cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
ISSN : 24611247     EISSN : 24775142     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, fisika material, kimia fisika, fisika bumi, instrumentasi, komputasi dan astronomi.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET" : 8 Documents clear
ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 8 MEDAN T.P 2018/2019 Hati, Kembang; Kadri, Muhammad
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v5i1.12540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas XI semester I SMA Negeri 8 Medan tahun ajaran 2018/2019.  Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA N 8 Medan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 5 yang terdiri dari 25 orang sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas XI MIPA 6 yang terdiri dari 25 orang sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa adalah tes hasil belajar berbetuk essay dengan jumlah 8 soal yang sudah divalidasi, lembar penilaian aktivitas belajar siswa, dan penilaian hasil belajar siswa. Analisis data pretes dan postes diperoleh bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh  dan , hal ini menyatakan bahwa  yang memiliki arti bahwa kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak α = 0,05 dan dk = 48 diperoleh dan , sehingga  maka hipotesis (H0) ditolak dan terima hipotesis (Ha ) dengan demikian ada perbedaan yang signifikan dari pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi suhu dan kalor di SMA Negeri 8 Medan.
RANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS WEBSITE PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI haloho, khairul hasyim; Tanjung, Ratna; Sudarma, Teguh Febri
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v5i1.12380

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran fisika berbasis website pada materi pokok fluida dinamis kelas XI. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Sample pengujian media adalah kelas XI MIA 4 dan kelas XII IPA 2 SMA Negeri 13 Medan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data hasil angket validasi dan analisis respon siswa. Hasil validasi dari ahli media terhadap media pembelajaran  memperoleh rata – rata 94,81% dinilai sangat baik, hasil validasi dari ahli materi terhadap materi  pembelajaran memperoleh 94,00% Hasil respon siswa terhadap pada uji coba kelas kecil dinilai sangat baik dengan rata – rata 91,22% dan respon siswa pada uji coba lapangan memperoleh rata - rata 93.00%. Dengan media pembelajaran fisika berbasis website pada materi pokok fluida dinamis kelas XI memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran.
ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PhET DI SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN Harahap, Gusniar; Juliani, Rita
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v5i1.12541

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model PBL berbantuan media PhET di SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Populasi seluruh siswa kelas X MIA-3 semester I SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Subjek penelitian berjumlah 36 orang yang terdiri dari  25 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar kognitif dalam penelitian sebanyak 15 soal pilihan ganda dengan lima option yang sudah divalidkan, sedangkan hasil belajar keterampilan dan aktivitas  diambil menggunakan lembar penilaian melalui observasi pengamat. Hasil analisis data, diperoleh temuan penelitian penerapan model PBL berbantuan media PhET di SMA Negeri 1 Pantai Cermin yaitu: Hasil belajar siswa menggunakan model PBL mengalami peningkatan baik kognitif, psikomotorik dan aktivitas dimana kognitif meningkat dari pertemuan I ke II sebesar 25% dan dari pertemuan II ke III meningkat sebesar 30%. Aktivitas dan keterampilan siswa dengan menerapkan model PBL meningkat dengan kategori aktif. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media PhET dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL FISIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA MEDAN Khairani, Srinia; Sani, Ridwan Abdullah
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v5i1.12551

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal – soal fisika. Jenis penelitian ini adalah deskrptif dengan pendekatan kuantitatif yang menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika di SMA Kota Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa SMA di kota Medan kelas XI tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dan didapatkan enam sekolah yang dijadikan sampel yakni sekolah SMA Negeri 2 Medan, SMA Negeri 11 Medan, SMA Negeri 13 Medan,  SMA As – Syafiiyah Internasional Medan, SMA Swasta Taman Siswa Medan, SMA Dharma Pancasila Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian, rata – rata siswa yang mengalami kesulitan menyelesaikan soal keseimbangan dan dinamika rotasi kelas XI MIA SMA kota Medan berada dalam kategori kurang memuaskan. Hal ini dapat dilihat pada indikator mendeskripsikan soal diperoleh persentase sebesar 63% siswa mengalami kesulitan, pada indikator pendekatan fisika sebesar 54%, penggunaan rumus fisika sebesar 48% siswa mengalami kesulitan, indikator perhitungan matematika 41%, dan kesesuaian jawaban sebesar 61%. Kesalahan terbanyak yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal adalah pada kategori mendeskripsikan soal.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERINTEGRASI PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI POKOK ELASTISITAS ZAT PADAT DAN HUKUM HOOKE Sianturi, Indris Sarihon; Simatupang, Sehat
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v5i1.12542

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh model pembelajaran Scientific Inquiry terintegrasi PhET terhadap hasil belajar siswa kelas XI semester II pada materi pokok Elastisitas Zat Padat dan Hukum Hooke. Penelitian ini merupakan quasi experiment melibatkan satu kelas terdiri 36 subjek penelitian yang diberi pembelajaran yang sama. Siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan awal. Hasil tes kemampuan awal memiliki 17 siswa  mendapatkan nilai di atas rata-rata dengan rataan 27,03 (kelas tinggi) dan 19 siswa dengan rataan tes 13,08 (kelas bawah). Nilai rata-rata posttest hasil belajar siswa pada pembelajaran konvensional adalah 35,54 dan model pembelajaran scientific inquiry terintegrasi PhET  rata-rata adalah 72,14. Hasil analisis varian dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan interaksi model pembelajaran FA(1,542)>FTabel(1,477) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran scientific inquiry terintegrasi PhET  lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil belajar antar kelas tinggi dan rendah memiliki FB(3,249)>FTabel(1,4774) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain bahwa hasil belajar kelas tinggi yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry terintegrasi PhET lebih baik dari hasil belajar kelas renda). Pada interaksi antar AB  FAB=1,237 <FTabel=1,4774 H0 terima dan Ha tolak sehingga tidak terdapat interaksi antara model scientific inquiry terintegrasi PhET dan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON KELAS X SMA NEGERI 10 MEDAN Juantika, Dewi; M.Si, Purwanto,
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v5i1.12543

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton. Jenis penelitian adaalah quasi eksperimen.. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X Mia1 dan kelas XMia3, dimana kelas X Mia1 diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas X Mia3 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes  essai dan lembar observasi untuk mengukur hasil belajar dan aktivitas siswa. Data rata-rata pretes kelas eksperimen dan kontrol adalah 36,52  dan 34,19. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh kemampuan awal siswa  kedua kelas sama. Setelah diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan dengan pembelajaran konvensional diperoleh data rata-rata postes adalah 76,52 dan 62,06. Pada pengujian data postes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen serta ada pengaruh signifikan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa. Selama proses pembelajaran nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 70,47 dengan kategori aktif. 
PENGARUH MODEL QUAMTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP KELAS XI DI SMA SWASTA DHARMAWANGSA MEDAN Anggriani, Selvi; Wahyuni, Ida
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v5i1.12500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui adanya pengaruh akibat penggunaan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media PhET  pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester I SMA Swasta Dharmawangsa Medan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIA 8 dan kelas XI MIA 9, dimana kelas XI MIA 8 diajarkan dengan model pembelajaran quantum teaching berbantuan media PhET dan kelas XI MIA 9 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakanadalah tes hasil belajar berupa tes pilihan bergandadan observasi aktivitas siswa. Data dalam  penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS XI SMAN 13 MEDAN Ritonga, Herlinayati; Hakim, Abd
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v5i1.12544

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training dan konvensional, pengaruh gender terhadap hasil belajar fisika siswa, dan interaksi antara model pembelajaran dengan gender siswa dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 13 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA – 2 sebagai kelas inquiry training dan kelas XI MIA – 3 sebagai kelas konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang pada setiap kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh model inquiry training dan konvensional terhadap hasil belajar siswa, dengan kriteria pengujian Fh > Ft (7,67> 4,002), terdapat pengaruh gender terhadap hasil belajar siswa, dengan kriteria pengujian Fh > Ft (5,06> 4,002), terdapat pengaruh interaksi antara kedua model pembelajaran dan gender siswa terhadap hasil belajar siswa, dengan kriteria pengujian Fh > Ft (11,99> 4,002). Berdasarkan hasil uji ANAVA yang dilakukan terdapat pengaruh model pembelajaran, pengaruh gender, dan  interaksi antara model pembelajaran dan gender dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018 Vol 4, No 3 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JULI - SEPTEMBER 2018 Vol 4, No 2 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI APRIL - JUNI 2018 Vol 4, No 1 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET 2018 Vol 3, No 4 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober-Desember 2017 Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April 2017 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April-Juni 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari - Maret 2017 Vol 2, No 4 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Oktober 2016 Vol 2, No 4 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober - Desember 2016 Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli-September 2016 Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli 2016 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April 2015 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari - Maret 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari 2016 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober - Desember 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober 2015 More Issue