ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education)
ELINVO (Electronics, Informatics and Vocational Education) is a peer-reviewed journal that publishes high-quality scientific articles in Indonesian language or English in the form of research results (the main priority) and or review studies in the field of electronics and informatics both in terms of their technological and educational development.
Articles
9 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1, No 1 (2015): November 2015 (Consist of 9 Articles)"
:
9 Documents
clear
MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD
Santoso, Djoko;
Rochayati, Umi
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 1 (2015): November 2015 (Consist of 9 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (229.203 KB)
|
DOI: 10.21831/elinvo.v1i1.10876
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, hasil belajar serta tanggapan mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran kooperatif model STAD. Model penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus, dilaksanakan tiga bulan terhadap mahasiswa S1 reguler Jurusan Teknik Elektronika yang mengambil mata kuliah rangkaian listrik. Pegumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan tes, angket. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Proses pembelajaran terkesan lebih menarik karena mahasiswa bukan lagi sebagai obyek tetapi lebih sebagai subyek dalam pembelajaran. Kondisi pembelajaran diwarnai dengan aktivitas diskusi kelompok, mahasiswa berperan aktif dan saling ketergantungan satu sama lain dalam penguasaan konsep, sehingga terjadi interaksi belajar multi arah, peran dosen justru sebagai fasilitator. Hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Tanggapan mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran kooperatif STAD 10,81 % menyatakan sangat setuju dan 89,19 % menyatakan setuju.
ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) 2013 MENGGUNAKAN MODEL END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA
jati, handaru
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 1 (2015): November 2015 (Consist of 9 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (384.834 KB)
|
DOI: 10.21831/elinvo.v1i1.13229
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh content terhadap user satisfaction; (2) pengaruh accuracy terhadap user satisfaction; (3) pengaruh format terhadap user satisfaction; (4) pengaruh ease of use terhadap user satisfaction; (5) pengaruh timeliness terhadap user satisfaction. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang diambil merupakan mahasiswa angkatan 2013 dan 2014 yang sudah menggunakan SIAKAD 2013 . Data diperoleh dengan kuesioner tertutup yang telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) content berpengaruh terhadap user satisfaction; (2) accuracy berpengaruh terhadap user satisfaction; (3) format berpengaruh terhadap user satisfaction; (4) ease of use berpengaruh terhadap user satisfaction; (5) timeliness berpengaruh terhadap user satisfaction.
Kajian Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Profesional Guru
Mashoedah, Mashoedah
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 1 (2015): November 2015 (Consist of 9 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (792.647 KB)
|
DOI: 10.21831/elinvo.v1i1.10875
Tujuan dari makalah ini adalah mengkaji penggunaan media pembelajaran untuk pelatihan guru. Jenis Media pembelajaran yang bagaimana yang dapat digunakan dalam pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dan online survei kepada guru yang berada di grup guru di jejaring sosial media. Penggunaan metode survei online di grup guru di jejaring sosial media diharapkan dapat menggali respon guru terhadap penggunaan media pembelajaran yang sesuai untuk pelatihan, serta permasalahan-permasalahan lain dalam peningkatan kompetensi profesional guru. Hasil kajian dan survei yang telah dilakukan menunjukkan bahwa permasalahan yang sering dihadapi oleh guru adalah ?Peningkatan kemampuan di bidang keahlian? (42%), ?Minimnya alat bantu mengajar disekolah? (24%), ?Kurikulum? (15%) dan permasalahan lainnya (19%). Sedangkan pendapat guru tentang penggunaan media pembelajaran pada pelatihan guru masih sangat diperlukan dan media pembelajaran yang diharapkan dalam pelatihan guru adalah dalam bentuk : gabungan media (49%) , video pembelajaran (29%), e-learning (15%); dan trainer kit (6%). Alternatif model pelatihan yang diharapkan adalah pengintegrasian media pembelajaran pada pelatihan peningkatan kompetensi guru.
ATAP OTOMATIS SENSOR SUHU, AIR DAN TENAGA SURYA (ALAS TSUSU)
Hendriawan, Koko
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 1 (2015): November 2015 (Consist of 9 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (118.672 KB)
|
DOI: 10.21831/elinvo.v1i1.10883
Atap otomatis sensor suhu,sensor air dan surya(ALAS TSUSU) sebagai inovasi desain atap yang dapat membuka dan menutup secara otomatis.Atap adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah bangunan. Dengan adanya dua musim yang di miliki Negara Indonesia Antara musim hujan dan kemarau atap tidak hanya sebagai fungsi utama dalam melidungi kita dari matahari dan hujan akan tetapi juga memiliki nilai estetika yang sangat tinggi misalnya intensitas cahaya yang diterima bumi kurang terang dengan rain probability (kemungkinan turun hujan) tinggi. Sedangkan pada musim kemarau, sinar matahari lebih terang dengan kemungkinan turun hujan sangat rendah, bahkan hampir tidak pernah turun hujan. Sehingga rancangan dari sebuah atap di haruskan mendapatkan perhatian yang serius. Metode pelaksanaan dalam pembuatan Atap otomatis sensor suhu,sensor air dan surya(ALAS TSUSU) adalah membuat sebuah prototype atap yang inovatif dan mensetting sensor air dan suhu sehingga atap tersebut akan bergerak secara otomatis bila terjadi perbedaan suhu dan terkena air.Prototype ini dikatakan berhasil jika mampu atap yang dibuat dapat bergerak dengan bantuan sensor dan tenaga listrik yang bersumber dari panel surya.
Pengembangan Trainer Indikator Denyut Jantung
Utami, Pipit;
Fajar, Muklas
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 1 (2015): November 2015 (Consist of 9 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (808.794 KB)
|
DOI: 10.21831/elinvo.v1i1.13308
Salah satu capaian pembelajaran mata kuliah instrumentasi adalah mampu menjelaskan penggunaan konsep instrumentasi pada penerapan teknologi instrumentasi. Pengembangan media merupakan salah satu upaya mencapai capaian pembelajaran tersebut. Penerapan teknologi instrumentasi yang diangkat dalam penelitian ini adalah penggunaan photodioda sebagai sensor denyut jantung yang memungkinkan penggunaan berbagai macam rangkaian pengkondisi sinyal untuk memodifikasi sinyal ke output. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain media berdasarkan analisis kebutuhan dan memaparkan hasil evaluasi pengembangan media tersebut. Media dikembangkan dengan tahapan analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa: (1) media berupa trainer berbentuk kotak yang berisikan titik-titik pengukuran (sensor, pengkondisi sinyal dan output) diatas skema rangkaian sesungguhnya dan jobsheet praktik; dan (2) evaluasi menunjukkan bahwa trainer memiliki unjuk kerja yang sesuai dan mendapat penilaian layak dari mahasiswa. Sebagai tambahan penggunaan trainer tersebut memudahkan mahasiswa dalam memaparkan variabel proses, sensor, pengkondisi sinyal dan output dari media pembelajaran pengukur denyut jantung yang dikembangkan.
STUDI PENELUSURAN (TRACER STUDY) TERHADAP ALUMNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Fajaryati, Nuryake;
Pambudi, Sigit;
Priyanto, Priyanto;
Sukardiyono, Totok;
Utami, Athika Dwi Wiji;
Destiana, Bonita
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 1 (2015): November 2015 (Consist of 9 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (138.938 KB)
|
DOI: 10.21831/elinvo.v1i1.10878
Penelitian tracer study ini bertujuan untuk memperoleh gambaran lama masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan, mendeskripsikan penilaian alumni mengenai penyelenggaraan dan mutu layanan program yang ada di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika FT UNY dan mendeskripsikan penilaian pengguna alumni terhadap kompetensi lulusan Pendidikan Teknik Informatika FT UNY. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif (qualitative research) melalui pendekatan survei mencakup tiga tahapan: 1) pengembangan konsep dan instrumen; 2) pengumpulan data; dan 3) analisa data dan pelaporan. Metode sampling dengan cara random, dengan proporsi 30% secara proporsional sesuai dengan jumlah lulusan. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari alumni dan pengguna alumni melalui kuesioner yang terstruktur. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online melalui Google docs dan penyebaran secara langsung kepada alumni atau pengguna alumni yang diketahui dengan jelas keberadaannya. Pengumpulan data lapangan dimulai pada Mei 2015 hingga Agustus 2015.Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika mendapatkan pekerjaan dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan yaitu sebanyak 88%, sementara lainnya membutuhkan waktu selama lebih dari 18 bulan sebanyak 7%, rentang 6 - 12 bulan sebanyak 3%, dan rentang 13 - 18 bulan sebanyak 2%. Mengenai penyelenggaraan dan mutu layanan, alumni memberikan penilaian baik dari persepsi semua aspek, namun dibutuhkan peningkatan dari segi SDM maupun fasilitas sarana dan prasarana. Pengguna alumni menilai bahwa kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dari segi aspek integritas, profesionalisme, penggunaan TI, komunikasi, kerjasama tim, dan pengembangan diri sangat baik, namun masih kurang dalam penggunaan bahasa, khususnya bahasa Inggris.
Analisis Desain Website Terhadap Budaya Pendekatan Teori Hofstede
Husna, Amelia Fauziah
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 1 (2015): November 2015 (Consist of 9 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (3084.468 KB)
|
DOI: 10.21831/elinvo.v1i1.12814
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebudayaan terhadap desai suatu website dan mengetahui budaya apakah yang berkembang di daerah tersebut melalui desai websitenya. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Variabel yang digunakan ada 5, sesuai dengan Teori Hofstede, yaitu Power Distance (Jarak Kekuasaan), Indivialism vs Collectivism (Individualisme vs Kolektivisme), Masculinity vs Femininity (Maskulinitas vs Feminitas), Uncertainty Avoidance (Penghindaran terhadap Ketidakpastian), dan Long Term Orientation vs Short Term Normative (Orientasi Jangka Panjang vs Orientasi Normatif Jangka Pendek. Penelitian ini membandingkan tiga website yang berasal dari tiga negara yang berbeda, bahkan benua yang berbeda. Hasilnya terdapat perbedaan desain website yang dipengaruhi oleh budayanya.  Â
Peningkatan Kemampuan Kerjasama dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study
Wulandari, Bekti;
Arifin, Fatchul;
Irmawati, Dessy
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 1 (2015): November 2015 (Consist of 9 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (197.317 KB)
|
DOI: 10.21831/elinvo.v1i1.12816
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital dan menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Peningkatan kualitas pembelajaran ini menerapkan metode pembelajaran problem based learning. Dalam penelitian ini menerapkan metod lesson study model Lewis (2002) dan pelaksanaanya dilakukan dalam 3 kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan (plan); 2) Pelaksanaan dan Observasi (do); 3) Refleksi (see). Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Teknik Elektronika dan data diperoleh dengan cara observasi dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran. Dilihat dari jumlah mahasiswa  yang aktif  semakin banyak, perkuliahan tidak membosankan karena sebagian besar mahasiswa kelihatan antusias dalam belajar. Bagi dosen juga ada keuntungannya yaitu dapat melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dalam upaya untuk memperbaiki pembelajaran. Melalui pembelajaran lesson study ini selain dapat meningkatkan kualitas pembelajaran  sekaligus  juga  dapat  menumbuhkan aspek kerjasama yang baik dalam satu tim pada mata kuliah Praktik Pengolahan Sinyal Digital. Hal ini terlihat dari tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, tidak memisahkan diri dari orang lain, interaksi terhadap sumber belajar, interaksi antar mahasiswa, aktifitas menyelesaikan masalah dan mahasiswa tidak pasif.
PENILAIAN EFISIENSI UNIVERSITAS LPTK DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS
Jati, Handaru
Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Vol 1, No 1 (2015): November 2015 (Consist of 9 Articles)
Publisher : Department of Electronic and Informatic Engineering Education, Faculty of Engineering, UNY
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (332.938 KB)
|
DOI: 10.21831/elinvo.v1i1.10877
Seiring meningkatnya keinginan untuk melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi bagi lulusan sekolah menengah di Indonesia dan semakin tingginya biaya yang ditanggung oleh calon mahasiswa, pemerintah dihadapkan pada kondisi untuk mendorong universitas agar dapat beroperasi dengan lebih efisien dan lebih produktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan metode baru penilaian efisiensi universitas Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) di Indonesia dengan mempergunakan Data Envelopment Analysis yang secara teknis efektif untuk menghitung efisiensi sebuah Universitas. Penelitian ini merupakan penelitian research and development yang dilaksanakan dalam kegiatan yang meliputi analisis kebutuhan yaitu pengkajian variabel yang akan menjadi factor penilaian efisiensi beserta mekanisme pengumpulan datanya, disain model perhitungan efisiensi dari Lembaga Pendidikan Teknologi dan Kejuruan serta implementasi perhitungan efisiensi dan produktivitas dari 6 Universitas LPTK negeri di Indonesia dengan Data Envelopment Analysis. Hasil dari perhitungan DEA menunjukkan bahwa Universitas di Jawa memiliki rata-rata efisiensi yang lebih baik dibanding dengan Universitas LPTK di luar Jawa.