cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan" : 8 Documents clear
ISLAMISASI DI KEDIRI: “Tokoh dan Strategi Islamisasi” Sigit Widiatmoko; Alfian Fahmi A
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Agama islam merupakan agama yang mayoritas dianut oleh masyarakat indonesia. Untuk mencapai kondisi ini tentunya terdapat proses panjang yang lazim disebut sebagai Islamisasi. Salah satu proses islamisasi yang menarik untuk di analisis adalah yang terjadi di daerah Kediri mengingat daerah ini berdasarkan data-data historis menjadi daerah yang penting dalam kerajaan Kediri hingga Majapahit yang notabene di dominasi pengaruh Hindu Budha. Dari kenyataan tersebut secara sekilas dapat diketahui bahwa Islamisasi di Kediri tergolong sukses dengan indikator bahwa agama Islam dapat diterima oleh masyarakat Kediri. Artikel ini akan berusaha menganilisis proses islamisasi di Kediri dengan menitik beratkan pada tokoh islamisasi serta strategi yang digunakan dalam menyebarkan agama. Dalam menyusun artikel ini akan digunakan metode historis karena untuk menganilisa proses islamisasi yang telah lama terjadi, langkah-langkah penelitian dalam metode historis dirasa tepat untuk mendapatkan serta menafsirkan data-data mengenai proses islamisasi di daerah Kediri.
MODEL IMITASI MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN Sugiyono Sugiyono; Joko Sutrisno
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manusia sebagai makhluk individual sekaligus makhluk sosial, dalam hidupnya pasti mengalami interaksi sosial. Individu yang berinteraksi dalam waktu yang cukup panjang ada kecenderungan melakukan peniruan/imitasi perilaku secara timbal balik. Tujuan penelitian ini anatara lain: 1) untuk mengetahui sejauh mana perilaku imitasi mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan pada kegiatan pembelajaran, 2) untuk mengetahui model imitasi mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Program Studi PGSD STKIP PGRI Pacitan tahun akademik 2016/2017. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposif sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perilaku imitasi yang dilakukan mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan dalam kegiatan pembelajaran terbagi menjadi tiga, yaitu Copying dengan persentse 50,68%, Matched-dependent bahavior sebesar 35,62% melakukan, dan behavioral dengan persentase 13,70%; 2) Model imitasi mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan meliputi lima jenis yaitu; imitasi langsung, imitasi tidak langsung, imitasi gabungan, imitasi terbatas, dan imitasi tidak terbatas.
STRATEGI KEBAHASAAN PADA REKLAME OUT DOOR (Jalan Pacitan-Yogyakarta) Agoes Hendriyanto
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk (1) strategi pemilihan kata atau diksi, dan (2) strategi pemilihan gaya bahasa. Penelitian dekriptif kualitatif dengan menggunakan analisis wacana kritis dengan meneliti strategi diksi dan gaya bahasa iklan. Hasil kajian ini menemukan sebagai berikut; kata benda sebesar 34%, kata asing 34%, kata kerja 12%, kata keterangan 8%, kata depan 3%, kata sifat 3%, dan kata sambung 6%. Selain itu, penggunaan gaya bahasa hiperbola, metafora, personifikasi repetisi, klimaks, paralelisme, alegori menjadi pilihan utama dalam iklan di jalan Pacitan-Yogyakarta. Strategi penggunaan gaya bahasa dalam iklan out door jalan Pacitan-Yogyakarta sebagai berikut: elipsis 14,2%, alegori 34,3 %, personifikasi 20%, paralelisme 5,7%, hiperbola 8,6%, klimaks 8,6 %, dan repetisi 8,6%. Penggunaan gaya bahasa alegori dengan gambar, logo menjadi pilihan terbesar pembuat iklan out door.
IDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENGANTAR PROBABILITAS Tri Astuti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan mahasiswa prodi pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal pengantar probabilitas. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UST dengan ukuran populasi adalah 135 mahasiswa sedangkan ukuran sampel penelitian sebanyak 33 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Tes digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan dalam menyelesaikan soal Pengantar Probabilitas. Instrumen penelitian ini adalah tes yang berbentuk essay sejumlah 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UST melakukan rata-rata kesalahan konsep sebesar 33,94% dengan kategori rendah, rata-rata kesalahan prosedur sebesar 39,39% dengan kategori rendah, dan rata-rata kesalahan komputasi sebesar 68,79% dalam kategori tinggi. Sedangkan kesalahan yang paling dominan adalah kesalahan komputasi. Terkait hasil penelitian tersebut maka peneliti memberikan saran agar mahasiswa lebih teliti dan rajin berlatih mengerjakan soal-soal matematika sehingga kesalahan dapat diminimalkan.
PENGARUH METODE LATIHAN DAN KOORDINASI TERHADAP POWER TUNGKAI ATLET BOLAVOLI Anung Ismoko; Danang Endarto Putro
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan power tungkai melalui metode latihan agility hurdle drills dan metode latihan agility ring drills, (2) perbedaan pengaruh metode terhadap power tungkai, (3) perbedaan pengaruh power tungkai antara yang memiliki koordinasi tinggi dan koordinasi rendah, dan (4) pengaruh interaksi antara metode latihan terhadap power tungkai. Penelitian ini merupakan eksperimen faktorial 2 x 2, menggunakan tes awal dan tes akhir dengan dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet Bolavoli. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah Sargen Jump Test dan Hexagonal Obstacle Test. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan ANAVA. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian adalah: (1) Tidak terdapat perbedaan peningkatan power tungkai atlet bola voli yang signifikan melalui metode latihan agility hurdle drills dan metode latihan agility ring drills. (2) Tidak terdapat perbedaan pengaruh antara metode latihan terhadap power tungkai atlet bola voli. (3) Terdapat perbedaan peningkatan power tungkai atlet bola voli antara yang memiliki koordinasi tinggi dan koordinasi rendah. (4) Tidak terdapat interaksi antara metode latihan dan koordinasi terhadap peningkatan power tungkai atlet bola voli.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN MAHASISWA PADA MATAKULIAH ANALISIS NUMERIK Vera Dewi Susanti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, keefektifan dan kemandirian belajar mahasiswa semester 7 dalam perkuliahan Analisis Numerik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil validasi dari validator LKM memenuhi kriteria kevalidan dengan kategori sangat valid, karena memperoleh nilai rata-rata 91,15%, (2) LKM memenuhi kriteria kepraktisan, karena respon mahasiswa positif pada kelas uji coba terbatas ataupun uji coba lapangan, dengan persentase 89,4% dan 94,01%, (3) LKM memenuhi kriteria keefektifan, karena rata-rata skor total tes hasil belajar mahasiswa dalam kelas uji coba terbatas ataupun dalam kelas uji coba lapangan memperoleh nilai rat-rata 79,67% dan 81,31%, (4) Hasil analisis angket respon mahasiswa terhadap kemandirian belajar mahasiswa dikatakan positif pada kelas uji coba terbatas ataupun dalam kelas uji coba lapangan, dengan persentase 89,4% dan 94,01%.
PENDIDIKAN NILAI DALAM TEMBANG MACAPAT DHANDANGGULA Heru Budiono; Nara Setya Wiratama
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan yang penuh dengan budaya dan adat istiadat. Budaya di Indonesia sangat beragam dan memiliki nilai-nilai karakter yang mulia, salah satunya adalah tembang macapat. Tembang macapat adalah ciri khas budaya Indonesia yang memiliki kedalaman nilai filosofis dan keindahan. Tembang macapat memiliki berbagai fungsi antara lain sebagai pengiring pidato, piranti ucapan, representasi ekspresi rasa, pengantar teka-teki, media dakwah, alat edukasi dan konseling, dll. Tembang Dhandanggula adalah salah satu tembang macapat yang menggambarkan kehidupan manusia yang telah mencapai tahap pembentukan sosial, kesejahteraan dan telah menikmati masa hidupnya. Kata dhandang berarti gagak yang melambangkan kesedihan. Kata gula berarti gula yang memiliki rasa manis sebagai simbol kebahagiaan atau kesukaan. Setiap keluarga di masyarakat Jawa harus bisa melewati manis getir kehidupan rumah tangga yang terkadang manis seperti gula atau pahit, seperti pil, sebagai obat untuk membuat mereka lebih tangguh, dan responsif dalam segala kondisi dan situasi. Sehingga, semua muatan tersebut adalah sebagai nilai-nilai pendidikan. Nilai pendidikan tersebut sudah semestinya diinternalisasikan ke dalam strategi pembelajaran afektif (attitude). Strategi pembelajaran afektif tidak hanya ditujukan untuk mencapai pendidikan kognitif, tapi juga sikap dan keterampilan seseorang. Kemampuan afektif adalah objek yang sulit diukur karena berkaitan dengan kesadaran diri setiap orang.
KARYA DAN PENGARANG KELOMPOK FORUM LINGKAR PENA (FLP) DALAM KONSTELASI SASTRA INDONESIA MODERN Bakti Sutopo; Hasan Khalawi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aimed at describing paratext unsure in the work of authors who are members of Forum Lingkar Pena-the book publisher-(FLP) through the paratext and arena of authors in the constellation of modern Indonesian literary. The focus of this research was the symbols and the role of authors incorporated in the FLP. Whereas, its material object was the author of the novels who joined in the Forum Lingkar Pena (FLP). For this research, the qualitative research was employed to explore the results, which is phenomenon-based instead of the numerical data. The technique of data analysis was based on the paratext theory, postmodern, and sociology theory. The results revealed that the front, back, and some additional pages before the core pages are used to include the symbolic capital owned by authors incorporated in the FLP. There exchanges of symbolic capital among authors incorporated in the FLP. The authors were also able to cooperate in the industrial world by providing space in the form of pages in the works for advertising the company's products. The main purpose of it, all so that the works of authors who joined the FLP, was able to increase sales. In addition, the research also revealed that authors incorporated in the FLP have the habit of creating Islamic works that affect the ownership of that social, economic, and symbolic capital which brought the authors to occupy the arena of literature in Indonesian literature; particularly in sub-area of contemporary Islamic literature. The existence of authors incorporated in the FLP had gained the popular legitimacy in Indonesian literary areas.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue