Siswa. Sekolah Taman Siswa menjadi tempat untuk mencetak kaum cerdik pandai bangsa Indonesia , yang bertumpu pada kemerdekaan berpikir dan berbudaya Indonesia . Kata kunci: Ki Hajar Dewantara, Pendidikan, dan Taman Siswa
ORIENTASI HUMANISME PENDIDIKAN ISLAM DAN MASA DEPAN KEMANUSIAAN ., Mukodi; Fahruddin, M Mukhlis
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data didasarkan pada data primer dan data skunder yang dilakukan dengan cara membaca, menelaah, meneliti dan mengumpulkan buku-buku yang berisi teori, pendapat atau pandangan para pakar yang terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif-analitik, metode penalaran dan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kekerasan (dehumanisasi) dalam pendidikan muncul akibat adanya pelanggaran yang disertai dengan hukuman, terutama fisik; 2) kekerasan dalam pendidikan bisa diakibatkan oleh buruknya sistem dan kebijakan pendidikan yang berlaku; 3) kekerasan dalam pendidikan dipengaruhi oleh lingkungan masyarakat dan tayangan media; 4) kekerasan dibidang pendidikan juga merupakan refleksi dari perkembangan kehidupan masyarakat yang mengalami pergeseran cepat, sehingga meniscayakan timbulnya sikap instant solution, maupun jalan pintas; 5) tingginya jurang perbedaan latar belakang sosial-ekonomi, juga menjadi penentu dalam praktik kekerasan dibidang pendidikan.Kata Kunci: humanisme pendidikan, pendidikan Islam dan kemanusiaan.
PEMBERDAYAAN SUMBER KORPORAL; PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA/MA KOTA SURAKARTA S, Leo Agung
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of corporal sources in an effort to improve the quality of history teaching in senior high schools in Academic Year 2010/20011 Surakarta. This study uses classroom action research conducted through two cycles, where each cycle consists of four stages: planning, execution, observation, and refkeksi. This classroom action research aims to improve the quality of learning history by empowering source of corporal. Subjects were students IPS XI-3 SMA Negeri 6 Surakarta city. Data collection techniques and tools used in this study was observational techniques, questionnaires and tests. The results showed that by empowering source of corporal to improve the quality of learning history. This is evidenced by the more active students in learning and increasing student achievement. In the first cycle students mastery of 70% with an average rating of 68.47, whereas on the second cycle peningakatan reached 90% with an average rating of 78.05.Kata Kunci: Kualitas pembelajaran, pembelajaran sejarah, dan sumber korporal
PEMANFAATAN PUISI ANAK SEBAGAI MEDIA MITIGASI BENCANA Anifiah, Siti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This article is about a study explaining: 1) The elements of the children poentry that could be use as the media for disaster’s mitigation; 2) compability and the accuracy of the child’s poentry for its prospective reader based on the cognitive development stage of the children; and formulated utilization planning of the children poentry to the disaster mitigation in Indonesian and literature learning. The children poentry studied are fiveten take in Bobo children magazine. The children poentry was taken through the purposive technique sampling. The data was analyzing by content analysis. The validity of the data was tested through the semantics validity and the reliability was tested by reading the text repeatedly. The results of studied showed that: 1) The element that had the potential to use as the planning media for the mitigation of disaster were the theme, message, and sound; 2) Based on the use of the point of view, the writing technique (the language) and the explanation of the problem, the poentry exact to be give to children age 8-12 years; and 3) the disaster mitigation efforts could be carried out by understanding the contents of the text, gave the response to the problem of the disaster and the control as well as its prevention, or wrote the phenomenon of the natural or social disaster.Keyword: children poentry, disaster mitigation and utilization
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA TERHADAP BUDAYA PDAM KOTA SURABAYA Hendratno, M Djoni
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada instansi perusahaan daerah air minum Kota Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis 1). Apakah komunikasi berpengaruh signifikan terhadap budaya perusahaan daerah air minum Kota Saurabaya; 2). Apakah sumber daya berpengaruh signifikan terhadap budaya perusahaan daerah air minum Kota Saurabaya; 3) Apakah struktur birokrasi berpengaruh signifikan terhadap budaya perusahaan daerah air minum Kota Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan temuan sebagai berikut: 1). Variabel Komunikasi memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap budaya perusahaan pada perusahaan daerah air minum Kota Surabaya; 2). Variabel sumber daya memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap budaya perusahaan pada perusahaan daerah air minum Kota Surabaya; 3). Variabel struktur birokrasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap budaya perusahaan pada perusahaan daerah air minum Kota Surabaya. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pemerintah Kota dan Budaya Perusahaan.
PENGARUH ORIENTASI NILAI BUDAYA, KOMPENSASI, PELATIHAN, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA SE KOTA SURAKARTA Suryo, Tatik Sutarti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap 200 guru SMA Negeri di Kota Surakarta. Data dijaring melalui angket skala berstruktur. Data yang terkumpul dianalisis melalui analisis SEM dengan menggunakan perangkat AMOS 5.Hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh positif orientasi nilai budaya terhadap motivasi kerja yaitu sebesar 20,3%; 2) terdapat pengaruh positif kompensasi terhadap motivasi kerja yaitu sebesar 43,9%; 3) terdapat pengaruh positif pelatihan terhadap motivasi kerja yaitu sebesar 28,1%; 4) terdapat pengaruh positif orientasi nilai budaya terhadap kepuasan kerja yaitu sebesar 19,3%; 5) terdapat pengaruh positif kompensasi terhadap kepuasan kerja yaitu 29,4%; 6) terdapat pengaruh positif pelatihan terhadap kepuasan kerja yaitu sebesar 21,5%; 7) terdapat pengaruh positif motivasi kerja terhadap kepuasan kerja yaitu sebesar 25,4%; 8) terdapat pengaruh positif orientasi nilai budaya terhadap kinerja yaitu sebesar 24,4%; 9) terdapat pengaruh positif kompensasi terhadap kinerja yaitu sebesar 27,1%; 10) terdapat pengaruh positif pelatihan terhadap kinerja yaitu sebesar 20,9%; 11) terdapat pengaruh positif motivasi kerja terhadap kinerja yaitu sebesar 26,3% dan 12) terdapat pengaruh positif kepuasan kerja terhadap kinerja yaitu sebesar 20,3%.Kata kunci: orientasi nilai budaya, kompensasi, pelatihan, motivasi, kepuasan, kinerja guru.
SISTEM PENDIDIKAN TAMAN SISWA; STUDI KASUS PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA Wiratmoko, Dheny
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Politik Ethis bagi bangsa Indonesia mempunyai pengaruh yang sangat penting dalam upaya untuk merebut kemerdekaan. Pendidikan sebagai salah satu sila dalam Politik Ethis, memungkinkan bangsa Indonesia dapat merasakan pendidikan formal, seperti bangsa lainnya. Dengan pendidikan, masyarakat Indonesia akan dapat berkembang, serta dapat meraih ilmu pengetahuan dan teknologi seperti yang didapat oleh masyarakat Barat. Ki Hajar Dewantara sebagai salah satu tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia , bersama dengan rekan-rekannya, berjuang melalui gelanggang politik yaitu dengan membentuk organisasi pergerakan yang diberi nama Indische Partij. Sedangkan perjuangan melalui gelanggang pendidikan dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara dengan mengemukakan konsep pendidikan yang diberi nama Taman Siswa. Sekolah Taman Siswa menjadi tempat untuk mencetak kaum cerdik pandai bangsa Indonesia , yang bertumpu pada kemerdekaan berpikir dan berbudaya Indonesia .Kata kunci: Ki Hajar Dewantara, Pendidikan, dan Taman Siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2011 2011


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue