cover
Contact Name
Liana Mangifera
Contact Email
lm122@ums.ac.id
Phone
+628157652484
Journal Mail Official
dayasaing@ums.ac.id
Editorial Address
Program Studi MAGISTER MANAJEMEN UMS Gedung Pascasarjana Lt 3 UMS Jl. A.Yani Pabelan Kartasura Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dayasaing
ISSN : 14113422     EISSN : 2541254X     DOI : https://doi.org/10.23917/dayasaing
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Manajemen Dayasaing is a media of scientific papers on economics and business management, human resource management, financial management, marketing management, operations management, hospital management, Islamic economics, and sharia management.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 23, No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dayasaing" : 8 Documents clear
KEPUASAN KERJA: APAKAH JENJANG JABATAN AKADEMIK MEMBUAT PERBEDAAN? Ariesya Aprillia; Rony Setiawan; Nonie Magdalena
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 23, No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dayasaing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v23i2.16098

Abstract

Kepuasan kerja dosen dipengaruhi oleh banyak hal dan hal ini dapat meningkatkan atau menurunkan kepuasan kerja mereka. Jenjang Jabatan Akademik merupakan salah satu prediktor untuk mengukur kepuasan kerja dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis apakah ada perbedaan kepuasan kerja berdasarkan Jenjang Jabatan Akademik. Sampel dalam penelitian ini adalah dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung, pengambilan sampel memakai probability sampling dengan simple random sampling. Metode studi literatur, survei dengan kuesioner, wawancara, dan juga focus group discussion (FGD) sebagai metode pengumpulan data. Uji instrumen memakai uji validitas dan reliabilitas, serta analisis data memakai ANOVA. Simpulannya, ada perbedaan kepuasan kerja berdasarkan Jenjang Jabatan Akademik, semakin tinggi Jenjang Jabatan Akademik, semakin tinggi pula kepuasan kerjanya. Berdasarkan mean, kepuasan kerja Lektor Kepala sebesar 4.568, Lektor 4.038, Asisten Ahli 3.505, dan yang belum memiliki Jenjang Jabatan Akademik 2.673. Facet kepuasan kerja yang tertinggi dari Lektor Kepala yaitu mereka memiliki kesempatan untuk bekerja sendiri di tempat kerja, puas terhadap gaji apabila dibandingkan dengan jumlah pekerjaan yang mereka lakukan, dan kebebasan untuk menggunakan penilaian mereka sendiri. Secara keseluruhan, facet yang paling kecil nilai kepuasan kerjanya adalah kesempatan untuk menjadi “seseorang” di komunitas, maka saran bagi manajemen perguruan tinggi adalah melibatkan dosen dalam pengambilan keputusan, terutama aspek yang memiliki pengaruh langsung pada kinerja dan tingkat kepuasan mereka. Apabila manajemen perguruan tinggi melakukan hal ini, kemungkinan para dosen akan merasa bahwa eksistensi mereka dihargai. Hal ini dapat membuka jalan ke hubungan yang lebih berbasis kepercayaan antara manajemen perguruan tinggi dan para dosen. Bagaimanapun juga, kepuasan kerja para dosen akan menguntungkan semua pihak yang terlibat.
DAPATKAH NARSISME CEO MEMPENGARUHI PERILAKU PRAKTIK EARNING MANAGEMENT PERUSAHAAN NON KEUANGAN DI INDONESIA? Sayekti Endah Retno Meilani; Indriyana Puspitosari; Wahyu Pramesti; Imanda Firmantyas Putri Pertiwi; Wiyadi Wiyadi
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 23, No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dayasaing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v23i2.16001

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kepribadian manajemen dalam tata kelola perusahaan dalam konteks keputusan akuntansi perusahaan. Secara khusus, penelitian ini menguji hubungan antara narsisme CEO dan sejauh mana praktik manajemen laba yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 259 perusahaan non keuangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Narsisme CEO tidak berpengaruh terhadap praktik manajemen laba perusahaan. Hal ini berarti bahwa narsisme CEO (CEO dengan kepercayaan diri tinggi) ternyata tidak akan menggunakan kebijakan akuntansi untuk mempraktikkan manajemen laba atau dapat disampaikan bahwa CEO yang lebih narsis tidak akan mendistorsi informasi keuangan yang tersedia bagi investor dengan mengelola pendapatan (praktik manajemen laba).
PERANCANGAN STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA PANTAI PANGADARAN, JAWA BARAT Bernard Hasibuan; Lisa Ratnasari; Ninin Gusdini
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 23, No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dayasaing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v23i2.16096

Abstract

Pangandaran is one of the famous tourist destinations because it is complete with several attractions such as natural attractions, cultural tourism, artificial tourism and conservation. To develop a very potential destination, a comprehensive development strategy is needed. The methods used in this study are SWOC and AHP, the first of which is the exploration of SWOC to identify factors of strengths, weaknesses, opportunities and challenges. The second stage is to sabotage the proposed strategy obtained with AHP. Hasil  this research there are4  proposed strategies, namely  optimizingsocial media for promotion (weight 0.419), involving  Stakeholders to participate in the development of  Pangandaran  (weight 0,300), making tour packages that include existing attractions(Homestay,  protected forest) (weight 0,168), and building a sustainable Pangandaran  system. integrated g (weight 0.113). Pangandaran development must follow existing trends with social media technology that can expand marketing reach.
KONTRIBUSI FINTECH PAYMENT TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN DI MASA PANDEMI COVID-19 Teti Anggita Safitri
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 23, No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dayasaing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v23i2.16207

Abstract

Pandemi Covid-19 yang memberikan dampak bagi berkurangnya aktivitas masyarakat di luar rumah, berbagai aplikasi Fintech Payment menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam berbagai aktivitas keuangan masyarakat ini dimaksudkan untuk mengurangi . Inilah yang mendasari peneliti memiliki ketertarikan untuk meneliti bagaimana fintech payment dimasa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini untuk menguji kontribusi Fintech Payment terhadap Perilaku Manajemen Keuangan di masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian ini merupakan penelitian primer yang menggunakan analisis regresi linear berganda dengan subyek penelitiannya adalah para pengguna aplikasi Fintech Payment.
UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM KOTA SEMARANG Cicik Harini; Heru Sri Wulan; Feri Agustina
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 23, No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dayasaing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v23i2.16860

Abstract

Munculnya virus corona pada tahun 2020 telah memporakporandakan perekonomian di Indonesia, membuat kekuatan UMKM di uji kembali. Penurunan omset di sektor non kuliner mencapai 30-35% akibat adanya pembatasan kegiatan yang membuat para pelaku usaha sulit melakukan penjualan secara tatap muka. Oleh karena itu pelaku UMKM harus mampu mengusai digital marketing. Penelitain ini bertujuan mengetahui bagaimana implementasi digital marketing melalui media sosial pada 30 UMKM di  Kota Semarang, yang terpilih sebagai responden. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional, menggunakan data primer yang diperoleh berdasarkan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis kualitatif serta ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian UMKM di Kota Semarang yang telah menggunakan digital marketing melalui  media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produknya, mengalami peningkatan volume penjualannya.
ANALISIS KOMPARASI KINERJA SAHAM YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID 19 Wahid Wachyu Adi Winarto
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 23, No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dayasaing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v23i2.16015

Abstract

This research aims to test and empirically analyze industrial performance as reflected in the performance of stocks listed in the Jakarta Islamic Index using the risk adjusted return ratio, Sharpe, Treynor and Jensen alpha.Analysis for hypothesis testing using purposive sampling method. The population in this research is all sharia indexes listed on the Jakarta Islamic Index (JII) in Indonesia. The period of research information that is the object of this research is the weekly return index from April 2019 to December 2020, totaling 44 information, the information is differentiated between the time before and during the Covid 19 pandemic. Hypothesis testing uses two different tests of independent sample means use Risk adjusted return, Sharpe, treynor and Jensen alpha. The results showed that the ratio of risk adjusted return, Sharpe, Treynor and Jensen alpha, there was no significant difference in performance between before and during the Covid 19 pandemic.
ANALISA KEBIJAKAN PEMBERLAKUAN PPKM PADA MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP INDUSTRI SKALA KECIL DAN MENENGAH MAKANAN DAN MINUMAN Lina Ayu Safitri; Chriswardana Bayu Dewa
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 23, No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dayasaing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v23i2.16180

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pandemic covid – 19 dan adanya pemberlakuan PPKM terhadap industry skala kecil dan menengah di Yogyakarta dengan mengambil studi kasus UMKM kaki lima yang terletak di kawasan Indomaret Jakal KM 12,5 Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif dengan pendekatan penulisan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dengan melakukan wawancara terhadap para pemilik UMKM kaki lima kawasan Indomaret Jakal KM 12,5. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari beberapa sumber referensi yang valid seperti buku, peraturan perundang-undangan dan lain sebagainya yang memiliki hubungan dengan kebijakan PPKM. Data yang diperoleh disajikan secara menyeluruh lalu dikategorikan menjadi beberapa bagian data yang sesuai dengan penyajian analisis, setelah itu beberapa bagian data tersebut dijabarkan dan diinterpretasikan agar dapat ditemukan kesimpulan yang menyeluruh dari tiap bagian analisis tersebut. Simpulan dari penelitian ini adalah para pemilik UMKM, terutama di kawasan Indomaret Jakal KM 12,5 Sleman, Yogyakarta, mengalami efek yang signifikan akibat pandemi Covid - 19 dan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah. Pemilik UMKM terutama kaki lima, beberapa periode awal pandemi Covid - 19 di Indonesia, sudah banyak pelaku usaha yang mengalami gangguan dalam proses jual beli dan strategi pemasarannya, bahkan banyak yang mengalami pailit karena tidak sanggup membayar biaya produksi. Para pemilik UMKM yang ada di kawasan Indomaret Jakal KM 12,5 Sleman, Yogyakarta harus kreatif dalam melakukan inovasi agar dapat bertahan di masa pandemic. Kata Kunci : Pandemic, PPKM, UMKM, Kuliner
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM BUDAYA ORGANISASI Masine Slahanti; Ani Setyowati
Jurnal Manajemen Dayasaing Vol 23, No 2 (2021): Jurnal Manajemen Dayasaing
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dayasaing.v23i2.16119

Abstract

The role of the leader in an organization is the key factor to determin the success of the organization. By the organization leader, the members will be more easily managed and controled. Transformational leadership is one of leadership style that is able to create intrinsic motivation for organizational members. This study to determine the meaning of transformational leaders to create a better work culture in the company. This study uses a phenomenological method that focused on PT. Serkolinas Aman Nusantara Semarang. To obtain research results, researchers used unstructured interviews in extracting information. Unstructured interviews were addressed to nine number of employees at PT. Serkolinas Aman Nusantara Semarang. Research shows that the transformational type of leader style is able to create a positive work culture in the organization. Because, transformational leadership style is able to direct the behavior of organizational members to create value in accordance with organizational goals, thus ignoring the personal vision of organizational members.

Page 1 of 1 | Total Record : 8