cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jinopfkip@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
ISSN : 24431591     EISSN : 24600873     DOI : 10.2229.
Core Subject : Education,
JINoP acts as medium of publicating the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the journal are projected to inspire circles of education in conducting innovation in teaching and learning process.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2015): November 2015" : 10 Documents clear
Penerapan Lesson Study pada Matakuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMM FKIPUMM, Sugiarti; Anggraini, Purwati; Ekarini Saraswati, Ekarini
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2015): November 2015
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.796 KB) | DOI: 10.22219/jinop.v1i2.2603

Abstract

ABSTRAKTujuan lesson study ini (1) mendeskripsikan penerapan lesson study untuk meningkatkan soft skill mahasiswa dalam mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas, (2) peningkatan kemandirian cara belajar mahasiswa baik di luar kelas maupun di dalam kelas, (3) peningkatan proses pembelajaran yang mengakomodasi kepentingan mahasiswa yang bervariasi, (4) Peningkatan iklim belajar yang kondusif bagi mahasiswa dengan cara asah, asih dan asuh, (5) mengungkapkan praktik baik  (best practices) yang dilakukan dosen dan mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung.Lesson study dilaksanakan di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada matakuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mulai 2 Juni 2014-13 Juni 2014. Satu siklus lesson study terdiri atas perencanaan (plan), tindakan (do), dan refleksi (see). Pembelajaran ini dibagi dalam empat siklus. Mahasiswa yang menempuh matakuliah PTK terlibat dalam kegiatan lesson study sebagai subjek pembelajaran. Target akhir dalam pembelajaran ini adalah mahasiswa dapat meningkatkan keterampilannya dalam menyusun proposal PTK.Hasil yang dicapai adalah (1) lesson study dilakukan dengan model pembelajaran cooperatif learning untuk meningkatkan soft skill mmahasiswa, (2) kemandirian belajar mahasiswa dapat terlihat dalam sesi diskusi dan ada proses saling asah, asih, dan asuh, (3) mahasiswa lebih bersemangat dan berkonsentrasi dengan adanya pengisian lembar kerja mahasiswa pada setiap proses pembelajaran dan adanya pendekatan khusus dari dosen pengampu mata kuliah, (4) ada proses saling asah, asih, dan asuh dalam proses pembelajaran, (5) ada proses menyusun perencanaan pembelajaran secara bersama-sama oleh tim pengajar, saling memberi koreksi antar kolega, dan proses evaluasi pembelajaran yang melibatkan dosen dan mahasiswa. Kata kunci: lesson study, soft skill, PTK. ABSTRACTThe purpose of lesson study is (1) describe the application of lesson study to improve the soft skills of students in the subject of a Class Action Research, (2) increase the independence of the way of student learning well beyond the classroom and in the classroom, (3) improvement of the learning process that accommodates the interests of students varied, (4) Improved climate conducive to student learning by way of sharpening, and foster compassion, (5) reveal good practices (best practices) carried lecturers and students during the learning process.Lesson study conducted in Prodi Language and Literature Indonesia in the course of classroom action research (PTK) from 2 June 2014-13 June 2014. One lesson study cycle consists of planning (plan), action (do) and reflection (see). Learning is divided into four cycles. Students who take a course PTK engage in lesson study as a subject of learning. The final target in this study is the students can improve their skills in preparing proposals PTK.The results achieved are: (1) lesson study conducted by the learning model cooperative learning to improve soft skills mmahasiswa, (2) independence of student learning can be seen in the discussion session and a process of mutual grindstones, compassion, and custody, (3) students more excited and concentrate with the charging worksheets students at all learning process and the particular approach of the lecturer of the course, (4) a process of mutual grindstones, compassionate, and foster the learning process, (5) there is the process of planning the learning jointly by teaching team, giving each correction among colleagues, and learning evaluation process involving faculty and students. Keywords: lesson study, soft skills, Classroom Action Research
Writing Factual Report: A Potential Way To Enhance Student’s Critical Thinking Ability Anwar, Khoirul; Iramawaty, Lathifah
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2015): November 2015
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.259 KB) | DOI: 10.22219/jinop.v1i2.2568

Abstract

ABSTRAKTerdapat banyak perubahan yang terlihat jelas diantara penggunaan KTSP dan kurikulum 2013 dimana kurikulum 2013 dirancang dengan lengkap untuk menghasilkan kompetensi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis. Karena hal ini adalah tantangan bagi para guru, artikel ini bermaksud untuk mendiskusikan dan menganalisis bagaimana menulis laporan faktual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis para siswa. Pentingnya kemampuan berpikir kritis dan strategi yang digunakan untuk meningkatka kemampuan berpikir kritis siswa juga manjadi salah satu bahasan artikel ini. Tujuan penulisan artikel ini lebih lanjut untuk memberikan deskripsi jelas terhadap kemampuan berpikir kritis dan prosedur yang disarankan untuk menggunakan metode menuliskan laporan faktual pada pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Lebih lanjut, menggunakan metode menuliskan laporan faktual secara jelas dapat menmbantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang merupakan tujuan paling utama dalam pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing pada masa ini. Kata kunci: Laporan Faktual, Berpikir Kritis Kemampuan. ABSTRACTThere are a lot of changes which are quite prominent between KTSP and 2013 curriculum in which the latest one was highlydesigned for producing  students’ competencies to have critical thinking ability. Since this is challenging for teachers, this article is to discuss and analyze about how writing factual report enhances students’ critical thinking. The importance of critical thinking and strategies used to increase students ability to think critically is also discussed. The aim of this article is further to give aclear description of critical thinking and the suggested procedures of using writing  factual report in EFL teaching. Furthermore, using writing factual report can definitely help enhance students’ critical thinking which is extremely as the most important goal  in EFL teaching nowadays. Keywords: Factual Report, Critical Thinking Ability
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Pendekatan Pengajuan Soal Pada Materi Peluang di SMK Negeri 2 Kediri Rustini, Titin
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2015): November 2015
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.319 KB) | DOI: 10.22219/jinop.v1i2.2572

Abstract

AbstrakPelajaran matematika bagi sebagian siswa merupakan pelajaran yang sulit, tidak menyenangkan atau kadang menakutkan, sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar matematika secara mendalam. Siswa perlu diberikan suatu tugas dimana siswa sendiri yang akan membuat soal dan menyelesaikannya sendiri, sehingga soal yang mereka buat dan selesaikan menjadi soal yang lebih bermakna bagi mereka. Salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan pengajuan soal.Tujuan dari penelitian adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan pengajuan soal yang baik untuk materi teori peluang dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan pengajuan soal pada materi teori peluang. Penelitan ini dilakukan dengan jenis pengembangan dengan data diperoleh melalui angket, observasi dan tes. Semua data dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dengan mengadopsi kesembilan unsur model desain sistem pembelajaran Kemp, diperoleh perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan pengajuan soal yang baik yaitu memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif pada materi peluang, (2) pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan pengajuan soal efektif untuk mengajarkan materi peluang di SMKN 2 Kediri karena memenuhi empat indikator yaitu ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 87%, aktivitas siswa untuk setiap kategori berada dalam kriteria waktu ideal, respons siswa positif, dan nilai rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran untuk setiap RPP berkategori baik dan sangat baik. Kata Kunci: kooperatif tipe STAD, pengajuan soal, teori  peluang.         Abstract         Mathematics for some students is a difficult subject, unpleasant or scary sometimes, so that students are not motivated to learn mathematics in depth. Students need to be given an assignment in which the students themselves who will create their own problems and solve them, so that they make matter and resolve the matter more meaningful for them. One model of learning that is used to achieve the desired result is STAD cooperative learning with problem posing approach. This research was conducted with the type of development with the data obtained through questionnaires , observations and tests . All data were analyzed descriptively The purpose of the research is to produce devices STAD cooperative learning with problem posing approach about the probability theory is good and effectiveness of STAD cooperative learning with problem posing approach about the probability theory.The results showed that ( 1 ) by adopting the nine elements of the design model of learning systems Kemp , produce device the STAD cooperative learning with problem posing approach  that is good  meets the criteria of a valid , practically and effective on  opportunities theory , ( 2 ) the STAD cooperative learning with problem posing approach effective  for teaching about probability theory at SMK 2 Kediri because it meets the four indicators , namely mastery of learning outcomes in the class is 87 % , the activity of students for each category  within the ideal time criteria , student response is positive, and the average value of the teacher s ability to manage the learning each lesson plan categorized well and very well . Keywords: the STAD cooperative learning, problem posing, probability
Desain Pembelajaran Luas Segi Banyak Menggunakan Tangram Berpetak di Kelas IV Puspasari, Lia; Zulkardi, Zulkardi; Somakim, Somakim
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2015): November 2015
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.757 KB) | DOI: 10.22219/jinop.v1i2.2566

Abstract

AbstractThis research is used for (1) knowing the understanding of fourth grade students of elementary school in finding polygon area concept through square-grid Tangram; (2) resulting the learning trajectory for the student in learning polygon area through square-grid Tangram by having approaching PMRI to the fourth grade students. This research involved 26 students of fourth grade at Az-Zahrah Palembang. It used design research methodology of learning polygon area through square-grid Tangram included preparing for experiment steps, teaching experiment, and retrsospective analysis. It’s resulted Learning Trajectory which is connected to the three learning process activities, hence: (1) determine kinds of plane figure and plane partitioned (using any kinds of employment context); (2) determine the area ofsquare unit (using square-grid Tangram); (3) founding algorithm of polygon area. The result shown by using PMRI approach, square-grid Tangram is useful as a model to support the students in finding polygon concepts. Keywords: Polygon area, Square-grid Tangram, design research, PMRI AbstrakPenelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam menemukan konsep luas segi banyak menggunakan Tangram berpetak; (2) menghasilkan lintasan belajar bagi siswa melalui Tangram berpetak dalam pembelajaran luas segi banyak menggunakan pendekatan PMRI di kelas IV. Penelitian dilaksanakan di SD Islam Az-Zahrah Palembang yang melibatkan 26 orang siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah design research pembelajaran luas segi banyak menggunakan Tangram berpetak melalui tahap-tahap preparing for the experiment, teaching experiment, dan retrospective analysis. Penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory yang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam 3 aktivitas yaitu: (1) menentukan jenis bangun datar dan mempartisi bangun (menggunakan konteks berbagai pekerjaan); (2) menentukan luas dengan persegi satuan (menggunakan Tangram berpetak); (3) menemukan algoritma luas segi banyak. Hasil dari percobaan pembelajaran menunjukkan bahwa dengan pendekatan PMRI, Tangram berpetak berperan sebagai model yang mendorong siswa menemukan konsep luas segi banyak. Kata Kunci: Luas segi banyak, Tangram berpetak, design research, PMRI
Pengaruh Jigsaw Dan Motivasi Belajar Pada Mapel Bahasa Inggris “Reported Speech” Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Taman Madya Kota Probolinggo Indrianie, Niken Shali
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2015): November 2015
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.795 KB) | DOI: 10.22219/jinop.v1i2.2567

Abstract

AbstractThis research is aimed to know the result of the study of the students on the English subject “Reported Speech” by using cooperative learning strategies model jigsaw in relation to the students’ motivation. This research is conducted on SMA Taman Madya, Probolinggo city by using quantitative approach. The data of the research is collected from the observation to the teacher, students’ activity, and the ability on English test “Reported Speech”. The source of the data are the students of tenth grade and observation on the school’s activity. The result of this study shows that the cooperative learning model jigsaw is well-applied in parallel to the lesson plan. The students’ activity in a group is well-conducted ad able to follow its function. The skill of the students in the learning and teaching of material and topics to the group is well-conducted and resulted in clear understanding and ability to solve the problem of English “Reported Speech” by the other students, as well as a well-conducted finishing steps and a well-established steps on doing the evaluation to show an enhanced result of study. Keywords: cooperative learning, jigsaw, learning motivation, result of study AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil  belajar  siswa pada mata pelajaran  bahasa Inggris “Reported Speech” dengan menggunakan pembelajaran cooperative learning model Jigsaw yang dikaitkan dengan motivasi belajar siswa . Penelitian ini dilaksanakan di SMA Taman Madya Kota Probolinggo dengan  menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian berupa observasi aktivitas guru,  aktivitas siswa dan kemampuan mengerjakan soal dalam bahasa Inggris “Reported Speech”. Data Penelitian bersumber pada peserta didik kelas X dan observer yang melaksanakan penelitian di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran cooperative  learning  model Jigsaw  terlaksana dengan baik sesuai dengan sintak pembelajaran yang  direncanakan. Aktivitas setiap siswa yang belajar secara berkelompok dapat berperan dan dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Kemampuan setiap siswa dalam belajar dan mengajarkan materi/pokok bahasan kepada temannya yang lain dalam kelompok dapat berlangsung dengan baik sehingga temannya mampu untuk memahami dan memecahkan masalah bahasa Inggris “Reported Speech” dengan baik, dan pada langkah penyelesaian serta langkah mengerjakan soal evaluasi (tes) dapat terlaksana dengan baik serta menunjukkan hasil belajar yang  cukup meningkat  . Kata kunci: cooperative learning, jigsaw, motivasi belajar, hasil belajar
Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Melalui Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) Pada Kelas X-IPA 3 SMAN Candipuro Lumajang Winarsih, Anis Dwi
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2015): November 2015
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.681 KB) | DOI: 10.22219/jinop.v1i2.2604

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil  belajar  siswa pada mata pelajaran  bahasa Indoneisa Teks Prosedur Kompleks dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Candipuro Lumajang dengan  menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini berupa observasi aktivitas guru,  aktivitas siswa dan kemampuan mengerjakan soal dalam bahasa Indonesia tentang Teks Prosedur Kompleks. Data Penelitian bersumber pada peserta didik kelas X-IPA 3 dan observer yang melaksanakan penelitian di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) terlaksana dengan baik sesuai dengan sintak pembelajaran yang  direncanakan. Kemampuan setiap siswa dalam belajar dan mengajarkan materi/pokok bahasan kepada temannya yang lain dalam kelompok dapat berlangsung dengan baik, sehingga temannya mampu untuk memahami dan memecahkan masalah bahasa Indonesia Teks Prosedur Kompleks dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan prosentase belajar siswa dalam menulis teks prosedur kompleks dari 30% menjadi 83,3%. Kata Kunci: Kemampuan menulis, teks prosedur kompleks, model pembelajaran STAD
Pengembangan Mobile Learning Pada Mata Kuliah Geometri Dengan Pendekatan Matematik Realistik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Buchori, Achmad; Rasiman, Rasiman; Prasetyowati, Dina; Kartinah, Kartinah
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2015): November 2015
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.993 KB) | DOI: 10.22219/jinop.v1i2.2570

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah mengembangkan Mobile Learning dengan pendekatan matematik realistik pada mata kuliah Geometri ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Adapun target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu menguji efektifitas perangkat pembelajaran Mobile Learning dengan pendekatan matematik realistik pada mata kuliah Geometri ditinjau dari kemampuan berpikir kritis mahasiswa Program Studi pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model yang dikembangkan Borg dan Gall yang meliputi 10 tahapan. Dalam penelitian ini tahapan yang dilakukan hanya sampai pada tahap kelima yaitu Main Product Revision.Analisis pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara data dengan kriteria-kriteria, yaitu praktis dan efektif. Pada kriteria praktis menunjukkan hasil evaluasi ahli media sebesar 93%, ahli materi sebesar 83%, dan mahasiswa sebesar 86%. Dalam kriteria efektif produk ditunjukan dari prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol. Dari analisis menggunakan uji-t didapatkan  thitung > ttabel yaitu 5,98 > 1,71, maka Ho ditolak artinya pembelajaran dengan menggunakan media mobile learning dengan pendekatan matematik realistik lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa media mobile learning dengan pendekatan realistik matematik ini efektif digunakan sebagai proses pembelajaran. Kata Kunci: Mobile learning, Geometri, Pendekatan Realistik Matematik. ABSTRACSThe purpose of this research is to develop a Mobile Learning with realistic mathematical approach to the subject geometry in terms of critical thinking skills. The specific targets to be achieved in this research is to test the effectiveness of the learning Mobile Learning with realistic mathematical approach to the subject geometry in terms of critical thinking skills of students in Mathematics Education Study Program University of PGRI Semarang. Learning software development procedures using the model developed Borg and Gall which includes 10 stages. In this research phase is done only until the fifth stage, namely Main Product Revision.The analysis in this study is done by comparing the data with the criteria, that is practical and effective. On practical criteria shows the results of the expert evaluation of media by 93%, amounting to 83% of material experts, and students by 86%. Effective products in the criteria indicated from experimental class learning achievement better than the control class. From the analysis using t-test obtained t count> t table ie 5.98> 1.71, then Ho is rejected it means learning using mobile learning media with realistic mathematical approach is better than the conventional learning. So it can be concluded that mobile learning media with realistic mathematical approach is effectively used as a learning process. Keywords: Mobile learning, Geometry, Mathematical Realistic Approach.
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi UMM Melalui Lesson Study Wahyuni, Sri; Susetyorini, Roro Eko; Latifa, Roimil
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2015): November 2015
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.7 KB) | DOI: 10.22219/jinop.v1i2.2571

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mendiskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui kegiatan lesson study  serta menemukan Best Practices pembelajaran melalui pelaksanaan lesson study. Metode penelitian ini adalah diskriptif dengan menerapkan  lesson study dengan langkah Plan-Do-See (4 Siklus). Lesson Study dilakukan oleh kelompok dosen Prodi Pendidikan Biologi UMM, pada matakuliah Mikrotehnik dan Embriologi dengan menerapkan pembelajaran proyek dan Two Stay Three Stray pada mahasiswa Semester VI Angkatan 2011. Subyek penelitian mahasiswa program studi pendidikan biologi sem  VI yang berjumlah 30 orang pada tahun ajaran 2013-2014 yang menempuh matakuliah mikroteknik dan embriologi. Parameter kemampuan berfikir kritis meliputi:kejelasan (clarity), tingkat akurasi (accuracy) presisi (precision), relevansi (relevance), logika berpikir yang digunakan (logic), keluasan sudut pandang (breadth) kedalaman berpikir (depth), kejujuran (honesty)tetap, kelengkapan informasi information) dan bagaimana implikasi dari solusi yang dikemukakan (implication).Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran proyek pada matakuliah Mikroteknik dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis sebesar 18,5%. Sedangkan penerapan pembelajaran Two Stay Three Stray pada matakuliah Embriologi dapat meningkatkan berfikir kritis sebesar 15%. Best practices Kegiatan Lesson Study di Prodi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang adalah adanya kekompakan dan semangat kerja tim dosen dan mahasiswa dalam pemecahan masalah pada matakuliah Mikroteknik dan Embriologi, serta adanya perubahan paradigma pada diri dosen dari teaching menjadi learning. Kata kunci: Lesson study, Kemampuan berfikir kritis, Pembelajaran inovatif  (Pembelajaran Proyek, Two Stay-Two Stray)
Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Listening Materi Part of Speech Text Narative melalui Audio Lingual Method Siswa SMA Muhammadiyah I Malang Lestari, Yuni
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2015): November 2015
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.319 KB) | DOI: 10.22219/jinop.v1i2.2605

Abstract

Kondisi kemampuan menulis puisi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah I Malang yang masih rendah. Hasil observasi menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi part of speech pada text narative pelajaran listening masih rendah. Permasalahanya adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan audio lingual method untuk meningkatkan kemampuan mengerjakan soal part of speech pada soal narative pelajaran listening siswa pada tahap pramengerjakan, mengerjakan, dan pascamengerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan hasil belajar siswa SMA Muhammadiyah I Malang pada mata pelajaran listening materi part of speech pada text narative melalui audio lingual method  dengan menggunakan audio lingual method.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan yang diterapkan adalah tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas SMA Muhammadiyah I Malang, sedangkan subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI  SMA Muhammadiyah I Malang sebanyak 23 siswa.  Data penelitian ini berupa perilaku siswa serta skor siswa dalam proses pembelajaran mengerjakan materi part of speech pada text narative pelajaran listening dengan menerapkan audio lingual method. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode kualitatif untuk mengetahui hasil peningkatan belajar siswa SMA Muhammadiyah I Malang pada mata pelajaran listening materi part of speech pada text narative melalui audio lingual method.Pembelajaran dengan menggunakan audio lingual method dapat meningkatkan belajar siswa SMA Muhammadiyah I Malang pada mata pelajaran listening materi part of speech pada text narative melalui audio lingual method , hal itu dapat dilihat dalam keberhasilan siswa siswa secara individu. Pada siklus I dengan kualifikasi cukup,  siklus II kemampuan siswa dalam mengerjakan materi part of speech pada text narative pelajaran listening dengan kualifikasi baik.  Kata kunci: Listening materi part of speech, text narative, audio lingual method, Tindakan Kelas.
Pengaruh Pemakaian Media Papan TKP (Tempat Kejadian Perkara) Terhadap Kemampuan Bercerita Rachmanita, Elfy
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 1, No 2 (2015): November 2015
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (35.227 KB) | DOI: 10.22219/jinop.v1i2.2569

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan TKP (Tempat Kejadian Perkara) terhadap kejelasan vokal dan intonasi, kelancaran berbicara, dan keruntutan alur cerita siswa saat bercerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Hasil penelitiannya sebagai berikut. Pertama, ada pengaruh penggunaan media papan TKP (Tempat Kejadian Perkara) terhadap kejelasan vokal dan intonasi siswa saat bercerita. Kedua, ada pengaruh penggunaan media papan TKP (Tempat Kejadian Perkara) terhadap kelancaran berbicara siswa saat bercerita. Ketiga, ada pengaruh penggunaan media papan TKP (Tempat Kejadian Perkara) terhadap keruntutan alur cerita siswa saat bercerita.Kata Kunci: media papan TKP (Tempat Kejadian Perkara), kemampuan bercerita, pembelajaran berceritaABSTRACT: The purpose of this research is to know the influence of flannel board media on storytelling capability. Research method is quntitative descriptive. Breakdown of research results as follows. First, description of influence flannel board to vocal and intonation. Second, description of flannel board media to speaking capability. Third, description of influence flannel board media to crhonologycal storytelling. Keywords: flanel board, tellingstory capability, tellingstory learning

Page 1 of 1 | Total Record : 10