cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. klaten,
Jawa tengah
INDONESIA
MAGISTRA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Majalah Ilmiah Universitas Widya Dharma Klate
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni" : 9 Documents clear
MENCIPTAKAN LINGKUNGAN YANG POSITIF UNTUK PEMBELAJARAN Almasitoh, ummu hany
MAGISTRA Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

Kelas adalah setting untuk berbagai aktivitas, mulai dari aktivitas akademik seperti membaca, menulis,berhitung, sampai aktivitas social seperti bermain, berkomunikasi dengan teman, dan berdebat. Pengelolaankelas adalah serangkaian kegiatan guru yang ditujukan untuk mendorong munculnya tingkah laku siswa yangdiharapkan dan menghilangkan tingkah laku siswa yang tidak diharapkan, menciptakan hubungan interpersonalyang baik dan iklim soso-emosional yang positif, serta menciptakan dan memelihara organisasi kelas yangproduktif dan efektif.Untuk mengelola aktivitas di kelas agar menjadi efektif, yaitu sebagai berikut menunjukkan seberapajauh guru mengikuti aktivitas yang sedang berlangsung di kelas, mengatasi situasi tumpang tindih secaraefektif,  menjaga kelancaran dan kontinuitas pelajaran,  melibatkan murid  dalam berbagai aktivitas yangmenantang, menunjukkan sikap tangkap, membagi perhatian, memusatkan perhatian, memberikan petunjukyang jelas dan menegur dan memberi penguatan.Kata Kunci: kelas, pengelolaan kelas, mengelola aktivitas kelas agar menjadi efektif
MYSTERIUOUS LETTER : Sebuah Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris dan Tematik/Terpadu bagi siswa Sekolah Dasar Irawati, Iisrohli
MAGISTRA Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

Era  Globalisasi  telah  tiba  dan  menuntut  seorang  guru  harus  mampu  berinovasi  dan  mendesainpembelajaran yang menarik dan sesuai dengan perkembangan jaman meskipun hasil dari proses pembelajaranakan terlihat beberapa puluh tahun mendatang karena pendidikan adalah sebuah proses adanya UU tentangsertifikasi Guru yang diikuti dengan uji kompetensi guru (UKG) juga menuntut seorang guru selalu belajardan berinovasi agar prosesKBM di kelas menjadi menarik, menyenangkan serta tidak membosankan.
DIALEKTOLOGI BAHASA MELAYU DI KABUPATEN LANDAK ., Patriantoro
MAGISTRA Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

This research discussed the dialectology of Malay used by the people in the coastal area of Landak,particularly those who live in the downstream area of the  Kapuas river. Malay has been used by agreat numberof people who reside in the coastal area. This research employs quantitative as well as qualitative researchmethods.  The  data  are  collected  trought  the  use  of  in-depth  interview  method  and  elicitation  technique  bydirectly  showing the pictures, pointing the real objects, or explaining the intended activities. The Synchroniccomparative method is used  to analyze the dialectology of Malay, and the diachronic comparative method isused to help with the analysis of the language construction. The dialectometry is used to figure the percentageof lexicon  differences between the research areas. The top down reconstruction technique serves as the way toanalyze the data to find the retention the innovation forms. The lexicon differences  in different areas the arecalculated by applying the triangular or polygons de thiessen. The result of data analysis shows that area 1-2,1-3, 2-3, 2-4, 3-4  hold under 21% of lexicon differences which indicates that they share same and not different.In the areas where the research is conducted, some of the relic from of the proto-language are still found, aswell as the innovation forms and the borrowing.Key words: Synchronic comparative, diachronic comparative, language construction.
PENGAJARAN DRAMA BAHASA JAWA DI SEKOLAH Wiranto, Dedek
MAGISTRA Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

Pembelajaran seni drama tidak bisa lepas dari teater. Teater salah satu cabang seni pertunjukan yangpaling  kompleks,  di  dalamnya  memuat  beragam  unsur  seni  yang dapat  digunakan  sebagai  media  ekspresiestetik dalam setiap karyanya. Pembelajaran drama di sekolah sampai saat ini masih menitikberatkan padaaspek  kognitik  atau  oengetahuan  saja.  Siswa  hanya mengetahui  hal  –hal  yang sangat  umum seperti  judulnaskah, ringkasan cerita, dan nama  pengarangnya, belum memahami masalah drama yang mendasar yangmeliputi pengetahuan kognitif, afektif, dan psykomotor.Untuk dapat menyampaikan materi dengan baik, seorang pengajar harus menguasai seluk beluk drama,baik secara teori maupun secara praktek. Penguasaan teori dan praktek bagi seorang pengajar sangat pentingagar nantinya siswa mampu dan menguasai teori yang diperolehnya dan selanjutnya  teori tersebut dipraktekkandalam bentuk pementasan drama.Dengan  mengikuti  kegiatan  drama,  siswa  dapat  memetik  berbagai  manfaat  yang  terkandung  dalamkarya drama, yang mengungkapkan gelombang kehidupan manusia mang penuh dinamika. Selain itu siswadilatih terlibat secara langsung kegiatan social, sehingga memiliki rasa tanggung jawab, memiliki sifat gotongroyong,  bekerja  sama  dengan  orang  lain  demi  mencapai  tujuan  bersama.  Pertunjukan  drama  di  sekolahdidekatkan pada drama sebagai pertunjukan dan bukan sebagai drama pasif.Metode  penciptaan  atau  praktek  teater mengacu  pada  drama  realis  karena  memang  drama  (naskahlakon) yang digunakan biasanya memang drama realis. Gaya realis menyajikan satu potong kehidupan nyatadi atas pentasKata kunci: teater, drama realis, estetika
MODEL TERAPI DALAM KELUARGA Almasitoh, ummu hany
MAGISTRA Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

Sebuah keluarga adalah sebuah sistem sosial yang alami, dimana seseorang menyusun aturan, peran,struktur kekuasaan, bentuk komunikasi, cara mendiskusikan pemecahan masalah sehingga dapat melaksanakanberbagai kegiatan dengan lebih efektif. Keluarga nuclear terdiri atas suami, isteri dan anak. Keluarga nuclearyang diperluas : keluarga nuclear ditambah dengan kakek, nenek, dan keluarga lain; keluarga tiri, orang tuasingle menikah dengan orang lain; keluarga campur; dua orang tua single yang membawa anak-anak merekabersatu dalam satu keluarga; keluarga tunggal yaitu individu dengan anak-anak yang tidak pernah kawin,yang bercerai, atau janda duda mati, keluarga yang terdiri atas kakek nenek dengan cucu-cucunya, keluargayang mengadopsi anak; (di lain negara: keluarga gay atau lesbian).Terapi keluarga adalah cara baru untuk mengetahui permasalahan seseorang, memahami perilaku,perkembangan simptom dan cara pemecahannya. Model terapi yang diterapkan dalam keluarga antara lainExperiential/Humanistic, Bowenian, Psikodinamika dan Behavioral.Kata Kunci: keluarga, terapi keluarga, model terapi keluarga
NOVEL MEMOAR SEORANG DOKTER PEREMPUAN : TINJAUAN PSIKOLOGIS TOKOH Amertawengrum, Indiyah Prana
MAGISTRA Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

Karya sastra merupakan hasil ungkapan kejiwaan seorang pengarang. yang berarti di dalamnyaternuansakan suasana kejiwaan sang pengarang, baik suasana pikir maupun suasana rasa (emosi). Sastrasebagai gejala kejiwaan di dalamnya terkandung fenomena-fenomena kejiwaan yang terlihat lewat perilakutokoh-tokohnya Psikologi digunakan untuk mengkaji aspek psikologi tokoh karena di dalam karya sastra inilahterkandung proyeksi psikologis pengarangnya yang merupakan hasil olahan dari pengalamannya sebagaiseorang perempuan yang bekerja sebagai dokter dan hasil pengamatannya terhadap psikologis manusia-manusialain di sekitarnya, yang tampak lewat psikologis tokoh imajinernya. Fenomena psikologis yang terjadi padatokoh ‘Aku” terlihat melalui pergolakan-pergolakan batin tokoh. Benturan psikologis yang muncul darikekecewaan, kemarahan, kebencian, kemunafikan, ketidakpuasan, kegagalan, perlawanan, dengan kesunyian,kesepian, dan kerinduan tokoh “Aku”, menunjukkan bahwa pengarang berhasil meramu berbagai aspekkejiwaan secara intens dalam  karya sastra, dalam hal ini novel Memoar Seorang Dokter Perempuan.
ANALISIS DISKRIPTIP KUALITATIP HASIL UN SMP KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 ., Gunarto
MAGISTRA Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

Gunarto, teacher, The Analysis Descriptive Qualitative of The National  Final Examination at the JuniorHigh School, The Year’s Course 2010/2011.The Analysis Descriptive Qualitative of the National Final Examination (UN) at the Junior High School,Year’s Course 2010/2011, aiming at the Document’s Result on the subjects; Indonesian, English, Mathematics,and Physics (IPA), that had been determinated by the Centre of National Estimation by the Minister of Educationand spread using the information system of the National Final Examination in 2011. The Data Analysis thathad been used by the writer using the qualitative and quantitative analysis.The aims of this writing are: 1.  This writing gives the  decipherment’s result of the National FinalExamination, for the Junior High School, so that it makes easier to read and knew by the public society whoneed it; 2. Knowing the completing criteria of the students for each lessons which is national tested;           3.Knowing the rank position of Klaten Regency in Ex Surakarta Residency at Jawa Tengah.The Analysis Results are: 1. Showing that at the grade of Junior High School in Klaten Regency, at theYear’s Course 2010/2011, is  85,953% (13.229) passed from 15.391. The  calculation based on  ReachingCompetence Standard (SKL) which has been made by The Ministry of Education that is, the sum of four markingfor the lessons which is tested must have at least 22 (twenty two) and there is no one or more lessons that haveat least minus from 4 (four); 2. The position of Klaten Regency based on the National Final Examination’sresult at the Year’s Course 2010/2011 is on the 3th (third) position at Ex Surakarta Residency, and on the 13th(thirteenth) position at the province; 3. The percentage of having a misscarriage, reached 85,953%, it meansthat the learning process in Klaten Regency has been reached.The result conclusion of the National Final Examination at the Junior High School in Klaten Regency in2011 reached the good result, that is why it must be maintained and must have more increasing, so that thefailure marking in the next year is lesser than it is now.Keywords: UN (National Final Examination), SKL (Reaching Competence Standard)
INITIATING SUSTAINABLE PERFORMANCE ON LANGUAGE CURRICULUM IMPLEMENTATION Sumekto, Didik Rinan
MAGISTRA Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

The fundamental measurement of language curriculum performance initially reflects to some supporting processes during its implementation, in which it involves the stakeholders progressively. It is a mutual understanding that the language curriculum implementation requires a highly collaborative dynamics to any existing changes in the society. The real commitment and consistence of implementing the curriculum, in the later, as one aspect criteria to measure its success. Therefore, schools as the most ultimate institution of implementing this curriculum will have a challenging task and responsibility to reach out and to prove the achievements with all resources availability and limitation. Keywords: curriculum, evaluation, educational reform, performance
THE CHOLESKY UPDATE FOR UNCONSTRAINED OPTIMIZATION Mahmood, saad Shakir
MAGISTRA Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.153 KB)

Abstract

It is well known that the unconstrained Optimization often arises in economies, finance, trade, law,meteorology, medicine, biology, chemistry, engineering, physics, education, history, sociology, psychology,and so on. The classical Unconstrained Optimization is based on the Updating of Hessian matrix and computedof its inverse which make the solution is very expensive. In this work we will updating the LU factors of theHessian matrix so we don’t need to compute the inverse of Hessian matrix, so called the Cholesky Update forunconstrained optimization. We introduce the convergent of the update and report our findings on severalstandard problems, and make a comparison on its performance with the well-accepted BFGS update.Key words: Unconstrained Optimization, Cholesky factorization, convergence

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol 30, No 103 (2018): Magistra Maret Vol 29, No 102 (2017): Magistra Desember Vol 29, No 101 (2017): Magistra September Vol 29, No 100 (2017): Magistra Juni Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret Vol 28, No 98 (2016): Magistra Desember Vol 28, No 97 (2016): Magistra September Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni Vol 28, No 95 (2016): Magistra Maret Vol 26, No 91 (2015): Magistra Edisi Maret 2015 Vol 27, No 93 (2015): Magistra September Vol 27, No 92 (2015): Magistra Juni Vol 27, No 91 (2015): Magistra Maret Vol 26, No 94 (2015): Magistra Desember Vol 26, No 93 (2015): Magistra Edisi September Vol 26, No 92 (2015): Magistra Edisi Juni Vol 26, No 90 (2014): Magistra Edisi Desember Vol 26, No 89 (2014): Magistra Edisi September Vol 26, No 88 (2014): Magistra Edisi Juni Vol 26, No 87 (2014): Magistra Edisi Maret Vol 25, No 86 (2013): Magistra Edisi Desember Vol 25, No 85 (2013): Magistra September Vol 25, No 84 (2013): Magistra Edisi Juni Vol 25, No 83 (2013): Magistra Edisi Maret Vol 24, No 82 (2012): Magistra Edisi Desember Vol 24, No 81 (2012): Magistra Edisi September Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni Vol 24, No 79 (2012): Magistra Edisi Maret Vol 23, No 78 (2011): Magistra Edisi Desember Vol 23, No 76 (2011): Magistra Edisi Juni Vol 23, No 75 (2011): Magistra Edisi Maret No 77 (2011): Magistra Edisi September Vol 22, No 74 (2010): Magistra Edisi Desember Vol 22, No 73 (2010): Magistra Edisi September Vol 22, No 72 (2010): Magistra Edisi Juni Vol 21, No 70 (2009): Magistra Edisi September Vol 21, No 69 (2009): Magistra Edisi Juni Vol 21, No 68 (2009): Magistra Edisi Maret Vol 20, No 67 (2008): Magistra Edisi Desember Vol 19, No 61 (2007): Magistra Edisi Juni Vol 19, No 60 (2007): Magistra Edisi Maret Vol 23, No 58 (2006): Magistra Edisi September Vol 27, No 55 (2005): Magistra Edisi Desember Vol 26, No 50 (2004): Magistra Edisi September Vol 26, No 48 (2004): Magistra Edisi Maret Vol 16, No 51 (2004): Magistra Edisi Desember Vol 16, No 49 (2004): Magistra Edisi Juni Vol 16, No 48 (2004): Magistra Edisi Maret Vol 14, No 40 (2002): Magistra Edisi Maret More Issue