cover
Contact Name
Rio Andriyat Krisdiawan
Contact Email
rioandriyat@uniku.ac.id
Phone
+6285224064393
Journal Mail Official
nuansa.informatika@uniku.ac.id
Editorial Address
Jalan Cut Nyak Dhien No.36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Nuansa Informatika
Published by Universitas Kuningan
ISSN : 18583911     EISSN : 26145405     DOI : https://doi.org/10.25134/nuansa
Core Subject : Science,
NUANSA INFORMATIKA is a peer-reviewed journal on Information and Technology for communication media academics, experts and practitioners of Information Technology in pouring ideas of thought in the field of Information Technology. NUANSA INFORMATIKA is a peer-reviewed journal on Information and Technology covering all branches of IT and sub-disciplines including Algorithms, system design, networks, games, IoT, Software engineering, Mobile applications, and others
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2014)" : 6 Documents clear
PENGENALAN PEMBICARA DENGAN EKSTRAKSI CIRI MFCC MENGGUNAKAN METODE KUANTISASI VEKTOR Nunu Nugraha
NUANSA INFORMATIKA Vol 8, No 2 (2014)
Publisher : FKOM UNIKU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/nuansa.v8i2.12

Abstract

Speaker recognition adalah suatu proses yang bertujuan mengenali siapa yang sedang berbicara berdasarkan informasi yang terkandung dalam gelombang suara yang di-input-kan. Speaker identification adalah proses mendapatkan identitas dari seorang pembicara dengan membandingkan fitur-fitur suara yang di-input-kan dengan semua fitur-fitur dari setiap pembicara yang ada di dalam database. Penelitian ini membahas mengenai pengenalan pembicara dengan menggunakan ekstraksi ciri MFCC (Mel Frequency Cepstral Coefficients) dan metode kuantisasi vektor. Ekstraksi ciri MFCC menkonversikan sinyal suara kedalam beberapa vektor data yang berguna dalam proses pengenalan pembicara. Kemudian hasil dari ekstraksi tersebut akan dibandingkan dengan data pembicara yang ada dalam database. Kuantisasi vektor adalah proses meletakkan vektor-vektor ciri yang berukuran besar dan menghasilkan ukuran vektor-vektor yang kecil yang berhubungan dengan distribusi centroid. Algoritma K-mean digunakan untuk kluster. Pengenalan pembicara yang dibuat pada penelitian ini diujikan terhadap 22 orang pembicara, dimana masing-masing pembicara mengucapkan kata “bandung”. Pada tahap pengujian, ukuran distorsi berdasarkan minimisasi jarak Euclidean digunakan untuk mencocokkan pembicara yang diujikan dengan data pembicara dalam database. Nilai parameter  yang dirubah adalah ukuran codebook. Hasil pengujian menunjukkan tingkat akurasi tertinggi sistem dalam mengenali pembicara yaitu sebesar 95.45%. tingkat keberhasilan pengenalan tersebut dipengaruhi oleh nilai parameter-parameter yang digunakan dalam metode kuantisasi vektor yaitu ukuran codebook.   
Aplikasi Pengelolaan Kredit Perumahan Dengan Metode Kredit Risk Menggunakan PHP dan MySQL (Studi Kasus : Perum Alam Asri) RIO ANDRIYAT KRISDIAWAN
NUANSA INFORMATIKA Vol 8, No 2 (2014)
Publisher : FKOM UNIKU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/nuansa.v8i2.19

Abstract

The house is a primary requirement for the fulfillment of human well-being as food and clothing. However, it turns out the need for housing is often hampered by lack of funds owned by consumers who crave own their own home. Thus, through the development of mortgage ogled as the main alternative housing finance. Mortgages is the ability to execute a purchase or hold a loan with a promise, payment will be executed at the agreed time period. This is one of the emerging credit. In extending mortgages, banks here must be selective in assessing the feasibility of the proposed by the debtor bank's assessment was conducted in order to avoid losses due to the return of loans disbursed. Thus in doing the lending bank must make an assessment based lending procedures and internal controls in order to avoid bank bad credit. It is also to be planned strategically for mortgages in the brass, especially mortgage PERUM Alam Asri. As a business developer in the field of home ownership that must be taken into account is about sorting the data consumer in the home loan application process. Both in terms of the validity of the data and supported by field monitoring. From there, the author get the idea, how to design a management application homeownership in PERUM Alam Asri  which prioritizes the analysis of credit risk management. Which in essence how to manage existing credit processes to minimize credit risks that often arise. Starting from customer identity data collection in truth, filing mortgage, Customer Survey income, up to the management of the mortgage payment installments, thus minimizing credit risks exist. In designing this application, the authors use a Web-based programming languages, PHP and MySQL.Keyword : KPR, Credit Risk, PHP dan MySQL
Pembuatan Game Engine 3D Kampus Universitas Kuningan Dadan Nugraha; Wisnu Ahmad Maulana; Rahmat Ismaya
NUANSA INFORMATIKA Vol 8, No 2 (2014)
Publisher : FKOM UNIKU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/nuansa.v8i2.16

Abstract

Pada saat ini  bidang komputer telah mampu menampilkan dan mensimulasikan bentuk-bentuk nyata  kehidupan manusia ke dalam bentuk visual 3 dimensi dengan menggunakan perangkat lunak (software).  Misalnya game, iklan, animasi dan lainnya sudah mulai berkembang, dan banyak diminati baik anak-anak dan dewasa.   Game atau permainan  di dalam komputer telah mengubah cara dan gaya hidup masyarakat kita dalam kegiatan dalam kehidupan ini. Pikiran manusia lebih maju, komputer mulai digunakan dalam segala macam hal dalam kehidupan manusia dari yang terkecil sampai yang terbesar, seperti sekarang. Sebagai contoh, sebuah aplikasi untuk mendengarkan musik, aplikasi untuk memutar video, sampai permainan video gameDalam produksi atau membuat  permainan, peran komputer multimedia sangat penting. dimulai dari ide atau konsep yang kemudian dikembangkan dalam cerita oleh desainer permainan. Membuat permainan tidak mudah meskipun itu hanya sebuah permainan sederhana terutama bagi seseorang yang bukan desainer game. Namun, masalah ini dapat diselesaikan karena sekarang banyak perangkat lunak permainan yang memiliki kualitas dan fitur yang mudah untuk memahami  Salah satunya adalah Game Engine.yang terdapat pada software blenderUntuk itu penulis memiliki ide untuk membuat Game Engine 3 Dimensi Dengan adanya game 3D Kampus Uniku akan memberikan  informasi keadaan kampus, memvisualisasikan ,sebagai media yang menarik, real (nyata) mudah dimengerti oleh penggunanya bahkan dapat dijadikan referensi hiburan kampus yang efektif, dan motivasi mahasiswa untuk membuat game. Kata Kunci : Game Engine uniku, Game 3D Uniku   
Analisis dan Perancangan Pendeteksian Kesamaan Dokumen Teks Menggunakan Metode Latent Semantic Analysis Erlan Darmawan; Rika Septian
NUANSA INFORMATIKA Vol 8, No 2 (2014)
Publisher : FKOM UNIKU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/nuansa.v8i2.126

Abstract

Plagiarism is often called coppying or making bouquets, opinions , and so forth from others and make it as his own essays and opinion ( KBBI , 1997: 775 ) . To detect whether a document is plagiarism or not, we need a document similarity detection system. This system is done in computerized text, and it used to detect similarities Latent Semantic Analisys method  calculating the TF - IDF of each term in each document. In this paper, a system built using the Java programming language with Netbeans IDE. It can be concluded documents with similarity levels above 70 % can be said to be plagiarism.Keywords : Plagiarism , Similarity , LSA , TF - IDF
SISTEM PENDISTRIBUSIAN OBAT PADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN KUNINGAN BERBASIS WEB Erik Kurniadi
NUANSA INFORMATIKA Vol 8, No 2 (2014)
Publisher : FKOM UNIKU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/nuansa.v8i2.194

Abstract

Obat merupakan salah satu komponen penting dan barang yang tidak tergantikan dalam pelayanan kesehatan. Adanya Otonomi daerah membuka berbagai perubahan di masing-masing Kabupaten/Kota dalam melaksanakan distribusi obat dari Dinas Kesehatan ke Puskesmas yang ada di Kabupatennya. Permasalahan yang kerap terjadi adalah tidak terpantaunya persediaan obat-obatan di Puskesmas, juga sulit mengontrol stok obat-obatan yang telah kadaluarsa.  Belum lagi resiko kehilangan dan kerusakan obat-obatan pada saat pengiriman, ketidaktelitian saat memeriksa kebenaran data akuntansinya, dan penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi. Karena itu diperlukannya adanya sistem yang baik dan memadai dengan memanfaatkan teknologi informasi.
SISTEM INFORMASI KLASIFIKASI LATAR BELAKANG MAHASISWA BERDASARKAN PRESTASI AKADEMIKNYA MENGGUNAKAN TEKNIK DECISSION TREE STUDI KASUS : UNIVERSITAS KUNINGAN Aah Sumiah; Siti Maesyaroh; Fauziah .
NUANSA INFORMATIKA Vol 8, No 2 (2014)
Publisher : FKOM UNIKU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.72 KB) | DOI: 10.25134/nuansa.v8i2.275

Abstract

Salah Satu proses akademik untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi  adalah melalui proses Penerimaan Mahasiswa Baru. Dalam proses ini diberikan ujian dan proses tes potensi akademik yang digunakan untuk mengukur kemampuan mahasiwa dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Jika calon mahasiswa bisa melewati ujian dengan hasil yang bagus maka calon mahasiswa akan diterima sebagai mahasiswa sesuai dengan fakultas yang pilihnya dan jika tidak maka calon mahasiswa dinyatakan gagal dalam ujian. Proses seleksi calon mahasiswa baru yang dilakukan oleh universitas kuningan meliputi tes bahasa inggris, tes kemampuan potensi akademik, dan tes wawancara. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah ketika mahasiswa mampu mengikuti ujian tes yang diselenggarakan pada awal Penerimaan Mahasiswa Baru dengan hasil bagus apakah kemudian berarti mahasiswa tersebut juga mampu menyelesaikan studinya dengan hasil yang bagus juga. Hal ini lah yang kemudian mendasari penelitian ini.Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan pola data mining pada Penerimaan Mahasiswa Baru untuk memprediksi prestasi akademik mahasiswa berdasarkan latar belakangnya dan mengimplementasikanya ke dalam sebuah sistem informasi berupa program aplikasi yang dapat digunakan pihak lembaga untuk mengambil keputusan menerima atau tidaknya calon mahasiswa.Penelitian ini menggunakan data mining model classification dengan teknik decision tree menggunakan algoritma C.45 dan implementasi program menggunakan visual basic.net. Keyword :  sistem informasi, data mining, classification, decision tree, algoritma C.45, visual basic.net

Page 1 of 1 | Total Record : 6