cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jinopfkip@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
ISSN : 24431591     EISSN : 24600873     DOI : 10.2229.
Core Subject : Education,
JINoP acts as medium of publicating the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the journal are projected to inspire circles of education in conducting innovation in teaching and learning process.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019" : 11 Documents clear
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Baiduri, Baiduri; Utomo, Dwi Priyo; Rosyadi, Alfiani Athma Putri; Jamil, Anis Farida
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019 IN PROGRESS
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i1.4973

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini berjenis penelitian Research and Development. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar angket respon siswa. Prosedur yang dilakukan pada penelitian ini antara lain: 1) menganalisis kurikulum, 2) membuat instrumen, 3) melakukan validasi terhadap instrumen, 4) merevisi instrumen, dan 5) menerapkan instrumen pada pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada penelitian pengembangan ini adalah 1) berdasarkan hasil validasi, instrumen berkategori valid dan dapat diterapkan pada pembelajaran, 2) instrumen penilaian autentik mendapatkan respon positif oleh guru mata pelajaran matematika 
PENINGKATAN CRITICAL THINKING DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI MODEL CONTROVERSIAL PUBLIC ISSUES DI KELAS VII MTs NEGERI KOTA BATU Lutfiana, Rose Fitria; Ibrahim, M Mansur; Kurniawan, Saputra Tri
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019 IN PROGRESS
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i1.7173

Abstract

ABSTRAK Lesson study  ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitas pembelajaran secara sistematis dan kolaboratif antara guru dan dosen; (2) membangun pengetahuan pedagogis antara guru dan dosen; (3) melakukan sosialisasi dan memperkuat kegiatan lesson study berbasis sekolah; (4) memberikan pelatihan kepada guru mata pelajaran PPKn di MTs Negeri Batu; (5) pelaksanaan kegiatan lesson study mata pelajaran PPKn; (6) mendeskripsikan pendapat-pendapat guru model, tim guru lesson study, tim pendamping lesson study terhadap pelaksanaan lesson study; (7) menyusun best practices pembelajaran mata pelajaran PPKn dengan kegiatan lesson study; dan (8) meningkatkan critical thinking peserta didik melalui model controversial public issues. Lesson Study yang digunakan menggunakan empat siklus yang masing-masing terdiri dari plan, do dan see. Berdasarkan lesson study yang dilakukan maka hasilnya yaitu: (1) terdapat peningkatan critical thinking siswa dari siklus 1 ke siklus 2 dan siklus 3 ke siklus 4; (2) proses pembelajaran yang terjadi menjadi semakin menarik, upaya peningkatan critical thinking menyebabkan guru dan dosen menjadi kreatif dan inovatif dalam memecahkan permasalahan pembelajaran yang terjadi dan (3) proses pembelajaran berjalan dengan baik dengan adanya plan, do dan see dalam setiap siklus. Kata Kunci: Critical Thinking, Pembelajaran PPKn, Controversial Public Issues ABSTRACT This lesson study aims to (1) improve the quality of learning systematically and collaboratively between teachers and lecturers; (2) building pedagogical knowledge between teachers and lecturers; (3) disseminating and strengthening school-based lesson study activities; (4) provide training to PPKn subject teachers at Batu Negeri MTs; (5) implementation of lesson study activities in PPKn subjects; (6) describe the opinions of the model teacher, the lesson study teacher team, the lesson study assistant team on the implementation of lesson study; (7) compile learning best practices for PPKn subjects with lesson study activities; and (8) increasing students' critical thinking through the controversial model of public issues. Lesson Study used uses four cycles, each of which consists of a plan, do and see. Based on the lesson study conducted, the results are: (1) there is an increase in critical thinking of students from cycle 1 to cycle 2 and cycle 3 to cycle 4; (2) the learning process that occurs becomes increasingly interesting, efforts to increase critical thinking cause teachers and lecturers to be creative and innovative in solving learning problems that occur and (3) the learning process goes well with the plan, do and see in each cycle.  Keywords: Critical Thinking, Learning of Civic Education, Controversial Public IssuesABSTRAK Lesson study  ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitas pembelajaran secara sistematis dan kolaboratif antara guru dan dosen; (2) membangun pengetahuan pedagogis antara guru dan dosen; (3) melakukan sosialisasi dan memperkuat kegiatan lesson study berbasis sekolah; (4) memberikan pelatihan kepada guru mata pelajaran PPKn di MTs Negeri Batu; (5) pelaksanaan kegiatan lesson study mata pelajaran PPKn; (6) mendeskripsikan pendapat-pendapat guru model, tim guru lesson study, tim pendamping lesson study terhadap pelaksanaan lesson study; (7) menyusun best practices pembelajaran mata pelajaran PPKn dengan kegiatan lesson study; dan (8) meningkatkan critical thinking peserta didik melalui model controversial public issues. Lesson Study yang digunakan menggunakan empat siklus yang masing-masing terdiri dari plan, do dan see. Berdasarkan lesson study yang dilakukan maka hasilnya yaitu: (1) terdapat peningkatan critical thinking siswa dari siklus 1 ke siklus 2 dan siklus 3 ke siklus 4; (2) proses pembelajaran yang terjadi menjadi semakin menarik, upaya peningkatan critical thinking menyebabkan guru dan dosen menjadi kreatif dan inovatif dalam memecahkan permasalahan pembelajaran yang terjadi dan (3) proses pembelajaran berjalan dengan baik dengan adanya plan, do dan see dalam setiap siklus. Kata Kunci: Critical Thinking, Pembelajaran PPKn, Controversial Public Issues ABSTRACT This lesson study aims to (1) improve the quality of learning systematically and collaboratively between teachers and lecturers; (2) building pedagogical knowledge between teachers and lecturers; (3) disseminating and strengthening school-based lesson study activities; (4) provide training to PPKn subject teachers at Batu Negeri MTs; (5) implementation of lesson study activities in PPKn subjects; (6) describe the opinions of the model teacher, the lesson study teacher team, the lesson study assistant team on the implementation of lesson study; (7) compile learning best practices for PPKn subjects with lesson study activities; and (8) increasing students' critical thinking through the controversial model of public issues. Lesson Study used uses four cycles, each of which consists of a plan, do and see. Based on the lesson study conducted, the results are: (1) there is an increase in critical thinking of students from cycle 1 to cycle 2 and cycle 3 to cycle 4; (2) the learning process that occurs becomes increasingly interesting, efforts to increase critical thinking cause teachers and lecturers to be creative and innovative in solving learning problems that occur and (3) the learning process goes well with the plan, do and see in each cycle.  Keywords: Critical Thinking, Learning of Civic Education, Controversial Public Issues
KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN MELALUI TEKNIK SKIMMING DENGAN TAKTIK MENGGARISBAWAHI IDE-IDE KUNCI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 11 PANGKALPINANG Hendrik, Maulina; Roslinah, Roslinah
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019 IN PROGRESS
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i1.7190

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan memahami bacaan melalui teknik Skimming dengan taktik menggarisbawahi ide-ide kunci pada siswa kelas IV SD Negeri 11 Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan model pra-eksperimental designs. Pra-eksperimental designs yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 11 Pangkalpinang. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 37 orang. Teknik sampel menggunakan teknik sampel jenuh, maka sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami bacaan siswa kelas IV SD Negeri 11 Pangkalpinang melalui penggunaan teknik skimming dengan taktik menggarisbawahi ide-ide kunci meningkat. Hasil tersebut diperoleh dari rata-rata hasil posttest lebih besar dari pada hasil pretest. Demikian juga berdasarkan kriteria pada kurva uji hipotesis Related untuk sampel berpasangan yaitu thitung berada pada daerah penerimaan Ha, maka H0 ditolak, Ha diterima. Dari hasil penelitian diperoleh thitung-5,488 yang berada pada daerah penerimaan Ha. Kata kunci: Teknik Skimming, taktik menggarisbawahi ide-ide kunci, pemahaman bacaan ABSTRACTThis study aims to determine the ability to understand reading through the Skimming technique with tactics underlining key ideas in fourth grade students of SD Negeri 11 Pangkalpinang. This study uses quantitative research methods with pre-experimental designs. Pre-experimental designs used are One-Group Pretest-Posttest Design. This research was conducted at SD Negeri 11 Pangkalpinang. The population of this study were all fourth grade students totaling 37 people. The sample technique uses a saturated sample technique, so the sample of this study is 37 fourth grade students. The technique of collecting data uses tests and documentation. Data analysis techniques using the normality test and hypothesis testing. Based on the results of the study it can be concluded that the ability to understand the reading of fourth grade students of SD Negeri 11 Pangkalpinang through the use of skimming techniques with the underlining tactics of key ideas increased. The results were obtained from the average posttest results greater than the results of the pretest. Likewise, based on the criteria on the Hypothesis test curve Related for paired samples namely thitung is in the Ha acceptance area, then H0 is rejected, Ha is accepted. From the results of the study obtained thitung -5,488 which is in the Ha reception area. Keywords: Skimming techniques, tactics underlining key ideas, reading comprehension
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Rahmawati, Tanti Diyah; Wahyuningsih, Wahyuningsih; Dua Getan, Maria Amaranta
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019 IN PROGRESS
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i1.8021

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMA Negeri 2 Maumere. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Maumere pada  semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode experimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sedangkan sampelnya yaitu kelas XG sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan kelas XE sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Setelah data berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uji normalitas yakni uji Chi kuadrat dan uji homogenitas yakni uji fisher, maka dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Uji  hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji t pada taraf signifikansi 0.05, menunjukkan bahwa nilai thitung> ttabel (5,367 > 1,6697), ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika siswa
PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS LESSON STUDY Miharja, Fuad Jaya; Hindun, Iin; Fauzi, Ahmad
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019 IN PROGRESS
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i1.7187

Abstract

Keterampilan berpikir siswa perlu dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat penerapan model pembelajaran PBL modifikas pada mata pelajaran biologi melalui kegiatan lesson study. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Malang dengan melibatkan terdiri atas siswa-siswi XI MIPA 10 sebagai subjek serta melibatkan empat guru dan empat dosen perguruan tinggi sebagai tim LS. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan instrumen lembar observasi pembelajaran serta lembar evaluasi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PBL modifikasi berbantuan media “sangkar hati” diindikasikan mampu meningkatkan keterampilan bertanya siswa, motivasi belajar siswa, serta mengatasi alokasi pembelajaran yang terbatas. Melalui studi ini, diharapkan pengimplementasian PBL maupun penerapan kegiatan LS dapat dibiasakan diselenggarakan di berbagai sekolah
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK BERBASIS MEDIA GAMBAR PAHLAWAN NUSANTARA Melasarianti, Lalita; Krisnawati, Vera; Martha, Nia Ulfa
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019 IN PROGRESS
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i1.7785

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan (1) meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan teknik akrostik berbasis media gambar pahlawan nusantara dan (2) mengetahui perubahan perilaku dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan teknik akrostik berbasis media gambar pahlawan nusantarapada siswa kelas V SD Negeri 3 Kertayasa. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri III Kertayasa. Data berupa RPP, foto, hasil tes, daftar nilai, catatan lapangan, dan catatan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan/observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Indikator ketercapaian 75%. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survei awal, pelaksanaan siklus, pengamatan, dan pelaporan. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil nilai rata-rata kelas pada siklus 1 sebesar 47,67% dan siklus 2 sebesar 74,8% sehingga siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 27,2% dari siklus 1, dan (2) terjadi perubahan positif perilaku siswa terhadap pembelajaran menulis puisi melalui teknik akrostik berbasis media gambar pahlawan nusantara.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Novianto, Dhedhi; Dwikurnaningsih, Yari; Saputri, Thersa Septyani
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019 IN PROGRESS
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17.932 KB) | DOI: 10.22219/jinop.v5i1.6630

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik melalui pendekatan pembelajaran model contextual teaching and learning dan mengetahui langkah-langkah penerapan pendekatan pembelajaran saintifik model contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pendekatan pembelajaran saintifik model contextual teaching and learning. Penelitian dilakukan dengan prosedur persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Subjek penelitian berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, penilaian produk, dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ketercapaian KKM menunjukkan peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik muatan ppkn dari 86,2% dengan rerata kelas 86,2 pada fase pra siklus menjadi 96,6% dengan rerata kelas 90,6 pada siklus 2, muatan bahasa Indonesia dari 51,7% dengan rerata kelas 70,7 pada fase pra siklus menjadi 82,8% dengan rerata kelas 82,6 pada siklus 2, dan muatan matematika dari 48,3% dengan rerata kelas 65,8 pada fase pra siklus menjadi 82,8% dengan rerata kelas 84,8 pada siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran saintifik model contextual teaching and learning dengan langkah-langkah konstruktivisme, menemukan (menalar), bertanya, mengumpulkan informasi, mengamati, refleksi, dan penilaian nyata dapat meningkatkan hasil belajar tematik. Kata kunci: saintifik, contextual teaching and learning, tematik, hasil belajar
BACK METTER Metter, Back
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i1.9964

Abstract

PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SEKOLAH DASAR Dahliana, Dina; Taufina, Taufina; Nasrul, Silviana; Sukandar, Warlan
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i1.6934

Abstract

Abstract. This research is motivated by the low writing skills of poetry. This is characterized by students' poetry writing skills that are not productive, still informative, students are still difficult to express their ideas, and are less attractive to students because they only use one technique. One learning technique that can improve poetry writing skills is mind mapping techniques. Mind mapping is also a learning technique to stimulate students' imagination in generating ideas, recording and summarizing using mind mapping. This study aims to examine the effect of Mind Mapping Technique on Poetry Writing Skills of students in elementary school.This study was an experimental study of Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design. The population in this study were all fifth grade students of class V. Sampling is done by saturated sample technique (total sampling), namely VB class as an experimental class and VA class as a control class. The experimental class consisted of 34 students and the control class consisted of 36 students. The instrument used to determine the effect of mind mapping techniques is observation and documentation. The experimental class was treated by using mind mapping techniques in poetry writing skills while the control class without using mind mapping techniques.Based on the results of the pretest obtained the average value of the experimental class 60 and the average value of the control class 64.2. From the results of the comparison of the two sample classes, there was a difference in value of 3.7, so it can be concluded that there is no significant difference between the two pretest grades, meaning that the two classes have the same initial ability. Next, learning was conducted using mind mapping techniques in the experimental class and learning without mind mapping techniques in the control class. After learning is given then in both classes posttest is conducted. For the experimental class obtained an average value of 82 and for the control class obtained an average value of 77.5. From the results of testing hypotheses with a significant level of 0.05 obtained a significant value of 0,000 because sig. <?, the hypothesis is accepted, so it can be concluded that there is an effect of using mind mapping techniques on students' poetry writing skills in elementary school. Keywords: Mind Mapping Techniques, Writing Skills, Poetry
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA KULIAH ENERGI ALTERNATIF PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRO Nugroho, Yuli Sutoto; Suyitno, Suyitno; Daryanto, Daryanto; Achmad, Fendi; Ningrum, Lorencia Endah Cahya; Rohman, Miftahur
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v5i1.8923

Abstract

Pentingnya modul dikembangkan dalam proses pembelajaran karena modul dapat memfasilitasi mahasiswa dalam belajar mandiri maupun tatap muka. Tujuan kegiatan penelitian pengembangan ini ialah menghasilkan suatu produk berupa paket modul pembelajaran berbentuk cetak untuk mata kuliah Energi Alternatif yang layak dan efektif digunakan pada proses pembelajaran. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang berorientasi pada produk dengan mengikuti alur model pengembangan Rowntree. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang belajar dengan sumber belajar modul meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar Energi Alternatif, diperlukan modul pembelajaran berbentuk cetak. Modul pembelajaran yang dikembangkan, berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dosen pengampu, dan uji lapangan kepada mahasiswa dinyatakan baik dan layak dimplementasikan untuk pembelajaran. Modul pembelajaran Energi Alternatif ini direkomendasikan untuk digunakan pada proses pembelajaran mata kuliah. 

Page 1 of 2 | Total Record : 11