cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi
ISSN : 20857721     EISSN : 26220733     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis: Teori dan Implikasi (JBTI) merupakan jurnal ilmiah berkala (setahun dua kali). Tujuan utama jurnal ini adalah untuk mendiseminasi artikel ilmiah dalam bidang bisnis, yang memiliki fondasi teori dan implemetatif. Berkaitan dengan hal tersebut, artikel yang dipublikasikan harus berkaitan dengan ilmu manajemen bisnis dan akuntansi keuangan terutama yang terkait dengan praktek bisnis.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2019): Oktober 2019" : 16 Documents clear
Strategi Meningkatkan Loyalitas Dengan Memperhatikan Kepuasan Konsumen Obat Melalui Coorporate Image pada Apotek di Surakarta Fatonah, Siti; Diva Awatara, I Gusti Putu
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen obat dengan memperhatikan kepuasan yang menggunakan aspek kualitas pelayanan, pengiriman pesanan dan promosi yang bisa disebut sebagai coorporate image pada apotek di Surakarta. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh variabel independen (kualitas pelayanan, pengiriman pesanan, promosi) terhadap loyalitas konsumen obat dengan kepuasan sebagai variabel intervening sehingga dapat digunakan untuk menentukan strategi yang harus dilakukan apotek di Surakarta. Dengan mengambil sample sebanyak 100 responden konsumen obat yang diambil secara acak di beberapa apotek yang berlokasi di Surakarta. Setelah di olah dengan analisis jalur, diperoleh hasil bahwa pengiriman pesanan mendominasi untuk meningkatkan kepuasan konsumen obat dibandingkan dengan kualitas pelayanan dan promosi. Untuk meningkatkan loyalitas berdasarkan hasil analisis maka harus meningkatkan kepuasan konsumen obat terlebih dahulu karena semua variabel independen secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas. Untuk itu disimpulkan bahwa strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen obat di apotek Surakarta sebaiknya apotek meningkatkan pelayanan pengiriman pesanan untuk meningkatkan kepuasan yang diharapkan dapat meningkatkan loyalitas konsumen obat terhadap apotek di Surakarta.
KETERKAITAN VARIASI PRODUK DAN TENAGA KERJA TERHADAP PENINGKATAN LABA BENGKEL AHAS PANDAAN syairozi, muhamad
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study was intended  to identify the effect of variations in product and labor to increase profits at   AHASS Workshop Pandaan whether theyhave a partial effect, where the variables simultaneously and more dominant, type of quantitative research conducted by validity test research methods, reliabillity, classical assumption, regression, coefficient of determination, t-test and f test. Methods of data collection were  done by observation, questionnaire and documentation. From the results of the above data it can be concluded the data is valid, and there is a relationship reliable partially and simultaneously, and the most dominant variable is a variation of products. From the results of multiple linear regression that affects predominantly to the increase in earnings in the  AHASS Workhop Pandaan  was a variation of products. Product Variations regression coefficient (X1) of 0.563 means that if variations product increased by one unit then the earnings will increase by 0.563 assuming that other variables held constant influence.Keywords: product variations, labor and increasing profit
ANALISIS CASH HOLDING BERBASIS KEKUATAN KAS DAN MODAL KERJA BERSIH Astuti, Anggita Windi
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effect of cash flow, cash conversion cycle, and net working capital on cash holding in the 2014-2018 food and beverage sub-sector companies partially or simultaneously. The population used in this study are all food and beverages sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in the 2014-2018 period. The sample used using the purposive sampling method, so that a total of 55 research samples were obtained. The data analysis technique used is the multiple regression analysis method with a significant level of 5% (0.05). From the results of the study, it can be concluded that cash flow has no effect on cash holding. While the cash conversion cycle variable has a significant negative effect on cash holding. The variable net working capital has a significant positive effect on cash holding. The ability of independent variables to explain the relationship of the dependent variable is cash holding by 20.7% while the remaining 79.3% is influenced by other factors not examined in this study.Keywords: Cash flow, cash conversion cycle, net working capital and cash holding.
Pendeteksian Potensi Kecurangan Pelaporan Keuangan dengan Beneish Model (Studi pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di BEI) Rahman, Rizqa Awalia
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

As the world is becoming more globalized than before, financial market participants especially in Indonesia face serious risk for dealing with fraudulent financial reporting. This study aims to detect potential fraud reporting by using Beneish M-Score Model. Sample in this studi is Indonesia State Owned Enterprises who listed in Indonesia Stock Exchange from 2016 to 2018. Our evidence conclude that Beneish Model supports effectively in analyzing characteristics of falsified financial statements.
PROFIL PEMASARAN ONLINE USAHA KERAJINAN TOPENG DAN KAYU BATIK DESA BOBUNG GUNUNGKIDUL Maryono, Dwi
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil atau gambaran pemanfaatan teknologi IT dalam pemasaran atau pemasaran online produk kerajinan topeng dan kayu batik di desa Bobung, Putat, Kecamatan Pathuk Gungungkidul. Dengan mengetahui profil pemasasaran online ini dapat digunakan untuk menyusun strategi yang tempat mengenai strategi dan bentuk pegembangan pemasaran online sehingga dapat meningkatkan pasar produk kerajinan sekaligus meningkatkan omset pendapat para pengrajin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya para pengrajin menyadari betul akan pentignya pemasaran secara online, sebagai alternatif media pemasaran yang ada selama ini yang lebih mengandalkan pada kegiatan pameran, brosur, dan informasi dari mulut ke mulut. Namun demikian di antara para pengrajin, baru 45% yang sudah mencoba menggunakan media online sebagai sarana pemasaran. Belum diterapkannya pemasaran online lebih pada kurangnya peralatan dan SDM untuk pengelolaan pemasaran secara online. Namun demikian melihat perkembangan teknologi informasi saat ini, terutama perangkat HP smartphone, masalah peralatan semestinya sudah tidak menjadi masalah karena dalam perangkat HP peralatan seperti koneksi internet, web, dan kamera dalam satu perangkat. Oleh karena itu penggunaan e-commerce mulai bergeser dengan m-commerce (mobile commerce), meskipun implementasinya m-commerce tidak bisa dipisahkan dengan e-commerce atau bisa disebut bahwa m-commerce merupakan salah satu bentuk dari e-Commerce.
FAKTOR PENENTU KINERJA LINGKUNGAN PADA PAGUYUBAN BATIK KEBON INDAH BAYAT KLATEN YANG DIMODERASI OLEH LEAN ENVIRONMENT Sulistyowatie, Syska Lady; Pahlevi, Reza Widhar
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran inovasi sangatlah penting agar kelangsungan organisasi dan produk dapat bertahan serta dapat mencapai keunggulan kompetitif dengan kompetitornya. Fenomena yang ada di negara maju, masyarakatnya sudah peduli dengan lingkungan sekitar melalui menggunakan barang yang bisa didaur ulang dan tidak merusak lingkungan. Penggabungan pengetahuan dan manajemen kualitas dalam melakukan inovasi sudah dilakukan oleh Paguyuban Batik Kebon Indah di Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Para pengerajin batik melakukan inovasi dengan menggunakan pewarna alami untuk mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh transfer pengetahuan dan manajemen kualitas terhadap kinerja lingkungan melalui inovasi bisnis serta ingin mengetahui peran moderasi antara lean environment dengan inovasi bisnis terhadap kinerja lingkungan pada Paguyuban Batik Kebon Indah Bayat Klaten, Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan memberikan kuesioner secara langsung kepada karyawan Paguyuban Kelompok Batik Kebon Indah Bayat Klaten Jawa Tengah. Teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transfer pengetahuan berpengaruh terhadap inovasi, manajemen kualitas berpengaruh terhadap inovasi, transfer pengetahuan tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan, manajemen kualitas berpengaruh terhadap kinerja lingkungan, inovasi berpengaruh terhadap kinerja lingkungan selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa lean environment berpengaruh terhadap kinerja lingkungan.Kata Kunci: Transfer Pengetahuan, Manajemen Kualitas, Lean Environment, Kinerja   Lingkungan dan InovasiInnovation is very important for an organization and products to survive and achieve competitive advantage. In developed countries, people already concerned about the environment by using recycled goods that safe for the environment. The merging of knowledge and quality management in innovation has been conducted by the Kebon Indah Batik Association in Bayat, Klaten, Central Java. The batik artists innovate by using natural dyes to reduce the environmental impact caused. The research was aimed at determining the effect of knowledge transfer and quality management towards the environmental performance through business innovation and identify the role of moderation between lean environment and business innovation on the environmental performance of the batik association. The research method used was quantitative descriptive by administering questionnaires directly to the employees of the Kebon Indah Bayat Batik Association. Statistical techniques was used to analyze the data by using AMOS Structural Equation Modeling (SEM). The research results showed that 1) knowledge transfer influences innovation, quality management influences innovation; 2) knowledge transfer has no effect on environmental performance; 3) quality management influences environmental performance; 4) innovation influences environmental performance. Further, the results of the study indicate that lean environment influences environmental performance.Keywords:   Knowledge Transfer, Quality Management, Lean Environment, Environmental Performance and Innovation
Efektifitas Motivasi Pada Lokal Birokrasi Atmojo, Singgih Tiwut
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Motivasi yang diberikan terhadap Kinerja Pegawai Dilingkungan Dinas Penanaman Modal dan Tenagakerja Kota Singkawang. Metode penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dalam bentuk survei sedangkan teknik pengumpulan data melalui Observasi, menyebarkan Kuisioner dengan jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 42 responden. Analisis menggunakan SPSS V25. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji Simultan (f) menunjukan bahwa variabel independen yaitu Motivasional dan Higienis secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja dengan nilai signifikan dibawah 0,05. Begitu juga dengan hasil uji Parsial (t) menyatakan bahwa variabel Motivasional berpengaruh terhadap kinerja dengan nilai signifikan 0.010 dibawah 0,05 dan Variabel Higienis juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan nilai signifikan 0,029 dibawah 0,05.
PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Fauzi, Latiffah Ulul; Welsa, Henny; Susanto, Susanto
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.102124

Abstract

This study aims to determine the effect of hedonic shopping value, shopping life style on impulse buying with positive emotion as an intervening variable. , the influence of hedonic shopping value, at Matahari Departement Store Yogyakarta. This research was conducted in Yogyakrta, samples taken as many as 115 respondents with a sampling technique using accidental sampling. Data collection by distributing questionnaires using a 5-point Likert scale, to measure 19 indicators. The data collection method uses a questionnaire. For testing the instrument using the validity test and reliability test. Instrument test results, indicate that the entire instrument is valid and reliable. Data analysis using Sobel Test. The results of this study indicate that (1) Hedonic value, shopping life style has a positive and significant effect on positive emotion, (2) Hedonic value, shopping lifestyle, positive emotion has a positive and significant effect on impulse buying, (3) Positive emotion has a positive and significant effect in mediating hedonic shopping value and shopping lifestyle towards impulse buying. This shows that the variable hedonic value, shopping life style, and positive emotion affect impulse buying.
STRATEGI MENINGKATKAN LOYALITAS DENGAN MEMPERHATIKAN KEPUASAN KONSUMEN OBAT MELALUI COORPORATE IMAGE PADA APOTEK DI SURAKARTA Fatonah, Siti; Diva Awatara, I Gusti Putu
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.102119

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen obat dengan memperhatikan kepuasan yang menggunakan aspek kualitas pelayanan, pengiriman pesanan dan promosi yang bisa disebut sebagai coorporate image pada apotek di Surakarta. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh variabel independen (kualitas pelayanan, pengiriman pesanan, promosi) terhadap loyalitas konsumen obat dengan kepuasan sebagai variabel intervening sehingga dapat digunakan untuk menentukan strategi yang harus dilakukan apotek di Surakarta. Dengan mengambil sample sebanyak 100 responden konsumen obat yang diambil secara acak di beberapa apotek yang berlokasi di Surakarta. Setelah di olah dengan analisis jalur, diperoleh hasil bahwa pengiriman pesanan mendominasi untuk meningkatkan kepuasan konsumen obat dibandingkan dengan kualitas pelayanan dan promosi. Untuk meningkatkan loyalitas berdasarkan hasil analisis maka harus meningkatkan kepuasan konsumen obat terlebih dahulu karena semua variabel independen secara langsung berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas. Untuk itu disimpulkan bahwa strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen obat di apotek Surakarta sebaiknya apotek meningkatkan pelayanan pengiriman pesanan untuk meningkatkan kepuasan yang diharapkan dapat meningkatkan loyalitas konsumen obat terhadap apotek di Surakarta.
PROFIL PEMASARAN ONLINE USAHA KERAJINAN TOPENG DAN KAYU BATIK DESA BOBUNG GUNUNGKIDUL Maryono, Dwi; Subiyantoro, Slamet; Susilaningsih, Susilaningsih
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 2 (2019): Oktober 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.102118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil atau gambaran pemanfaatan teknologi IT dalam pemasaran atau pemasaran online produk kerajinan topeng dan kayu batik di desa Bobung, Putat, Kecamatan Pathuk Gungungkidul. Dengan mengetahui profil pemasasaran online ini dapat digunakan untuk menyusun strategi yang tempat mengenai strategi dan bentuk pegembangan pemasaran online sehingga dapat meningkatkan pasar produk kerajinan sekaligus meningkatkan omset pendapat para pengrajin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya para pengrajin menyadari betul akan pentignya pemasaran secara online, sebagai alternatif media pemasaran yang ada selama ini yang lebih mengandalkan pada kegiatan pameran, brosur, dan informasi dari mulut ke mulut. Namun demikian di antara para pengrajin, baru 45% yang sudah mencoba menggunakan media online sebagai sarana pemasaran. Belum diterapkannya pemasaran online lebih pada kurangnya peralatan dan SDM untuk pengelolaan pemasaran secara online. Namun demikian melihat perkembangan teknologi informasi saat ini, terutama perangkat HP smartphone, masalah peralatan semestinya sudah tidak menjadi masalah karena dalam perangkat HP peralatan seperti koneksi internet, web, dan kamera dalam satu perangkat. Oleh karena itu penggunaan e-commerce mulai bergeser dengan m-commerce (mobile commerce), meskipun implementasinya m-commerce tidak bisa dipisahkan dengan e-commerce atau bisa disebut bahwa m-commerce merupakan salah satu bentuk dari e-Commerce.

Page 1 of 2 | Total Record : 16