cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Rekayasa & Manajemen Sistem Industri (JRMSI) adalah wadah bagi lulusan S-1 Teknik Industri, UB dan perguruan tinggi lainnya untuk mempublikasikan karya ilmiahnya.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2014)" : 20 Documents clear
REKAYASA SISTEM TRANSAKSI FITUR GAME ONLINE DENGAN PEMBAYARAN PULSA BERBASIS CMS OPENCART Rakhmawan, Muhammad Agus Tri; Santoso, Purnomo Budi; Choiri, Mochamad
Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.751 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini menerapkan perancangan sebuah sistem informasi untuk sistem transaksi fitur game online dengan pembayaran pulsa yang mengadaptasi sistem website e-commerce surya4games. Surya4games memiliki permasalahan penarikan tunai dari saldo pulsa. Selama ini, untuk melakukan penarikan tunai menggunakan cara tidak efektif yaitu menjual kembali pulsa tersebut kepada orang-orang yang membutuhkan. Dari cara itu memiliki banyak kekurangan, yaitu tidak pastinya pembeli dan total pulsa yang dibeli, serta waktu yang dibutuhkan tidak pasti. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah SDLC, mulai dari analisis, desain, dan implementasi. Pada penelitian ini, sistem penarikan tunai dari saldo pulsa menggunakan pendekatan sistem yang dimiliki TCash, sedangkan tools pembuatan website e-commerce yang digunakan adalah Content Management System (CMS) OpenCart. TCash merupakan suatu layanan yang memungkinkan pelanggan melakukan transaksi menggunakan ponsel. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perancangan sebuah prototype website e-commerce yang dinamakan AgustKyusu yang terdiri dari dua user,yaitu administrator dan customer.   Kata kunci: Sistem Transaksi, Game Online, Pulsa, CMS OpenCart, Website E-commerce.
ANALISIS RISIKO OPERASIONAL PADA DIVISI BENGKEL PT. XYZ BRANCH OFFICE MALANG Saifuddin, Muhammad Hendy; Sugiono, Sugiono; Yuniarti, Rahmi
Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.542 KB)

Abstract

Abstrak Divisi Bengkel PT. XYZ mengalami potensi risiko operasional karena terdapat kondisi ketidakpatuhan terhadap SOP perihal sistem inspeksi dan evaluasi setiap proses bisnis. Audit internal hanya pernah dilakukan pada 19 Oktober 2011. Salah satu masalah yang dialami adalah unit return karena kelalaian operasional. Identifikasi risiko operasional dilakukan dengan metode Risk Breakdown Structure (RBS) dilanjutkan analisis risiko dengan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Risiko kritis dianalisis dengan metode Fault Tree Analysis (FTA). Tahap terakhir adalah risk response planning. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 14 indikator risiko operasional yang 5 diantaranya merupakan risiko kritis. Basic event dari indikator pengelolaan kinerja bengkel adalah tidak ada inspeksi lapangan, tidak ada evaluasi prosedur terhadap SOP, tidak menangani customer complain handling, tidak memantau unit return, hanya fokus pada target finansial, tidak ada evaluasi hasil self assessment 2011, tidak melakukan evaluasi bulanan, dan tidak ada pencatatan failure. Basic event indikator customer relation adalah waktu aktual tidak sesuai PKB, pembuatan form equipment master tanpa konfirmasi, sosialisasi booking service tidak optimal, dan tidak ada laporan follow up. Basic event indikator pengecekan mobil adalah tidak rutin melakukan tes jalan, tidak ada tindakan cross check, PKB tidak detail, dan kesalahan diagnosis. Basic event indikator pengelolaan mekanik adalah tidak teliti dalam melakukan final check, tidak melakukan final check, tidak mencatat unit return, set waktu lebih lama dari estimasi SA, membiarkan mekanik tidur pada jam kerja, tidak melakukan self assessment mekanik, tidak mencatat failures mekanik, job control board digunakan sebagai manual scheduling board, penugasan mekanik hanya berdasarkan yang menganggur, dan penjadwalan tidak melalui database. Basic event indikator servis antara lain tidak menggunakan APD, tidur di jam kerja, waktu pekerjaan melebihi set waktu, kesalahan pengerjaan, tidak melakukan pengecekan diluar PKB, peralatan kotor, dan tempat kerja kotor. Kepala Bengkel diharapkan dapat membagi tugas Kepala Regu menjadi Kepala Area Servis, Kepala Penjadwalan, dan Workshop Supervisor sebagai pengawas kepatuhan. Kata kunci: Risk Breakdwon Structure (RBS), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Fault Tree Analysis (FTA), Risk Response Planning
ANALISIS PENGARUH BUDAYA KUALITAS PERUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM) (Studi Kasus Di PT Boma Bisma Indra (Persero)) Febrianti, Anindya; Tama, Ishardita Pambudi; Oktavianty, Oke
Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.728 KB)

Abstract

Abstrak Permasalahan pada PT Boma Bisma Indra adalah pembengkakan biaya reenginering dan precommand untuk cacat produk, yang mengakibatkan PT Boma Bisma Indra (PERSERO) membutuhkan pendanaan lebih untuk meningkatkan kemampuan produksinya. Sedangkan sekitar 60% komponen produksi masih impor, yang mengakibatkan ROI PT Boma Bisma Indra jauh diangka normal. Permasalahan pada tidak maksimalnya implementasi Total Quality Management ini terindikasi pada budaya kualitas organisasi yang tertanam pada perusahaan. Untuk menganalisis hubungan kedua variabel tersebut, yaitu quality culture dengan impelentasi TQM, digunakan sebuah metode statistik yaitu Structural Equation Modelling (SEM). Dengan menggunakan SEM dalam menganalisis data kuesioner sebagai indikator variabel yang ada, dapat diketahui pengaruh dari masing-masing variabel tersebut. Dari hasil tersebut dapat dilakukan analisis lebih lanjut mengenai kondisi yang ada beserta analisis langkah strategi atau rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan oleh PT Boma Bisma Indra agar dapat memaksimalkan penerapan impementasi total quality managentnya.   Kata kunci: Total Quality Management, Quality culture, Structural Equation Modelling
PENERAPAN ANALISIS BIODINAMIK PADA PERANCANGAN ULANG KURSI PENGEMUDI TAKSI UNTUK MENGURANGI RESIKO OVERUSE DISORDER (OD) DALAM BERKENDARA (Studi Kasus : PT. Citra Prima Kendedes) Prabowo, Suryo Hadi Wira; Sugiono, Sugiono; Hardiningtyas, Dewi
Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.502 KB)

Abstract

Abstrak PT. Citra Perdana Kendedes merupakan perusahaan penyedia jasa taksi terbesar di kota malang. Namun waktu kerja 17 jam dan sekali perjalanan terjauh menghabiskan waktu 5 jam, hal tersebut meningkatkan resiko terjadinya Overuse Disorder (OD) yang dapat berakibat buruk karena tidak lancarnya peredaran darah. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang bangun ulang kursi pengendara yang menjadi stasiun kerja pengemudi taksi berdasarkan analisa biodinamik. Dengan analisis biodinamik, dapat diketahui gaya normal yang terjadi pada dudukan sebesar 12,61 N/cm dan sandaran sebesar 1,58 N/cm. Diterapkannya konsep pada desain alternatif C akan dapat mengurangi besar gaya normal pada dudukan menjadi sebesar 2,93  N/cm dan pada sandaran menjadi sebesar 0,23 N/cm, serta menyebarkan gaya normal yang sebelumnya jatuh ke dudukan menjadi pada siku sebesar 0,27 N/cm. Hal tersebut berdampak pula pada berkurangnya tekanan pada bidang-bidang sentuh yang akan menghambat peredaran darah pada tubuh sebagai resiko terjadinya OD. Kata kunci : Taksi, Pengemudi, Kursi Pengemudi, Desain, Biodinamik
PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS DENGAN PENDEKATAN CELLULAR MANUFACTURING SYSTEM (STUDI KASUS DI PT. MALANG INDAH) Soraya, Yofa Hepi; Tama, Ishardita Pambudi; Mada Tantrika, Ceria Farela
Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.659 KB)

Abstract

Abstrak PT. Malang Indah merupakan perusahaan yang bergerak di industri pembuatan material bangunan seperti Genteng, Batako, dan Paving. PT. Malang Indah memiliki mesin-mesin khusus dalam proses produksi material-material tersebut. Tipe produksi pada perusahaan ini adalah Make to Order (MTO) dan Make to Stock (MTS). Tetapi PT. Malang Indah lebih menekankan pada tipe Make to Stock (MTS), hal ini bertujuan agar PT. Malang Indah tidak kehilangan pelanggan yang dikarenakan tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggan setiap saat.Dalam pengamatan yang dilakukan di bagian produksi PT. Malang Indah, terdapat fasilitas berupa mesin-mesin produksi yang belum dikelompokkan berdasarkan tipe proses produksi dan jenis produk yang dihasilkan. Tata letak fasilitas seperti ini tentunya akan menghambat kelancaran proses produksi dan mengakibatkan besarnya jarak dan waktu pemindahan bahan atau material handling. Waktu pemindahan bahan untuk proses produksi seluruh produk pada saat ini juga cukup signifikan. Pada penelitian ini, mesin-mesin produksi dikelompokkan berdasarkan proses produksi dan produknya kedalam sel manufaktur atau disebut juga “manufacturing cell” dengan menggunakan Algoritma Genetik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengelompokan mesin dengan pendekatan Cellular Manufacturing System berdasarkan Algoritma Genetik, dan menghasilkan 3 buah sel manufaktur. Dari pengelompokan tersebut dihasilkan 3 buah layout alternatif, dan dipilih layout 3 karena secara keseluruhan memiliki total jarak terpendek.   Kata kunci: Algoritma Genetik, Cellular Manufacturing System.
REKAYASA APLIKASI MOBILE BUSINESS UNTUK MEMBANTU PEMERIKSAAN JUMLAH STOK BARANG OLEH SUPPLIER (Studi Kasus di Swalayan KPRI UB) Al Firdausi, Muhammad Dzulqarnain; Santoso, Purnomo Budi; Setyanto, Nasir Widha
Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.411 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini berupaya untuk membantu mempermudah aktivitas pemeriksaan jumlah barang yang dilakukan oleh supplier di Swalayan Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Brawijaya (KPRI UB). Berdasarkan tinjauan PIECES terhadap sistem informasi Swalayan KPRI UB saat ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas pemeriksaan masih dilakukan secara manual dan kurang efisien. Dari hal tersebut, dirancanglah sebuah aplikasi Mobile Business (M-Business) yang dapat digunakan oleh supplier untuk mengetahui jumlah barang yang dipasoknya dari lokasi manapun. Tahapan yang digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah model proses pengembangan prototipe (software prototyping) yang dikemukakan oleh Sommerville (2006). Hasil penelitian ini adalah 3 prototipe aplikasi yaitu aplikasi web, Java Mobile, dan SMS Gateway. Aplikasi web dapat digunakan untuk meng-upload data jumlah barang ke internet, aplikasi Java Mobile dapat digunakan oleh supplier untuk mengambil data jumlah barang dari internet, sedangkan aplikasi SMS Gateway memiliki fungsi mengirimkan data jumlah barang yang sudah mencapai atau kurang dari titik minimal ke supplier yang bersangkutan. Dari hasil pengujian terhadap prototipe ini, dapat diketahui bahwa ada antusiasme dari supplier dalam memanfaatkan aplikasi Java Mobile. Untuk SMS peringatan terbanyak terkirim ke supplier dengan nama Panahmas E.D. (Unilever) PT. Kata kunci: Swalayan, Supplier, M-Business, Java Mobile, SMS Gateway
PENDEKATAN LEAN HEALTHCARE UNTUK MEMINIMASI WASTE DI RUMAH SAKIT ISLAM UNISMA MALANG Adellia, Yolla; Setyanto, Nasir Widha; Mada Tantrika, Ceria Farela
Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.094 KB)

Abstract

Abstrak Lean adalah suatu upaya terus-menerus untuk menghilangkan pemborosan (waste) dan meningkatkan nilai tambah (value added) produk, baik barang maupun jasa, kepada pelanggan. Lean yang diterapkan dalam industri kesehatan disebut juga lean healthcare. Salah satu Rumah Sakit swasta yang ada di daerah Malang yakni Rumah Sakit Islam Unisma. Penelitian ini akan difokuskan pada waste yang ditemukan di Unit Rawat Jalan dan Rawat Inap, yang mana kondisi saat ini masih terdapat aktivitas yang tergolong waste. Pada penelitian ini Big Picture Mapping digunakan untuk mengidentifikasi proses yang ada di dalam instalasi rawat jalan dan rawat inap. Identifikasi aktivitas sepanjang big picture mapping bertujuan untuk mengetahui dan menghitung presentase aktivitas-aktivitas yang termasuk kategori aktivitas yang memberikan nilai tambah, aktivitas yang penting namun tidak memberikan nilai tambah, dan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah. Fishbone Diagram digunakan untuk menganalisis sebab dan akibat suatu permasalahan sehingga ditemukan akar permasalahan dari waste kritis yang terjadi. FMEA digunakan  untuk mengidentifikasi dan memberikan prioritas kegagalan. Hasil dari  FMEA menunjukkan penyebab kritis dari waste motion adalah kondisi tata letak dokumen dalam rak pada ruang penyimpanan status rekam medis belum ergonomis, penyebab kritis dari waste transportation adalah petunjuk ruang kurang jelas, penyebab kritis dari waste waiting adalah penulisan keterangan obat di rak kurang jelas dan sudah jelek, penataan kertas resep obat tidak rapi, hanya ada satu loket resep obat, sedangkan penyebab kritis dari waste defect adalah tulisan petunjuk ruang berwarna sama dengan warna pintu dan petunjuk ruang terlalu kecil. Alternatif solusi yang diusulkan yakni peletakan dokumen pada rak ruang penyimpanan status rekam medis pada tempat yang jauh lebih ergonomis, , pembuatan alat kontrol visual, pengkondisian meja pegawai,  denah rumah sakit yang dilengkapi dengan detail foto, diagram alir pelayanan, perbaikan papan nama, pembedaan loket resep racikan dan non racikan, pemberian  nomer antrian, dan pelabelan pada rak obat. Kata Kunci : Big Picture Mapping, Fishbone, FMEA dan Lean Healthcare.
ANALISIS MINIMALISASI DEFECT WASTE DENGAN VALUE STREAM MAPPING (Studi Kasus di PT.X, Supplier PT.Philips Indonesia SIER) Fariz, Muhammad; Choiri, Mochamad; Eunike, Agustina
Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.03 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini berupaya untukmengeliminasi waste yang terjadi pada PT. X (supplier PT. Philips Indonesia SIER). Berdasarkanhasil interview dengan pihak PT. Philips Indonesia SIER diperoleh fakta bahwa selama ini PT. X masih mengalami masalah berupa keterlambatan pengiriman LIW ke PT. Philips Indonesia SIER. Setelah dilakukan pembicaraan dengan salah satu pihak dari PT. X, diperoleh informasi bahwa perusahaan ini belum memiliki gambaran aliran produksi, sehingga membuat perusahaan belum mengetahui jenis-jenis kegiatan yang tergolong defects waste didalam kegiatan produksi PT. X. Olehkarena itu, peneliti merasa perlu untuk menerapkan konsep lean manufacturing dengan metode value stream mapping di PT. X agar waste yang ada di PT. X dapat segera diminimalisasi.Pada penelitian ini, dilakukan pengambilan data primer, yang berupa data cycle time, waktu kegiatan non-produktif, dan stasiun produksi di PT. X, serta data sekunder, yang meliputi data change over time, persentase defect, uptime dan jumlah mesin. Selanjutnya data-data tersebut digambarkan dalam sebuah aliran produksi yang menggambarkan kondisi area produksi perusahaan dengan menggunakan value stream mapping, yang disebut dengan current state map, selanjutnya dilakukan analisa terhadap kegiatan yang bersifat value added dan non-value added, untuk kemudian dilakukan proses minimalisasi defect waste dengan memberikan rekomendasi perbaikan yang sesuai dengan masalah utama yang dimiliki perusahaan, dan pada penelitian ini adalah minimalisasi lead time. Hasil dari penelitian ini adalah berupa penyusunan tindakan perbaikan dengan menggunakan continous improvement tools jidoka dan kanban, sehinggadiharapkan defect produk pada stasiun welding process perusahaan akan turun. Dengan kondisi penurunan defect, maka lead time yang diperlukan untuk memproduksi 1.000.000 pieces LIW normal typeadalah5,852 hari (dalam kondisi tidak maintenance) dan 6,066 hari (dalam kondisi maintenance)Dengan kondisi tersebut, makaPT. X dapat memenuhi lead time yang telah ditetapkan oleh PT. Philips Indonesia SIER (5,852 hari < 7 hari). Kata Kunci: Lean Manufacturing, Value Stream Mapping, Waktu Value Added, Waktu Non-Value Added, Continous Improvement Tools
PENDEKATAN LEAN SIX SIGMA GUNA MENGURANGI WASTE PADA PROSES PRODUKSI GENTENG DAN PAVING (STUDI KASUS DI PT. MALANG INDAH) Pertiwi, Jiwarani Ambar; Setyanto, Nasir Widha; Mada Tantrika, Ceria Farela
Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.477 KB)

Abstract

Abstrak PT. Malang Indah merupakan salah satu perusahaan di kota Malang yang memproduksi bahan bangunan, misalnya genteng dan paving. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi waste apa saja yang terjadi dan upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi waste tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan konsep Lean Six Sigma untuk mengidentifikasi dan meminimasi waste. Dengan pendekatan Lean Six Sigma, diharapkan waste yang terjadi di PT.Malang Indah dapat berkurang tiap bulannya. Tahapan penelitian yang dilakukan mengikuti siklus DMAIC. Tool FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) digunakan untuk menganalisa dan dicari kemungkinan kegagalan (failure) yang akan terjadi atau yang sudah terjadi. Berdasarkan failure yang ditemukan, usulan perbaikan disusun untuk mencegah kesalahan mengatasi kesalahan yang terjadi terutama akibat human error. Usulan perbaikan disusun menggunakan tool poka yoke, dimana tool ini dapat mengantisipasi kegagalan yang mungkin terjadi dan meningkatkan ketelitian karyawan dalam bekerja. Hasil penelitian ini menunjukan adanya 6 jenis waste yang terjadi pada proses produksi genteng royal yaitu Environmental, Health, and Safety (EHS), Defect, Overproduction, Waiting, Transportation, dan Excess Processing serta 5 jenis waste yang terjadi pada proses produksi paving kotak yaitu Environmental, Health, and Safety (EHS), Defect, Overproduction, Waiting, dan Excess Processing. Usulan perbaikan yang diajukan berupa pembuatan penahan dari kayu, penempelan peringatan berbentuk poster di dinding area proses pencetakan, prosedur penumpukan dan pengangkutan produk, alat perata cetakan berbentuk (T) terbuat dari kayu, dan SOP proses pencampuran paving kotak. Kata Kunci: DMAIC, E-DOWNTIME Waste, FMEA, Lean Six Sigma, Poka Yoke.
RANCANG BANGUN ON-LINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE (OPAC) PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUANG BACA TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS BRAWIJAYA Lasasi, Mullian; Santoso, Purnomo Budi; Tama, Ishardita Pambudi
Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.067 KB)

Abstract

Abstrak Ruang Baca Teknik Industri Universitas Brawijaya (RBTIUB) berfungsi sebagai media pembelajaran Jurusan Teknik Industri. Pengunjung biasanya datang mencari bahan pustaka tanpa mengetahui secara lengkap informasi bibliografis buku. Sementara, pelayanan yang tersedia saat ini hanya berupa panduan manual. Hal tersebut berakibat pada rendahnya kepuasan pengunjung RBTIUB. Beranjak dari UU RI No. 43 tentang pengelolaan dan pengembangan perpustakaan, penelitian ini merancang penelusuran bahan pustaka berbasis subject indexing yang sering disebut dengan On-line Public Access Catalogue (OPAC). OPAC ini dibangun sebagai website dengan memanfaatkan WordPress. Dalam analisis dan perancangan sistem ini terdapat lima tahap utama, yaitu planning, analisis, desain sistem, implementasi dan testing. Dari hasil analisis dan perancangan sistem, telah berhasil dikembangkan website OPAC RBTIUB, yang dapat diakses melalui alamat rbti.ft.ub.ac.id, dan berfungsi untuk melakukan penelusuran bahan pustaka koleksi RBTIUB. Dari uji keseluruhan uji yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan website OPAC RBTIUB ini sudah dapat memenuhi kebutuhan pengguna, berfungsi dengan cukup baik dan memuaskan, sehingga lebih memudahkan user dalam mengakses informasi RBTIUB. Kata Kunci : Perpustakaan, OPAC, analisis dan perancangan sistem, WordPress, sistem informasi berbasis web.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 8 (2023): Vol. 11 No. 7 (2023): Vol. 11 No. 6 (2023): Vol. 11 No. 5 (2023): Vol. 11 No. 4 (2023): Vol. 11 No. 3 (2023): Vol. 11 No. 2 (2023): Vol. 11 No. 1 (2023): Vol. 10 No. 9 (2022) Vol. 10 No. 8 (2022): Vol 10, No 7 (2022) Vol. 10 No. 7 (2022) Vol 10, No 6 (2022) Vol 10, No 5 (2022) Vol 10, No 4 (2022) Vol 10, No 3 (2022) Vol 10, No 2 (2022) Vol 10, No 1 (2022) Vol 9, No 8 (2021) Vol 9, No 7 (2021) Vol 9, No 6 (2021) Vol 9, No 5 (2021) Vol 9, No 4 (2021) Vol 9, No 3 (2021) Vol 9, No 2 (2021) Vol 9, No 1 (2021) Vol 8, No 6 (2020) Vol 8, No 5 (2020) Vol 8, No 4 (2020) Vol 8, No 3 (2020) Vol 8, No 2 (2020) Vol 8, No 1 (2020) Vol 7, No 10 (2019) Vol 7, No 9 (2019) Vol 7, No 8 (2019) Vol 7, No 7 (2019) Vol 7, No 6 (2019) Vol 7, No 5 (2019) Vol 7, No 4 (2019) Vol 7, No 3 (2019) Vol 7, No 2 (2019) Vol 7, No 1 (2019) Vol 6, No 12 (2018) Vol 6, No 11 (2018) Vol 6, No 10 (2018) Vol 6, No 9 (2018) Vol 6, No 8 (2018) Vol 6, No 7 (2018) Vol 6, No 6 (2018) Vol 6, No 5 (2018) Vol 6, No 4 (2018) Vol 6, No 3 (2018) Vol 6, No 2 (2018) Vol 6, No 1 (2018) Vol 5, No 14 (2017) Vol 5, No 13 (2017) Vol 5, No 12 (2017) Vol 5, No 11 (2017) Vol 5, No 10 (2017) Vol 5, No 9 (2017) Vol 5, No 8 (2017) Vol 5, No 7 (2017) Vol 5, No 6 (2017) Vol 5, No 5 (2017) Vol 5, No 4 (2017) Vol 5, No 3 (2017) Vol 5, No 2 (2017) Vol 5, No 1 (2017) Vol 4, No 10 (2016) Vol 4, No 9 (2016) Vol 4, No 8 (2016) Vol 4, No 7 (2016) Vol 4, No 6 (2016) Vol 4, No 5 (2016) Vol 4, No 4 (2016) Vol 4, No 3 (2016) Vol 4, No 2 (2016) Vol 4, No 1 (2016) Vol 3, No 11 (2015) Vol 3, No 10 (2015) Vol 3, No 9 (2015) Vol 3, No 8 (2015) Vol 3, No 7 (2015) Vol 3, No 6 (2015) Vol 3, No 5 (2015) Vol 3, No 4 (2015) Vol 3, No 3 (2015) Vol 3, No 2 (2015) Vol 3, No 1 (2015) Vol 2, No 6 (2014) Vol 2, No 5 (2014) Vol 2, No 4 (2014) Vol 2, No 3 (2014) Vol 2, No 2 (2014) Vol 2, No 1 (2014) Vol 1, No 3 (2013) Vol 1, No 2 (2013) Vol 1, No 1 (2013) More Issue