cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2018)" : 12 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 LAKUDO Asrina Ena; Ikman Ikman; Kodirun Kodirun
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.25 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v6i2.9114

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalamdua siklus, setiap siklus ada dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-Adengan jumlah 20 orang. Penelitian ini merupakanPenerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGTdi kelas VIII-ASMP Negeri 1 Lakudo. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan dari keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar matematika. Untuk keterlaksanaan pembelajaran, yaituketerlaksanaan pembelajaran dari guru dan siswa. Keterlaksanaan pembelajaran untuk siklus I gurumencapai94,74% dan siswa mencapai67,11%, siklus II mencapai 94,74% oleh guru dan 72,37% oleh siswa.Untuk hasil belajar matematika,dari 20 orang siswa hanya 9 siswa yang mencapai KKM, meningkat pada hasil tes siklus I menjadi 11 orang siswa dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 16 orang siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Lakudo pada pokok bahasan Operasi Aljabar dapat ditingkatkan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament). Kata
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI Sitti Nur Astuti S.; Muhammad Sudia; Utu Rahim
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.697 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v6i2.9119

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari yang terdiri dari 11 kelas paralel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara simple random sampling. Data diperoleh menggunakan lembar observasi dan  instrumen berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai rata – rata 39,01. Varians dan std. deviasi masing-masing sebesar 310,13 dan 17,61; (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai rata – rata 48,86. Varians dan std. deviasi masing-masing sebesar 533,33 dan 23,09; (3) model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA DARUL MUKHLISIN KENDARI Asniyati Asniyati; Lambertus Lambertus; La Arapu La Arapu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.876 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v6i2.9124

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MA Darul Mukhlisin yang terdiri 3 kelas yaitu kelas Xputra yang berjumlah 25 orang, kelas Xputri 1 yang berjumlah 16 orang dan kelas Xputri 2 yang berjumlah 18 orang dengan keseluruhannya berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) angket, (2) Hasil belajar diambil dari hasil ulangan semester; (3) Dokumentasi. Instrument yang di gunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket. Teknik analisis data  menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data dan  pembahasan diperoleh kesimpulan: Ada pengaruh yang positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MA Darul Mukhlisin Kendari yang dintunjukkan dengan persamaan regresi Y = 40,661 + 0,360X. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami perubahan  dalam satu satuan maka hasil belajar matematika siswa akan mengalami peningkatan sebesar 0,360.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TONGKUNO Mustika Mustika; Suhar Suhar; La Ndia La Ndia
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v6i2.9115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tongkuno yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (2) gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tongkuno yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional (3) apakah model pembelajaran tipe NHT berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tongkuno. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tongkuno yang terdiri dari 2 kelas VIII1 ,VIII2. Desain penelitian ini adalah the posttest only control group design. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini : (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pola bilangan dengan nilai rata-rata 75,41 (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi pola bilangan dengan nilai rata-rata 65,56 (3) model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 KENDARI Randita Cahyani Hamlin; Mohamad Salam; Kodirun Kodirun
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.896 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v6i2.9120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kendari yang diajar dengan model pembelajaran integratif, 2) deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kendari yang diajar dengan model pembelajran konvensional, dan 3) perbedaan pengaruh model pembelajaran integratif dan model pembelajran konvensional pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kendari. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggun akan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran integratif diperoleh nilai terendah 35, nilai tertinggi 90, mean 66,67., median 65,00, modus 65, standar deviasi 13,814., dan varians 190,833.  Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model  pembelajaran konvensional diperoleh nilai terendah 30, nilai tertinggi 80, mean 54,74., median 60,00, modus 70, standar deviasi 17,117 dan varians 292,983.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 RAHA Aisah Kartika Rani; Arvyaty Arvyaty; Lambertus Lambertus
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.458 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v6i2.9116

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui deskripsi hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping di kelas VIII1 SMP Negeri 3 Raha; (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi koordinat kartesius di kelas VIII1 SMP Negeri 3 Raha. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) Proses pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping di kelas VIII1SMP Negeri 3 Raha berjalan sangat baik yang ditunjukan dengan keterlaksanaan pembelajaran dan aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan dari 35% menjadi 78,33%. (2) hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas control setelah dilakukan penelitian mengalami peningkatan yang signifikan. (3) Berdasarkan hasil uji t, menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran mind mapping memiliki perbedaan rata-rata hasil belajar dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 KENDARI Aisyah Wiyono; Mustamin Anggo; Kadir Kadir
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.658 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v6i2.9121

Abstract

Penelitian expos fakto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari yang berjumlah 345 siswa yang tersebar dalam sepuluh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 67 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan dua cara yaitu angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sedangkan tes digunakan untuk mengambil data hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferansial. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari, besarnya pengaruh kecerdasan emosional yaitu sebesar 13,6%, sedangkan  sisanya sebesar 86,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 5 KENDARI Hermin Hermin; Kodirun Kodirun; La Arapu La Arapu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (860.201 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v6i2.9117

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5Kendari tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling,  kemudian dipilih 2 kelas sebagai sampel secara random.Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa lembar observasi dan tes  berbentuk soal uraian.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: 1) persentase tingkat keaktifan siswa pada 4 kali pertemuan dengan model pembelajaran Think Talk Write  mengalami peningkatan, yaitu 69,44% sampai 97,22% (2) Rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Writeadalah 73,17(3) Rata-rata  kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung adalah 64,77, dan (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMPN 5 Kendari.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 18 KONAWE SELATAN Alfa Syahrin; Mustamin Anggo; Arvyaty Arvyaty
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (975.82 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v6i2.9122

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi Teorema Pythagoras melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 18 Konawe Selatan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 siklus, dimana tiap siklus 1 pertemuan. Penelitian ini terlaksana pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di kelas VIIIC SMP Negeri 18 Konawe Selatan, dengan  jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 8 orang lakilaki dan 13 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika materi Teorema Pythagoras melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 18 Konawe Selatan. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I hingga siklus IV menunjukan bahwa persentase aktivitas guru dan siswa secara klasikal mencapai indikator keberhasilan sebesar 80 %. Persentase hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan sebesar 75 % dengan standar indikator keberhasilan sebesar 68.
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL BENTUK PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KENDARI Ays Karlina; La Masi La Masi; Kodirun Kodirun
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.957 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v6i2.9112

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesikan soal persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan Untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesikan soal persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kendari tahun ajaran 2017/2018 pada kelas VIIA. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan fakta, konsep, prinsip, dan operasi, dan (2) Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah siswa kurang teliti dalam membaca soal, siswa tidak paham maksud dari soal yang diberikan sehingga tidak tahu bagaimana cara menjawab soal tersebut, siswa keliru dalam menuliskan satuan, siswa masih kurang paham bagaimana cara menyamakan kedua ruas, siswa tidak tahu bagaimana cara mengubah soal menjadi model matematika pada soal cerita.

Page 1 of 2 | Total Record : 12