cover
Contact Name
Liana Mangifera
Contact Email
lm122@ums.ac.id
Phone
+628157652484
Journal Mail Official
dayasaing@ums.ac.id
Editorial Address
Program Studi MAGISTER MANAJEMEN UMS Gedung Pascasarjana Lt 3 UMS Jl. A.Yani Pabelan Kartasura Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dayasaing
ISSN : 14113422     EISSN : 2541254X     DOI : https://doi.org/10.23917/dayasaing
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Manajemen Dayasaing is a media of scientific papers on economics and business management, human resource management, financial management, marketing management, operations management, hospital management, Islamic economics, and sharia management.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Daya Saing" : 16 Documents clear
ANALISIS KOMPARASI KEPUASAN KONSUMEN YANG MEMBELI SMARTPHONE CHINA PADA GERAI RESMI DAN BLACK MARKET Putra, Febrianur Ibnu Fitroh Sukono
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 21, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v21i2.8456

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan tempat pembelian smartphone terhadap kepuasan konsumen yang membeli smartphone China. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli smartphone China. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan mengambil total 200 responden untuk konsumen yang membeli smartphone China di gerai resmi dan 200 responden untuk konsumen yang membeli smartphone China di black market. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi lapangan berupa kuesioner secara personal. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan uji beda (independent sample T-test). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini memiliki beberapa temuan, pertama yaitu persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yang membeli smartphone China, yang kedua yaitu kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yang membeli smartphone China, yang ketiga adalah tempat pembelian smartphone berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yang membeli smartphone China. Hasil yang terakhir ialah terdapat perbedaan tingkat kepuasan yang dirasakan konsumen pembeli smartphone China di gerai resmi dengan konsumen yang membeli smartphone China di black market.
Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Corporate Sosial Responsibility Sebagai Variabel Intervening (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018) dewi, syahrina noormala
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 21, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v21i2.9866

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan dengan Corporate Sosial Responsibility (CSR)sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018 yang berjumlah 430 perusahaan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini 135 perusahaan yang diperoleh dengan menggunakan purposivesampling. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi sederhana , analisis regresi berganda dan analisis jalur (Path Analyse) dengan menggunakan SPSS for windows versi 22. Variable dalam penelitian ini: variabel dependen kinerja keuangan (ROA), variable independen kinerja lingkungan (PROPER), variable intervening CSR. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel   kinerja   lingkungan berpengaruh positif   terhadap   kinerja keuangan, variabel kinerja lingkunga tidak berpengaruh terhadap Corporate SocialResponsibility (CSR), variabel Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif  terhadap kinerja keuanga dan variabel Corporate Social Responsibility (CSR) tidak mampu menjadi variable intervening antara hubungan  kinerja  lingkungan  terhadap  kinerja keuangan.  
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DI KOTA SURAKARTA Isa, Muzakar; Istikomah, Robingatun
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 21, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v21i2.9326

Abstract

Every SME actor must strive to influence consumer decisions in choosing products and services to meet their needs and desires. This study aims to analyze the effect of prices on purchasing decisions, analyze the influence of product quality on purchasing decisions, analyze the influence of service quality on purchasing decisions, and analyzes the effect of word of mouth on purchasing decisions. The study was conducted in the Surakarta city of Galabo culinary tourism area. The population of this study is consumers who visit and enjoy culinary at Galabo. The research sample was 100 people, and the sampling used a purposive sampling method. The data used is primary data. Data collection used questionnaire and interview. The analytical tool used is multiple linear regression analysis. The results showed that the price and Word of mouth had a positive and significant influence on purchasing decisions on Galabo Surakarta City Culinary, while the quality of products and services had a positive but not significant effect on purchasing decisions on Galabo Surakarta City Culinary.
DESAIN MODEL KANVAS PADA PENGEMBANGAN BISNIS PRODUK INOVASI UNTUK MEMENANGKAN SEGMEN PASAR MILENIAL (STUDI PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk) Almira, Winona; Handriana, Tanti
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 21, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v21i2.9011

Abstract

Millennial is currently the most important target in the marketing world in the digital age. Based on the survey, the number of internet service users in Indonesia is dominated by the millennial segment. However, millennials have different characteristics. Thus, special strategies are needed to penetrate and win planned markets. In this study, a qualitative analysis was used by implementing the concept of business model canvas in order to obtain a comprehensive business plan for the digital and telecommunication company. The canvas designs resulted in this study not only can be applied in the digital and telecommunications companies, but also in all fields of companies that start to utilize digital applications in their services.
ANALISIS BIAYA DAN MANFAAT PADA TEBING BREKSI TINGGALAN TAMBANG KAPUR DI YOGYAKARTA Suryaningsum, Sri; Pamungkas, Noto
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 21, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v21i2.6838

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis biaya dan manfaat pada Tebing Breksi yang merupakan tinggalan tambang kapur di Yogyakarta. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Penelitian dilakukan dengan observasi, riset pustaka, dan wawancara mendalam. Objek penelitiannya adalah Tebing Breksi. Kegiatan pertambangan batu kapur di tersebut sudah dimulai sejak tahun 1980-an, kualitas batu kapurnya juga sudah tidak layak untuk ditambang dan sudah tidak memiliki nilai ekonomis. Sehingga warga setempat dengan kreatif meng-create bekas tambang kapur tersebut menjadi objek wisata. Tebing Breksi ini merupakan bentuk reklamasi kreatif dalam bentuk museum alam yang memiliki nilai sejarah. Tebing Breksi menyuguhkan relief batu kapur yang dapat juga digunakan sebagai wisata edukasi. Berdasarkan taksiran perhitungan pendapatan/pemasukan per harinya apabila hari biasa sebesar Rp.10.000.000,-, kemudian pada akhir pekan sebesar Rp.20.500.000,- dan di musim liburan mencapai Rp.51.250.000,-. Namun terkait regulasi atas retribusi belum ada. Pemerintah Kabupaten Sleman menjelaskan bahwa sampai saat ini belum ada aturan yang mengatur objek wisata yang dikelola oleh warga. Diharapkan Pemerintah Kabupaten Sleman segera membuat regulasi terkait retribusi yang dikelola oleh warga. Hasil retribusi tersebut juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kemudian perbaikan infrastruktur sebaiknya lebih diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan wisatawan.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISA HASIL USAHA (STUDI KASUS PADA KOPERASI KARYAWAN RUMAH SAKIT DEWI SRI KARAWANG) Nawawi, Ahmad; Nurdiansyah, Dian Hakip; Suparno, Suparno
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 21, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v21i2.8758

Abstract

This research was conducted at Dewi Sri Karawang Hospital Employee Cooperative. The phenomenon that occurs is the development of the number of members, deposits, and sales in the year 2008-2015 which tends to rise, but the acquisition of remaining unstable business results, even in 2010 suffered losses. The purpose of this study is to determine the effect of Total Members, Deposits, and Sales on the Return of Operating Results in 2008-2015, either partially or simultaneously.      The method used in this research is Quantitative Method. This study uses multiple regression analysis. The data used in this study is secondary data sourced from Annual Financial Report of Cooperative Employees Hospital Dewi Sri Karawang year 2008-2015.      The result of partial research on the number of members to the rest of the business results shows that t count is less than ttable that is 0,742 2,365 which means that the number of members has no effect on the rest of the business result, the saving to the rest of the business result shows that -thount is bigger than -ttabel ie - 0,509 -2,365 which means that the deposit does not affect the rest of the business results, and sales to the rest of the business results show that -thount is greater than -table is -0,286 -2,365 which means that the deposit does not affect the rest of the business results. The results of simultaneous study of the number of members, deposits, and sales shows that F count is smaller than Ftable is 0,213 19,2 which means that the number of members, savings and sales simultaneously (together) has no effect on the rest of the business results.
ANALISIS PENGEMBANGAN PARIWISATA BERDASARKAN DUKUNGAN MASYARAKAT DI TEMANGGUNG Qurniawati, Rina Sari; Wardani, Bertha Kusuma
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 21, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v21i2.6786

Abstract

Abstraksi. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami apa yang bisa membuat penduduk setempat ikut dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan. Hal ini dapat membantu mempromosikan pariwisata berkelanjutan karena masyarakat dapat menilai preseden ini untuk memprediksi tingkat dukungan oleh penduduk mereka. Metode penelitian ini menggunakan analisis jalur yang didahului dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah Manfaat yang dirasakan dan Keterikatan Masyarakat berpengaruh terhadap Dukungan Masyarakat Pada Pengembangan Wisata Religi Berkelanjutan. Selain itu Manfaat yang Dirasakan tidak mampu menjadi variabel yang memediasi antara Keterikatan Masyarakat terhadap Dukungan Masyarakat pada Pengembangan Wisata Religi Berkelanjutan.
Job Satisfaction Mediates Relationship Between Organizational Commitments And Employee Performance Wagiman S., Wagiman; Sutanto, Himawan Arif
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 21, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v21i2.9030

Abstract

The  research was aimed to examine the influence of organizational commitment on job satisfaction and emplooyes performance of  PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Semarang Regional Office. The number of samples was 150 empployees and it was selected through proportional random sampling. SEM-PLS was applied to analyze  the data. The conclusions indicated that organizational commitment directly influenced job satisfaction positively. Organizational commitment directly and positively influenced employees performance. Job satisfaction directly and positively influenced employees performance. To improve employees performance, the guidance for employees to be able to work in a team, increasing the sense of responsibility to the organization, giving employees the freedom to innovate, creating a comfortable working atmosphere and establishing good communication among employees with superior supervisor should be done
ANALISIS PENGEMBANGAN PARIWISATA BERDASARKAN DUKUNGAN MASYARAKAT DI TEMANGGUNG Rina Sari Qurniawati; Bertha Kusuma Wardani
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 21, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v21i2.6786

Abstract

Abstraksi. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami apa yang bisa membuat penduduk setempat ikut dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan. Hal ini dapat membantu mempromosikan pariwisata berkelanjutan karena masyarakat dapat menilai preseden ini untuk memprediksi tingkat dukungan oleh penduduk mereka. Metode penelitian ini menggunakan analisis jalur yang didahului dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah Manfaat yang dirasakan dan Keterikatan Masyarakat berpengaruh terhadap Dukungan Masyarakat Pada Pengembangan Wisata Religi Berkelanjutan. Selain itu Manfaat yang Dirasakan tidak mampu menjadi variabel yang memediasi antara Keterikatan Masyarakat terhadap Dukungan Masyarakat pada Pengembangan Wisata Religi Berkelanjutan.
Job Satisfaction Mediates Relationship Between Organizational Commitments And Employee Performance Wagiman Wagiman S.; Himawan Arif Sutanto
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 21, No 2 (2019): Jurnal Manajemen Daya Saing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v21i2.9030

Abstract

The  research was aimed to examine the influence of organizational commitment on job satisfaction and emplooyes performance of  PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Semarang Regional Office. The number of samples was 150 empployees and it was selected through proportional random sampling. SEM-PLS was applied to analyze  the data. The conclusions indicated that organizational commitment directly influenced job satisfaction positively. Organizational commitment directly and positively influenced employees performance. Job satisfaction directly and positively influenced employees performance. To improve employees performance, the guidance for employees to be able to work in a team, increasing the sense of responsibility to the organization, giving employees the freedom to innovate, creating a comfortable working atmosphere and establishing good communication among employees with superior supervisor should be done

Page 1 of 2 | Total Record : 16