cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 16 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan" : 16 Documents clear
EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TTW DAN TPS DI SMPN PACITAN ., Maryono; Tisngati, Urip
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I di Kabupaten Pacitan semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, dengan taraf signifikan 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat, yaitu: uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dan hasilnya adalah normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil belajar siswa dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) lebih baik daripada strategi Think-Pair- Share (TPS); 2) hasil belajar matematika siswa dengan aktivitas tinggi lebih baik daripada aktivitas sedang, hasil belajar dengan aktivitas sedang lebih baik daripada aktivitas rendah, dan hasil belajar dengan aktivitas tinggi lebih baik daripada aktivitas rendah; 3) Aktivitas belajar siswa tinggi, hasil belajar dengan strategi TTW, lebih baik daripada strategi TPS; 4) Aktivitas belajar siswa sedang, hasil belajar dengan strategi TTW lebih baik, daripada strategi TPS; 5) Aktivitas belajar siswa rendah, hasil belajar matematika siswa dengan strategi TTW lebih baik, daripada strategi TPS.Kata kunci: Pembelajaran Matematika, TTW, TPS dan Aktivitas.
BEBERAPA JEJAK KELISANAN DALAM NOVEL DI KAKI BUKIT CIBALAK KARYA AHMAD TOHARI: PERSPEKTIF WALTER J. ONG Sutopo, Bakti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this study is to uncover the existence of the oral elements in the novel Di Kaki Bukit Cibalak by Ahmad Tohari. It is necessary to construct the convention of oral theories that propounded by Walter J. Ong. This convention shows that there are several oral elements in the novel. The oral element in the novel Di Kaki Bukit Cibalak there are agonistic, homeostatic, conservative, copious, episodic, additive, and moral teachings.Key words: novel, oral characteristic, orality impressions
PENDIDIKAN KANAK-KANAK DAN PENDIDIKAN KELUARGA; STUDI KRITIS PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA ., Mukodi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (library research) artinya data penelitian berasal dari sumber-sumber kepustakaan berupa buku-buku, makalah, jurnal, majalah dan sumber lain yang koheren dengan obyek bahasan. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik, yakni berusaha menggambarkan secara jelas dan sistematis obyek kajian, lalu menganalisis bahasan penelitian. Data yang terkumpul atau tersusun dianalisis, kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Setidaknya, ada empat temuan penelitian, yaitu: 1) pendidikan di Taman Siswa menerapkan prinsip kemerdekaan dan kebebasan; 2) pendidikan anak yang diterapkan adalah gabungan dan pengembangan dari teori Frobel dan Montessori; 3) Ki Hadjar Dewantara memberi kebebasan kepada anak dengan berbagai permainan untuk mengembangkan secara psikologi, pedagogi dan biologi dengan tidak melupakan alam kodratnya masing-masing; 4) penerapan pendidikan yang terintegrasi antara ketiga alam, yaitu alam keluarga, alam pendidikan, dan alam pemuda akan mewujudkan manusia Indonesia yang utuh.Key word: pendidikan kanak-kanak, pendidikan keluarga, Ki Hadjar Dewantara, Frobel dan Montessori.
TINGKAT EFEKTIVITAS PEMANFAATAN BIMBINGAN AKADEMIK SEBAGAI LANGKAH PERBAIKAN KARAKTER MAHASISWA Sudarsono, Bambang
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Subyek penelitian adalah para mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Teknik penentuan sampel menggunakan nomogram Harry A. King sehingga diperoleh sampel berjumlah 75 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Tingkat Efektivitas Pemanfaatan Bimbingan Akademik sebagai langkah perbaikan karakter mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Berdasarkan analisis data, mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan pribadi kategori tinggi berjumlah 5 mahasiswa (5,8%), kategori sedang berjumlah 38 mahasiswa (44,7%) dan kategori rendah berjumlah 42 mahasiswa (49%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan belajar kategori tinggi berjumlah 7 mahasiswa (8,3%), kategori sedang berjumlah 32 mahasiswa (36,5%) dan kategori rendah berjumlah 47 mahasiswa (55,3%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan sosial kategori tinggi berjumlah 10 mahasiswa (11,6%), kategori sedang berjumlah 29 mahasiswa (34,3%) dan kategori rendah berjumlah 46 mahasiswa (54,1%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan karier kategori tinggi berjumlah 5 mahasiswa (5,8%), kategori sedang berjumlah 36 mahasiswa (30,6%) dan kategori rendah berjumlah 44 mahasiswa (51,6%). Secara total pemanfaatan bimbingan akademik mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo yang memanfaatkan bimbingan dengan kategori tinggi berjumlah 10 mahasiswa (11,7%), kategori sedang berjumlah 30 (35,4%) dan kategori rendah 45 mahasiswa (52,9%).Key Word: efektivitas, bimbingan akademik, dan karakter mahasiswa
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MENULIS “PUISI-FORMULA” ., Suntari
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan. Subjek tindakan adalah siswa di kelas tersebut. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dua kali tatap muka melalui tahapan refleksi awal, perencanaan, pelaksanaan/pemantauan, dan refleksi/evaluasi. Data penelitian berupa deskripsi hasil observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi proses dan hasil belajar siswa. Masalah yang dirumuskan bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis kreatif melalui model pembelajaran menulis “Puisi-Formula”. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil belajar siswa dalam menulis kreatif puisi melalui model pembelajara menulis “Puisi-Formula”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran menulis “Puisi-Formula”, kemampuan siswa menulis kreatif puisi meningkat. Model yang digunakan dapat memberikan kemudahan, keterbukaan, dan kebermaknaan siswa dalam belajar menulis kreatif puisi. Model pembelajaran ini dapat diterapkan bagi kelas atau sekolah lain yang setting siswanya sama oleh guru Bahasa Indonesia dan peneliti lain yang ingin melakukan penelitian serupa atau lanjutan.Kata Kunci: peningkatan, menulis kreatif puisi, model pembelajaran menulis “puisi-formula”.
KINERJA PEMASARAN LAYANAN PENDIDIKAN NON-FORMAL (PNF) DI KOTA MADYA YOGYAKARTA, PROVINSI DI. YOGYAKARTA Tohani, Entoh
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian survei ini bertujuan mengetahui kinerja pemasaran pendidikan nonformal. Penelitian ini dilakukan didasarkan pada pemikiran bahwa penyelenggaraan kegiatan pemasaran perlu dilakukan secara integratif dengan mekanisme yang terarah, efektif, efisien, dan akuntabel. Subyek penelitian ini adalah Lembaga Penyelenggara Kursus (LPK) yang ditentukan secara purposive. Pengumpulan data menggunakan angket tervalidasi. Data dianalisis dengan cara analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemasaran program PNF belum optimal di mana masih terdapat aspek pemasaran yang dalam kategori rendah yaitu kegiatan penyampaian program dan penetapan harga atau dana. Hal ini akibat pengaruh dari kendala yang dihadapi baik internal lembaga seperti warga belajar kurang aktif dan perubahan kurikulum maupun eksternal lembaga seperti kejenuhan cakupan, kerja sama yang minim dan minimnya pendanaan. Oleh karena itu, peningkatan kemampuan lembaga pendidikan nonformal (LPK) dapat membaca dan mengembangkan program masing-masing yang terbekali.Kata kunci: Kinerja, Pemasaran, Pendidikan Nonformal dan Jasa Pendidikan.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MORAL Ningsih, Tutuk
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karakter bangsa yang berbasis pada multikultural harus menjadi pondasi dalam pembangunan masa depan bangsa dan negara Indonesia. Apabila diperhatikan dari negara-negara yang sudah maju, maka yang menonjol adalah kuatnya karakter yang mereka miliki. Hasil penelitian ini menemukan bahwa empat pola pembelajaran yang perlu diperhatikan di sekolah, yaitu: penyusunan program, strategi pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Dengan keempat pola tersebut, perbedaan antar individu dapat dikembangkan sebagai suatu kekuatan kelompok dan peserta didik terbiasa hidup dengan berbagai keragaman budaya, sosial, ekonomi, intelektual dan aspirasi politik. Keyword: pendidikan karakter, multikultural dan moral.
MEMBUMIKAN GERAKAN PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PENGEMBANGAN SIKAP ASKESIS EKOLOGIS Budiasmoro, I.Y. Kristio
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

A caring attitude is a basic need to regenerate ecological ascetic attitude, which will bring a paradigm for the community to be involved in the movement of ‘nata mangsa’. Pan a caring attitude to the environment should be conducted systematically from individuals, households, communities and societies that are supported by the regulation in favor of the environmental concerns. As a strategy must promote an interdisciplinary approach in the form of synergy between the fields of regulatory, academic and socio-economic sustainability of communities.Keywords: ecological ascetic, movement of ‘nata mangsa’ and sustainability of communities.
EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TTW DAN TPS DI SMPN PACITAN ., Maryono; Tisngati, Urip
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I di Kabupaten Pacitan semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, dengan taraf signifikan 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat, yaitu: uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dan hasilnya adalah normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil belajar siswa dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) lebih baik daripada strategi Think-Pair- Share (TPS); 2) hasil belajar matematika siswa dengan aktivitas tinggi lebih baik daripada aktivitas sedang, hasil belajar dengan aktivitas sedang lebih baik daripada aktivitas rendah, dan hasil belajar dengan aktivitas tinggi lebih baik daripada aktivitas rendah; 3) Aktivitas belajar siswa tinggi, hasil belajar dengan strategi TTW, lebih baik daripada strategi TPS; 4) Aktivitas belajar siswa sedang, hasil belajar dengan strategi TTW lebih baik, daripada strategi TPS; 5) Aktivitas belajar siswa rendah, hasil belajar matematika siswa dengan strategi TTW lebih baik, daripada strategi TPS. Kata kunci: Pembelajaran Matematika, TTW, TPS dan Aktivitas.
BEBERAPA JEJAK KELISANAN DALAM NOVEL DI KAKI BUKIT CIBALAK KARYA AHMAD TOHARI: PERSPEKTIF WALTER J. ONG Sutopo, Bakti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this study is to uncover the existence of the oral elements in the novel Di Kaki Bukit Cibalak by Ahmad Tohari. It is necessary to construct the convention of oral theories that propounded by Walter J. Ong. This convention shows that there are several oral elements in the novel. The oral element in the novel Di Kaki Bukit Cibalak there are agonistic, homeostatic, conservative, copious, episodic, additive, and moral teachings. Key words: novel, oral characteristic, and orality impressions.

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2011 2011


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue