cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Teknik dan Ilmu Komputer
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " VOL. 7 NO. 26 APRIL-JUNI 2018" : 10 Documents clear
PENGOLAHAN AIR LIMBAH DOMESTIK DENGAN MENGGUNAKAN TANAH GAMBUT DAN TANAMAN AIR Nainggolan, Rizki; Pratama, Ardeneline Larayana; Lopang, Ita; Kusumawati, Elly
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 26 APRIL-JUNI 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pencemaran sungai didominasi oleh air limbah rumah tangga. Secara fisik, limbah cair domestik memiliki karakteristik berbusa, keruh, berbau, dan berminyak. Sungai yang tercemar menurunkan kapasitas pengangkutan dan pemuatannya, yang membawa dampak negatif bagi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar ekosistem. Penelitian ini membahas cara pengolahan limbah cair domestik, khususnya limbah cair grey water yang berasal dari kegiatan mencuci baju, mencuci piring, dan mandi. Penelitian ini menggunakan tanah gambut dan tanaman air sebagai bahan untuk mengolah air limbah domestik. Dengan menggunakan empat perlakuan, hasil pengujian yang dilakukan di laboratorium dibandingkan dengan baku mutu Permen LH No. 68 Tahun 2016. Perlakuan pertama dengan air limbah domestik, perlakuan kedua dengan menggunakan tanah gambut, perlakuan ketiga dengan tanaman air, perlakuan keempat dengan tanah gambut dan tanaman air. Hasil yang diperoleh pada perlakuan satu dan kedua belum memenuhi standar baku mutu, sedangkan perlakuan ketiga dan keempat memenuhi standar baku mutu. Pada pengolahan tanah gambut dapat menurunkan polutan COD dan BOD, sedangkan tanaman air dapat menurunkan polutan amoniak dan phospat.Kata kunci: air limbah rumah tangga, pengolahan air limbah, biotreatment, tanah gambut, tanaman air
SIMULASI FENOMENA FISIS PADA RANGKAIAN KOMBINASI MENGGUNAKAN MULTISIM Saputra, Fajar; Ichsan, Christian Aditya; Silalahi, Marzuki
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 26 APRIL-JUNI 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini, disimulasikan fenomena fisis yang terdapat di dalam suatu rangkaian kombinasi atau rangkaian integrasi yang sering disebut dengan Integrated Circuit (IC) dengan menggunakan aplikasi Multisim. Tujuan dari simulasi ini adalah untuk mengetahui bagaimana fenomena fisis yang terjadi di dalam IC. IC terbuat dari banyak gerbang-gerbang logika yang saling terhubung satu sama lain. Untuk itu, diperlukan penyederhanaan dalam membuat rangkaian agar gerbang-gerbang logika dapat dibuat sesedikit mungkin namun tetap mengeluarkan output yang sama. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan Karnaugh Map. Jika diperoleh bentuk paling sederhana dari rangkaian, tentunya dalam pembuatan IC diperlukan gerbang logika lebih sedikit dan dalam penerapannya, biaya yang dibutuhkan lebih sedikit.Kata Kunci: rangkaian kombinasi, gerbang logika, karnaugh map
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BERBAGI LOKASI BERBASIS ANDROID DENGAN IMPLEMENTASI ALGORITMA SCRYPT PADA PROSES AUTENTIFIKASI Faidurrahman, Faiz; Gumilar, Gun Gun
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 26 APRIL-JUNI 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi berbagi lokasi dengan mengimplementasikan algoritma scrypt pada proses otentifikasi. Sistem informasi ini dikembangkan menggunakan model pengembangan prototype dengan pendekatan hybrid pada sistem operasi android. Dengan memanfaatkan Google Maps API untuk memberikan petunjuk arah lokasi yang telah dibagikan dalam sebuah group, sistem informasi ini diharapkan dapat membantu pengguna untuk berbagi informasi lokasi kepada pengguna lainnya dalam sebuah group. Penerapan algoritma scrypt untuk mengenkripsi password pada proses otentifikasi diharapkan dapat meningkatkan keamanan data dari penggunaan sistem informasi oleh orang yang tidak berhak.Kata Kunci: Berbagi Lokasi, Algoritma Scrypt, Enkripsi Data, Hybrid Android, Prototype Model
PENGARUH JENIS BAHAN PAKAIAN TERHADAP RESPON FISIOLOGI DAN PSIKOLOGI MANUSIA PADA SAAT BEROLAHRAGA DI LINGKUNGAN PANAS Faradilla, Arnes; Yul, Faradila Ananda; Putrianto, Novenda K
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 26 APRIL-JUNI 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyebaran panas (thermal) dan kelembaban/uap air melalui pakaian melibatkan proses penguapan, kondensasi, penyerapan, dan desorpsi. Pakaian bertindak sebagai penghalang yang menghambat penguapan sehingga pakaian yang memiliki kemampuan penguapan yang baik akan menguntungkan pada saat melakukan berolahraga. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui respon fisiologi dan psikologi manusia pada saat berolahraga di lingkungan panas. Penelitian dilakukan pada empat orang laki-laki dengan memakai dua jenis pakaian dengan bahan berbeda, yakni katun dan poliester pada kondisi temperatur di lingkungan 30°C. Mereka berolahraga menggunakan treadmill dengan kecepatan 7 km/jam untuk setiap jenis pakaian selama 30 menit, dimana setiap 10 menit melakukan treadmill kemudian istirahat selama 5 menit. Setelah itu, dilakukan proses recovery selama 30 menit sebanyak dua kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan absorbsi keringat pada saat exercise pada bahan pakaian katun lebih tinggi dibandingkan bahan poliester, sedangkan kemampuan evaporasi keringat ketika proses recovery. Bahan pakaian poliester lebih baik dibandingkan katun, sehingga pada saat berolahraga, bahan poliester cenderung lebih kering dibandingkan bahan pakaian katun. Untuk respon psikologi, pada saat responden berolahraga menggunakan bahan pakaian katun, mereka merasakan badan lebih panas, basah, dan sangat berkeringat.Kata kunci: respon fisiologi, respon psikologi, katun, poliester, treadmill
PENGARUH PENGGUNAAN BUBUK GYPSUM SEBAGAI FILLER DALAM CAMPURAN ASPAL Auditia, Bethalia Adventi; Rendih, Rendih; Elnov, Debora; H.H, Mulatua; Rachmansyah, Rachmansyah
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 26 APRIL-JUNI 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertumbuhan ekonomi mengakibatkan peningkatkan mobilitas penduduk di jalan raya. Jalan raya merupakan salah satu prasarana transportasi pokok dalam kegiatan masyarakat serta salah satu elemen penting dalam pembangunan negara. Salah satu layanan dasar transportasi ialah kemampuan untuk mencapai umur desain dari suatu jalan. Desain campuran beraspal sangat penting dalam memastikan campuran beraspal yang efektif dan mampu untuk mengatasi kemungkinan efek kerusakan. Dalam penelitian ini, untuk meningkatkan kekuatan aspal terkait stabilitas digunakan gypsum. Penelitian ini menggunakan metode Marshall berdasarkan SNI 2006-2489-1991 untuk pengujian campuran beraspal. Hasil pengujian campuran aspal pada variasi kadar gypsum 5%, 6%, 7%, 8%, dan 9%, menunjukan bahwa penambahan gypsum sebagai pengganti bin 4 pada campuran beraspal dapat meningkatkan kualitas campuran beraspal pada kadar optimum, yaitu pada kadar gypsum 6% dengan nilai density sebesar 2,12 gr/cm3, VIM sebesar 7,70 %, VMA sebesar 18,10%, VFA sebesar 57,48%, stability sebesar 1113,40 kg, flow sebesar 4,8 mm dan QM sebesar 231,96 (kg/mm)..Kata Kunci: campuran beraspal, stabilitas, kualitas, gypsum
SISTEM REKOMENDASI LOWONGAN KERJA DENGAN GLASSDOOR API DAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING Oktavianus, Alvin; Hansun, Seng
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 26 APRIL-JUNI 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem rekomendasi adalah aplikasi yang memberikan saran alternatif kepada pengguna. Salah satu hal yang bisa dijadikan objek dalam sistem rekomendasi adalah lowongan kerja. Dalam memilih pekerjaan, ada banyak faktor untuk menentukan kesesuaian lowongan pekerjaan yang relevan dengan kriteria pengguna. Berdasarkan penjelasan di atas, aplikasi Job Carrier berbasis web dibangun untuk memberikan rekomendasi lowongan pekerjaan menggunakan algoritma SAW yang akan melakukan multiplikasi kriteria bobot dan data. Desain dan pengembangan aplikasi Job Carrier berbasis web ini menggunakan framework CodeIgniter, database MySQL, dan PHP, HTML, CSS, dan bahasa pemrograman Javascript. Pengujian terhadap pengguna telah dilakukan pada aplikasi Job Carrier dan diperoleh persentase keberhasilan sebesar 82,875%. Hasil kuesioner ini telah diperiksa dengan menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh nilai 0,7368 diperoleh. Hal ini menunjukkan bahwa hasilnya bisa dipercaya.Kata kunci: Kriteria, Job Vacancy, Sistem Rekomendasi, SAW, Bobot
PENGARUH PECAHAN TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR DALAM CAMPURAN BETON Jacky, Jacky; Elnov, Debora; Rama, Anggi Debrinda; Fernando, Rizky; Rachmansyah, Rachmansyah
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 26 APRIL-JUNI 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beton merupakan campuran antara semen, agregat halus, agregat kasar, dan air. Beton normal memiliki berat isi sebesar 2.200-2.500 kg/cm3. Inovasi terus dilakukan untuk dapat menemukan campuran beton yang baik dan ekonomis. Pembuatan beton normal diinovasikan dengan menggunakan bahan pecahan tempurung kelapa. Pecahan tempurung kelapa sebagai limbah yang jarang diolah dijadikan bahan pengganti agregat kasar untuk pembuatan beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pecahan tempurung kelapa terhadap kuat tekan dan absorpsi beton. Pecahan tempurung kelapa merupakan pecahan yang lolos saringan 1,5” dan tertahan di saringan nomor 4. Pengganti agregat kasar dengan kadar sebesar 2%, 4%, 6%, 8%, dan 10%. Pengujian dilakukan dengan 10 sample silinder benda uji dan diuji pada hari ke-7, ke-14, ke-21, dan hari ke-28. Beton dengan fc’ 30 MPa memiliki kuat tekan sebesar 37,3 MPa. Hasil dari pengujian yang dilakukan dengan pecahan tempurung kelapa dihasilkan kuat tekan terbesar dengan kadar 4% sebesar 27,98 MPa. Hasil tersebut menunjukkan kuat tekan dengan mengganti tempurung kelapa kadar 4% mengalami penurunan sebesar 24,99% dari kuat tekan beton normal. Nilai absorpsi terbesar ada pada pecahan tempurung kelapa kadar 10% sebesar 2,31%. Hasil tersebut menunjukkan nilai absorpsi dengan mengganti tempurung kelapa kadar 10% mengalami kenaikan sebesar 16,67% dari nilai absorpsi beton normal.Kata Kunci: beton normal, tempurung kelapa, kuat tekan, absorpsi
ANALISIS BEBAN RISIKO PROYEK PEMASANGAN LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN FUZZY STUDI KASUS CV DHIA ADIKA UTAMA Widyastuti, Handini; Ishak, Riswandi
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 26 APRIL-JUNI 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) adalah lampu yang digunakan untuk review penerangan jalan di malam hari/pada saat cuaca tidak cerah. Dalam Proses pemasangan lampu PJU tersebut ada beberapa kendala/risiko yang harus dihadapi pemilik Proyek. Penelitian ini menggunakan pemodelan berbasis Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Fuzzy, yang bertujuan untuk menganalisis beban risiko proyek pemasangan lampu PJU, sehingga didapat prediksi proyek yang akan dijalankan tersebut. Penggabungan AHP dan Fuzzy adalah untuk meningkatkan akurasi risiko proyek yang akan muncul. Dengan metode Fuzzy AHP, maka akan diketahui apakah proyek instalasi lampu tersebut berisiko tinggi, sedang, ataupun rendah. Dengan mengetahui tingkat risiko yang ada, diharapkan para kontraktor yang menjalankan proyek dapat lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap kegagalan proyek, terutama untuk risiko yang tergolong tinggi.Kata Kunci: sistem pendukung keputusan, lampu PJU, AHP-Fuzzy
PENGARUH PENAMBAHAN BUBUK TALK TERHADAP CAMPURAN BERASPAL Sukarno, Piter Octaviano; Mangalla, Jhon Gayus; Tambing, Afni K; Suryo, Leonardo; Sebayang, Enma Mediawati
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 26 APRIL-JUNI 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Prasarana transportasi sangat dibutuhkan untuk jalan perkotaan. Aspal merupakan bahan utama dari pembuatan perkerasan jalan. Banyak ditemukan di kota besar bahwa badan jalan sudah tidak memiliki permukaan yang rata dan bagus. Hal tersebut diakibatkan oleh beban-beban kendaraan yang melintas di badan jalan tersebut. Selain dari beban, pengaruh utama dari kerusakan tersebut adalah kekuatan dari perkerasan jalan itu sendiri. Nilai stabilitas yang tinggi dan flow yang rendah sangat dibutuhkan untuk perkerasan jalan aspal dengan lalu lintas kendaraan yang padat. Aspal yang campurannya ditambah oleh bubuk talk dengan kadar 5%, 6%, 7%, 8%, dan 9% memiliki nilai stabilitas berturut-turut sebesar 1.433,8 kg, 1.437,8 kg, 1.824,4 kg, 1.338,1 kg, dan 1.601,8 kg dengan nilai flow berturut turut sebesar 6,1 mm, 6,1 mm, 4,7 mm, 6,2 mm, dan 6,6 mm. Dari hasil tersebut didapatkan nilai kadar bubuk talk optimum sebesar 6,625% dari berat total agregat.Kata kunci: aspal, perkerasan, stabilitas, flow, bubuk talk, optimum
PERANGKAT AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TINGKAT SEKOLAH DASAR “BUMI SAHABATKU” PADA SISTEM OPERASI IOS MENGGUNAKAN COCOS2DX Ham, Hanry; Budhiarjo, Ridarso; Giantoko, Hendranata; Agung, Albertus
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 26 APRIL-JUNI 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi perangkat ajar ilmu pengetahuan alam pada perangkat iOS, merancang perangkat ajar yang dilengkapi dengan animasi seuai dengan KTSP 2006 yang diterapkan pada Sekolah Dasar dan juga sebagai perangkat ajar yang dilengkapi dengan soal dalam bentuk permainan, sistem score, level, dan stage. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data, metode analisis, dan metode perancangan. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan terdiri dari survei kebutuhan user, survei pendapat guru mata pelajaran IPA, dan survei game sejenis. Metode perancangan yang digunakan terdiri dari perancangan gameplay, perancangan UML (use case, class diagram, dan activity diagram), perancangan layar. Sebuah perangkat ajar dengan menggunakan game berjenis quiz puzzle yang mampu memberikan pengalaman belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yang menyenangkan dan sesuai dengan harapan pengguna.Kata Kunci: edukasi, IPA, iOS, Mobile Game, Bumi Sahabatku

Page 1 of 1 | Total Record : 10