cover
Contact Name
Alfredo Bayu Satriya
Contact Email
alfredobayusatriya@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ejaei@unej.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
e-Jurnal Arus Elektro Indonesia
Published by Universitas Jember
ISSN : 25023508     EISSN : 24432318     DOI : -
Core Subject : Engineering,
JAEI (Jurnal Arus Elektro Indonesia) adalah majalah berkala ilmiah yang berisi hasil penelitian para peneliti, dosen dan praktisi mengenai ilmu-ilmu bidang keteknik elektroan khususnya di Indonesia dan tidak menutup kemungkinan hasil riset dari para penulis luar negeri. Arus yang dimaksud disini adalah asumsi dari pergerakan elektron yang mengalir melalui sebuah media tertentu. Dengan diberikannya bagian nama “arus” ini, keberlanjutannya nanti akan terus “mengalir arus” perkembangan terkini ilmu pengetahuan keteknik elektroan dengan lebih cepat di seluruh Indonesia melalui media artikel/jurnal ilmiah ini. Adapun topik-topik yang diusulkan untuk terbit pada majalah berkala ilmiah JAEI ini adalah topik mengenai elektronika, sistem tenaga, energi terbarukan, kendali, telekomunikasi dan multimedia.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 3 (2022)" : 5 Documents clear
1575.42 MHz Frequency Utilization on Intelligent Transportation System in Car Monitoring Distribution Delivery Logistic Using ublox GPS Neo 6M Shidqi Ramadhandy Rizqulloh; Ridwan Satrio Hadikusuma; Ulinnuha Latifa
Jurnal Arus Elektro Indonesia Vol 8 No 3 (2022)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jaei.v8i3.31359

Abstract

Intelligent Transportation System or a smart transportation system with new technology that has been growing in recent years which is used as a computing system and communication technology for various purposes, such as traffic management, vehicle and highway security and emergency services. The current growth of e-commerce is very powerful, because people have placed e-commerce as a lifestyle. The high demand for logistics and delivery causes the need for monitoring package cars. This research system is designed to automatically monitor package cars, by utilizing the receiver frequency in the L1 frequency band (1575.42 MHz) which is modulated by the Ublox GPS Neo 6M module. Accelerometer sensors and acoustic data are used in cars as speed gauges and are used to detect and provide brief recordings in the event of an accident and can also monitor the speed of the car's distribution of packages in real-time. It was obtained for 7 trials with the same speed and constantly to avoid the Doppler effect that the accuracy of the GPS was quite good and the data was successfully uploaded to the web server in real time.
Pemodelan Akuisisi Data Sistem Monitoring Kualitas Air Budidaya Pembenihan Ikan Kerapu Deardi Yusuf Prayoga; Nuralam Nuralam
Jurnal Arus Elektro Indonesia Vol 8 No 3 (2022)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jaei.v8i3.33656

Abstract

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan bahwa pada tahun 2020 Indonesia mengalami kenaikan peringkat menjadi berada di posisi 8 sebagai eksportir utama produk perikanan dunia. Salah satu komoditas produk perikanan yang berkontribusi dalam peningkatan nilai ekspor tersebut adalah ikan kerapu. Menurut Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung menyatakan bahwa perlu dilakukan pemeriksaan kualitas air budidaya ikan secara preventif dengan menerapkan digitalisasi pada pelaksanaannya. Sistem monitoring kualitas air pada kolam pembenihan budidaya ikan kerapu dibuat untuk mempermudah pembudidaya dalam melakukan pemeriksaan berkala terhadap kualitas air yang digunakan dengan parameter yang dimonitor yaitu suhu, derajat keasaman (pH), dan kadar garam (salinitas). Data kualitas air dapat dimonitor untuk membantu melihat tren perubahan serta rekam jejak data sehingga pembudidaya dapat mencegah terjadinya penyakit atau mengetahui penyebab jika terjadinya kematian pada ikan kerapu. Untuk jenis sensor yang digunakan adalah sensor derajat keasaman PH, sensor DSB18B20, dan sensor salinitas electrical conductivity. Hasil keluaran dari semua sensor berupa nilai tegangan, yang akan dibaca oleh ADS1115 yaitu ADC eksternal yang merubah nilai tegangan tersebut ke dalam bentuk satuan bit yang nantinya nilai ini akan dikonversi menjadi nilai pengukuruan yang diinginkan dan ditampilkan melalui LCD TFT-ILI9341 sebagai tampilan monitoring. Hasil kalibrasi sensor PH dan salinitias yang dibandingkan dengan alat ukur referensi memiliki selisih pembacaan yang relatif kecil yaitu ±0.11 untuk sensor PH dan ±0.24 untuk sensor salinitas. Setelah dilakukan pengujian dengan air laut, ketiga sensor memiliki nilai akurasi yang cukup tinggi dengan akurasi untuk sensor suhu sebesar 99.13%, untuk sensor PH sebesar 99.08% dan sensor salinitas sebesar 98.50%.
Rancang Bangun Simulator Perbaikan Faktor Daya Listrik 3 Fasa dengan Sistem Kendali Otomatis Akhwan Akhwan; Andri Pradipta; Bambang Gunari
Jurnal Arus Elektro Indonesia Vol 8 No 3 (2022)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jaei.v8i3.34494

Abstract

Dalam suatu system tenaga listrik permasalahan yang umum terjadi adalah fluktuasi beban yang tidak menentu. Hal ini akan menyebabkan faktor daya system berubah – ubah sesuai dengan perubahan jumlah beban listrik dan variasi beban listrik. Solusi untuk mengatasi permasalahan faktor daya listrik adalah kapasitor bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki faktor daya system 3 fasa yang dapat bekerja secara adaptif dalam merespon perubahan beban dan variasi beban lstrik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membuat rancang bangun simulator perbaikan faktor daya 3 fasa yang dilengkapi dengan system kendali otomatis untuk dapat mencapai nilai faktor daya yang baik. System kendali otomatis ini akan bekerja berdasarkan hasil pengukuran faktor daya system yang selanjutnya akan digunakan untuk mencari nilai kapasitas kapasitor bank yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai faktor daya system secara bertahap berhasil diperbaiki. Hal ini menunjukkan bahwa system kendali otomatis telah bekerja dengan baik.
AMC Femtocell untuk Komunikasi Drone Frekuensi 5 GHz menggunakan AWGN Metode Selection Combining pada Lingkungan Bergedung Andrita Ceriana Eska
Jurnal Arus Elektro Indonesia Vol 8 No 3 (2022)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jaei.v8i3.35045

Abstract

Perkembangan jaringan komunikasi seluler semakin meningkat. Penelitian ini melakukan analisa tentang jaringan komunikasi yang digunakan untuk komunikasi drone disekitar gedung-gedung dengan cakupan femtocell. Frekuensi komunikasi yang digunakan adalah 5 GHz. AMC (Adaptive Modulation and Coding) yang digunakan memanfaatkan MCS (Modulation and Code Scheme) terdiri dari QPSK, 16QAM, dan 64QAM. Hasil penelitian menunjukkan dominasi persentase 64 QAM dengan coderate 4/5 pada SC sebesar 91%.
Analisis Efisiensi Kinerja Motor BLDC Menggunakan Metode Kontrol Sliding Mode Observer PI Adi Mulyadi; Muhammad Zainal Rois; Bambang Sri Kaloko; Riska Fita Lestari; R. B. Moch. Gozali; Suprihadi Prasetyono
Jurnal Arus Elektro Indonesia Vol 8 No 3 (2022)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jaei.v8i3.34998

Abstract

Brushless DC (BLDC) motors are widely used and applied in industry but it is difficult to control BLDC motors. Basically, a Brusless DC (BLDC) motor or also known as a permanent magnet synchronous motor (PMSM) uses a hall sensor to determine the position and speed of the motor. The data on the value of the BLDC rotor speed (rpm) in the basic modeling of the BLDC motor as input from the sliding mode observer (SMO) method which is set in the BLDC rotor speed (rpm) set point. A sensorless method based on SMO is proposed to replace the hall-sensor device for estimating the rotor position and speed of BLDC motors. This study compares the value between the rotor speed (rpm) of BLDC without control and the rotor speed (rpm) of BLDC with control. PI control is one that determines the rotor speed efficiency of the BLDC. The most optimal value of Rotor Rotation Efficiency (rpm) using PI Control is at the rotor rotation speed of 2000 rpm and 2500 rpm or 100%. The value of Rotor Rotation efficiency (rpm) is greater, namely 100% or 2000 rpm from the 2000 rpm rotation speed set point for BLDC motor modeling using PI control when compared to BLDC motor modeling without PI control, namely 91.65% or 1833 rmp value from set point rotation speed 2500 rpm.

Page 1 of 1 | Total Record : 5