cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Formica Education Online
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
PERBANDINGAN PENGGUNAAN LKS TULIS, GAMBAR DAN VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGETAHUAN PROSEDURAL Alhajjah, Putri Siti; Widodo, Ari; Rustaman, Andriian
Formica Education Online Vol 1, No 1 (2014): Formica Education Online
Publisher : Formica Education Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemunculan keterampilam proses sains dan penguasaan pengetahuan prosedural siswa pada kegiatan praktikum yang dipandu oleh  Lembar Kerja Siswa dengan bentuk yang berbeda, yaitu LKS teks, LKS gambar dan LKS video. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil analisis perbandingan kemunculan keterampilan proses secara kesuluruhan (meliputi empat indikator KPS) dengan menggunakan uji Kruskal –Wallis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas LKS teks dengan kelas LKS video. Dua dari empat indicator menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas LKS teks dengan kelas LKS video yaitu keterampilan merencanakan praktikum dan keterampilan menggunakan alat/bahan. Hasil analisis mengenai pengetahuan prosedural tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan baik hasil perhitungan uji Kruskal –Wallis  maupun perbandingan indeks gain.  Adanya perbedaan keterampilan proses dan tidak adanya perbedaan pengetahuan prosedural ini berkaitan dengan bentuk penyajian LKS yang berbeda. Kata kunci : LKS, teks, gambar, video, keterampilan proses sains, pengetahuan prosedural, praktikum.
ANALISIS KEMUNCULAN UNSUR SAVI DALAM PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA SUBKONSEP FOTOSINTESIS DI SMP Ropina, Opi; Anggraeni, Sri; Rochintaniawati, Diana
Formica Education Online Vol 1, No 1 (2014): Formica Education Online
Publisher : Formica Education Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemunculan unsur somatik, auditori, visual, dan intelektual dalam pembelajaran guided inquiry. Objek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII yang mempelajari topik fotosintesis khususnya materi faktor cahaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, proses pembelajaran direkam mulai dari kegiatan pembuka sampai penutup tanpa terputus-putus. Data yang dihasilkan berupa kemunculan-kemunculan unsur-unsur SAVI selama pembelajaran diperoleh melalui proses pengodean dengan menggunakan perangkat lunak videograph. Pengodean dilakukan berdasarkan lembar observasi yang berisi indikator-indikator setiap unsur SAVI. Hasil pengodean diolah dengan menggunakan program SPSS 16, output memperlihatkan unsur-unsur SAVI yang dianalisis selama pembelajaran beserta frekuensi kemunculannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada setiap tahapan pembelajaran guided inquiry hampir semua unsur SAVI muncul. Tahap pelaksanaan percobaan merupakan puncak kemunculan unsur-unsur SAVI. Unsur somatik muncul dengan persentase 37,05%; unsur auditori muncul dengan persentase 7,8%; dan unsur visual muncul dengan persentase 13,65%; sedangkan unsur intelektual muncul paling banyak pada tahap undangan inkuiri dengan persentase 6,67%. Pembelajaran guided inquiry yang merupakan pembelajaran aktif ini dapat menunjang proses belajar berdasar aktivitas karena dapat melibatkan indra sebanyak mungkin dan kecerdasan intelektual secara bersamaan. Hal ini membuat kegiatan belajar lebih bermakna dan optimal.
PENGEMBANGAN TES TERTULIS INDO-CAMBRIDGE UNTUK KELAS XI SMA PADA MATERI POKOK SISTEM IMUN Pratiwie, Amalia; Sriyati, Siti; Rochintaniawati, Diana
Formica Education Online Vol 1, No 1 (2014): Formica Education Online
Publisher : Formica Education Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengembangan Tes Tertulis Indo-Cambridge Kelas XI SMA pada Materi Pokok Sistem Imun” bertujuan mengembangkan perangkat tes tertulis yang mengadaptasi karakteristik soal Biology Cambridge AS Level dan berdasarkan komposisi Taksonomi Bloom Revisi yang muncul, namun standar isi dan materinya masih mengacu pada kurikulum KTSP. Perangkat tes tertulis yang dikembangkan terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda dan 7 butir soal uraian terstruktur. Metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik soal Biologi Cambridge AS Level, kemudian mendeskripsikan pula hasil pengembangan tes tertulis Indo-Cambridge tentang kualitas tes dari dua kali uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes Indo-Cambridge yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, serta efektivitas pengecoh. Selain itu, berdasarkan respon siswa, soal Indo-Cambridge yang dikembangkan dianggap sulit namun menantang dan menarik karena lebih variatif serta hal baru bagi mereka bila dibandingkan dengan soal-soal Biologi yang biasa diberikan guru. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi perspektif baru tentang evaluasi pembelajaran Biologi dan panduan guru untuk menggunakan serta mengembangkan sendiri evaluasi serupa. Kata kunci:  Biology Cambridge AS Level, Indo-Cambridge, Sistem Imun, Kualitas Soal
ANALISIS KESESUAIAN CAKUPAN MATERI DALAM BAHAN AJAR DENGAN KOMPETENSI DASAR PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMP Andiaty, Witha Nurul; Adisendjaja, Yusuf Hilmi; Syulasmi, Ammi
Formica Education Online Vol 1, No 1 (2014): Formica Education Online
Publisher : Formica Education Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tentang “Analisis Kesesuaian Cakupan Materi dalam Bahan Ajar dengan Kompetensi Dasar pada Buku Teks Biologi SMP” ini dilatarbelakangi oleh pentingnya buku teks yang relevan dengan kurikulum yang salah satunya harus relevan dengan tuntutan kompetensi dasar sehingga buku tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian deskriptif ini, bertujuan menganalisis kesesuaian cakupan materi dalam bahan ajar dengan kompetensi dasar pada buku teks Biologi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Populasi pada penelitian ini adalah semua materi pada buku teks Biologi SMP yang dianalisis dan sampel pada penelitian ini adalah sebagian materi dalam buku teks yang diambil melalui purposive sampling berdasarkan konsep besar Biologi. Buku teks yang dianalisis adalah buku yang telah lulus BSNP dan penilaian Pusat Perbukuan (Pusbuk) serta buku yang banyak digunakan oleh siswa SMP di Kota Bandung. Data dijaring dengan menggunakan format pengamatan kesesuaian materi dengan kompetensi dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan buku yang dianalisis belum sesuai dengan kompetensi dasar pada kurikulum yang berlaku yaitu KTSP.  Kata kunci: Materi, bahan ajar, kompetensi dasar
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KECAKAPAN BERPIKIR SISWA KELAS XI PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN Handayani, Tri Suci; Sudargo, Fransisca; Nuraeni, Eni
Formica Education Online Vol 1, No 1 (2014): Formica Education Online
Publisher : Formica Education Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep dan kecakapan berpikir siswa kelas XI pada konsep sistem pencernaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen di SMAN 1 Cimahi yang dipilih secara cluster random sampling. Kelas eksperimen mendapat perlakuan menggunakan pembelajaran berbasis masalah sementara kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan konsep yang terdiri dari 25 soal meliputi jenjang C1 sampai C4, tes kecakapan berpikir yang terdiri dari 7 Soal, dan angket untuk kelas eksperimen. Hasil pengolahan dan analisis data diperoleh nilai signifikansi posttest penguasaan konsep 0,301 dan nilai signifikansi posttest kecakapan bepikir sebesar 0,221. Sementara hasil uji beda rata-rata posttest indikator kecakapan berpikir siswa secara berturut-turut adalah, 0,657; 0,662; 0,117; dan 0,376. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan penguasaan konsep dan kecakapan berpikir yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kata kunci : PBM, Penguasaan Konsep, Kecakapan Berpikir
ANALISIS BUKU TEKS BIOLOGI SMP DI KOTA BANDUNG BERDASARKAN HAKIKAT SAINS Aulia, Anisa Noor; Adisendjaja, Yusuf Hilmi; Priyandoko, Didik
Formica Education Online Vol 1, No 1 (2014): Formica Education Online
Publisher : Formica Education Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian berjudul “Analisis Buku Teks Biologi  SMP Di Kota Bandung Berdasarkan Hakikat Sains” bertujuan untuk menganalisis ruang lingkup hakikat sains pada buku teks pelajaran Biologi SMP di Kota Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah semua halaman materi pada buku teks pelajaran Biologi SMP yang dianalisis. Sampel pada penelitian ini adalah beberapa halaman pada buku yang dianalisis yang diambil secara acak dengan teknik multistage sampling. Data dijaring menggunakan lembar indikator hakikat sains yang diadaptasi dari jurnal Lederman et al. (2002). Hasil rata-rata proporsi komponen hakikat sains pada buku yang dianalisis adalah sains bersifat empiris (9,7%), teori dan hukum dalam sains (67%), kreativitas dan imajinasi dalam sains (6%), teori Laden (4%), sosial budaya yang melekat dalam sains (7,8%), mitos metode ilmiah (3%), dan sifat tentatif ilmu pengetahuan (2,5%). Data menunjukan bahwa buku teks Biologi SMP di Bandung sudah mengandung ketujuh komponen hakikat sains, namun proporsinya tidak seimbang. Data kuesioner menunjukan bahwa pandangan hakikat sains siswa berada pada kategori rendah (56%) dan pengetahuan siswa tentang hakikat sains lebih banyak didapat dari buku teks. Kata kunci : buku teks, hakikat sains.
ANALISIS RELEVANSI DESAIN KEGIATAN LABORATORIUM TERHADAP KOMPETENSI DASAR PADA KONSEP PROTISTA Rini, Annisa Setya; Supriatno, Bambang; Nilawati, Tina Safaria
Formica Education Online Vol 1, No 1 (2014): Formica Education Online
Publisher : Formica Education Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan menganalisis relevansi desain kegiatan laboratorium terhadap kompetensi dasar yang digunakan dalam pembelajaran yang berasal dari buku paket, buku latihan kegiatan siswa (LKS) ataupun desain kegiatan laboratorium buatan guru. Populasi penelitian adalah desain kegiatan laboratorium SMA kelas X yang digunakan guru sebagai rujukan kegiatan laboratorium. Sampel penelitian adalah seluruh desain kegiatan laboratorium konsep protista yang digunakan di SMA Kota Bandung yang diambil melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa desain kegiatan laboratorium konsep Protista yang dianalisis telah mencapai tuntutan kompetensi dasar. Hal ini terlihat dari tujuan praktikum pada desain kegiatan laboratorium yang dianalisis sudah menuntun siswa untuk mencapai tuntutan kompetensi dasar. Hasil analisis langkah prosedural, sebagian besar langkah prosedural yang dicantumkan dapat dikerjakan dan kemunculan objek atau event dapat teramati yang sesuai dengan tujuan praktikum dan dapat dijadikan dasar pembentukan knowlegde claim. Hasil analisis objek atau event menunjukkan bahwa objek atau event didapatkan melalui seluruh langkah prosedural dan sesuai dengan pertanyaan fokus sehingga dapat memenuhi tuntutan kompetensi dasar. Pertanyaan praktikum mengarahkan siswa pada pembentukan knowledge claim yang sesuai dengan kompetensi dasar serta membantu siswa untuk mengaitkan antara fakta yang teramati dengan konsep yang akan dibentuk menjadi knowledge claim konsep Protista yang diharapkan sesuai kompetensi dasar. Kata kunci: relevansi, desain kegiatan laboratorium, kompetensi dasar, protista
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP PADA SUBKONSEP DIFUSI OSMOSIS Sudesti, Resti; Sudargo, Fransisca; K, Mimin Nurjhani
Formica Education Online Vol 1, No 1 (2014): Formica Education Online
Publisher : Formica Education Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis praktikum untuk meningkatan penguasaan konsep dan  keterampilan proses sains siswa SMP pada subkonsep difusi osmosis. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis praktikum dan pembelajaran konvensional dengan metode demonstrasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Non-Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tes penguasaan konsep, tes keterampilan proses sains, dan angket respon siswa. Tes diberikan pada awal pembelajaran dan setelah pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis praktikum mempengaruhi penguasan konsep dan keterampilan proses sains siswa. Hasil uji menunjukkan adanya perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Terdapat hubungan yang baik antara hasil tes penguasaan konsep dan keterampilan proses sains. Siswa memberikan respon yang positif terhadap model pembelajaran berbasis praktikum.Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Praktikum, Penguasaan Konsep, Keterampilan Proses Sains, Difusi-Osmosis
ANALISIS SOAL SNMPTN BIOLOGI BERDASARKAN DOMAIN KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI DAN PROFIL CAPAIAN SISWA SMA KELAS XII Amirulloh, Dian; Rustaman, Nuryani; Sriyati, Siti
Formica Education Online Vol 1, No 1 (2014): Formica Education Online
Publisher : Formica Education Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian deskriptif “Analisis Soal SNMPTN Biologi Berdasarkan Domain Kognitif Taksonomi Bloom Revisi dan Profil Capaian Siswa SMA Kelas XII” bertujuan memperoleh informasi kualitas soal-soal SNMPTN Biologi berdasarkan domain kognitif taksonomi Bloom Revisi dan gambaran capaian siswa dalam mengerjakan soal-soal tersebut. Subjek penelitian yaitu soal-soal SNMPTN Biologi tahun 2010, 2011, 2012, dan siswa SMA kelas XII berjumlah 225 siswa. Data diperoleh dengan daftar cek analisis domain kognitif taksonomi Bloom Revisi dan analisis KTSP, serta tes kemampuan berpikir logis. Berdasarkan hasil analisis, soal-soal SNMPTN Biologi mengembangkan soal-soal dimensi proses kognitif C1 (24.45%), C2 (62.22%), dan C3 (13.33%), dimensi pengetahuan faktual (6.66%), konseptual (91.12%), dan prosedural (2.22%). Materi soal secara keseluruhan sudah tercakup dalam KTSP. Adapun tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas, dan efektivitas pengecoh umumnya pada kategori sedang, buruk, atau rendah, sedangkan reliabilitasnya tinggi. Pada umumnya siswa sudah mencapai perkembangan tingkat intelektual operasi formal (59.11%), walaupun masih terdapat siswa operasi konkret (13.33%) dan transisi (27.56%). Capaian siswa dalam mengerjakan soal-soal SNMPTN Biologi masih cukup rendah. Siswa operasi formal memiliki capaian lebih tinggi dari pada siswa operasi konkret dan transisi. Sebagai alat seleksi sebaiknya dikembangkan pula soal-soal dimensi proses kognitif yang lebih tinggi dan kriteria analisis pokok uji yang memadai.Kata Kunci: Soal SNMPTN Biologi, Domain Kognitif Taksonomi Bloom Revisi
ANALISIS KELAYAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BIOLOGI SMA PADA MATERI SEL, JARINGAN TUMBUHAN, JARINGAN HEWAN, SISTEM GERAK MANUSIA, DAN SISTEM PEREDARAN DARAH Angelina, Gina; Machmudin, Dadang; Priyandoko, Didik
Formica Education Online Vol 1, No 1 (2014): Formica Education Online
Publisher : Formica Education Online

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif biologi SMA pada materi sel, jaringan tumbuhan, jaringan hewan, sistem gerak manusia, dan sistem peredaran darah, ditinjau dari aspek media dan aspek pedagogik. Multimedia interaktif yang dianalisis adalah tiga Compact Disc (CD) interaktif biologi SMA yang ditentukan secara purposive sampling. Kriteria pemilihan CD interaktif  yang dianalisis yaitu CD interaktif merupakan keluaran perusahaan atau instansi, CD interaktif digunakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan dipasarkan di kota Bandung, CD interaktif berisi kelima materi yang dianalisis yaitu materi sel, jaringan tumbuhan, jaringan hewan, sistem gerak manusia, dan sistem peredaran darah, dan isi CD interaktif berbentuk file digital berformat flash. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase aspek media adalah 75,15% dan hal ini berarti bahwa multimedia interaktif yang dianalisis tergolong baik dan layak digunakan, sedangkan persentase aspek pedagogik adalah 57,55% dan hal ini berarti multimedia interaktif yang dianalisis tergolong cukup baik dan cukup layak digunakan. Kata Kunci : Kelayakan, Multimedia Interaktif, Aspek Media, Aspek Pedagogik, CD (Compact Disc) Interaktif.

Page 1 of 2 | Total Record : 11