cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Psiko-Edukasi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2013): Psiko Edukasi" : 5 Documents clear
Hubungan Antara Motivasi Sebagai Calon Konselor dan Daya Juang Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UNIKA ATMA JAYA Yoseph Pedhu; Caroline Lisa Setia W
Psiko-Edukasi Vol 11, No 2 (2013): Psiko Edukasi
Publisher : Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi adalah upaya yang mendorong individu melakukan aktivitas tertentu mencapai tujuan yang diinginkan. Ada dua jenis motivasi sebagai konselor, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah proses dorongan yang timbul dari dalam diri mahasiswa untuk bercita-cita menjadi konselor. Motivasi ekstrinsik adalah proses pengaruh dari luar diri mahasiswa yang mendorongnya memilih prodi Bimbingan Konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi sebagai calon konselor dan daya juang mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Unika Atma Jaya. Jumlah subjek penelitian sebanyak 52 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi sebagai calon konselor memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan daya juang para mahasiswa. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mengembangkan proses pembelajaran yang menarik dan pembinaan intensif di prodi Bimbingan dan Konseling sehingga dapat membangkitkan motivasi dan minat para mahasiswa terhadap profesi sebagai guru BK dan konselor.
PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN CLIENT-CENTERED PADA EMPAT REMAJA PUTRI KORBAN PELECEHAN SEKSUAL Veronica Maria
Psiko-Edukasi Vol 11, No 2 (2013): Psiko Edukasi
Publisher : Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelecehan seksual adalah suatu tindakan yang mengarah ke perbuatan seksual tidak diinginkan yang dilakukan baik secara verbal maupun non verbal yang berakibat merugikan orang lain atau korbannya.Konseling kelompok dengan pendekatan Client-Centered merupakan suatu upaya bantuan berfokus pada konseli yang dilakukan oleh konselor terhadap konseli dalam memecahkan masalah yang dialaminya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menangani dampak pelecehan seksual yang dialami oleh empat remaja putri korban pelecehan seksual melalui konseling kelompok dengan pendekatan Client-Centered.Subjek penelitian adalah ke empat remaja putri korban pelecehan seksual yang berusia 17 tahun.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dalam bimbingan konseling (PTBK).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi.Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan wawancara dan observasi menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan Client-Centered mampu menangani dampak pelecehan seksual ke empat remaja putri korban pelecehan seksual.Saran yang peneliti berikan kepada subjek adalah agar ke empat subjek dapat mengikuti konseling kelompok lanjutan atau konseling individual untuk kedepannya.Saran bagi guru BK dapat melakukan kegiatan konseling kelompok dan konseling individual sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru BK juga dapat membuat materi pencegahan pelecehan seksual sebagai langkah preventif pada program BK. Saran Pihak sekolah dapat merancang dan melakukan program sex education yang ditujukan kepada para siswa. Dan saran untuk orang tua dapat melakukan kerjasama dengan Guru BK untuk menangani permasalahan yang terjadi pada anaknya.
Penggunaan Media Pembelajaran Diagram Pada Topik Perkalian Pecahan Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V B SDK Ricci 1 Jakarta Yanih Maryani
Psiko-Edukasi Vol 11, No 2 (2013): Psiko Edukasi
Publisher : Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran diagram pada topik perkalian pecahan dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V B SDK Ricci 1 Jakarta dalam pembelajaran menggunakan media diagram. Subyek dalam penelitian ini adalah peneliti dan 32 siswa kelas V B serta dibantu oleh observer. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data kualitatif yaitu hasil observasi dan LKS yang dideskripsikan, serta teknik analisis hasil belajar diperoleh dari hasil pre-test dan post-test yang kemudian dicari nilai rata-ratanya dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil yang dicapai siswa, menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran diagram pada topik perkalian pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B SDK Ricci 1 Jakarta.
PERSEPSI GURU TERHADAP PENDIDIKAN SEKSUALPADA ANAK USIA DINI Maria Claudia Wahyu Trihastuti; Yohanna Claudia Dian Ariani
Psiko-Edukasi Vol 11, No 2 (2013): Psiko Edukasi
Publisher : Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tindakan kasus Kejahatan Seksual pada Anak (KSA)di Indonesia semakin memprihatinkan. Angka kasus KSA dari tahun ke tahun meningkat. Kasus KSA ini kini sudah mulai menyerang anak-anak TK maupun SD. Pada tahun 2014 ini dari laporan kekerasan pada anak yang ditangani komisi perlindungan anak 58 % adalah kasus KSA. Kejadian KSA tidak saja di rumah tetapi di sekolah. Sebagai lembaga pendidikan yang menghasasilkan guru-guru untuk tingkat TK, SD, SMP, dan SLTA kami tergugah untuk terlibat aktif mencegah kejahatan ini. Salah satu tindakan untuk mencegah terjadinya KSA adalah diberikan pengetahuan mengenai tubuhku milikku pada anak usia dini yang merupakan kelompok paling rentan akan KSA. Dengan pemberian pengetahuan sejak dini ini diharapkan anak-anak mampu menjaga tubuhnya dari KSA. Penelitian dilakukan terhadap 30 orang guru dari dua TK berbasis agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 30 guru (100%) memiliki persepsi yang sangat positif mengenai pendidikan seksualitas siswa usia TK. Guru menilai bahwa orangtua merupakan pihak yang paling bertanggungjawab terhadap pengajaran pendidikan seksualitas bagi anak usia dini. Hasil penelitin juga menunjukkan bahwa topik mengenai anggota tubuh manusia merupakan topik yang penting diberikan kepada siswa TK melalui metode pembelajaran berceritera.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Kelas V SDN Inti Tondo Palu Timur Najamuddin Laganing
Psiko-Edukasi Vol 11, No 2 (2013): Psiko Edukasi
Publisher : Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kualiatas pembelajaran IPA pada siswa SDN Inti Tondo Palu dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V dengan jumlah siswa 41 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, materi untuk siklus I yaitu pesawat sederhana, dan untuk siklus II yaitu sifat-sifat cahaya. Hasil penelitian pada siklus I didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 78,04% dan nilai rata-rata 75,8, aktivitas guru berada pada kategori baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru 90,6% dan aktivitas siswa berada pada kategori cukup yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa 81.25%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 90,24% dan nilai rata-rata 76,43, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas guru 96,35% dan aktivitas siswa berada pada kategori baik yaitu dengan rata-rata persentase aktivitas siswa 93,76%. Berdasarkan indikator penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Inti Tondo Palu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5