cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal CARE
ISSN : 23552034     EISSN : 25279513     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical studies in the field of care-giving, child protection and child nutrition and health.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2016)" : 14 Documents clear
PENGEMBANGAN BERBAHASA PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN KARTU HURUF DI TK PSM 2 KAWEDANAN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015 Lestari, Puji; Susari, Hermawati Dwi
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan berbahasa anak melalui metode bermain kartu huruf pada kelompok anak usia 4-5 tahun di TK PSM 2 Kawedanan, karena di TK PSM 2 Kawedanan masih banyak masalah yang dihadapi anak, antara lain : anak belum mampu menerima bahasa, anak belum mampu mengungkapkan bahasa dan belum mampu mengenal huruf / aksara dengan baik dan benar. Penelitian dilaksanakan di TK PSM 2 Kawedanan dengan lokasi di Desa Ngadirejo RT.04 RW.02 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Sasaran penelitian adalah anak yang ada di kelompok a2 TK PSM 2 Kawedanan, dengan jumlah anak sebanyak 10 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dalam tiga siklus.Berdasarkan hasil observasi/pengamatan pada siklus pertama menunjukkan masih kurang minat anak untuk belajar dengan bermain kartu huruf. Pada siklus kedua hasul observasi menunjukkan anak sudah mulai tertarik untuk bermain kartu huruf sehingga minat anak mengalami peningkatan yang cukup. Sedangkan pada siklus ketiga hasil observasi menunjukkan anak sudah mampu melakukan bermain kartu huruf dengan baik, sehingga dapat meningkatkan minat anak yang sangat baik.Berdasarkan hasil penelitian ini maka peran guru sebagai pendidik yang bertanggung jawab dan memotivasi anak dalam setiap kegiatanbermain kartu huruf di Taman Kanak – Kanak dirasakan menfaatnya oleh anak dan orang tua. Adanya motivasi dan latihan yang diberikan di sekolah maupun di rumah akan semakin memperkuat minat anak untuk belajar sebagai bekal untuk menuju ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan demikian penelitian ini dapat memberikan jawaban / asumsi terhadap rumusan permasalahan yang telah dirumuskan yaitu pengembangan berbahasa anak melalui metode bermain kartu huruf. Kata Kunci : Berbahasa Anak, Metode Bermain Kartu Huruf
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-20 MELALUI PERMAINAN TUTUP BOTOL PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KEPUHREJO KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Hidayati, Eny; Muharyanto, Hagus
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan kognitif anak usia dini terutama mengenai membilang angka sangat penting, oleh sebab itu diperlukan suatu pembelajaran yang melibatkan media yag menarik perhatian anak untuk belajar membilang seperti penggunaan media tutup botol sebagai sarana bermain sambil belajar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahuikeberhasilan permainan tutup botol dalam meningkatkan kemampuan membilang 1-20 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2014/2015. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan. Metode yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Dharma Wanita Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan dengan jumlah 25 anak. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan kenaikan persentase penilaian kemampuan membilang angka 1-20 yakni pada siklus I, persentase klasikal siswa yang memiliki kemampuan membilang 1-20 tinggi dan sangat tinggi adalah 40% atau sebanyak 10 anak. Pada siklus II, anak yang memiliki kemampuan membilang 1-20 tinggi dan sangat tinggi adalah 88% atau sebanyak 22 anak. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II ini, anak sudah mencapai ketuntasan dalam pembelajaran kemampuan membilang 1-20 sesuai indikator yang ditetapkan. Kesimpulan akhir penelitian ini adalahmetode bermain peran dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok B TK Tulung 02 Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang diajukan diharapkan pelaksanaan penelitian ini dapat membantu guru khusunya guru TK dalam memberikan pembelajaran membilang angka 1-20. Kata Kunci : Kemampuan Membilang, Media Pembelajaran
PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN CENDEKIA KIDS SCHOOL MADIUN DAN IMPLIKASINYA PADA LAYANAN KONSELING Saputra, Wahyu Nanda Eka; Setianingrum, Indah
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap individu berpotensi mengalami masalah. Anak usia dini adalah salah satu individu yang memiliki potensi memiliki masalah. Salah satu masalah pada anak usia dini adalah perkembangan motorik halus. Perkembangan motorik halus berkaitan dengan perkembangan kemampuan dalam menggunakan jari-jari tangan untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti gerakan dalam menjimpit, menggenggam, menulis, memotong, menggunting, dan lain-lain. Permasalahan perkembangan motorik halus ditemukan pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Cendekia Kids School Madiun. Anak mengalami masalah dalam mengerjakan kolase dan menyusun balok. Salah satu usaha yang bisa dilaksanakan adalah melakukan layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling yang dapat diterapkan adalah layanan konsultasi dan bimbingan dengan metode bermain.  Kata kunci: anak usia dini, motorik halus, bimbingan dan konseling
PROFIL KEMATANGAN SOSIAL ANAK SD AWAL SE-KOTA MADIUN DI TINJAU DARI VINELAND SOCIAL MATURITY SCALE Afifah, Dian Ratnaningtyas; Susari, Hermawati Dwi
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi kematangan sosial usia SD Awal yaitu kelas 1 yang baru memulai pendidikannya di tingkat sekolah dasar. Berangkat dari pengcamatan terhadap bagaimana para orang tua melihat kesiapan sekolah anak yang acap kali hanya didasarkan pada anak sudah bisa baca-tulis-hitung yang bagian dari raaspek kognitif  saja. Jika menilik bagaiman proses pembelajaran di sekolah dasar seyogyanya kesiapan anak untuk berproses didalamnya tidak hanya didasarkan pada aspek kognitif tetapi juga pada aspek sosial dan emosional serta aspek psikologis yang lain. Kata Kunci: kematangan sosial, anak, vineland social maturity scale
PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL ANAK DIDIK KELOMPOK B TK DESA NGEPEH SARADAN MADIUN TAHUN AJARAN 2014-2015 Damayanti, Lely; Sumarwoto, Vitalis Djarot
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap kehidupan sosial anak didik kelompok B TK Desa Ngepeh Saradan Madiun Tahun Ajaran 2014-2015. Sampel di dalam penelitian ini adalah kelompok B1 TK Desa Ngepeh Saradan Madiun sejumlah 40 anak didik dengan menggunakan teknik “purposive sampling”. Pengumpulan data menggunakan teknik non-test dalam bentuk daftar cocok. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain “intact-group comparison”. Hasil analisis data dengan teknik statistik rumus t-score menunjukkan harga t-hitung lebih besar dibandingkan harga t-tabel (0,477 > 0,022)/TS 5%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: ada pengaruh penggunaan media cerita bergambar terhadap kehidupan sosial anak didik kelompok B TK Desa Ngepeh Saradan Madiun tahun Ajaran 2014-2015. Kata kunci: Media Cerita Bergambar, Kehidupan Sosial
MANAJERIAL LAYANAN BIMBINGAN UNTUK ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS DI CENDEKIA KIDS SCHOOL Rohmadheny, Prima Suci
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak usia dini berkebutuhan khusus merupakan anak yang mengalami hambatan perkembangan tertentu baik itu fisik, intelektual, ataupun sosial emosional sehingga membutuhkan bantuan khusus untuk dapat menerima pendidikan yang sama seperti teman sebayanya. Bantuan khusus atau dapat disebut bimbingan khusus ini sangat dibutuhkan oleh mereka. Diperlukan seorang ahli untuk dapat melakukan screening test dan mendiagnosis seorang anak mengalami hambatan perkembangan jenis apa, namun seorang pendidik dapat mengases kondisi perkembangan anak setiap kali pertemuan dan melakukan bimbingan khusus terhadap anak tersebut agar dapat menerima pendidikan yang sama seperti teman-temannya. Cendekia Kids School merupakan salah satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Madiun yang melayani anak usia dini dengan berbagai kondisi perkembangan. Sampai pada tahun ajaran baru 2015/2016, di Cendekia Kids School ditemukan beberapa peserta didik yang mengalami hambatan perkembangan. Bentuk layanan bimbingan yang dapat diberikan untuk mereka sesuai dengan usia dan kondisi anaknya. Layanan ini tidak hanya berhubungan dengan peserta didik saja melainkan juga melibatkan orangtua atau anggota keluarga yang dapat menjadi sasaran layanan bimbingan dan dapat juga melibatkan ahli. Layanan bimbingan ini perlu dilakukan oleh guru kelas yang secara teknis perlu dibantu oleh shadow teacher. Melalui pemberian layanan ini, diharapkan peserta didik yang mengalami hambatan perkembangan dapat berkembang dengan baik dan mampu menerima pendidikan untuk kesiapnnya melanjutkan pendidikan di sekolah dasar. Dalam pemberian layanan bimbingan ini diperlukan manajerial yang baik, agar pelaksanaan bimbingan dapat terselenggara dengan efektif dan tepat sasaran sehingga tujuan pemberian layanan bimbingan khusus dapat tercapai.  Kata Kunci: manajerial, layanan bimbingan, anak usia dini berkebutuhan khusus
BONEKA JARI SEBAGAI MEDIA UNTUK MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA SEKOLAH DASAR Bhakti, Caraka Putra; Hasan, Sitti Ummi Novirizka; Indriyani, Wuni
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : IKIP PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usia dini merupakan periode keemasan dalam rentang kehidupan seorang individu. Pada masa ini anak sangat peka/sensitif dalam menerima berbagai rangsangan. Pada masa ini juga merupakan peletak dasar pertama unutk mengembangkan seluruh kemampuan anak pada tahap berikutnya. Dengan demikian, pendidikan dan pembelajaran yang diberikan memiliki kebermaknaan bagi anak melalui pengalamann yang memungkinkan anak menjalanka tugas perkembangannya seoptimal mungkin. Salah satunya yaitu menumbuhkan rasa percaya diri pada anak usia dini. Melalui model pembelajaran Beyond Center and Circle Time(BCCT) menggunakan teknik bermain secara langsung dengan media boneka jari menjadi salah satu metode pembelajaran aktif dan menyenangkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak usia dini.Kata Kunci : Boneka Jari, Percaya Diri, Usia Dini
PENGEMBANGAN BERBAHASA PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN KARTU HURUF DI TK PSM 2 KAWEDANAN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015 Puji Lestari; Hermawati Dwi Susari
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.555 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan berbahasa anakmelalui metode bermain kartu huruf pada kelompok anak usia 4-5 tahun di TK PSM 2 Kawedanan, karena di TK PSM 2 Kawedanan masih banyak masalah yang dihadapi anak, antara lain : anak belum mampu menerima bahasa, anak belum mampu mengungkapkan bahasa dan belum mampu mengenal huruf / aksara dengan baik dan benar. Penelitian dilaksanakan di TK PSM 2 Kawedanan dengan lokasi di Desa Ngadirejo RT.04 RW.02 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Sasaran penelitian adalah anak yang ada di kelompok a2 TK PSM 2 Kawedanan, dengan jumlah anak sebanyak 10 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitiantindakan kelas (PTK) dalam tiga siklus.  Berdasarkan hasil observasi/pengamatan pada siklus pertama menunjukkan masih kurang minat anak untuk belajar dengan bermain kartu huruf. Pada siklus keduahasul observasi menunjukkan anak sudah mulai tertarik untuk bermain kartu huruf sehingga minat anak mengalami peningkatan yang cukup. Sedangkan pada siklus ketiga hasil observasi menunjukkan anak sudah mampu melakukan bermain kartu huruf dengan baik, sehingga dapat meningkatkan minat anak yang sangat baik.  Berdasarkan hasil penelitian ini maka peran guru sebagai pendidik yang bertanggung jawab dan memotivasi anak dalam setiap kegiatanbermain kartu huruf di Taman Kanak – Kanak dirasakan menfaatnya oleh anak dan orang tua. Adanya motivasi dan latihan yang diberikan di sekolah maupun di rumah akan semakin memperkuat minatanak untuk belajar sebagai bekal untuk menuju ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan demikian penelitian ini dapat memberikan jawaban / asumsi terhadap rumusan permasalahan yang telah dirumuskan yaitu pengembangan berbahasa anak melalui metode bermain kartu huruf.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-20 MELALUI PERMAINAN TUTUP BOTOL PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KEPUHREJO KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Eny Hidayati; Hagus Murayanto
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.457 KB)

Abstract

Perkembangan kognitif anak usia dini terutama mengenai membilang angkasangat penting, oleh sebab itu diperlukan suatu pembelajaran yang melibatkan media yag menarik perhatian anak untuk belajar membilang seperti penggunaan media tutup botol sebagai sarana bermain sambil belajar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui keberhasilan permainan tutup botol dalam meningkatkan kemampuan membilang 1-20 pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kepuhrejo KecamatanTakeran Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2014/2015. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan. Metodeyang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian iniadalah siswa kelompok B TK Dharma Wanita Kepuhrejo Kecamatan Takeran KabupatenMagetan dengan jumlah 25 anak. Pengumpulan data penelitian ini menggunakanobservasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kenaikan persentase penilaian kemampuanmembilang angka 1-20 yakni pada siklus I, persentase klasikal siswa yang memilikikemampuan membilang 1-20 tinggi dan sangat tinggi adalah 40% atau sebanyak 10anak. Pada siklus II, anak yang memiliki kemampuan membilang 1-20 tinggi dan sangattinggi adalah 88% atau sebanyak 22 anak. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II ini,anak sudah mencapai ketuntasan dalam pembelajaran kemampuan membilang 1-20sesuai indikator yang ditetapkan. Kesimpulan akhir penelitian ini adalah metode bermain peran dapat meningkatkankemandirian anak kelompok B TK Tulung 02 Kecamatan Saradan Kabupaten Madiuntahun pelajaran 2014/2015. Saran yang diajukan diharapkan pelaksanaan penelitian inidapat membantu guru khusunya guru TK dalam memberikan pembelajaran membilangangka 1-20.
PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOKBERMAIN CENDEKIA KIDS SCHOOL MADIUN DAN IMPLIKASINYA PADA LAYANAN KONSELING Wahyu Nanda Eka Saputra; Indah Setianingrum
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.207 KB)

Abstract

Setiap individu berpotensi mengalami masalah. Anak usia dini adalah salah satuindividu yang memiliki potensi memiliki masalah. Salah satu masalah pada anakusia dini adalah perkembangan motorik halus. Perkembangan motorik halusberkaitan dengan perkembangan kemampuan dalam menggunakan jari-jaritangan untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti gerakan dalam menjimpit,menggenggam, menulis, memotong, menggunting, dan lain-lain. Permasalahanperkembangan motorik halus ditemukan pada anak usia 3-4 tahun di KelompokBermain Cendekia Kids School Madiun. Anak mengalami masalah dalammengerjakan kolase dan menyusun balok. Salah satu usaha yang bisadilaksanakan adalah melakukan layanan bimbingan dan konseling. Layananbimbingan dan konseling yang dapat diterapkan adalah layanan konsultasi danbimbingan dengan metode bermain.

Page 1 of 2 | Total Record : 14