cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL TEKMAPRO
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 1 (2019): TEKMAPRO" : 10 Documents clear
MODEL KEBIJAKAN POTENSI SORGUM UNTUK SWASEMBADA ENERGI DENGAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIK Andhika Cahyono Putra; M. Adik Rudiyanto
Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management Vol 14 No 1 (2019): TEKMAPRO
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.999 KB) | DOI: 10.33005/tekmapro.v14i1.23

Abstract

Sorgum termasuk tanaman serealia yang dapat hidup pada iklim kering dan basah. Sorgum mempunyai multi manfaat, selain dapat digunakan sebagai penghasil bioetanol. Sorgum juga dapat di gunakan sebagai penghasil gula dan dapat digunakan untuk pakan ternak. Bioetanol dapat di buat dari bahan baku yang mengandung pati atau karbohidrat seperti jagung, tebu, ubi jalar, tetes dan juga sorgum. Objek penelitian di daerah Kabupaten Lamongan dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sistem dinamik merupakan metode yang digunakan untuk melakukan simulasi potensi sorgum yang dilakukan sampai tahun 2025. Hasil simulasi terlihat bahwa pada tahun pertama produksi bioetanol sebesar 809,1 ton, produksi gula sebesar 1887,9 ton, produksi pakan ternak sebesar 1132,74 ton dan terus meningkat dari tahun ke tahunnya.
ANALISA HUMAN ERROR PADA KARYAWAN PRODUKSI BARECORE MENGGUNAKAN METODE HUMAN RELIABILITY ASSESSMENT (HRA) Yustina Ngatilah; Endang Pudji W; Rr Rochmoeljati; Tranggono Tranggono
Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management Vol 14 No 1 (2019): TEKMAPRO
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.462 KB) | DOI: 10.33005/tekmapro.v14i1.24

Abstract

Seluruh industri pasti memiliki keinginan untuk memiliki zero accident. Namun pada kenyataannya banyak perusahaan yang memiliki angka kecelakaan yang tinggi tiap tahunnya. Human Reliability Assessment merupakan salah satu metode untuk memberi usulan alternatif pengurangan terhadap kecelakaan kerja yang terjadi. Dimana langkah yang digunakan yakni mengumpulkan data kecelakaan kerja,data Task Analysis Sistem dan data identifikasi kegagalan. Pengolahan yang dilakukan yakni dengan penggambaran kecelakaan kerja menggunakan Fault Tree Analysis,kemudian kuantifikasi nilai Human Error Probability dengan metode Human Error And Reduction Technique dan pada akhirnya akan ditemukan usulan alternatif pengurangan kecelakaan kerja. Hasil dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kesalahan manusia yang menimbulkan kecelakaan kerja. Kesalahan karyawan tersebut antara lain posisi pemotongan kurang benar dengan probabilitas tertinggi yaitu 0,728, untuk yang lain seperti gagal memposisikan saat pengambilan material, salah posisi dalam melakukan prosedur,tidak fokus dalam melakukan proses,tidak memperhatikan posisi kayu dan terburu-buru dalam melakukan prosedur probabilitasnya dibawah 0,728.
PERANCANGAN ULANG TATA LETAK PENYIMPANAN BARANG MENGGUNAKAN METODE DEDICATED STORAGE (STUDI KASUS : PT. TEMPRINA MEDIA GRAFIKA) Yola Bagus Priliyanto; Sumiati Sumiati
Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management Vol 14 No 1 (2019): TEKMAPRO
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.665 KB) | DOI: 10.33005/tekmapro.v14i1.25

Abstract

PT Temprina Media Grafika merupakan bagian dari Jawapos Group yang bergerak di bidang jasa percetakan dan packaging. Produk-Produk percetakan seperti buku, majalah, Koran, al-quran dan packaging, merupakan hasil utama PT. Temprina Media Grafika yang di produksi dengan dukungan mesin-mesin dan tenaga ahli dalam bidang grafika. Permasalahan yang dihadapi PT Temprina Media Grafika adalah tata letak gudang yang ada belum sesuai tempatnya. Pola penyimpanan dan penyusunan dilakukan secara acak bergantung pada posisi gudang yang kosong sedangkan tempat tersebut sebenarnya bukan tempat penyimpanan barang, sehingga mengakibatkan terjadinya aktivitas tambahan dan pengangkutan produk dengan jarak yang lebih jauh. Dalam penelitian diusulkan suatu metode, dimana metode ini dapat membuat perancangan tata letak gudang yang lebih efektif terhadap pemindahan produk di gudang, mendapatkan rancangan tata letak gudang produk yang efektif, memindahkan jarak transportasi pada gudang, dan menghemat pemindahan dan pengaturan produk. Metode yang tepat untuk menyelasaikan masalah tersebut adalah menggunakan metode Dedicated Storage. Hasil dari penelitian ini, kondisi jarak perjalanan pemindahan bahan awal didapatkan jarak perjalanan sebesar 7.929,63 m dan pada kondisi usulan penerapan dedicated storage didapat jarak perjalanan sebesar 6.572,85 m. Sehingga terjadi penurunan jarak total material handling dengan selisih sebanyak 1.356,78 m.
ANALISIS KUALITAS LAYANAN DISTRIBUSI DENGAN METODE PHYSICAL DISTRIBUTION SERVICE QUALITY (PDSQ) DI PT. X Francisca Ocsylia; Farida Pulansari; Didi Samanhudi
Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management Vol 14 No 1 (2019): TEKMAPRO
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.295 KB) | DOI: 10.33005/tekmapro.v14i1.26

Abstract

Di era persaingan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, perusahaan harus mampu menyusun strategi yang tepat agar dapat mempertahankan kepuasaan dan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan akan dapat dipertahankan dan terwujud apabila perusahaan memberikan kualitas layanan yang sesuai dengan persepsi dan harapan pelanggan. Loyalitas pelanggan juga mengekspresikan perilaku yang berkaitan dengan produk maupun jasa. PT X merupakan perusahaan distributor alat kesehatan di daerah Jawa Timur. Alat kesehatan yang dijual di perusahaan ini antara lain kursi roda, perban, kantong darah, masker, dan lain-lain. Kegiatan yang dilakukan PT. X mengambil produk-produk alat kesehatan dari beberapa perusahaan, menyimpan, serta mengantarkannya kepada konsumen. PT. X memiliki armada pengangkutan sendiri untuk mengantar pesanan ke tempat konsumen. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas pelayanan distribusi di PT. X dan memberikan usulan perbaikan terhadap pelayanan. Dari hasil analisa penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan di PT. X belum memuaskan karena 27,27% indikator empiris kualitas layanan distribusi bernilai negatif atau belum sesuai dengan ekspektasi konsumen. Usulan perbaikan kualitas layanan distribusi di PT. X, yaitu: menambah armada baru atau memaksimalkan muatan barang dalam satu amarda, menetapkan prioritas utama pengiriman produk ke pelanggan yang terdekat terlebih dahulu. Disamping itu perusahaan juga perlu membuat batas minimum stok dengan memperhitungkat lead time dan melakukan evaluasi dalam pengendalian persediaaan. Penambahan jumlah Customer Service dan melakukan pencatatan rutin setiap ada komplain dari konsumen serta melakukan evaluasi untuk melakukan perbaikan.
ANALISA KUALITAS JASA PENERBANGAN LION AIR DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) Enny Aryanny; Iriani Iriani
Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management Vol 14 No 1 (2019): TEKMAPRO
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.727 KB) | DOI: 10.33005/tekmapro.v14i1.27

Abstract

Lion Air sebagai salah satu perusahaan penerbangan di Indonesia dihadapkan dengan persaingan pasar yang kompetetif dan dinamis baik dengan pemain lama maupun perusahaan baru. Kondisi tersebut mengharuskan Lion Air untuk mampu terus meningkatkan kualitas jasa penerbangannya. Namun seringkali perusahaan dalam melakukannya hanya bersifat kualitatif intuitif, serta tidak dapat dijabarkan secara kuantitatif dan sistematis. Proses perbaikan kualitas jasa penerbangan perusahaan dilakukan berdasarkan atribut-atribut jasa pelayanan yang diberikan oleh perusahaan penerbangan kepada customer. Informasi mengenai atribut–atribut jasa tersebut diperoleh dari data preferensi dan persepsi customer terhadap atribut–atribut dari perusahaan penerbangan. Data tersebut diolah dengan metode Quality Function Deployment (QFD) dengan harapan dapat memberikan informasi, dan langkah antisipasi yang perlu dilakukan Lion Air mengenai kondisi persaingan yang ada. Kualitas pelayanan Lion Air saat ini masih kurang memuaskan jika dibandingkan dengan apa yang diharapkan oleh pengguna jasa/ penumpangnya. Hal ini terbukti dari nilai gap kepuasan dari atribut yang diteliti bernilai negatif. Kebijakan yang dapat dilakukan oleh Maskapai penerbangan Lion Air dalam meningkatkan layanan adalah Perawatan dan pemeliharaan pesawat secara rutin dan berkala, Pemberian reward dan punish pada karyawan, Pelatihan peningkatan keahlian, Penambahan armada baru, Kebersihan dan kerapian pesawat
ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI KERJA, KEPUASAN KERJA, PENGALAMAN KERJA, KESELAMATAN KERJA DAN KESEHATAN KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA ( STUDI KASUS DI PT. INDONESIA MULTI COLOUR PRINTING) Barry Ardiansyah; Sunardi Sunardi; Budi Santoso
Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management Vol 14 No 1 (2019): TEKMAPRO
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.786 KB) | DOI: 10.33005/tekmapro.v14i1.28

Abstract

Sistem produksi pada PT. Indonesia Multi Colour Printing menggunakan sistem JIT (just in time) tetapi dalam pelaksanaannya masih terjadi permasalahan dalam pengiriman barang. Permasalahan tersebut disebabkan produktivitas karyawan yang tidak stabil, hal ini di sebabkan rendahnya loyalitas dan dedikasi karyawan masih. Pemberian kompensasi yang kurang memadai. Selain itu, penggunaan peralatan kerja belum efisien. Dan penerapan sistem K3 yang belum maksimal selama proses produksi. Hal-hal semacam ini berpengaruh terhadap produktivitas karyawan sehingga akan mengakibatkan keterlambatan proses produksi serta produktivitas yang tidak stabil sehingga akan menimbulkan kerugian bagi perusahaan.Maka dari itu untuk menganalisa bagaimana hubungan variabel motivasi, kepuasan, pengalaman, keselamatan dan kesehatan terhadap variabel produktivitas karyawan secara parsial maupun simultan dan variabel apakah yang memiliki pengaruh paling kuat terhadap Produktivitas Karyawan dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode regresi linier berganda.
ANALISIS PENANGANAN BAHAN (MATERIAL HANDLING) PRODUK TEH DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA XII KEBUN TEH WONOSARI DENGAN MENGGUNAKAN MATERIAL HANDLING GENERAL ANALYSIS PROCEDURE Miftakhurrizal Kurniawan; Ratri Nanda Pramesti
Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management Vol 14 No 1 (2019): TEKMAPRO
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.864 KB) | DOI: 10.33005/tekmapro.v14i1.29

Abstract

Saat ini teh merupakan salah satu produk industri perkebunan yang banyak diminati masyarakat Indonesia sebagai minuman penyegar berkasiat. Salah satu perusahan yang memproduksi teh adalah PTPN XII Kebun Wonosari Malang dimana perusahaan ini menghasilkan dua macam produk yaitu teh hitam dan putih dengan produk utamanya yaitu teh hitam CTC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Material handling general analysis purpose. Metode tersebut merupakan pendekatan sistematis dan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan mengenai penanganan bahan. Berdasarkan hasil penelitian, material handling di PTPN XII Kebun Wonosari malang didapatkan 8 proses material handling, 7 alat material handling, dan biaya material handling sebesar Rp 158,46,- per meter.
EVALUASI MUTU PRODUK MIE INSTAN BERDASARKAN FAKTOR PENGENDALIAN MUTU M. Arif Kamal; Aulia Hurun Inn; M Jimly Imamuddin
Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management Vol 14 No 1 (2019): TEKMAPRO
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.745 KB) | DOI: 10.33005/tekmapro.v14i1.30

Abstract

Mie Instan merupakan produk makanan siap saji yang semakin lama semakin banyak penggemarnya karena produk mie instan memiliki kemudahan dan kecepatan dalam penyajian. Semakin banyak variasi produk mie instan dari berbagai merek yang ada dipasaran menjadikan konsumen akan lebih leluasa untuk memilih produk sesuai dengan keinginan dan kualitas yang diharapkan oleh konsumen. Dalam penelitian ini digunakan 4 kriteria yaitu tekstur, rasa, kemasan dan harga produk mie instan. Berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya, keempat kriteria tersebut merupakan kriteria yang dinilai sesuai dan mewakili seluruh aspek untuk mengidentifikasi faktor pengendalian mutu produk mie instant. Selain itu, empat kriteria tersebut sering digunakan di dalam mengidentifikasi perilaku pembelian konsumen terhadap produk mie instant. Faktor yang digunakan pada penelitian ini adalah pengendalian mutu proses, pengendalian mutu bahan baku dan pengendalian mutu produk akhir. Struktur permasalahan yang kompleks dan berjenjang pada evaluasi mutu mie instant ini, menjadi salah satu pertimbangan digunakan metode perbandingkan berpasangan AHP. Berdasarkan hasil dari metode AHP dapat dilihat bahwa kriteria tekstur merupakan kriteria yang paling berpengaruh pada mutu mie instan dengan nilai sebesar 0.393, kriteria rasa sebesar 0.311, kriteria harga sebesar 0.220 dan kemasan sebesar 0.076. Kemudian faktor pengendalian mutu proses mempengaruhi kriteria tekstur dan rasa sebesar 0.465. Faktor pengendalian mutu bahan baku mempengaruhi kriteria rasa dan kemasan sebesar 0.328. Faktor pengendalian mutu produk akhir mempengaruhi kriteria kemasan dan harga sebesar 0.207.
PENENTUAN TINGKAT KEPENTINGAN FAKTOR PENDUKUNG PADA PENERAPAN KONSEP LEAN MANUFACTURING Wiwin Widiasih; Niza Nurmalasari
Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management Vol 14 No 1 (2019): TEKMAPRO
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.151 KB) | DOI: 10.33005/tekmapro.v14i1.31

Abstract

Konsep lean manufacturing telah banyak diimplementasikan baik perusahaan manufaktur dan jasa. Konsep ini diterapkan karena sangat efektif untuk perbaikan secara terus-menerus terkait produktivitas, kualitas produk, dan ketepatan pengiriman produk ke customer. Meskipun telah banyak perusahaan yang telah mulai untuk menerapkan konsep ini dalam proses produksinya, hanya kurang dari sama dengan 10% saja yang berhasil menerapkan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi terhadap faktor-faktor apa saja yang mendukung penerapan konsep lean manufacturing di perusahaan aerospace. Faktor tersebut terlebih dahulu akan diklasifikasikan kedalam dua jenis klasifikasi yaitu Sumber Daya Manusia dan organisasi. Sepuluh faktor telah berhasil diidentifikasi melalui proses Focus Group Discussion dan interview expertise. Kemudian telah dilakukan penentuan tingkat kepentingan faktor-faktor tersebut dengan menggunakan metode AHP. Metode AHP telah banyak digunakan di perusahaan manufaktur dalam menunjang pemilihan keputusan. Hasil penelitian adalah faktor dengan tingkat kepentingan pertama yaitu komitmen, partisipasi, dan dukungan manajemen senior. Beberapa rekomendasi strategi dalam penerapan konsep lean manufacturing di perusahaan manufaktur juga telah dirumuskan dalam penelitian ini.
KECENDERUNGAN CALON MAHASISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS FAKTOR Nurul Aziza; Eko Wahyudi
Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management Vol 14 No 1 (2019): TEKMAPRO
Publisher : UPN Veteran Jawa Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.124 KB) | DOI: 10.33005/tekmapro.v14i1.32

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat calon mahasiswa memilih perguruan tinggi sebagai tempat belajar. Sebagai institusi pendidikan tinggi, Sekolah Tinggi YPM (ST YPM) yang sekarang berganti menjadi Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) mampu bersaing dengan institusi pendidikan tinggi lain yang ada di Sidoarjo dan sekitarnya. Ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah siswa di setiap tahun sebagai salah satu indikatornya. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data yang diperoleh dengan observasi langsung, wawancara dan kuesioner kepada mahasiswa. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengolahan dan analisis data, penelitian ini menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat calon siswa memilih ST YPM terdiri dari lima faktor, yaitu faktor kepercayaan masyarakat terhadap YPM dengan nilai eigen sebesar 8,774; faktor biaya pendidikan 2438; faktor 1.798 fasilitas dan layanan, promosi faktor internal senilai 1.509 dan faktor aksesibilitas 1.133 merupakan faktor dengan eigen value terkecil.

Page 1 of 1 | Total Record : 10