cover
Contact Name
INTEKNA
Contact Email
intekna@poliban.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
intekna@poliban.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111" : 16 Documents clear
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT MAHAKARYA SUKSES INDONESIA BANJARMASIN Rofi’i, Rofi’i; Imelda, Sri; Huwaida, Hikmayanti
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i2.307

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui pengaruh bauran promosi (advertising, personal selling, sales promotion, dan direct marketing) secara bersama-sama dan parsial terhadap volume penjualan pada PT Mahakarya Sukses Indonesia Kantor Pemasaran Wilayah Kalselteng. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif. Populasi yang digunakan adalah konsumen PT Mahakarya Sukses Indonesia Kantor Pemasaran Wilayah Kalselteng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa advertising, personal selling, sales promotion, dan direct marketing secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan. Secara parsial advertising dan direct marketing berpengaruh positif terhadap volume penjualan. Sedangkan personal selling dan sales promotion tidak berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan
PENGENALAN PRODUK TENUN SARIGADING DI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PERSEPSI MASYARAKAT novyanti, rika; Effendi, Tarman; Shintia, Novi
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i2.1026

Abstract

The media has a very important role in providing a positive or negative influence on consumers in evaluating a product. Along with technological developments, the prestige of social media is widely used as a media repository for communication, especially for millennial children. This study used quantitative methods and consisted of 2 research variables, namely, product knowledge variables and perception variables. The research sampling used purposive sampling technique of 100 people at the voting age of 17 s / d 35 years in Banjarmasin who had participated this year. The results showed that (1) Social media is an application for uploading and sharing photos to other users. In this Sarigading woven product, the introduction method through social media can be done through a business account provided by social media, because it has interesting features so that it can create optimization for a product. (2) the majority of millennials in Banjarmasin use the social media WhatsApp and Instagram (data shows that in Banjarmasin there are 76% for WhatsApp users and 60% for Instagram users), so that the two social media are very appropriate to be used to introduce Sarigading woven products.
PENYUSUNAN DAFTAR KOSAKATA TEKNIS BAHASA INGGRIS DI BIDANG TEKNIK SIPIL BERBASIS KORPUS Nurfitriah, Nurfitriah; Adriyati, Ria; Hayati, Fitriani
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i2.1043

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan konstruksi daftar kosakata teknis Bahasa Inggris di bidang Teknik Sipil yang dikembangkan dari korpus buku teks referensi di Program Studi Teknik Sipil di Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelajar bahasa Inggris Program Studi Teknik Sipil di Jurusan Teknik Sipil Poliban. Daftar kosakata berisi jenis kata yang dipilih yang diekstraksi dari buku teks referensi berbahasa Inggris yang digunakan di lima Kelompok Berdasarkan Keahlian (KBK) yang ada di Program Studi Teknik Sipil di Jurusan Teknik Sipil Poliban yaitu KBK Geoteknik, Transportasi, Struktur, Keairan dan Manajemen. Analisis kuantitatif pemeringkatan frekuensi dan jangkauan dilakukan dan dibantu oleh perangkat lunak analisis korpus. Hasil penelitian berupa Daftar Kosakata Teknis Bidang Teknik Sipil yang disusun berdasarkan korpus yang terdiri dari 29.264 jenis kata dan 1.112.898 token meliputi daftar kosakata yang berisi 360 jenis kata ini diharapkan bisa menjadi acuan untuk pengembangan bahan ajar untuk mahasiswa Prodi Teknik Sipil yang mempelajari Bahasa Inggris melalui English for Specific Purposes (ESP).
PENGARUH PANDEMI COVID-19 PADA PERUBAHAN GAYA BELANJA TERHADAP TRANSAKSI ONLINE MELALUI PLATFORM E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL (MEDSOS) Wulandari, Phaureula Artha; Iryanie, Emy; Ahyati, Inayatul Ulya
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i2.1048

Abstract

Pandemi Covid-19 mempengaruhi kehidupan sosial, pekerjaan, rencana wisata, kegiatan keagamaan dan kebiasaan berbelanja. Semakin tinggi jumlah terkonfirmasi positif di Banjarmasin mestipun berlaku PSBB. Semestinya protokoler PSBB yang terkait diterapkan, termasuk gerakan dirumah saja, jaga jarak, pembatasan jam operasional mall, pasar dan toko. Permasalahan yang muncul adalah, “Apakah pandemi Covid-19 di Banjarmasin mempengaruhi kebiasaan masyarakat berbelanja melalui transaksi online, dalam rangka menghindari tertularnya Covid-19 ?” Perubahan gaya belanja terhadap transaksi online melalui e-Commerce (marketplace) dan Medsos (Instragram dan Whatsapp). Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui besarnya pengaruh pandemi Covid-19 terhadap perubahan gaya belanja tansaksi online melalui e-Commerce. Untuk mengetahui besarnya pengaruh pandemi Covid-19 terhadap perubahan gaya belanja tansaksi online melalui Medsos. Untuk mengetahui analisis komparatif pengaruh Pandemi Covid-19 pada perubahan gaya belanja terhadap transaksi online melalui e-commerce dibandingkan melalui Medsos Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif . Berdasarkan hasil survei tahun 2020 secara sampling, akan dianalisis secara kuantitatif sederhana dan kualitatif terhadap variabel penelitian yaitu gaya belanja, faktor pendukung gaya belanja, jenis transaksi. Sehingga dapat disimpulkan berapa besar pengaruh pandemi Covid-19 terhadap perubahan gaya belanja transaksi online melalui e-commerce dan medsos.
A PERANCANGAN JALUR PEJALAN KAKI DI TEMPAT WISATA PANTAI RINDU ALAM Misnawati, Misnawati; Fachruzzaki, Fachruzzaki; Erwaniansyah
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i2.1135

Abstract

Pemerintah kabupaten Tanah Bumbu terus melakukan pembenahan infrastuktur dan fasilitas penunjang objek wisata untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Untuk itu diperlukan penelitian mengenai perencanaan fasilitas penunjang salah satunya perencanaan jalur pejalan kaki/pedestrian untuk menambah daya tarik wisata baik masyarakat lokal maupun luar daerah. Metode yang dilakukan dalam perencanaan adalah persiapan, pengumpulan data lapangan, mengolah data lapangan dan laporan hasil perencanaan. Hasil desain dari Perencanaan pembuatan jalur pejalan kaki/pedestrian daya tarik wisata Pantai Rindu Alam adalah panjang rencana pedestrian 201,5 m dan lebar 2 m. Pondasi yang digunakan ada 2 yaitu: pondasi poer plat setempat dan pasangan pondasi batu gunung. Selain pedestrian juga dibuat penunjang pedestrian seperti icon wisata, ornamen layar, dan kursi taman. Perencanaan jalur pejalan kaki/pedestrian Daya Tarik Wisata Pantai Rindu Alam ini merupakan bagian dari Perencanaan Pembuatan DED Wisata Pantai Rindu Alam.
ANALISIS PERILAKU BELANJA ONLINE KONSUMEN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 NAIMAH, RAHMATUL JANNATIN; Haryanto, Rudy; Urfi, Muhammad Rizqoni
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i2.1139

Abstract

This research was conducted to analyze changes in consumer online shopping behavior during the Covid-19 pandemic in the city of Banjarmasin. This study used purposive sampling technique with 100 Banjarmasin City Respondents who had done online shopping activities during the Covid-19 pandemic. The data analysis method used in this research is Central Tendency Analysis. The findings of this study indicate that there were changes in consumer online shopping behavior during the Covid-19 pandemic, including; 1) The intensity of online shopping for the people in the city of Banjarmasin increased during the Covid-19 Pandemic, 2) The increasing amount of money used by consumers to shop online, 3) There are several product categories that are more frequently purchased online, namely fashion and beauty products, food and beverages or snacks, as well as essential kits in the form of masks, sanitizers, disinfectants, face shields, and others.
IDENTIFIKASI KESESUAIAN LAHAN BERDASARKAN ANALISIS KEMAMPUAN RESAPAN AIR TERHADAP RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR Suhel, Heny Ningtyas; Dewi Nur Indah Sari; Yastin David Batara
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i2.1229

Abstract

Kecamatan Banjarmasin Timur memiliki luas wilayah 23,86 km² dengan populasi 116.726 jiwa (BPS Kota Banjarmasin Timur 2019). Bertambahnya jumlah penduduk berpengaruh terhadap penggunaan lahan di wilayah Banjarmasin Timur, pada daerah tersebut banyak mengalami perubahan yang berupa munculnya pemukiman baru dan jenis penggunaan lahan lain yang dapat menurunkan tingkat infiltrasi/ resapan air. Untuk mengetahui resapan air di Kecamatan Banjarmasin Timur menggunakan analisis spasial dengan SIG terhadap RTRW. Metode yang digunakan yaitu metode pembobotan dari 4 parameter yaitu kemiringan lereng, curah hujan, jenis tanah dan tutupan lahan terhadap RTRW. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis dengan skoring, potensi daerah resapan air dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas berpotensi dengan luas 1.683,085178 Ha, kurang berpotensi dengan luas 7.765285 Ha dan tidak berpotensi dengan luas 5.671225 Ha. Kesesuaian lahan daerah resapan air pada Kecamatan BanjarmasinnTimur terhadap Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kecamatan Banjarmasin Timur Tahun 2013 – 2032 dilakukan dengan cara melihat jumlah luasan daerah non vegetasi sebesar 1.377,97 Ha dan vegetasi dan RTH 313,22 Ha. . Wilayah Banjarmasin Timur dengan luasan 1.683,085178 Ha sebagian besar berpotensi resapan air yang baik.
IDENTIFIKASI SPASIAL ASET DAN KEPADATAN BANGUNAN TERHADAP TERDAMPAK BANJIR (STUDI KASUS: KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR) Wibawanto, Arif Eko; Faris Ade Irawan; Nurfitriah
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i2.1230

Abstract

Kecamatan Banjarmasin Timur merupakan wilayah dengan hujan rata-rata 10-50 mm/bulan dan curah hujan dengan rata – rata 267 mm/bulan pada bulan April 2021 sehingga banyak aset dari warga setempat yang mengalami kerusakan akibat banjir dan sekitar 1.300 rumah yang rusak. Menurut Permen PU Nomor : 41 /PRT/M/2007 tentang Pedoman Kriteria Teknis Kawasan Budi Daya poin 5.4 kawasan peruntukan permukiman menyebutkan kepadatan bangunan dalam satu pengembangan kawasan baru perumahan tidak bersusun maksimum 50 bangunan rumah/ha dan dilengkapi dengan utilitas umum yang memadai, kemudian kepadatan bangunan dalam satu pengembangan kawasan baru perumahan tidak bersusun maksimum 50 bangunan rumah/ha dan dilengkapi dengan utilitas umum yang memadai dengan sumur resapan air hujan Sasaran dalam penelitian ini yaitu untuk memperoleh penerapan teknologi informasi yang akurat, maka dalam penelitian ini mengidentifikasi kepadatan bangunan terhadap area yang terdampak banjir dengan pendekatan secara spasial menggunakan metode overlay (tumpang tindih). Parameter yang digunakan adalah area yang terdampak banjir, jumlah banyaknya aset yang terdampak banjir dengan meninjau kepadatan bangunan, jumlah penduduk dan luasan wilayah di Kecamatan Banjarmasin Timur. Kecamatan Banjarmasin Timur memliki kepadatan bangunan Tinggi, perhitungan sampel dengan metode random sampling dengan tingkat kepercayaan (0,005), sampel yang didapat 312 dari 1.411 populasi. Sampel yang tersebar dalam Kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Timur, didapatkan bahwa Kelurahan Banua Hanyar terdapat 70 rumah yang terdampak, Karang Mekar 22 rumah, Kebun Bunga sebanyak 34 rumah, Pemurus Luar 33 rumah, Pengambangan 35 rumah, Sungai Bilu 35 rumah. Sedangkan Kelurahan Kuripan 35 rumah, Sungai Lulut 26 rumah, dan Pekapuran Raya sebanyak 30 rumah yang terdampak. Rata-rata kerusakan rumah akibat banjir mulai dari rusaknya pintu, dinding, lantai rumah, hingga perabotan elektronik, dikarenakan sebagian besar rumah huni penduduk Banjarmasin Timur terbuat dari kayu
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT MAHAKARYA SUKSES INDONESIA BANJARMASIN Rofi’i Rofi’i; Sri Imelda; Hikmayanti Huwaida
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i2.307

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui pengaruh bauran promosi (advertising, personal selling, sales promotion, dan direct marketing) secara bersama-sama dan parsial terhadap volume penjualan pada PT Mahakarya Sukses Indonesia Kantor Pemasaran Wilayah Kalselteng. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif. Populasi yang digunakan adalah konsumen PT Mahakarya Sukses Indonesia Kantor Pemasaran Wilayah Kalselteng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa advertising, personal selling, sales promotion, dan direct marketing secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan. Secara parsial advertising dan direct marketing berpengaruh positif terhadap volume penjualan. Sedangkan personal selling dan sales promotion tidak berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan
PENGENALAN PRODUK TENUN SARIGADING DI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PERSEPSI MASYARAKAT rika novyanti; Tarman Effendi; Novi Shintia
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31961/intekna.v21i2.1026

Abstract

The media has a very important role in providing a positive or negative influence on consumers in evaluating a product. Along with technological developments, the prestige of social media is widely used as a media repository for communication, especially for millennial children. This study used quantitative methods and consisted of 2 research variables, namely, product knowledge variables and perception variables. The research sampling used purposive sampling technique of 100 people at the voting age of 17 s / d 35 years in Banjarmasin who had participated this year. The results showed that (1) Social media is an application for uploading and sharing photos to other users. In this Sarigading woven product, the introduction method through social media can be done through a business account provided by social media, because it has interesting features so that it can create optimization for a product. (2) the majority of millennials in Banjarmasin use the social media WhatsApp and Instagram (data shows that in Banjarmasin there are 76% for WhatsApp users and 60% for Instagram users), so that the two social media are very appropriate to be used to introduce Sarigading woven products.

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 23 No 1 (2023): Jurnal INTEKNA, Volume 23, No. 1, Mei 2023 Vol 22 No 02 (2022): Jurnal INTEKNA, Volume 22, No. 2, Nov 2022: 76 - 162 Vol 22 No 01 (2022): Jurnal INTEKNA, Volume 22, No. 1, Mei 2022: 01 - 75 Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111 Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53 Vol 20 No 2 (2020): Jurnal INTEKNA, Volume 20, No. 2, Nov 2020: 53 - 110 Vol 20 No 01 (2020): Jurnal INTEKNA, Volume 20, No. 1, Mei 2020: 01-52 Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68 Vol 19 No 2 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 2, Nov 2019: 69-133 Vol 18 No 2 (2018): Vol 18 No 2 (2018): Jurnal INTEKNA, Volume 18, No. 2, Nov 2018: 67-131 Vol 18 No 1 (2018): Vol 18 No 1 (2018): Jurnal INTEKNA, Volume 18, No. 1, Mei 2018: 1-66 Vol 17 No 2 (2017): Jurnal INTEKNA, Volume 17, No. 2, November 2017: 79-147 Vol 17 No 1 (2017): Jurnal INTEKNA, Volume 17, No. 1, Mei 2017: 1 - 78 Vol 16 No 2 (2016) Vol 16 No 1 (2016) Vol 15 No 2 (2015) Vol 15 No 1 (2015) Vol 14, No 2 (2014) Vol 14 No 2 (2014) Vol 14, No 1 (2014) Vol 14 No 1 (2014) Vol 13, No 3 (2013) Vol 13 No 3 (2013) Vol 13, No 2 (2013) Vol 13 No 2 (2013) Vol 13 No 1 (2013) Vol 13, No 1 (2013) Vol 12, No 2 (2012) Vol 12 No 2 (2012) Vol 12 No 1 (2012) Vol 12, No 1 (2012) Vol 11, No 2 (2011) Vol 11 No 2 (2011) Vol 11, No 1 (2011) Vol 11 No 1 (2011) Vol 10, No 2 (2010) Vol 10 No 2 (2010) Vol 9 No 2 (2009): Jurnal Intekna, Volume IX, Nomer 2, Nopember 2009 Vol 8 No 1 (2008) Vol 8, No 1 (2008) More Issue