cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2019)" : 11 Documents clear
PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KENDARI La Hasan La Hasan; Anwar Bey; Hasnawati Hasnawati
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (923.545 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v7i3.9279

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan posttest only control design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari berjumlah 362 siswa. Sampel diambil dengan teknik purpossive sampling, kelas kontrol dan kelas eksperimen ditentukan secara acak (random sampling). Kelas eksperimen (kelas VIII-G) berjumlah 36 siswa diajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan kelas kontrol (kelas VIII-H) berjumlah 33 siswa diajar dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasilnya, rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (74,92) lebih tinggi daripada kelas kontrol (70,12). Kesimpulannya, pendekatan Contextual Teaching and Learning mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 KENDARI Febriyanti Tahir; Kodirun Kodirun; Rahmad Prajono
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.076 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v7i3.9280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Projectterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kendari tahun pelajaran 2018/2019. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VII7­ sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan kelas VII8 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematics Project tidak lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di kelas VII SMP Negeri 1 Kendari.
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS PADA SISWA KELAS VIII-2 MTs NEGERI 2 KENDARI Rismala Dewi; Lambertus Lambertus; Hafiludin Samparadja
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1014.108 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v7i3.9281

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksploratif, metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam  penelitian ini adalah kelas VIII-2 MTs Negeri 2 Kendari sebanyak 29 orang, dan subjek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Validasi data dilakukan dengan triangulasi data. Data tentang kesalahan masing-masing subjek diperoleh dari tes. Jawaban siswa dianalisis untuk mendapatkan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan  soal Persamaan Garis Lurus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal  Persamaan Garis Lurus yaitu kesalahan menginterpretasi bahasa, kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan dalam keterampilan, (2) penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal  Persamaan Garis Lurus adalah siswa tidak memahami konsep, siswa tidak dapat menggabungkan konsep-konsep yang diperlukan dalam menyelesaikan soal, dan faktor keteledoran siswa, siswa tidak memahami maksud soal dan langkah-langkah untuk menyelesaikan soal.
PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKATERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI Nur Hajarus Afiatman; Hafiludin Samparadja; Mustamin Anggo
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (967.878 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v7i3.9277

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematikaterhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Propotional Random Sampling.Kemudian, dipilih sampel kelas sebanyak 165 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari.
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 KENDARI Dino Steven; La Ndia La Ndia; La Arapu La Arapu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (901.427 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v7i3.9278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 9 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII­-D sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model Problem Based Learning dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 KONAWE SELATAN Ni Made Maetri Yanti; Muhammad Sudia; La Arapu La Arapu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v7i3.11375

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 5 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII­-D sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran Mind Mapping dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KENDARI Wa Tati Wa Tati; Zamsir Zamsir; Saleh Saleh
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v7i3.11382

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasimatematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri1 Kendari tahun pelajaran 2019/2020 terdistribusi dalam 9 kelas.Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIII­4 sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Writedan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaranProblem Based Learning. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kendari.
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KENDARI Reni Anggraeni; La Ode Ahmad Jazuli; Hafiludin Samparadja
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v7i3.11376

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari yang terdiri dari 11 kelas parallel berjumlah 362 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 64 siswa, yang terbagi atas dua kelompok belajar, yaitu kelas VIIIJ sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas VIIII sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase keberhasilan pengelolaan pembelajaran oleh guru pada empat pertemuan berturut-turut adalah 90%, 84%, 91%, dan 93%; persentase keaktifan siswa pada empat pertemuan berturut-turut adalah 79%, 83%, 92%, dan 93%; (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan PMR adalah 69,26; (3) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik adalah 56,95; dan (4) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan PMR terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 13 KENDARI Saranani, Achmad; Hasnawati, Hasnawati; Prajono, Rahmad
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v7i3.11379

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kendari dan dipilih sampel sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk uraian. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan : (1) Persentase tingkat keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write selama 7 kali pertemuan secara berturut turut adalah 88,24%, 82,35%, 88,24%, 94,12%, 94,12%, 94,12% dan 94,12%  sedangkan persentase tingkat keaktifan siswa pada 7 kali pertemuan berturut-turut adalah 86,67%, 86,67%, 90%, 91,67%, 91,67%, 91,67% dan 91,67%. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII3 SMP Negeri 13 Kendari yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada materi lingkaran dengan rata-rata yaitu 79,843. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII4 SMP Negeri 13 Kendari yang diajar dengan menggunakan pembelajaran langsung pada materi lingkaran dengan rata-rata yaitu 74,687. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kendari.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARANCONCEPT ATTAINMENT DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI 2 KENDARI Ardiyani Febi Isnaeni; Mustamin Anggo; Fahinu Fahinu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 7, No 3 (2019)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v7i3.11380

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kendari yang terdiri dari 6 kelas parallel berjumlah 177 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 64 siswa, yang terbagi atas dua kelompok, yaitu kelas VII2 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran concep attainment dan problem based learning berjumlah 32 siswa dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung berjumlah 32 siswa.Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru, dan tes pemahaman matematis siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh pemahaman matematis siswa yang diajar concept attaintment dan problem based learningmengalami rata-rata peningkatan sebesar 0,78.

Page 1 of 2 | Total Record : 11