cover
Contact Name
Ida Wiendijarti
Contact Email
ida.wiendijarti@upnyk.ac.id
Phone
+682137688150
Journal Mail Official
jik@upnyk.ac.id
Editorial Address
Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 16933028     EISSN : 24078220     DOI : https://doi.org/10.31315/jik.v21i3
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; Marketing Communications; Health Communication; Communication Psychology; Sociology of Communication;
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 1 (2023): April 2023" : 10 Documents clear
Imperialisme Budaya dalam Tayangan Wisata dan Budaya pada Program Siaran Televisi di Indonesia Kusumajanti Kusumajanti; R. Dudy Heryadi; Ana Kuswanti
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 21, No 1 (2023): April 2023
Publisher : Univeritas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jik.v21i1.8849

Abstract

Tayangan Wisata dan Budaya di Televisi dapat menjadi ajang promosi suatu daerah maupun negara.Imperialisme budaya asing dalam berbagai bentuk justru masuk dalam tayangan program Wisata dan Budayadi Indonesia dan hal ini haruslah dibuktikan kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan indekskualitas program wisata budaya dan unsur imperialisme budaya dalam media televisi di Indonesia. Metodepenelitian ini yaitu Mixed Method digunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Analisis indeks kualitasprogram wisata dan budaya yang tayang pada televisi di Indonesia menentukan angka ketercapaian sebuahprogram berkualitas berdasarkan standar yang ditetapkan oleh Komisi Penyiaran Indonesia. Hasil penelitian inimenunjukkan indeks kualitas program wisata budaya Tahun 2021 yang diperoleh dari KPI adalah 3,62 dengandibandingkan standar nilai dari KPI sebesar 3,00, hal ini menunjukkan peningkatan kualitas isi tayangan.Realitas ajang promosi yang dilakukan oleh praktisi wisata terjadi imperialisme budaya, dimana tayanganpromosi dikemas dan disajikan dengan menggunakan backsound lagu asing. Kekuatan tayangan di televisimembuat penontonnya tidak mampu untuk melepaskan diri dari terpaan sehingga kesan budaya Indonesiamenjadi berkurang. Kontribusi penelitian ini memberikan usulan kebijakan kepada lembaga penyiaran untukmenayangkan tayangan wisata yang sesuai dengan budaya lokal untuk menghindari imperialisme budaya.
Pesan Perdamaian Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Denik Iswardani Witarti; Yuliana Choerul Reza
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 21, No 1 (2023): April 2023
Publisher : Univeritas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jik.v21i1.7005

Abstract

PON XX di Papua menyita perhatian masyarakat karena diselenggarakan ketika masih dalam situasi pandemi COVID-19. PON juga diselenggarakan di tengah isu ancaman keamanan di sana. Penelitian ini bertujuan melihat pesan damai dengan menganalisa logo, simbol dan perbincangan tersirat yang ditonjolkan dalam PON XX. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan teknik analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Data diperoleh dari sumber media online dan media sosial youtube, twitter dan instagram @jokowi youtube. Hasil penelitian menemukan beberapa pesan yang terlihat ingin ditonjolkan oleh pemerintah dengan terselenggaranya PON XX di Papua terkait dengan keberadaan Papua yang tidak terpisahkan sebagai bagian dari Negara Kesatuan Indonesia (NKRI). Pesan bahwa Papua tidak dianaktirikan dalam pembangunan terlihat menonjol dalam postingan akun resmi pemerintah. Kemudian hasil penelitian yang lain terkait dengan keamanan di Papua dalam keadaan terkendali. Kehadiran Presiden Joko Widodo dan masyarakat dalam upacara pembukaan menunjukkan semua antusias menyambut ajang olahraga tingkat nasional ini. Kontribusi penelitian terkait dengan konsep soft power diplomacy untuk berkomunikasi dengan masyarakat global mengenai isu Papua. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pesan damai yang ingin ditonjolkan oleh pemerintah dalam ajang PON XX mendapat sambutan positif dari publik.
Praktik Transmedia Film Battle of Surabaya dan Nussa dalam Konteks Industri Animasi di Indonesia Upik Sarjiati
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 21, No 1 (2023): April 2023
Publisher : Univeritas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jik.v21i1.7078

Abstract

Transmedia merupakan salah satu faktor penting perkembangan industri animasi. Namun, praktik transmedia industri animasi di Indonesia terbilang masih baru. Penelitian bertujuan memahami praktik transmedia film animasi dan keterkaitannya dengan perkembangan industri animasi di Indonesia. Metode penelitian adalah kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan diskusi terbatas. Penelitian ini mempelajari praktik transmedia pada tiga tingkatan yang berhubungan, yaitu tingkat produk, perusahaan atau studio, dan industri, dengan menggunakan pendekatan manajemen. Praktik transmedia film animasiBattle of Surabaya dan Nussa dianalisa untuk memahami praktik transmedia di level produk dan studio. Analisis terhadap praktik transmedia kedua film animasi tersebut bertujuan untuk memahami variasi jenis dan strategi yang dilakukan oleh kedua studio. Analisis pada level industri difokuskan pada perkembangan industri animasi Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sejak awal produksi animasi, jalur distribusi, dan kerjasama dengan pihak lain menjadi bagian penting dalam praktik transmedia. Salah satu faktor yang membawa kesuksesan film animasi Nussa yakni membidik keluarga muda muslim sebagai target audiens. Di sisi lain, film animasi lokal menghadapi persaingan ketat dengan film animasi luar negeri yang banyak ditayangkan di Indonesia. Penelitian ini memiliki kontribusi pada konsep kajian film dan industri animasi di Indonesia terutama dari aspek transmedia yang belum banyak diskusikan.
Studi Netnografi Interaktivitas e-WOM pada Followers Twitter Tokopedia Pasca Krisis Kebocoran Data Pengguna Zha Zha Elenita Santoso; Nanang Krisdinanto; Brigitta Revia Sandy Fiesta
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 21, No 1 (2023): April 2023
Publisher : Univeritas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jik.v21i1.6811

Abstract

Reputasi perusahaan turun akibat adanya krisis kepercayaan. Krisis diatasi dengan penggunaan brand ambassador dari kalangan artis. Tujuan penelitian ini untuk menemukan strategi komunikasi pemasaran e-WOM melalui interaksi para followers Tokopedia dalam sosial media khususnya Twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode netnografi, peneliti ikut berperan menjadi bagian dari followers @tokopedia untuk terlibat dalam dinamika interaksi di akun tersebut. Peneliti mengoleksi data dari komentar yang mengindikasikan adanya interaksi e-WOM pada konten @tokopedia, menulis catatan lapangan, serta melakukan wawancara mendalam dengan informan yang menjadi followers K-Popers di akun tersebut. Data dianalisis dengan aplikasi NVivo. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi pemasaran Tokopedia melalui komunikasi e-WOM yang didasari motif pemujaan idol, keberadaan selebriti Twitter di akun yang berperan sebagai opinion leader, dan bias fanbase. Berdasar hal tersebut, Tokopedia dimaknai sebagai korporat yang kreatif dan dekat dengan konsumen melalui konten K-Pop, serta mampu meyakinkan followers untuk tetap memiliki kepercayaan, mengikuti akun @tokopedia dan menggunakan aplikasinya. Riset ini berkontribusi dalam menemukan strategi komunikasi pemasaran e-WOM melalui interaksi para followers Tokopedia dalam sosial media khususnya Twitter.
Prevention Communication Approach to COVID-19 Virus at the Bantul Regency Mosque Adhianty Nurjanah
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 21, No 1 (2023): April 2023
Publisher : Univeritas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jik.v21i1.7590

Abstract

The communication approach is crucial in facing the pandemic as a preventive measure and reducing therisk of its spread. COVID-19 prevention should be studied to reduce the risk of transmission. The highestincrease occurred in the Special Region of Yogyakarta, particularly in Bantul Regency, one of the reasonsis the activity of visiting places of worship that do not comply with health protocols. The aim of theresearch was to examine the preventive communication actors for the transmission of COVID-19 at the Al-Muharram Mosque, Bantul Regency. The research method used is qualitative with a case study approach.The research found that the preventive communication actors of COVID-19 are always conveyed by theTakmir of Al-Muharram Mosque, either directly during Friday Khutbah, Pengajian, or through socializationvia banners, posters, and social media such as Instagram, Facebook, and personal Whatsapp of the Takmir ofthe Mosque to provide warnings and prevention of the spread of the COVID-19 virus. The communicationcontent conveyed by the Takmir of the Mosque includes topics related to hadiths in facing an epidemic,implementing health protocols, and encouraging early detection culture for each individual’s health to preventCOVID-19 transmission. The role of the trusted Takmir supported by appropriate data sources and mediabecomes an effective communication approach shown by the orderly behavior of the congregation and thecommunity. The contribution of this research found that religious figures have a role in handling COVID-19through persuasive and educational messages conveyed in sermons and arranged as religious messages.
AdWords dan AdSense sebagai Teknologi Periklanan Digital Paska Lia
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 21, No 1 (2023): April 2023
Publisher : Univeritas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jik.v21i1.7025

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi membawa pergeseran pada berbagai bidang, termasuk periklanan. Google sebagai perusahaan dengan mesin pencari mengembangkan teknologi periklanan digital melalui AdWords dan AdSense. Penelitian ini berangkat dari minimnya studi yang membahas kajian tentang AdWords dan AdSense secara konseptual, khususnya dalam bidang komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perspektif baru tentang teknologi periklanan digital berbasis Google. Peneliti menawarkan pemahaman para akademisi hingga praktisi periklanan di Indonesia dalam memahami teknologi periklanan digital Google (AdWords dan AdSense). Metode penelitian ini adalah semi systematic literature review dengan pendekatan kualitatif diterapkan guna mendukung dalam menganalisis teknologi periklanan Google yang lebih kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi periklanan digital merupakan periklanan berbasis data digital yang memuat kata kunci tertentu. Pengiklan dapat memasang iklan dengan mudah dan praktis dengan cara bidding kata kunci tertentu. Semakin populer kata kunci, maka semakin tinggi harga yang harus dibayar. Hal ini merupakan salah satu bentuk kapitalisme data, dimana Google menjadi raksasa perusahaan berbasis data yang membangun komoditas melalui kata-kata, gambar, dan video. Penelitian ini berkontribusi memberikan perspektif baru mengenai teknologi periklanan digital secara detail melalui konsep sejarah, cara kerja, dan analisis kinerja Google Ads.
Model Komunikasi Pembelajaran Pedagogik Pada Sekolah Menengah Pertama Dalam Pembelajaran Daring Pandemi COVID-19 Edwi Arief Sosiawan; Ratnawati Ratnawati
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 21, No 1 (2023): April 2023
Publisher : Univeritas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jik.v21i1.6475

Abstract

Dampak pandemi COVID-19 menjadikan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus menjaga jarak danseluruh penyampaian materi harus tetap disampaikan di rumah. Salah satu pilihan proses pembelajaranselama pandemi COVID-19 yang paling umum dipilih adalah pembelajaran daring yang dianggap efektifdan efisien, namun pada praktiknya banyak kendala yang muncul dalam banyak hal mulai dari kegagapanhingga disparitas dalam akses jaringan internet dan kepemilikan teknologi. Penelitian ini bertujuan untukmenemukan model komunikasi pedagogik dalam proses pembelajaran daring selama pandemi COVID-19.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang berusaha mengungkap praktik dan faktadi lapangan proses komunikasi pedagogik pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMPN4 Depok Sleman melaksanakan komunikasi pedagogik pada aspek antisipasi didaktis secara inovatif denganmenambahkan materi pembelajaran yang berasal dari berbagai sumber digital berbentuk e-modul dan handout,sedangkan aspek didaktis pedagogik dipenuhi melalui penyediaan materi pada aplikasi pembelajaran daringmelalui pendekatan personal kemampuan siswa. Kontribusi penelitian ini memberikan model pembelajaranpedagogik pada pembelajaran daring sinkronis dalam bentuk brainstorming dan penugasan serta project basedlearning agar partisipasi aktif siswa dapat dilakukan dan memacu kompetensi siswa yang menyentuh aspek4C (Creativity, Collaboration, Critical Thinking, dan Communication) sebagai arah pembelajaran abad 21.
Merek Sebagai Pesan Utama Integrated Marketing Communication (IMC) di Jurnal Indonesia Tahun 2020 Helpris Estaswara; Eny Yuliastini; Cyrilla Widyadhana Kurniasari
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 21, No 1 (2023): April 2023
Publisher : Univeritas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jik.v21i1.7141

Abstract

Sejak awal kelahiran sampai tiga dekade setelahnya, perkembangan pemikiran IMC (Integrated MarketingCommunications) di kalangan akademisi menunjukkan kemajuan, termasuk untuk akademisi di Indonesia.Perkembangan jurnal ilmiah di Indonesia secara online baru mulai tahun 2012, sehingga perlu meninjauberapa banyak penelitian tentang IMC. IMC memiliki dua pendekatan, generasi pertama dikenalkanoleh 4As, dan generasi kedua menggunakan merek sebagai inti pesan yang dikeluarkan oleh Schultz danSchultz. Tujuan penelitian membandingkan dan menganalisis konsep dan implementasi IMC dan brandyang ada di jurnal Indonesia Tahun 2020. Metode penelitian ini literature review, sebagai proses yangsecara berurutan dan berulang-ulang dalam melakukan tinjauan literatur atas publikasi ilmiah yang relevandan dapat dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian menunjukkan konsep IMC berada pada generasipertama dan menggunakan merek sebagai pesan utamanya. Banyak konsep IMC yang telah jelaskan,tidak diimplementasikan atau diimplementasikan secara terbatas. Bahkan, ada jurnal yang pelaksanaannyamenggunakan teori, konsep atau ukuran yang lainnya. Dalam penelitian IMC, konsep harus digunakandalam analisis, dan menyajikan konsep IMC generasi kedua, serta memasukkan Consumer IntegratedMarketing Communication atau online-offlinehybrid. Kontribusi penelitian ini memberikan perkembangankonsep dan implementasi IMC di Indonesia yang masih menitikberatkan pada merek sebagai pesan utama.
Pengembangan Instrumen Penelitian The Qur’anic Verbal Communication Index (QVCI) Menggunakan Pemodelan Rasch Subhan Afifi; Irwan Nuryana Kurniawan; Bambang Sumintono
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 21, No 1 (2023): April 2023
Publisher : Univeritas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jik.v21i1.8688

Abstract

Penelitian ini menekankan pentingnya eksplorasi prinsip-prinsip komunikasi dalam perspektif Islam untukmemperkaya teori-teori komunikasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan dan memvalidasiinstrumen penelitian yang dinamakan Indeks Komunikasi Verbal Qur’ani (Qur’anic Verbal CommunicationIndex/QVCI). Instrumen ini dapat digunakan untuk mengukur kualitas praktik komunikasi verbal berdasarkannilai-nilai yang ada dalam Al-Qur’an. Item pengukuran QVCI didasarkan pada ragam komunikasi verbalyang disebutkan dalam Al-Qur’an, seperti Qaulan Sadidan, Qaulan Ma’rufan, Qaulan Masyuran, QaulanKariman, Qaulan Balighan, dan Qaulan Layyinan. Pengembangan instrumen penelitian menggunakanmetode pemodelan Rasch dan melalui beberapa tahapan, termasuk validasi pakar yang menggunakanmetode Many Facet Rasch Model (MFRM) dan pengujian reliabilitas-validitas melalui metode pengujianRasch Rating Scale Model (RSM). Penelitian ini menyajikan modifikasi dan perbaikan yang dilakukan padainstrumen QVCI setelah tiga uji coba menggunakan pemodelan Rasch. Hasil pengujian validitas menunjukkanbahwa instrumen penelitian QVCI bersifat unidimensional, dan sebagian besar item menunjukkan kualitaspengukuran yang memuaskan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada kajian Komunikasi Islam denganmengembangkan instrumen penelitian yang bersumber dari ragam komunikasi verbal dalam Al-Qur’an.
Interpersonal Communication and Situational Leadership on Teacher Performance M. Yusuf A. Samad; Fauzi Fauzi; Marhamah Marhamah; Shafira Ulfa Rahmani
Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 21, No 1 (2023): April 2023
Publisher : Univeritas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31315/jik.v21i1.7360

Abstract

Teacher performance plays a very important role in improving the quality of learning and the quality of graduatesdetermined by interpersonal communication and situational leadership of the principal. This study aims toanalyze the influence of interpersonal communication and situational leadership of the principal on teacherperformance at SD IT Bunayya Lhokseumawe. The research method uses correlational, with a quantitativeapproach. Data collection used a questionnaire distributed to 38 respondents as a total sample. The measurementscale uses a Likert scale of four answer choices. This study used multiple linear regression analysis. Previously,prerequisite analysis tests were carried out using tests of data normality, autocorrelation, heteroskedasticity andmulticollinearity. The results of the study stated that teacher performance was significantly and simultaneouslyinfluenced by interpersonal communication and situational leadership of the principal by 70.7 percent and theremaining 29.3 percent was influenced by other variables that were not studied. Research contribution to theprincipal to open communication in providing positive responses and attitudes to teachers. The principal placeshimself according to the teacher’s situation so that he can foster good cooperation. Teacher performance improvesas seen from the learning process by compiling and mastering the material and skillfully using learning media.

Page 1 of 1 | Total Record : 10