cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2014)" : 12 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 KENDARI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED Firman Riansyah; Suhar .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.764 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i1.3075

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa setelah diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended, (2) peningkatankemampuan berpikir kreatif matematik siswa setelah diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional, (3) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik antara siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended dan siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan secara purposive. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan (1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang signifikan pada kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended. (2) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang signifikan pada kelas yang pembelajarannya menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. (3) peningkatan kemampuan berpikir kreatifmatematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended lebih baik secara signifikan daripada menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional.  Kata Kunci: open-ended; berpikir kreatif matematik; konvensional
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN SIBERNETIK TEORI-PRAKTEK DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR PADA SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 3 KENDARI Putu Pursawati; Arvyaty .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.18 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i1.3080

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 4 siklus dan  bertujuan (1) meningkatkan proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Kendari pada materi sistem persamaan linear melalui penerapan pembelajaran sibernetik teori-praktek, (2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear melalui penerapan pembelajaran Sibernetik Teori-Praktek pada siswa kelas X2SMA Negeri 3 Kendari. Dengan indikator keberhasilan minimal 75% siswa telah mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan memperoleh nilai minimal 75, dan dan minimal 85% proses pelaksanaan tindakan. Pembelajaran Sibernetik Teori-Praktek telah dilaksanakan sesuaidengan rencana perbaikan pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan penerapan pembelajaran Sibernetik Teori-Praktek dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa kelas X2 SMA Negeri 3 Kendari pada materi Sistem Persamaan Linear. Kata Kunci: pembelajaran sibernetik; proses belajar; ketuntasan belajar
KUALITAS TES SUMATIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 SAWA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Sitti Fatimah; Zamsir .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.105 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i1.3082

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: tingkat kesukaran, daya pembeda, berfungsi tidaknya setiap pengecoh, seberapa besar validitas, seberapa besar reliabilitas,  seberapa besar kesalahan baku pengukuran. Dari analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Tingkat kesukarannya tergolong sedang karena terdapat 1 butir soal (5%) tergolong mudah, 15 butir soal 75% tergolong sedang dan 4 butir soal (2,5%) tergolong sukar. (2) Daya pembedanya tergolong sedang, karena dari 20 butir soal terdapat  10 butir soal (50%) dengan kategori sedang, 8 butir soal (40%) berkategori baik dan 2 butir  soal (10%) berkategori jelek. (3) Keefektifannya tergolong  efektif karena  dari 20 butir soal terdapat 18 butir soal (90%) memiliki distraktor yang efektif dan 2 butir soal (10%) yang distraktornya tidak efektif. (4) validitasnya adalah 3 butir soal (15%) yang tidak valid dan 17 butir soal yang valid. Reliabilitasnya adalah 0.629 yang tergolong tinggi dan Kesalahan baku pengukuran berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai SEM sebesar 2.058  2,719.  Kata Kunci: reliabilitas; kesalahan baku pengukuran; tingkat kesukaran.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA MATERI POKOK LIMIT FUNGSI PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 5 KENDARI Achmad Salido; La Misu; Mohammad Salam
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.368 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i1.3072

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal limit fungsi, (2) faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal limit fungsi. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, sehingga metodeyang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Kendari  Kendari Tahun Ajaran 2013/2014. Subyek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang dengan kriteria : (1)  memperhatikan siswa yang banyak membuat kesalahan dalam menjawab setiap butir soal; (2) memperhatikan kesalahan atau variasi kesalahan yang dilakukan siswa, berupa kesalahan konsep, prinsip dan prosedural. Data hasil wawancara digunakan sebagai pembanding datahasil tes. Analisis  data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Validasi data dilakukan dengan triangulasi data.  Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi limit  fungsi meliputi kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan prosedural.  Kata kunci: Analisis Kesalahan, Objek Matematika, Hasil Jawaban Siswa
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Worksheet Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kendari Imaludin Agus; La Masi
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.951 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i1.3077

Abstract

.
PENGARUH MANAJEMEN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPS KARTIKA XX-6 KENDARI Risfandi .; Busnawir .; Latief Sahidin
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.205 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i1.3081

Abstract

PPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan manajemen waktu pada siswa kelas VIII SMPs Kartika XX-6 Kendari; (2) mendeskripsikan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPs Kartika XX-6 Kendari; (3) mendeskripsikan pengaruh antara manajemen waktu terhadap hasilbelajar matematika pada siswa kelas VIII SMPs Kartika XX-6 Kendari. Berdasarkan hasil analisis  data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) manajemen waktu pada siswa kelas VIII SMPs Kartika XX-6 Kendari termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 125,413 dan standar deviasi sebesar 14,258; (2) Hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPs Kartika XX-6 Kendari tahun termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 72,69 dan standardeviasi sebesar 9,037; (3) Terdapat pengaruh manajemen waktu siswa secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPs Kartika XX-6 Kendari. Hal ini ditunjukkan dari melalui persamaan regresi   = 35,19+ 0,299X, dengan kontribusi sebesar 19,2%. Kata Kunci: manajemen waktu; hasil belajar; pengaruh
KUALITAS TES UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SLTP SE-KABUPATEN KONAWE SELATAN TAHUN AJARAN 2010/2011 DAN TAHUN AJARAN 2011/2012 Devi Nopita; Anwar Bey; Utu Rahim
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.919 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i1.3073

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi kualitas tes tentang reliabiltas tes, kesalahan baku pengukuran tes, tingkat kesukaran, daya pembeda, keefektifan distraktor (pengecoh) dan karakteristikbutir soal berdasarkan Taksonomi Bloom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) reliabilitas tes pada tahun ajaran 2010/2011 sebesar 0,686 dan pada tahun ajaran 2011/2012 sebesar 0,894, (2) kesalahan baku pengukuran tes pada tahun ajaran 2010/2011 sebesar 2,640 dan tahun ajaran 2011/2012 sebesar 2,343, (3) tingkat kesukaran butir soal tergolong mudah, (4) daya pembeda butir soal tergolong baik, (5) pengecoh butir soal tahun ajaran 2010/2011 berfungsi efektif dan tahunajaran 2011/2012 hanya ada satu butir soal yang tidak berfungsi dengan baik, (6) karakteristik butir soal tahun ajaran 2010/2011 dari dimensi kognitif Taksonomi Bloom adalah C1 10%, C2 35%, C3 37,5%, C4 17,5%, C5 0% dan C6 0%. Sedangkan tahun ajaran 2011/2012 diperoleh C1 12,5%, C2 30%, C3 47,5%, C4 10%, C5 0% dan C6 0%. Kata Kunci: kualitas tes; ujian nasional; tingkat kesukaran
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 9 KENDARI Imran .; Kadir .; Fahinu .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.108 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i1.3078

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis  masalah (PBM) dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran Langsung terhadap kemampuan koneksi matematika siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, Penelitian ini menggunakan cara Randomized Control Group Design  atau Posttes Only Control Group Design. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Rata-rata kelas eksperimen = 83,21 > kelas kontrol = 74,43, pengelolaan pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam pembelajaran kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, hasil Uji Hipotesis menunjukkan bahwa t hitung = 3,71 > ttabel =1,99, maka Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa secara signifikan penerapan modelpembelajaran berbasis masalah (PBM) lebih efektif daripada penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa di kelas IX SMP Negeri 9 Kendari pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung.  Kata Kunci: koneksi matematika; model pembelajaran; konvensional hitung
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 15 KENDARI Sri Wahyuni Ningsih; Mustamin Anggo; La Ode Ahmad Jazuli
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.422 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i1.3083

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa setelah diajar dengan pembelajaran guided discovery, (2) peningkatan kemampuan berpikirkreatif matematika siswa setelah diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) perbedaankemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran guided discovery dan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 15 Kendari. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Diperoleh kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII.3 sebagai kelas kontrol.Hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang signifikan pada kelas yang menggunakan pembelajaranguided discovery,dengan peningkatan 0,54. (2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang signifikan pada kelas dengan  pembelajaran konvensional, peningkatan 0,17. (3)Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan pembelajaran guided discovery lebih baik secara signifikan daripada peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional.  Kata kunci: guided discovery; berpikir kreatif matematika;konvensional
PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUSAMBI Elfina Ria; Rosdiana .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.618 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v2i1.3074

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Deskripsi disiplin belajar siswa kelas X; (2) Deskripsi perhatian orang tua siswa Kelas X; (3) Deskripsi hasil belajar matematika siswa kelas X; (4) Pengaruh disiplin belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa; (5) Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X; (6) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1Kusambi Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan pengambilan sampel total. Analisis  data dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Disiplin belajar siswa SMAN 1 Kusambi kategori baik, perhatian orang tua siswa SMAN 1 Kusambi kategori baik dan hasil belajar siswa SMAN 1 Kusambi berkategori baik. Secara bersama-sama disiplin belajar dan perhatian orang tua mempengaruhi hasil belajar matematika siswa SMAN 1 Kusambi.  Kata kunci: Disiplin Belajar, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Matematika

Page 1 of 2 | Total Record : 12