cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan" : 8 Documents clear
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MELALUI MEDIA JAM SUDUT Ayatullah Muhammadin Al Fath; Ferry Aristya
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.475 KB)

Abstract

This research aims to: describe and know the use of corner hour learning media in high school math subjects at SDN Mentoro, 2) Describe and know the motivation of students' learning in mathematics learning at SDN Mentoro, 3) Describe the use of corner clock media against learning motivation in mathematics learning of SDN Mentoro students. This research is qualitative research. The subject of this research was grade IV students at SDN Mentoro with 13 male and 15 female students. Data collection techniques used are observation, interview questionnaire, and documentation. Data analysis techniques use the Miles and Huberman model consisting of data collection, data reduction, data presentation, and and verification. The results of this research are: 1) The lack of use of corner clock media in mathematics learning of grade IV students of , 2) In the filling of questionnaires there are students with two categories, namely high and low categories. It can be said that the motivation of learning grade IV students at SD N Mentoro is balanced between the two, 3) The two categories are approximately 65% stated in the category of excellent and 35% in the good category. Thus it can be concluded that the motivation of students' learning on mathematics learning by using the medium of corner clock in the learning process shows better and effective results to use.
DEKONSTRUKSI DALAM NOVEL AURORA DI LANGIT ALENGKA KARYA AGUS ANDOKO (KAJIAN DEKONSTRUKSI DERRIDA) Arliza Nur Alita Ningrum; Bakti Sutopo; Riza Dwi Tyas Widoyoko
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.98 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dekonstruksi dalam novel Aurora di Langit Alengka karya Agus Andoko dengan cara mendeskripsikan bentuk-bentuk dekonstruksi dan pemikiran oposisi biner. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata, kalimat-kalimat, dan dialog-dialog yang terdapat dalam kutipan teks novel Aurora di Langit Alengka karya Agus Andoko.Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Aurora diLangitAlengka karya Agus Andoko.Teknik pengumpulan data adalah tekik baca, teknik catat, dan studi pustaka. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Analisis data menggunakan pendekatan analisis objektif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) bentuk-bentuk dekonstruksi dalam novel Aurora di Langit Alengka karya Agus Andoko meliputi: a) dekonstruksi penculikan Sinta, b) dekonstruksi kematian Subali, c) dekonstruksi kisah Subali dan Sugriwa, d) dekonstruksi kisah Jatayu, e) dekonstruksi kisah Jatayu dan Sampati, f) dekonstruksi kisah Anggada, g) dekonstruksi penyebab perang, h) dekonstruksi akhir kisah Rama dan Sinta. 2) Pemikiran oposisi biner dalam novel Aurora di Langit Alengka meliputi: a) pemikiran oposisi biner tokoh Rama (oposisi biner altruis dan egois), b) pemikiran oposisi biner tokoh Rahwana (oposisi biner pemberani dan penakut), c) pemikiran oposisi biner tokoh Wibisana (oposisi biner pengkhianat dan nasionalis).
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN Anggun Dwi Kuncoro; Khoirul Qudsiyah; Taufik Hidayat
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.5 KB)

Abstract

The purpose of this study; 1) To find out students’ mistak es in doing essay questions based on Newman Error Analysis (NEA). This research is a qualitative case study research. Sampling using purposive sampling. The subjects of this study were 28 students of class VIII C of SMP N 3 Tulak an in the 2019/2020 academic year. The instruments used in this study were tests, and interviews. Meanwhile, data analysis used by Miles Huberman. The form of student error based on Newman’s Error (NEA) is as follows; 1) rea dings error, students do not write what is k nown in the questions because they do not read the command questions properly. 2) comprehensions error, students do not write down what is being ask ed in the questions because they do not understand the command q uestions well. 3) transformations error, students do not write the formula correctly because they do not understand the material. 4) processing sk ill error, students count incorrectly because they are not careful. 5) encoding error, students do not write c onclusions because at the previous stage an error has occurred.
PENGEMBANGAN SONG TERUS SEBAGAI OBJEK WISATA EDUKASI PRASEJARAH DI PACITAN Edi Sutrisno; Sri Iriyanti; Sri Dwi Ratnasari
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.896 KB)

Abstract

Pengembangan objek wisata Song Terus mulai dilakukan dengan adanya pembangunan beberapa fasilitas di sekitar Song Terus untuk melengkapi sarana dan prasarana di area Song Terus. Pengembangan selanjutnya juga dilakukan dengan adanya Museum Situs Song Terus yang rencananya akan menampilkan hasil temuan-temuan Song Terus khususnya dan penemuan purbakala di sekitar Gunung Sewu. Song Terus merupakan gua hunian prasejarah. Artefak yang ditemukan di Song Terus antara lain berupa fosil tulang hewan, cangkang kerang, pecahan gerabah, serpihan batu Rijang yang bahannya tidak diperoleh di sekitar Song Terus, fragmen tengkorak manusia, kerangka manusia, batu- batu dengan bekas pembakaran,alat-alat batu, alat-alat tulang, dan lain-lain. Song Terus selama ini masih banyak digunakan sebagai penelitian oleh beberapa peneliti, mahasiswa, dan pelajar untuk tujuan penelitian dan pembelajaran. Song Terus dapat dikembangkan menjadi kawasan wisata edukasi prasejarah di Pacitan karena di Song Terus terdapat peninggalan prasejarah berupa artefak dan fosil.. Pengembangan dan pembangunan tersebut bertujuan supaya masyarakat tertarik untuk mengunjungi situs Prasejarah di Pacitan dengan tujuan rekreasi dan pembelajaran saat wisatawan mengunjungi tempat tersebut akan penasaran dengan temuan-temuan yang ada di Song Teru
RANCANG BANGUN WEBSITE E-COMMERCE BERBASIS WORDPRESS PADA MEBEL UD “REJEKI” Kristin Siswanti; Muga Linggar Famukhit; Dwi Rahayu
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.498 KB)

Abstract

Dalam merancang dan membangun sebuah website e-commerce pada mebel UD “REJEKI” membuat pelanggan lebih mudah untuk melakukan pemesanan produk. Dengan adanya website e-commerce dapat membantu admin untuk melakukan proses penjualan dengan cepat dan tidak memakan waktu lama. Website e-commerce juga membantu dalam mempercepat proses transaksi penjualan pada mebel UD “REJEKI”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). R&D merupakan kegiatan penelitian dan pengembangan yang memiliki kepentingan yang kaitannya dengan pengembangan aplikasi di bidang teknologi. Teknik pengumpulan data pada metode penelitian R&D adalah dengan melakukan observasi dan wawancara yang dilakukan pada mebel UD “REJEKI”. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti dapat mengetahui bagaimana rancang bangun website e-commerce yang tepat untuk mebel UD “REJEKI” sehingga dapat membantu dalam melakukan transaksi penjualan dengan mudah dan membantu dalam melihat laporan-laporan penjualan.
UPAYA GURU DALAM MENYELESAIKAN KESULITAN SISWA DALAM MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN II SUDIMORO KECAMATAN SUDIMORO TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Niva Argista; Sugiyono Sugiyono; Afid Burhanuddin
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.267 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dialami kelas IV SDN II Sudimoro dalam menyelesaikan soal matematika pada materi penjumlahan bilangan pecahan serta 2) untuk mengetahui upaya guru meminimalisir kesulitan yang dialami siswa kelas IV SDN II Sudimoro dalam menyelesaikan soal matematika materi penjumlahan bilangan pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV , guru kelas V dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) jenis- jenis kesulitan yang dialami siswa diantaranya: (a) kelemahan dalam pemahaman bahasa yang kurang, (b) kelemahan dalam mentransfer pengetahuan, dan (c) kelemahan pada saat menghitung. (2) Upaya yang di lakukan Guru dalam meminimalisir kesulitan yang dialami siswa yaitu dengan; (a) Memberi Motivasi Belajar dengan di berikan motivasi, maka siswa akan lebih bersemangat dalam proses pembelajaran, (b) Memberi variasi metode mengajar dengan memberikan variasi mengajar, (c) lebih memahami materi yang telah di sampaikan oleh Guru sebelumnya, (d) mempergunakan alat peraga dengan mempergunakan alat peraga dengan contoh kalau untuk matematika ini menggunakan proyektor dengan kartu pecahan maka siswa akan lebih paham dan mudah dalam penangkapan materi, (e) memberikan program perbaikan atau remedial.
PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI SD DONOROJO Devi Irawati; Mukodi Mukodi; Suryatin Suryatin
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.002 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode bermain peran terhadap hasil belajar di SD kecamatan Donorojo pada mata pelajaran PKn materi bangga sebagai bangsa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018. Subjek penelitian ini adalah SD yang dipilih secara random sampling. Pemgumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis menggunakan bantuan Program SPSS for Windows 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus dengan metode bermain peran dibandingkan dengan kelas yang diberi perlakuan pembelajaran biasa menggunakan ceramah. Berdasarkan hasil rerata diperoleh kelas eksperimen memiliki rata-rata 88,33 yang berarti hasil rerata tersebut lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan rata-rata 83,00. Berdasarkan hasil uji-t pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai t 023, nilai sig<0,05 (0.023<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran terhadap hasil belajar PKn di SDN Kecamatan Donorojo tahun pelajaran 2018.
KESULITAN BELAJAR DIMASA PANDEMI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI STKIP PGRI PACITAN Ridha Kurniasih Astuti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.082 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penerapan pembelajaran jarak jauh dan kesulitan model belajar jarak jauh yang sedang dialami mahasiswa khususnya pada mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini didapatkan hasil bahwa 10 orang belajar jika ada tugas dari dosen dan 5 orang belajar mandiri meskipun tidak ada tugas dari dosen dan mencari bahan belajar sendiri untuk penguatan materi. Pada penggunaan media belajar di rumah sejumlah 9 orang menjawab bahwa mereka memiliki dan menggunakan secara maksimal media belajar yamh ada di rumah masing-masing, sedangkan 6 orang kurang memaksimalkan media belajar yang ada di rumah. Pada aspek lingkungan belajar sejumlah 2 orang menjawab bahwa lingkungan belajar dan orang sekitarnya kurang peduli terhadap proses belajarnya, 9 orang menjawab bahwa lingkungan belajar dan orang disekitarnya peduli dengan cara monitoring terhadap hal-hal pembelajaramn yang dilakukan anaknya, sedangkan sisanya 4 orang menjawab bahwa orang-orang disekitarnya turut serta membantu mencarikan solusi dan ikut terampil membantu dalam keikutsartaan anak dalam pembelajaran daring.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue