cover
Contact Name
Ismarti
Contact Email
ismarti@fkip.unrika.ac.id
Phone
+6281364348485
Journal Mail Official
pythagorasredaksi@gmail.com
Editorial Address
Kampus Universitas Riau Kepulauan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Jl. Batuaji Baru No.99 Batuaji Batam Kepulauan Riau, Indonesia
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 23015314     EISSN : 26157926     DOI : https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2
Core Subject : Education,
Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of the research, and give a significant contribution to the development of mathematic educaton in several topics, but not limited to: - Mathematic education includes media, method and math learning technology - Applied mathematics and statistic
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA" : 12 Documents clear
Analisis kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika selama pembelajaran jarak jauh di SMP Betris Maswekan; Dafid Slamet Setiana; Muhammad Irfan
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.499 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v11i1.3987

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar peserta didik dan mengetahui faktor penyebab kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika selama pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik yang memiliki kategori tingkat kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara untuk mengukur tingkat kemandirian belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika yang dilihat berdasarkan enam indikator kemandirian belajar dibagi dalam tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Peserta didik kategori kemandirian belajar tinggi berjumlah 4 orang, peserta didik kategori kemandirian belajar sedang berjumlah 5 orang, dan peserta didik kategori kemandirian belajar rendah berjumlah 2 orang. Dari tiga kategori tersebut secara umum peserta didik kelas VIII SMP di Yogyakarta hanya memenuhi sebagian indikator kemandirian belajar yang diukur dalam penelitian ini. 2) Faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar peserta didik yaitu faktor internal berupa motivasi, disiplin, minat, serta faktor eksternal yaitu faktor lingkungan sekolah dan keluarga. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika selama pembelajaran jarak jauh di SMP di Yogyakarta masih perlu untuk ditingkatkan baik dari dalam diri peserta didik maupun dari luar diri agar peserta didik memiliki prestasi belajar matematika yang baik selama pembelajaran jarak jauh.
Analisis kebutuhan bahan ajar matematika berupa video pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada pembelajaran daring Yuliani Fitri Fitri; Prima Yudhi Yudhi; Rosmiyati Rosmiyati Rosmiyati
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.262 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v11i1.3614

Abstract

Bahan ajar cetak yang digunakan siswa selama pembelajaran daring kurang efektif digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar berupa video pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Padang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Hubberman yang terdiri dari empat aktivitas yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Semua materi pada bahan ajar sudah sesuai dengan KI dan KD (2) Siswa masih belum sepenuhnya memahami materi yang ada di bahan ajar cetak , (3) Guru dan siswa tertarik pada bahan ajar yang berpendekatan kontekstual (4) Guru dan siswa membutuhkan bahan ajar melalui video pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual, karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, bahan ajar berupa video pembelajaran dengan pendekatan konstekstual  diperlukan pada pembelajaran matematika
Pengaruh media pembelajaran berbasis multimedia terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa Kelas X SMK Al-Azhar Batam Yunniarti Yunniarti; Yesi Gusmania; Nina Agustyaningrum
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.033 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v11i1.3972

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran multimedia terhadap minat dan hasil belajar Matematika siswa kelas X SMK Al-Azhar Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experimental dengan non-equivalent post-trial control design only. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Al-Azhar Batam. Objek penelitian ini adalah siswa dari kelas X RPL dengan 17 siswa sebagai kelas eksperimen dan dari kelas X AKT dengan 17 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan alat kuesioner dengan 20 item, dan tes berjumlah 3 item yang sudah diperiksa validitas dan reliabilitasnya. Uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis meliputi uji one sampel t-test dan independen sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis data, terlihat adanya pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran multimedia terhadap minat dan hasil belajar siswa pada matematika. Hal ini didasarkan pada perhitungan uji t-test  minat matematika, memperoleh nilai Sig . (2tailed) (0,002)  (0,05) berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, maka H0 dihilangkan dan Ha diterima. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji-t untuk hasil belajar matematika, nilai Sig. (2tailed) (0,000)  (0,05) berdasarkan kriteria keputusan, maka H0 di tolak dan Ha diterima.Kata kunci: Media Pembelajaran, Multimedia, Minat Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika                                                                                                                                          Abstract. This study aims to determine the impact of the use of multimedia-based learning media toward the interest and learning result of mathematics in class X SMK Al-Azhar Batam. This type of study is a quasi-experimental study with the nonequivalent posttest only control design. The population in this study were all students of SMK Al-Azhar Batam. The subjects in this study were students of class X RPL totaling 17 students as the experimental class and class X AKT totaling 17 students as the control class. The sampling technique was carried out by purposive sampling technique. Data was obtained with a questionnaire instrument with 20 statement items and a test of 3 descriptions items which has been tested for its validity and realibility (. The data analysis techniques used were normality test, homogeneity test and hypothesis test which included one sample t-test and independent sample t-Test. Based on the results of data analysis shows that there is a significant influence of multimedia-based learning media on students' interest and learning result in mathematics. This is based on the calculation of the t-Test for interest in learning mathematics, the value of Sig. (2-tailed)(0,002)(0,05) based on the decision-making criteria, then H0 is rejected and Ha accepted. Meanwhile, based on the calculation of the t-test for mathematics learning result, the value of Sig. (2-tailed)(0,000) (0,05) based on the decision-making criteria, then H0 is rejected and Ha accepted.Keywords: Learning Media, Multimedia, Mathematics Learning Interest, Mathematics Learning Result, education, mathematics
Korelasi Kemandirian dan Motivasi Belajar Masa Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Illa Janatun; Bambang Priyo Darminto; Erni Puji Astuti
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.803 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v11i1.3727

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk memutuskan apakah ada: (1) hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika selama pembelajaran daring pada siswa SMK; (2) hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika selama pembelajaran daring pada siswa SMK; dan (3) hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika selama pembelajaran daring pada siswa SMK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI TKRO SMK Cipta Karya Prembun tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan informasi menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil belajar matematika diambil dari hasil PAS siswa kelas X TKRO tahun pelajaran 2020/2021. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika selama pembelajaran daring pada siswa SMK; (2) terdapat hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika selama pembelajaran daring pada siswa SMK; (3) terdapat hubungan yang positif tetapi tidak signifikan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika selama pembelajaran daring pada siswa SMK. Signifikansi positifnya adalah semakin tinggi kemandirian belajar, motivasi belajar matematika siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar matematika yang diperoleh siswa selama pembelajaran daring dan sebaliknya semakin rendah kemandirian belajar, motivasi belajar matematika siswa maka semakin rendah pula hasil belajar matematika yang diperoleh siswa selama pembelajaran daring.Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar
Hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan berfikir kritis siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah (Mts) Muhammad Nauval Muwaffiq; Habib Muhammad Fatah; Ibrahim Ibrahim
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.817 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v11i1.3615

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket untuk mengetahui tingkat motivasi belajar dan instrumen tes tertulis berbentuk uraian berjumlah 4 soal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian survey dan teknik korelasional. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa uji normalitas berupa one-sample Shapiro-Wilk dan analisis non-parametrik menggunakan spearman’s rho untuk melakukan analisis korelasi dan mengetahui hubungan antara motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel motivasi belajar siswa dan variabel kemampuan berfikir kritis siswa dengan banyaknya siswa yang memiliki motivasi belajar sedang yaitu 85% dan tinggi yaitu 15%, namun tidak ada siswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar yang tinggi tidak serta merta meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.. Banyak faktor lain yang lebih berpengaruh, seperti pemahaman konsep pada diri siswa, model pembelajaran dan pendekatan guru, memperbanyak latihan soal serta metode pembelajaran yang digunakan.
Pengembangan assesmen HOTS pada pembelajaran matematika berbasis realistic mathematics education Nur Rahmi Rizqi; Minta Ito Simamora; Yulia Hafni
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.165 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v11i1.3869

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan pengembangan tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) pembelajaran garis dan sudut pada siswa kelas 7 SMP Al Washliyah Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji perluasan perangkat dan merumuskan tes HOTS dalam bentuk deskriptif berdasarkan pembelajaran matematika yang sebenarnya berdasarkan kriteria assesment. Jenis penelitian ini berbentuk Research and Development. Proses ekspansi evaluasi dengan mengembangkan model 4-D istilah define, design, develop dan disseminate. Untuk disseminate, tidak ada implementasi yang dilakukan. Teknik pengumpulan data adalah pemantauan dan eksperimen. Penilaian digunakan dalam penelitian adalah alat uji dan lembar validasi. Diketahui bahwa tes valid yang berasal akan memiliki peringkat validator pada lembar validasi, yang menunjukkan bahwa review yang dikembangkan adalah baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama tahap pengembangan, ditemukan bahwa penilaian tes berbasis Realistic Mathematics Education konsisten dengan kriteria yang ditetapkan, yaitu valid dan reliabel karena rhitung0,434 dan tingkat kesulitan tes termasuk kategori sedang dan mudah, serta daya pembeda secara keseluruhan instrumen tesnya bagus karena lebih besar dari 0,2.
Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar ditinjau dari gender berdasarkan tahapan newman Karina Pratiwi; Siti Inganah
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.892 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v11i1.3854

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentinnya kemampuan pemecahan masalah bagi siswa. Tujuan penulisan paper ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa Sekolah Dasar ditinjau dari gender berdasarkan tahapan Newman.. Pengambilan data dilakukan di daerah Lamongan dengan subjek siswa SD kelas VI yang dipilih secara random. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes dan wawancara. Berdasarkan Hasil dari uji coba lapangan didapat bahwa (1) subjek laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki kemampuan verbal yang baik yang dapat dilihat dari sesi wawancara; (2) siswa laki-laki dan perempuan langsung menyelesaikan soal tanpa menulis soal perencanaan, walaupun melalui hasil wawancara, barulah dapat diketahui strategi apa yang akan digunakan; (3) subjek perempuan menjawab soal tes dengan langkah-langkah cukup detail dibandingkan subjek laki-laki; (4)  siswa laki-laki kurang teliti dalam melakukan penulisan hasil yang tepat, sementara itu subjek perempuan menuliskan jawaban dengan tepat. Sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam keterampilan pemecahan matematika tetapi tidak signifikan.
Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan macromedia Flash 8 pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Suripah Suripah; Romas Intan Siregar; Alzaber Alzaber; Leo Adhar Effendi; Nofriyandi Nofriyandi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.034 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v11i1.3961

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berupa media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash 8 pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP yang teruji kevalidanya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi 4 fase, yaitu: (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) evaluation. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar validasi media pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. penelitian ini dilaksanakan mulai dari validasi media pembelajaran pada tanggal ….kepada dua orang validator dan satu guru Matematika SMP.  Data validasi dianalisis secara deskriptif dengan cara menghitung rata-rata dari setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi media pembelajaran sebesar 71.666 dengan kategori cukup valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash 8  pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP teruji cukup valid.  This study aims to develop mathematics learning media in the form of interactive learning media using macromedia flash 8 on the two-variable linear equation system (SPLDV) material in class VIII SMP whose validity has been tested. This research is a development research using the ADDIE development model which is modified into 4 phases, namely: (1) analysis; (2) designs; (3) development; (4) evaluation. The research data collection instrument is a learning media validation sheet. The data collection technique used a Likert scale questionnaire. This study was validated by two validators and one junior high school mathematics teacher. Validation data were analyzed descriptively by calculating the average of each meeting. The results showed that the results of the validation of the learning media were 71,666 with a fairly valid category. Based on the results of the study, it can be concluded that interactive learning media using macromedia flash 8 on the material of the two-variable linear equation system (SPLDV) in class VIII SMP has been tested to be quite valid.
Korelasi antara kecemasan matematika dan kemampuan berpikir logis terhadap pemahaman konsep matematis siswa Desi Istiqa Yanti; Mu'jizatin Fadiana
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.964 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v11i1.3678

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang ada disetiap jenjang, namun kenyataannya siswa masih sering merasakan cemas saat harus mempelajarinya. Kecemasan matematika sangat berpengaruh terhadap prestasi dan juga sikap siswa terhadap matematika. Siswa yang mengalami kecemasan matematika maka akan cenderung kurang dalam menangkap dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dalam hal ini siswa yang berada dalam kondisi seperti ini maka kemampuan siswa dalam berpikir logispun akan berpengaruh karena dapat menyerang aspek fisiknya, seperti kegelisahan dan kegugupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecamasan matematika dan kemampuan berpikir logis secara parsial dan simultan terhadap pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis metode korelasional. Pengumpulan data kecemasan matematika diperoleh dari kuesioner sedangkan data kemampuan berpikir logis dan pemahaman konsep matematis diperoleh dari tes soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematika dengan pemahaman konsep matematis. 2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir logis dengan pemahaman konsep matematis. 3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematika dan kemampuan berpikir logis terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Analisis hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP ditinjau dari self-efficacy dan gender siswa Wikayatul Husna; Yusri Wahyuni
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.136 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v11i1.3985

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya efikasi diri atau keyakinan diri siswa dalam pembelajaran matematika, terutama dalam menyelesaikan tugas-tugas. Hal ini menimbulkan adanya pandangan negatif siswa terhadap pelajaran  matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP yang ditinjau dari self-efficacy dan gender siswa di SMP Jhon’s Febby Islamic School. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen nontest yaitu  pemberian angket dan wawancara terhadap siswa kelas VIII yang berjumlah 10 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan memiliki self-efficacy dan prestasi belajar yang lebih tinggi dari pada siswa laki-laki. Kata Kunci: self-efficacy, gender, hasil belajar

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2022): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 10, No 2 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika More Issue