cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
WARTA
ISSN : -     EISSN : 25495631     DOI : -
Core Subject : Education,
Warta LPM merupakan media komunikasi dan informasi ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat yang meliputi bidang ilmu-ilmu sosial, sains dan teknologi.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "WARTA LPM, Vol. 22, No. 2, September 2019" : 16 Documents clear
PENGELOLAAN SUMBER MATA AIR DI DESA KEDUNGOLENG KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES Zulfa, Nely
WARTA WARTA LPM, Vol. 22, No. 2, September 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (929.082 KB) | DOI: 10.23917/warta.v22i2.8717

Abstract

Mountain springs as artesian springs and in a condition of continuity provided they are assisted by normal rainfall and an environment that remains green. In any season the mountain water source will continue to provide adequate water supply for the community. Kedungoleng Village is a village located in the hills in the District of Paguyangan, Brebes Regency. The hilly topography of the village of Kedungoleng and far from the springs is the weakness of the village to get clean water. Kedungoleng residents rely on rainwater, dug wells and public baths to fulfil their daily needs. Clean water in Kedungoleng Village comes from a spring in the hills, which is then accommodated in a public bath. This public bath is the only source of water that is easily available. It's just that all residents use so that sometimes residents fight over and are ineffective. The long-distance also requires considerable time and energy to bring clean water to the house. Some residents have dug wells, but the water is yellow and smelly and not suitable for drinking water consumption. The purpose of community service is to meet the needs of clean water for the community adequately and sustainably both in terms of quantity, quality and continuity to improve health and quality of life for the people in Kedung Oleng Village. This method of implementing community service activities designed water sanitation improvements in the form of making water tanks. Building water reservoirs are expected to be able to meet the needs of clean water at any time.
PELATIHAN PEMBANGUNAN WEBSITE INFORMASI DI PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH BAKI, SUKOHARJO Anggoro, Dimas Aryo; Yuniar, Amalia Eka; Widyanti, Tyara Novita
WARTA WARTA LPM, Vol. 22, No. 2, September 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.893 KB) | DOI: 10.23917/warta.v22i2.8443

Abstract

Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Baki adalah salah satu organisasi yang berada di bawah naungan gerakan Muhammadiyah. Pada organisasi ini, masih terdapat beberapa masalah yang terjadi dalam hal penyebaran informasi. Sebagai contoh, media cetak dan media tatap muka masih menjadi media utama dalam penyebaran informasi. Sehingga dapat dikatakan bahwa cara yang diterapkan di PCM Baki masih kurang efektif dan efisien. Berdasarkan permasalahan tersebut, terdapat sebuah solusi yang ditawarkan, yaitu dengan mengadakan sosialisasi dan pelatihan pembangunan website informasi di PCM Baki. Website tersebut bermanfaat untuk menyediakan informasi terkait organisasi dan Muhammadiyah secara umum. Metode yang dilakukan adalah berupa penjelasan tentang internet dan website, serta pelatihan kepada anggota PCM Baki ? sebagai peserta sosialisasi ? dalam pembuatan website. Adapun kegiatan ini bertujuan supaya penyebaran informasi di PCM Baki dapat berjalan secara cepat, mudah, serta dapat menekan biaya operasional. Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam pembuatan suatu website. Dari kegiatan yang telah dilakukan, didapatkan cara yang lebih efektif dan efisien untuk memperkenalkan PCM Baki dengan cara membangun website dengan menggunakan metode Blog.
OPTIMALISASI PENGGUNAAN APLIKASI CLOUD COMPUTING SEBAGAI SARANA PENGELOLAAN KUESIONER BAGI GURU MUHAMMADIYAH TANON Sukirman, Sukirman; Putra, Muhammad Miftakhul Rohadi; Kusumawati, Astriana Jihan
WARTA WARTA LPM, Vol. 22, No. 2, September 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3063.499 KB) | DOI: 10.23917/warta.v22i2.8664

Abstract

Aplikasi cloud computing merupakan aplikasi yang cara penggunaannya membutuhkan jaringan internet. Salah satu keunggulannya yaitu tidak memerlukan media penyimpanan namun dapat diakses dari berbagai tempat. Akan tetapi, sebagian besar guru Muhammadiyah di kecamatan Tanon, Sragen, belum memiliki pengetahuan yang lebih jauh tentang aplikasi cloud computing ini, khususnya Google Drive. Padahal aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan akademik maupun non-akademik, misalnya pengelolaan kuesioner. Selama ini proses distribusi kuesioner dan pengolahannya dilakukan secara konvensional menggunakan kertas cetak, digandakan, dikumpulkan kembali dan baru kemudian diolah. Tentu saja hal ini kurang efektif di era teknologi informasi ini. Untuk itu perlu dilakukan workshop pembelajaran tentang cara penggunaan aplikasi berbasis cloud computing bagi para guru tersebut. Metode workshop dilakukan dengan model pembelajaran aktif (active learning) sehingga memungkinkan peserta aktif dalam mengikuti kegiatan. Setelah kegiatan, peserta diwajibkan mengisi kuesioner untuk mengetahui tanggapan terhadap kegiatan. Secara umum, peserta kegiatan menyatakan puas dan kegiatan ini bermanfaat serta bisa ditindaklanjuti untuk kegiatan sejenis di masa mendatang.
PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PEMBINAAN OLIMPIADE SAINS (OSN) WIYOKO, TRI; Megawati, Megawati; Aprizan, Aprizan; Avana, Nurlev
WARTA WARTA LPM, Vol. 22, No. 2, September 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.867 KB) | DOI: 10.23917/warta.v22i2.8619

Abstract

Pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas harus dilakukan sejak dini. Adanya kegiatan OSN IPA akan memberikan gambaran atau pemataan kemampuan siswa di sekolah. Adapun tujuan pembinaan OSN IPA antara lain 1) Meningkatkan pengetahuan siswa SD dalam bidang sains, 2) Meningkatkan keterampilan siswa SD dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade sains, 3) Meningkatkan kemampuan analisis siswa dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade sains. Pembinaan dilaksanakan dengan 3 tahapan yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi. Tahap perencanaan meliputi pengumpulan dan mereduksi soal OSN tahun sebelumnya. Tahap pelaksanaan meliputi proses pembinaan dengan menerapkan proses pembelajaran melalui diskusi, tanya jawab, Focus Group Discussion (FGD). Tahap Evaluasi dilakukan dengan memberikan soal OSN untuk mengevaluasi kemampuan siswa. Hasil pembinaan Olimpiade Sains (OSN) di SD Negeri 102/Sei.Kerjan memberikan pengaruh yang baik untuk persiapan OSN siswa di tahun 2019. Selama proses pembinaan siswa aktif, antusias dan  semangat. Hasil yang diperoleh selama pembinaan yaitu siswa yang pengetahuannya bertambah secara signifikan sebesar 40% atau 4 orang, siswa yang memiliki kemampuan keterampilan menyelesaikan soal-soal sebesar 30% atau 3 orang dan kemampuan menganalisis soal sebesar 20% atau 2 orang.
PENINGKATAN SARANA DAN PENGETAHUAN UNTUK MENDUKUNG PENERAPAN E-RAPOR DAN UKS DI MIM POTRONAYAN 1 Supriyono, Heru; Isnen, Nur Muhammad Akbar; Murdiyanto, Dendy
WARTA WARTA LPM, Vol. 22, No. 2, September 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v22i2.8929

Abstract

The partner of this Community Partnership Program (PKM) service are Potronayan Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 1. The main problems raised in this activity are two, namely schools have not been able to implement e-report cards or known as digital report cards (ARD) applications and the problem is not yet the optimal role of the school health business (UKS), especially the school dental health business (UKGS). The purpose of this activity is to improve the supporting facilities for implementing e-report cards and increase the knowledge of teachers and students to support UKS and UKGS. The method of implementing the activity is the application of computer infrastructure to support the application of e-report cards and the implementation of training and application of Android applications to increase knowledge about maintaining oral health and UKS. The results obtained from this activity are partners already have a computer infrastructure that is in accordance with the needs for the application of e-report cards and teachers and students have received training and Android applications to improve knowledge of dental and mouth maintenance. Evaluation results show that the Android application that is applied is able to make learning about oral health more enjoyable when compared to just using printed material.
PELATIHAN TELAAH BUKU TEKS BAGI GURU BAHASA INDONESIA DI SMP MUHAMMADIYAH SURAKARTA Huda, Miftakhul; Kustanti, Erry Widya; Rufiah, Ani
WARTA WARTA LPM, Vol. 22, No. 2, September 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.006 KB) | DOI: 10.23917/warta.v22i2.8671

Abstract

Guru Bahasa Indonesia SMP Muhammadiyah di Surakarta memiliki permasalahan dalam menentukan pilihan penggunaan buku teks Bahasa Indonesia. Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada bulan April 2019 di SMP Muhammadiyah Surakarta. Peserta pengabdian adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu menurunkan teori Geeny dan Petty yang merupakan indikator kualitas buku teks ke dalam beberapa instrumen. Selanjutnya, guru berlatih mengisi instrumen sesuai dengan isi buku teks. Setelah itu, guru membuat tabulasi, dan langkah terakhit mengidentifikasi bagian buku teks yang masih lemah. Pelatihan penelaahan buku teks dengan menggunakan teori Geeny dan Petty efektif. Telaah buku teks berdasarkan teori Geeny dan Petty terdiri dari sudut pandang sesuai dengan keilmuan, memiliki kejelasan, konsep materi, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, mudah dipahami pemakainya, menunjang pelajaran lain, menghargai perbedaan individu, dan memantabkan nilai.
PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN LITERASI UNTUK SUPORTER SEPAKBOLA MELALUI JURNALISME SEPAKBOLA Junaedi, Fajar; Sukmono, Filosa Gita
WARTA WARTA LPM, Vol. 22, No. 2, September 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.697 KB) | DOI: 10.23917/warta.v22i2.8258

Abstract

Football and journalism are two domains that are closely interrelated. Football sports news developed in various media platform, such as printed, electronic and online media. Football supporters, in general, are active audiences who are intensely consuming sports news. In the context of media literacy, the existence of football supporters as an active audience is a potential for the development of media literacy. The media literacy that be developed in this program is media literacy in the process of media production, namely football journalism writing. Football supporters generally come from young people who have the potential to increase their competence in terms of football journalism, but they have lack access for developing their competence. The solution is to provide assistance and development of media literacy through football journalism activities. This service activity involves Indonesian Fandom as a partner. Activities carried out in this community service program are training, workshops and mentoring for writing football journalism. There were twenty-five participants who participated in this activity. The results of the activity in the form of articles, which in general the theme is about local football, edited by partners. Articles that have been edited are then compiled into one text book entitled Merawat Sepakbola Indonesia (Caring for Indonesian Football). The book was successfully printed as many as two hundred copies, and sold through networks owned by partners, and involved workshop participants as resellers. Thus, this program has succeeded in increasing football literacy among supporters, and fostering entrepreneurial networks of supporters through the publishing and distribution of book sales.
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN “TRAINER ARDUINO” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SMK DI PEKANBARU Jefiza, Adlian; Okmayura, Finanta; Novchi, Raja Widya
WARTA WARTA LPM, Vol. 22, No. 2, September 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v22i2.8778

Abstract

Permasalahan yang terjadi adalah, kurangnya minat siswa SMP untuk melanjutkan studi ke SMK Teknologi Elektronika. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut, ada beberapa aspek yang harus ditingkatkan, salah satunya dengan meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (Guru) dalam perkembangan dunia elektronika. Salah satu cara meningkatkan kompetensi guru  adalah dengan memberikan pelatihan  trainer mikrokontroler tipe Arduino yang dilengkapi sensor-sensor sebagai media ajar bagi guru. Kegiatan pelatihan penggunaan trainer mikrokontroler melibatkan 15 orang Guru SMK di Pekanbaru. Sasaran kegiatan kedepannya mampu meningkatkan kualitas guru, kualitas lulusan SMK, dan menambah minat siswa terhadap SMK Teknologi bidang Elektronika. Output yang hasilkan pada kegiatan pelatihan media ajar trainer Arduino adalah terdapat meningkatkan kualitas guru SMK Teknologi khususnya bidang Elektronika sebesar 24,41%. Peningkatan kompetensi guru dilihat berdasarkan hasil Pretest dan Evaluasi kegiatan.
PENINGKATAN SARANA DAN PENGETAHUAN UNTUK MENDUKUNG PENERAPAN E-RAPOR DAN UKS DI MIM POTRONAYAN 1 Heru Supriyono; Nur Muhammad Akbar Isnen; Dendy Murdiyanto
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 22, No. 2, September 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v22i2.8929

Abstract

The partner of this Community Partnership Program (PKM) service are Potronayan Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 1. The main problems raised in this activity are two, namely schools have not been able to implement e-report cards or known as digital report cards (ARD) applications and the problem is not yet the optimal role of the school health business (UKS), especially the school dental health business (UKGS). The purpose of this activity is to improve the supporting facilities for implementing e-report cards and increase the knowledge of teachers and students to support UKS and UKGS. The method of implementing the activity is the application of computer infrastructure to support the application of e-report cards and the implementation of training and application of Android applications to increase knowledge about maintaining oral health and UKS. The results obtained from this activity are partners already have a computer infrastructure that is in accordance with the needs for the application of e-report cards and teachers and students have received training and Android applications to improve knowledge of dental and mouth maintenance. Evaluation results show that the Android application that is applied is able to make learning about oral health more enjoyable when compared to just using printed material.
PELATIHAN TELAAH BUKU TEKS BAGI GURU BAHASA INDONESIA DI SMP MUHAMMADIYAH SURAKARTA Miftakhul Huda; Erry Widya Kustanti; Ani Rufiah
WARTA LPM WARTA LPM, Vol. 22, No. 2, September 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/warta.v22i2.8671

Abstract

Guru Bahasa Indonesia SMP Muhammadiyah di Surakarta memiliki permasalahan dalam menentukan pilihan penggunaan buku teks Bahasa Indonesia. Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada bulan April 2019 di SMP Muhammadiyah Surakarta. Peserta pengabdian adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu menurunkan teori Geeny dan Petty yang merupakan indikator kualitas buku teks ke dalam beberapa instrumen. Selanjutnya, guru berlatih mengisi instrumen sesuai dengan isi buku teks. Setelah itu, guru membuat tabulasi, dan langkah terakhit mengidentifikasi bagian buku teks yang masih lemah. Pelatihan penelaahan buku teks dengan menggunakan teori Geeny dan Petty efektif. Telaah buku teks berdasarkan teori Geeny dan Petty terdiri dari sudut pandang sesuai dengan keilmuan, memiliki kejelasan, konsep materi, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, mudah dipahami pemakainya, menunjang pelajaran lain, menghargai perbedaan individu, dan memantabkan nilai.

Page 1 of 2 | Total Record : 16