cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Politeknik Negeri Semarang, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Mesin
ISSN : 14116863     EISSN : 25407678     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Rekayasa Mesin(d/h MANDEGANI) diterbitkan sejak 1997, dengan frekuensi 3 kali setahun. Misi : media komunikasi bagi dosen, praktisi, dan ilmuwan tentang karya ilmiah (scientific article) hasil-hasil penelitian, survei, studi kasus dan telaah pustaka yang erat hubungannya dengan teknik mesin, meliputi topik/tema seperti perancangan mesin, instalasi, perawatan & perbaikan mesin, bahan konstruksi & komponen mesin, teknik pengerjaan logam, pembuatan komponen mesi n, pengujian bahan dan komponen mesin, teknik pengukuran & kontrol kualitas proses/produk industri manufaktur, manajemen & teknik produksi industri manufaktur, pembentukan dan pengembangan desain produk, aplikasi komputer dalam sistem kendali & operasi mesin, mesin-mesin kalor & fluida, sistem pembangkitan energi, mesin pendingin & pengkondisian udara, pembangkitan energi alternatif & terbarukan.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 2 (2021): Volume 16, Nomor 2, Agustus 2021" : 22 Documents clear
Studi Eksperimen Pengaruh Jumlah Sudu Terhadap Kinerja Wind Turbine Crossflow Fahrudin, Fahrudin; Wahyuni, Fitri; Oktavitasari, Dini
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 16, No 2 (2021): Volume 16, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Mechanical Engineering Department - Semarang State Polytechnic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32497/jrm.v16i2.2555

Abstract

Wind is an alternative energy that is environmentally friendly and sustainable. Therefore, we need a type of wind turbine that can receive wind from all directions. The crossflow type vertical axis wind turbine has a high torque coefficient at a low tip speed ratio. The purpose of this study was to determine the effect of the number of blades on the performance of the vertical axis crossflow wind turbine. The experimental test was carried out by varying the number of blades. The configuration is analyzed using the experimental wind tunnel test scheme which has been modified in the section test section. The results showed that the number of blades 16 has a power coefficient ( ) = 0.23 tip speed ratio (TSR) = 0.42 at a wind speed of 4 m / s.
Back Matter Jurnal Rekayasa Mesin Vol. 16 No. 2 Agustus 2021 Mesin, Jurnal Rekayasa
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 16, No 2 (2021): Volume 16, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Mechanical Engineering Department - Semarang State Polytechnic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32497/jrm.v16i2.2902

Abstract

Pengaruh Geometri Infill terhadap Kekuatan Tarik Spesimen Uji Tarik ASTM D638 Type IV Menggunakan Filamen PLA+ Sugoi Suzen, Zaldy Sirwansyah; Hasdiansah, Hasdiansah
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 16, No 2 (2021): Volume 16, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Mechanical Engineering Department - Semarang State Polytechnic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32497/jrm.v16i2.2343

Abstract

Pengaturan parameter proses 3D Printing berteknologi Fused Deposition Modelling (FDM) sangat mempengaruhi kualitas produk cetak baik dalam hal akurasi dimensi, surface roughness, dan kekuatan tariknya. Dua material yang paling sering digunakan para praktisi 3D Printing adalah PLA dan ABS masih memerlukan pengaturan parameter proses pada slicing software untuk menghasilkan produk cetak paling kuat ditinjau dari kuat tariknya. Penelitian ini memvariasikan bentuk geometri infill yang tersedia pada Ultimaker Cura 4.8.0 dalam mencetak spesimen uji tarik ASTM D638 Type IV. Ada 13 (tiga belas) bentuk infill yang digunakan dengan infill density 100%. Ada 3 (tiga) variasi nozzle temperature yaitu 205°C, 215°C, dan 225°C. Parameter proses yang tetap seperti layer thickness 0,2 mm, printing speed 50 mm/s, travel speed 100 mm/s, dan bed temperature 60°C. Spesimen uji tarik dicetak masing-masing tiga buah pada 39 (tiga puluh sembilan) eksperimen dan rata-rata hasil uji tarik dihitung kemudian selanjutnya dianalisis. Nilai kekuatan tarik tertinggi diperoleh pada pengaturan nozzle temperature 205°C dengan bentuk infill concentric atau terdapat pada eksperimen nomor 9 dengan nilai 32,40 MPa. Sedangkan nilai kekuatan tarik diperoleh pada pengaturan nozzle temperature 225°C dan dengan bentuk infill cross atau pada eksperimen nomor 37 dengan nilai 19,10 MPa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bentuk geometri infill pada proses 3D Printing FDM sangat mempengaruhi kekuatan tarik produk cetak.
Analisa Patah Cover Body Sepeda Motor Menggunakan Simulasi Metode Elemen Hingga Saputra, Eko; Ismail, Rifky; Jamari, Jamari
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 16, No 2 (2021): Volume 16, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Mechanical Engineering Department - Semarang State Polytechnic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32497/jrm.v16i2.2849

Abstract

Cover body merupakan salah satu komponen sepeda motor yang berfungsi sebagai penutup rangka agarterlihat rapi dan sebagai pelindung bagian rangka dan kelistrikan dari kotoran maupun air. Cover body terbuat dari material polypropylene. Sebagian besar kerusakan yang terjadi pada cover body berupa fracture (patah). Tujuan dari paper ini adalah untuk mengetahui penyebab fracture pada cover body sepeda motor Suzuki Smash 110 cc tahun pembuatan 2015. Dua metode analisa kegagalan yang digunakan adalah metode kaji literature dan metode elemen hingga dengan bantuan software FE ABAQUS. Hasil yang diperoleh dari kaji literatur adalah bahwa material polypropylene dapat mengalami kegagalan creep yang dipengaruhi akibat adanya fluktuatif temperatur dan adanya cyclic loading (fatigue), sedangkan hasil simulasi didapatkan letak lokasi konsentrasi tegangan yang terjadi akibat pembebanan statik sebagai pengganti cyclic loading. Kesimpulan dari penelitian ini adalah patah cover body disebabkan oleh perubahan fluktuatif temperatur dan adanya cyclic loading yang merupakan faktor penyebab kegagalan creep terhadap material polypropylene. Kombinasi antara creep dan konsentrasi tegangan akan menyebabkan initial crack yang kemudian terjadi proses crack propagation dan berakhir dengan terjadinya fracture.
Simulasi CFD Pengaruh Penggunaan Deflektor Pelat Lengkung terhadap Performa Turbin Air Savonius Sumbu Vertikal Dua Sudu Widyantama, Fakhrul; Suanggana, Doddy; Gunawan, Gad
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 16, No 2 (2021): Volume 16, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Mechanical Engineering Department - Semarang State Polytechnic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32497/jrm.v16i2.2577

Abstract

Energi air adalah salah satu energi alternatif dengan potensi yang sangat besar di Indonesia yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang memanfaatkan turbin air. Turbin yang dapat digunakan adalah turbin air jenis savonius dengan dua sudu. Dalam penelitian ini dibahas pengaruh pelat lengkung terhadap performa yang dihasilkan turbin air dengan menggunakan metode simulasi CFD. Dengan tiga variasi berupa pelat lengkung ukuran ½ sisi turbin dan ¼ sisi turbin serta tanpa pelat lengkung. Hasil akhir berupa hasil performa turbin air tanpa pelat dan performa turbin air dengan dua variasi Pelat lengkung.. Data yang didapatkan pada hasil simulasi adalah data torsi aktual turbin. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu performa yang dihasilkan turbin Savonius dengan pelat lengkung lebih baik dari performa yang dihasilkan tanpa penggunaan pelat lengkung. Pengujian dengan penggunaan Pelat lengkung ukuran ½ sisi, pelat lengkung ukuran ¼ sisi, dan tanpa pelat lengkung didapatkan bahwa dengan penggunaan pelat lengkung ukuran ¼ sisi menghasilkan menghasilkan koefisien daya yang tertinggi yaitu 0,049 dan daya turbin sebesar 1,56 Watt pada TSR 0,3.
Pengaruh Variasi Kecepatan Pengadukan dengan Penambahan Perlakuan Panas Lapisan Electroless Ni-P terhadap Laju Korosi dan Kekerasan Permukaan Baja Karbon Rendah ASTM A36 Saefuloh, Iman; Zakaria, Zakaria; Rohmat, Agus; Lusiani, Rina; Jannah, Miftahul; Sunardi, Sunardi; Setiawan, Ipick
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 16, No 2 (2021): Volume 16, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Mechanical Engineering Department - Semarang State Polytechnic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32497/jrm.v16i2.2582

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisa pengaruh kecepatan putar pengadukan dan treatment temperatur proses electroless pada baja karbon rendah ASTM A36 terhadap kualitas lapisan permukaan berdasarkan nilai ketahanan terhadap korosi dan nilai kekerasan serta morfologi permukaan. Penelitian dilakukan dengan memvariasikan. kecepatan pengadukan yang digunakan antara lain 250,300, dan 350 rpm, dan proses treatment temperatur 500 sengan waktu 120 menit. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kenaikan kecepatan pengadukan menghasilkan ketahanan korosi yang kurang  baik dimana laju korosi tertinggi mencapai nilai 7.123 mm/year. namun nilai ketahanan terhadap korosi semakin membaik ketika diberi perlakuan panas. Nilai laju korosi terendah terdapat pada kecepatan 250  rpm yaitu 1.212 mil/year. Untuk nilai kekerasan dihasilkan hubungan semakin besar kecepatan putaran pengadukan  semakin meningkat nilai kekerasannya. Namun bila dibandingkan nilai kekerasan hasil proses perlakuan temperatur dan non perlakuan maka nilai kekerasan terbaik dimiliki oleh proses perlakuan temperatur
Penentuan Jenis Baja Scrap sebagai Bahan Baku Proses Pengecoran Logam di IKM dengan Metode Spark Testing Sukis, Muhamad; Rusnaldy, Rusnaldy; Paryanto, Paryanto; Guterres, Natalino Fonseca D.S.
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 16, No 2 (2021): Volume 16, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Mechanical Engineering Department - Semarang State Polytechnic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32497/jrm.v16i2.2428

Abstract

Pengecoran logam di Indonesia sangat diperlukan di industri manufaktur, salah satu faktor yang sering terjadi adalah proses pemilihan material awal pada pengecoran, terutama mengetahuai unsur yang terkandung didalam baja scrap. Salah satu metode untuk mengetahui kandungan karbon pada baja scrap adalah metode spark testing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakterisasi spark pada proses gerinda melalui identifikasi jenis baja scrap berdasarkan panjang spark, sudut spark dan sudut kontak spark. Dimensi dari sampel meliputi 100x50x10 mm, sudut pemakanan adalah 75ᵒ dengan grit size batu gerinda yaitu 36, 60 dan 80. Penekanan menggunakan gaya gravitasi dari spesimen itu sendiri selama 30 detik. Perbedaan volume stream dan bentuk karakterisasi spark dipengaruhi oleh kandungan komposisi kimia baja dan grit batu gerinda. Dengan menggunakan metode ini dapat mempermudah identifikasi awal baja scrap sebelum dilakukan pengecoran logam, sehingga hasil yang didapat adalah material dengan kandungan karbon lebih tinggi menghasilkan sudut spark melebar, kemudian sudut kontak akan mengecil dan ukuran spark semakin pendek. Kandungan karbon 0,54%C telah menghasilkan pancaran burst lebih banyak. Menggunakan ukuran batu gerinda 80 grit (fine) telah menghasilkan jarak pada pancaran burts terjadi melebar di semua material.
Pengaruh Konsentrasi Pati dan Yeast pada Pembuatan Etanol dari Pati Sorgum Melalui Proses Simultaneous Saccharification and Fermentation (SSF) dan Separated Hydrolysis Fermentation (SHF) Haryani, Kristinah; Hargono, Hargono; Handayani, Noer Abyor; Harles, Hendra; Putri, Sheila Amanda
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 16, No 2 (2021): Volume 16, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Mechanical Engineering Department - Semarang State Polytechnic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32497/jrm.v16i2.2186

Abstract

Bioetanol merupakan anhydrous alkohol yang dapat diproduksi dengan cara fermentasi pati. Sorgum mengandung pati yang cukup tinggi sebesar 74,63g / 100g bahan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan etanol. Pembuatan etanol berbahan baku pati sorgum ada dua metode yaitu Separated Hydrolysis Fermentation (SHF) dan Simultaneous Saccharification and Fermentation (SSF). Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan proses yang tepat untuk memproduksi etanol dari pati sorgum dengan membandingkan metode fermentasi SSF dan SHF. Untuk masing masing proses digunakan variabel konsentrasi pati sebesar 10%, 20% (berat/volume) dan Saccharomyces Cereviciae sebagai yeast saat proses fermentasi sebesar 5%, 7%, 9% dari berat pati. Enzim StargenTM sebesar 1ml/100gram pati sorgum digunakan untuk membantu proses hidrolisis. Dari hasil fermentasi selama 72 jam menunjukkan bahwa sorgum yang difermentasi dengan metode SSF menghasilkan lebih banyak etanol sebesar 111,944 gram/liter dibandingkan metode SHF sebesar 108,645 gram/liter dengan konsentrasi pati sebesar 20% (berat/volume) dan yeast 9% w pati.
Tekstur dan Uji Tarik Ti~4% berat Al yang Dicanai Searah pada Suhu 1100 C Supriyanto, Adolf Asih; Syafrizal, Syafrizal; Tauvana, Ade Irvan
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 16, No 2 (2021): Volume 16, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Mechanical Engineering Department - Semarang State Polytechnic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32497/jrm.v16i2.2505

Abstract

Saat ini masih jarang ditemukan penelitian menggunakan paduan Al-Ti dengan komposisi berat Al yang sangat kecil. Tidak banyak orang melakukan penelitian tekstur tentang bahan ini. Proses canai dan anil dapat mempengaruhi tekstur dan sifat mekanik bahan. Pada penelitian ini telah dilakukan proses canai dan anil terhadap bahan Ti-4%beratAl. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui anisotropi uji tarik bahan tersebut akibat proses canai dan anil. Bahan yang digunakan adalah 3 batang Ti-4%beratAl yang dicanai pada suhu 1100 oC dengan reduksi tebal 96%. Kemudian 1 batang Ti-4%beratAl dianil pada suhu 900 oC selama 3,5 jam dan 2 batang Ti-4%beratAl dianil pada suhu 850 oC masing-masing selama 1 dan 4 jam. Difraksi sinar-x dengan metode refleksi digunakan untuk menentukan tekstur yang dinyatakan dengan gambar kutub (11-20). Uji Tarik dilakukan terhadap bahan yang dianil pada suhu 850 oC selama 1 jam. Hasil menunjukan bahwa Ti-4%beratAl yang dianil pada 850oC selama 1 jam memiliki tekstur dengan bidang kutub (11-20) terpecah di daerah sekitar ±30o dari arah arah normal (AN) ke arah canai (AC). Hasil uji tarik menunjukkan bahwa nilai UTS untuk arah AC, 45 oC dan AL berturut-turut adalah 651MPa, 571MPa dan 632MPa.
Perancangan dan Analisis Body Wahana UAV 3 Medan AMPHI-FLY Evo 1.0 Sapto, Agung Dwi; Eka, Rivan Dia
Jurnal Rekayasa Mesin Vol 16, No 2 (2021): Volume 16, Nomor 2, Agustus 2021
Publisher : Mechanical Engineering Department - Semarang State Polytechnic

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32497/jrm.v16i2.2345

Abstract

Kendaraan Tanpa Awak (Unmanned Aerial Vehicle) dalam bidang kemanusiaan sudah banyak digunakan, khususnya dalam misi pencarian dan penyelamatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototipe kendaraan tanpa awak (UAV) yang berfungsi untuk membantu proses pencarian dan penyelamatan pada 3 medan (udara, darat, permukaan air). UAV AMPHI-FLY Evo 1.0 merupakan sebuah teknologi yang dirancang dan dikembangkan untuk memaksimalkan fungsi UAV, yang selama ini hanya memiliki fungsi terbatas pada 1 atau 2 medan dalam pengoperasiannya. Sehingga UAV AMPHI-FLY Evo 1.0 dapat beroperasi di 3 medan sekaligus, yaitu di udara, di darat, dan di permukaan air. Pengembangan teknologi pada UAV AMPHI-FLY Evo 1.0 merupakan solusi agar misi pencarian dan penyelamatan dengan menggunakan UAV lebih optimal dan dapat menjakau berbagai jenis medan yang sulit dan tidak memungkinkan untuk dijangkau manusia. Perancangan dilakukan untuk menentukan spesifikasi komponen wahana UAV AMPHI-FLY Evo 1.0. dilakukan dengan menggunakan software solidworks 2018. Komponen-komponen pada wahana UAV AMPHI-FLY Evo 1.0 secara umum di bagi menjadi 4 kelompok yaitu komponen body utama, komponen penggerak, komponen kelistrikan, komponen tambahan. Komponen wahana yang dirancang adalah Frame, body, lambung kapal (hull), motor penggerak, propeller, rudder, dan estimasi konsumsi baterai. Estimasi berat total wahana yang direncanakan adalah 2807 gr. Frame berfungsi untuk menahan berat wahana dan menunjang performa wahana dalam beroperasi, ukuran Frame yang dipilih adalah 560mm. Body pada wahana memiliki bentuk yang aerodinamis, memiliki nilai Cd=0,0198562. Sedangkan daya hambatan pada body (Pd) didapatkan sebesar 2,4058 watt.

Page 1 of 3 | Total Record : 22


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 18, No 2 (2023): Volume 18, Nomor 2, Agustus 2023 Vol 18, No 1 (2023): Volume 18, Nomor 1, April 2023 Vol 17, No 3 (2022): Volume 17, Nomor 3, Desember 2022 Vol 17, No 2 (2022): Volume 17, Nomor 2, Agustus 2022 Vol 17, No 1 (2022): Volume 17, Nomor 1, April 2022 Vol 16, No 3 (2021): Volume 16, Nomor 3, Desember 2021 Vol 16, No 2 (2021): Volume 16, Nomor 2, Agustus 2021 Vol 16, No 1 (2021): Volume 16, Nomor 1, April 2021 Vol 15, No 3 (2020): Volume 15, Nomor 3, Desember 2020 Vol 15, No 2 (2020): Volume 15, Nomor 2, Agustus 2020 Vol 15, No 1 (2020): Volume 15, Nomor 1, April 2020 Vol 14, No 3 (2019): Volume 14, Nomor 3, Desember 2019 Vol 14, No 2 (2019): Volume 14, Nomor 2, Agustus 2019 Vol 14, No 1 (2019): Volume 14, Nomor 1, April 2019 Vol 13, No 3 (2018): Volume 13, Nomor 3, Desember 2018 Vol 13, No 2 (2018): Volume 13, Nomor 2, Agustus 2018 Vol 13, No 1 (2018): Volume 13, Nomor 1, April 2018 Vol 12, No 3 (2017): Volume 12, Nomor 3, Desember 2017 Vol 12, No 2 (2017): Volume 12, Nomor 2, Agustus 2017 Vol 12, No 1 (2017): Volume 12, Nomor 1, April 2017 Vol 12, No 2 (2017): Agustus 2017 Vol 11, No 3 (2016): Volume 11, Nomor 3, Desember 2016 Vol 11, No 2 (2016): Volume 11, Nomor 2, Agustus 2016 Vol 11, No 1 (2016): Volume 11, Nomor 1, April 2016 Vol 10, No 3 (2015): Volume 10, Nomor 3, Desember 2015 Vol 10, No 2 (2015): Volume 10, Nomor 2, Agustus 2015 Vol 10, No 1 (2015): Volume 10, Nomor 1, April 2015 Vol 10, No 1 (2015) Vol 9, No 3 (2014): Volume 9, Nomor 3, Desember 2014 Vol 9, No 2 (2014): Volume 9, Nomor 2, Agustus 2014 Vol 9, No 1 (2014): Volume 9, Nomor 1, April 2014 Vol 8, No 2 (2013): Volume 8, Nomor 2, Agustus 2013 Vol 8, No 1 (2013): Volume 8, Nomor 1, April 2013 Vol 7, No 3 (2012): Volume 7, Nomor 3, Desember 2012 More Issue