cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Informatika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Enkripsi Konten Blob-Field untuk Pengamanan Data Bank Soal Ujian CBT (Computer Based Test) Rejito, Juli; Setiana, Deni
Jurnal Informatika Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (11.852 KB)

Abstract

Implementasi teknologi informasi khususnya dalam ujian berbasis komputer (CAT-Computer Assisted Test) mulai banyak digunakan. Kerahasiaan soal yang tersimpan dalam bentuk database menjadi hal utama yang harus diperhatikan, dikarenakan soal yang dipergunakan dalam ujian tidak boleh terpublikasikan (bocor) baik dari sisi peserta test (client) yang menggunakan cat tersebut maupun dari pengelola database (administrator). Dalam paper ini akan dipaparkan salah satu alternative solusi pengamanan soal yang tersimpan dalam bentuk blob-field database yang memuat konten teks maupun konten citra yang disandikan, sehingga konten soal yang aslinya hanya akan terbaca apabila menggunakan aplikasi cat yang sesungguhnya. Teknis penyandian yang dipergunakan dalam blob-field adalah dengan memanfaatkan enkripsi simetrik yang dimunculkan dalam bentuk aplikasi entry bank soal sebagai alat bantu memasukkan soal sekaligus berfungsiuntuk enkripsi konten soal, disisi lain menggunakan aplikasi CAT yang dipergunakan oleh user untukmengerjakan soal sekaligus berfungsi sebagai dekripsi konten soal. Pembuktian hasil enkripsi soal ditunjukkan dengan akses langsung ke dalam blob-field konten soal yang tersimpan pada database menggunakan antarmuka akses database.
Pemanfaatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik sebagai Alternatif Otentikasi (Studi Kasus pada Sistem PAuS ID di Universitas Padjadjaran) Wahiduddin, Faishal; Hadi, Setiawan; Setiana, Deni
Jurnal Informatika Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.487 KB)

Abstract

Teknologi NFC (Near Field Communication) merupakan sebuah teknologi yang memudahkan komunikasi antar perangkat secara langsung dengan mendekatkan perangkat yang satu dengan yang lain . Saat ini teknologi NFC telah dibenamkan pada chip yang terdapat dalam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sehingga menjadikan kartu tersebut sebagai sebuah smartcard. Pada Skripsi ini penulis meneliti tentang pemanfaatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik sebagai suatu alternatif yang bisa digunakan untuk melakukan otentikasi pada sistem PAuS (Padjadjaran Authentification System) yang terdapat di Universitas Padjadjaran. Implementasi berupa sebuah aplikasi mobile berbasis Android yang dapat menampilkan informasi mahasiswa berupa jadwal kuliah dan transkrip akademik dengan otentikasi menggunakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Sistem yang telah dibangun diujicoba terhadap 20 orang responden mahasiswa Program Studi S-1 Teknik Informatika angkatan 2012, 2013, 2014 dan 2015. Smartphone yang digunakan terdiri dari 9 seri yang berbeda, dan hasilnya seluruh smartphone dapat menjalankan aplikasi dengan memanfaatkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik sebagai alternatif Otentikasi pada Sistem PAuS ID. 
Pengaruh Ukuran Jendela Observasi terhadap Kinerja Conditional Random Fields pada Pengenalan Fase Gerak Yulita, Intan Nurma; Suryani, Mira; Paulus, Erick
Jurnal Informatika Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10.074 KB)

Abstract

Pengenalan gerak merupakan penelitian yang banyak dikaji. Tantangan di dalam melakukan penelitian iniadalah representasi data disajikan dalam bentuk sekuensial. Untuk dapat mengenali gerak tersebut makametode yang digunakan harus mampu merepresentasikan pola sekuensial  di dalam pemodelan.  Olehkarena itu, pada penelitian ini diajukan Conditional Random Fields.
Penerapan Data Mining dalam Menganalisis Kepribadian Pengguna Media Sosial dengan Naive Bayes Classifier: Studi Kasus Media Sosial Instagram Muhammad, Harits; Sudrajat, R; Rosadi, Rudi
Jurnal Informatika Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.804 KB)

Abstract

Big Data, Data Mining, Five Factor Model, Instagram, Naïve Bayes Classifier
Klasifikasi Newsgroup Menggunakan Vector Space Model dan Novel K Nearest Neighbors Suryani, Mira; Nasuha, Ayi Muhammad Iqbal; Yulita, Intan Nurma; paulus, erick
Jurnal Informatika Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.476 KB)

Abstract

Salah satu penelitian dalam bidang perolehan informasi yang hingga saat ini masih menjadi kajian adalah kategorisasi teks. Klasifikasi teks dapat membantu manusia untuk menemukan sekumpulan informasi yang relevan sesuai dengan kebutuhan secara cepat. Studi ini mengemukakan tentang proses mengkategorisasikan newsgroup. Data newsgroup dipilih sebagai dataset penelitian dikarenakan newsgroup sendiri merupakan aplikasi yang telah lama dan banyak digunakan oleh orang untuk berdiskusi di dunia maya, sehingga data newsgroup berada dalam jumlah besar dan perlu pengelolaan. Vector space model sebagai representasi fitur dari sebuah dokumen yang dihasilkan setelah melalui proses indexing dan pembobotan menggunakan term frequency. Representasi fitur kemudian diklasifikasikan ke dalam 3 kategori sesuai dengan kelas kategorinya. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata precision sebesar 71% dengan jumlah data yang diklasifikasikan secara benar sebanyak 89 data. Hasil ini diperoleh dari penentuan jumlah k paling optimal yang berada pada nilai 30.
Implementasi Simulasi Wisata Shark Cage Diving dengan Perangkat Virtual Reality Google Cardboard Menggunakan Game Engine Unity 3D Farabi, Riva; Hidayat, Akik; Paulus, Erick
Jurnal Informatika Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.64 KB)

Abstract

Shark cage diving merupakan salah satu kegiatan rekreasi yang dilakukan di daerah laut yang dihuni hiu. Tentu tidak semua orang mampu melakukan kegiatan tersebut, tapi dengan teknologi virtual reality, dapat memungkinkan seseorang untuk melihat dan mensimulasikan hal yang belum pernah dilihatnya secara langsung di depan mata. Google Cardboard merupakan salah satu teknologi virtual reality dari beberapa perangkat VR yang ada di pasaran yang mudah dijangkau masyarakat. Selain murah, Google Cardboard mengandalkan kemudahan dalam pemakaiannya dengan perangkat smartphone sebagai layar VR. Dengan game engine Unity 3D, dapat memungkinkan membuat aplikasi VR yang mensimulasikan kegiatan shark cage diving yang dapat digunakan pengguna smartphone dan Google Cardboard dengan mudah. Dari penelitian dan studi lapangan terhadap 30 orang responden menunjukkan bahwa aplikasi VR bisa digunakan sebagai alat rekreasi yang juga menambah wawasan.
Metode Back Propagation pada Jaringan Syaraf Tiruan Digunakan untuk Penilaian Kemampuan Bertahan pada Bayi dengan Berat Lahir Rendah hidayat, akik; Rejito, Juli; Kusuma, Sandy P.
Jurnal Informatika Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12.306 KB)

Abstract

Bayi berat lahir rendah akan mengalami banyak masalah karena belum siapnya hidup diluar kandungan. Hal tersebut  menyebabkan angka kesakitan dan angka kematian pada bayi meningkat. Data mining dapat digunakan untuk mengetahui penilaian kemampuan bertahan lebih dini pada bayi berat lahir rendah. Jaringan syaraf tiruan backpropagation sebagai teknik dari data mining dapat digunakan untuk menganalisis data sehingga dapat memprediksi kemampuan bertahan pada bayi berat lahir rendah. Pada paper ini dibangun suatu sistem berbasis jaringan syaraf tiruan backpropagation untuk menilai tinggi atau rendahnya kemampuan bertahan pada bayi berat lahir rendah. Dari sistem yang dibuat memiliki tingkat keakuratan untuk menilai kemampuan bertahan bayi berat lahir rendah sebesar 83,33%.
Analisis Perbandingan Kinerja Metode Binerisasi terhadap Citra Lontar Sunda Kuno Rahmaningtyas, Deisna; Akmal, Akmal; Hadi, Setiawan
Jurnal Informatika Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (13.331 KB)

Abstract

Lontar Sunda kuno merupakan salah satu warisan budaya yang di dalamnya terdapat nilai-nilai luhur mengenai kehidupan di masa lampau. Karakter lontar Sunda yang unik serta kualitasnya yang sudahmenurun dan mengalami kerusakan menjadi sebuah tantangan dalam proses analisis dokumen. Olehkarena itu, agar kita tidak kehilangan informasi yang terkandung di dalam lontar Sunda, diperlukanberbagai upaya untuk mempertahankan informasi tersebut salah satunya melalui pengolahan citra digital. Pada bidang pengolahan citra digital terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan untuk mengekstrak teks dan karakter dari naskah, salah satunya adalah binerisasi. Tujuan penelitian ini adalah mencari teknik binerisasi yang optimal untuk citra lontar Sunda kuno dengan menggunakan teknik-teknik pengolahan citra digital dan beberapa algoritma thresholding yang telah digunakan pada penelitian-penelitian sebelumnya. Hasil citra biner dievaluasi menggunakan PSNR, F-Measure, accuracy, dan SSIM. Dari percobaan yang dilakukan didapat skema teknik binerisasi yang dapat diimplementasikan terhadap citra lontar Sunda dengan hasil evaluasi citra biner memperoleh rata-rata PSNR tertinggi sebesar 6.76436, ratarata tertinggi F-Measure sebesar 60.97154, rata-rata accuracy tertinggi sebesar 92.81805, dan rata-rata SSIM tertinggi sebesar 0.71124.
Aplikasi Steganografi Suara Menggunakan Metode Phase Coding Putra, Muhammad Raditya; Sholahuddin, Asep; Rosadi, Rudi
Jurnal Informatika Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (11.906 KB)

Abstract

Steganografi adalah salah satu teknik pengamanan informasi dengan menggunakan media sebagai alat untuk bersembunyi seperti gambar, suara, video, atau media lainnya. Metode Phase Coding adalah salah satu metode dalam steganografi suara dengan teknik mengganti nilai fase suatu sinyal suara untuk merepresentasikan nilai dari pesan rahasia yang disisipkan. Pada penelitian ini sistem dibangun menggunakan aplikasi Mathworks MATLAB r2015a dan Microsoft Visual Studio 2015 dengan menggunakan bahasa Visual C#. Pembangunan aplikasi terlebih dahulu dibuat di dalam MATLAB. Aplikasi yang telah selesai dibuat .dll atau library untuk bahasa Visual C#. Pembangunan antarmuka seluruhnya dibangun di dalam bahasa Visual C# lalu dihubungkan dengan .dll dari MATLAB. Hasil yang didapat berkas suara dapat disisipkan pesan rahasia menggunakan metode Phase Coding. Berkas suara hasil dibandingkan dengan berkas suara asli menurut ukuran berkas, bitrate, sample rate, serta kualitas sinyal suara. Berkas suara hasil juga diuji dengan uji ketahanan kompresi dan uji kasat mata pesan rahasia untuk melihat kualitas berkas suara hasil.
Network Behavior Anomaly Detection (Studi Kasus di Gedung D Pusat Pelayanan Basic Science Universitas Padjadjaran Hadian, Billal; Paulus, Erick; Setiana, Deni
Jurnal Informatika Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Informatika
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (11.902 KB)

Abstract

Mendeteksi dan memahami anomali dalam aktifitas jaringan merupakan topik yang menjanjikan di bidang keamanan jaringan. Threat atau ancaman keamanan dapat ditemukan dengan mempelajari anomali atau penyimpangan yang terjadi pada jaringan yang diamati. Dalam penelitian ini akan dibahas prosedur pendeteksian anomali dalam aktifitas jaringan, serta klasifikasi dan karakteristik dari threat yang mungkin menjadi penyebab anomali tersebut. Data aktifitas jaringan yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari proses pemantauan secara langsung, yang diharapkan akan mampu merepresentasikan aktifitas jaringan dalam keadaan sebenarnya. Di bagian akhir penelitian ini akan dilaporkan temuan – temuan yang berhasil didapatkan selama penelitian berlangsung, serta kaitannya dengan aktifitas jaringan dalam kondisi operasional sehari-hari.

Page 1 of 2 | Total Record : 20