cover
Contact Name
Ismarti
Contact Email
ismarti@fkip.unrika.ac.id
Phone
+6281364348485
Journal Mail Official
pythagorasredaksi@gmail.com
Editorial Address
Kampus Universitas Riau Kepulauan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Jl. Batuaji Baru No.99 Batuaji Batam Kepulauan Riau, Indonesia
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 23015314     EISSN : 26157926     DOI : https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2
Core Subject : Education,
Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of the research, and give a significant contribution to the development of mathematic educaton in several topics, but not limited to: - Mathematic education includes media, method and math learning technology - Applied mathematics and statistic
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika" : 10 Documents clear
PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 SLEMAN Agustyaningrum, Nina
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.648 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v4i2.190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan contextualteaching and learning (CTL) dengan setting kooperatif tipe kancing gemerincing terhadapkepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika di SMPN 3 Sleman. Penelitian ini merupakanjenis penelitian eksperimen semu dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompokkontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket kepercayaan diri. Hasil validitas denganvaliditas isi melalui penilaian dari expert judgment sudah mencapai hasil valid, sementara hasilperhitungan reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach diperoleh koefisien reliabilitas 0,858. Teknikanalisis data yang digunakan untuk menganalisis pendekatan manakah yang lebih unggul antarapendekatan pada kelompok treatment dan konvensional adalah dengan uji statistik independentsample t-test. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa pembelajaranmatematika menggunakan pendekatan CTL dengan setting kooperatif tipe kancing gemerincing lebihunggul daripada pendekatan konvensional dalam hal kepercayaan diri siswa dalam pembelajaranmatematika di SMPN 3 Sleman dengan nilai t hitung 2,773 t tabel 1,995.Kata Kunci: contextual teaching and learning, pembelajaran kooperatif, kancing gemerincing,kepercayaan diri.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TIPE VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWAKELAS VII SMP NEGERI 17 BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Yulia, Putri; Luqman, Mohamad
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.426 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v4i2.191

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknyaperbedaankemampuan komunikasi matematis siswa yang diajardengan model pembelajaranquantum tipe Visual Auditory Kinesthetic (VAK) dan model pembelajaran konvensional padasiswa kelas VII SMP Negeri 17 Batam. Jenis penelitian yang digunakan adalah PenelitianQuasi Eksperimen (Quasi Eksperimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 17 Batam. Pada penelitian ini sampel yang digunakanadalah kelas VIIDdankelas VIIE. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah uji prasyaratkemudiandilanjutkan menggunakan rumus Separated Varians(Uji t). Hasilpenelitian menunjukkan bahwa harga thitung = 2,18 sedangkan harga ttabel = 1,66. Karena hargathitung ttabel maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya terdapatperbedaanyang signifikan antara model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic dan Modelpembelajarankonvensionaldi SMP Negeri 17 Batam.Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran quantum tipe visualauditory kinesthetic (VAK)
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DENGAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP LAKSAMANA BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Amelia, Fitrah; Siahaan, Ferdinand Herman
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.691 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v4i2.196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbandingan model pembelajarankooperatif tipe course review horay dengan time token arends terhadap hasil belajarmatematika siswa kelas VIII di SMP Laksamana Batam. Jenis penelitian ini adalahkomparatif atau perbandingan dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Laksamana Batam dan sampeldalam penelitian ini adalah kelas VIII-C dengan 40 orang siswa sebagai kelas eksperimen 1yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dan kelas VIII-Edengan 38 orang siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajarantime token arends. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar.Pengolahan data hasil tes akhir dilakukan melalui uji hipotesis yang menggunakan uji-t. Padaselang kepercayaan 95 % dengan α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 4,069 dan ttabel = 1,992.Rata-rata hasil tes akhir siswa kelas eksperimen 1 adalah 83,55 sedangkan rata-rata hasil tesakhir siswa kelas eksperimen 2 adalah 77,26, karena thitung ttabel berarti hipotesis penelitianini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar yangsignifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dengan model timetoken arends.Kata Kunci: Course Review Horay, Time Token Arends, Hasil Belajar
KOMPARASI PEMAHAMAN GEOMETRIS KARYAWAN LULUSAN SMK DAN SMA TERHADAP PROSES MACHINING CNC DI PT. TOMOE VALVE BATAM Hartanto, Suryo; Efrianto, Efrianto
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.617 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v4i2.192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuanpemahaman geometris terhadap karyawan lulusan SMK dan SMA dalam proses machiningCNC di PT. Tomoe Valve Batam. Jenis penelitian yang digunakan adalah komparatif.Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan production CNC Perusahaan PTTomoe Valve Batam yang berjumlah 67 orang. Berdasarkan hasil penelitian, pengujian uji-tterlihat bahwa harga thitung = 0,649 dan harga ttabel = 2,0021 yang ternyata harga thitung lebihkecil dari ttabel (0,649 2,0021) untuk taraf signifikan 0,05 atau sebesar 5%. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman geometris antarakaryawan lulusan SMK dan SMA terhadap proses machining CNC di PT. Tomoe ValaveBatam.Kata Kunci: Pemahaman Geometris, Karyawan lulusan SMK dan SMA
PENGGUNAAN METODE PERAMALAN DALAM ANALISIS NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLAR DENGAN GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSKEDASTICITY Hermansah, Hermansah
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.826 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v4i2.197

Abstract

Analisis data runtun waktu bertujuan untuk memprediksi data runtunwaktu beberapa periode ke depan berdasarkan data dimasa lalu. GeneralizedAutoregressive Conditional Heteroscedasticity (GARCH) adalah salah satupendekatan untuk memodelkan runtun waktu dengan kondisi error bervariasi menurutwaktu (heteroscedasticity). Metode ini diperkenalkan pertama kali oleh Bollerslevyang merupakan generalisasi dari proses Autoregressive ConditionalHeteroscedasticity (ARCH). GARCH dianggap memberikan hasil yang lebihsederhana karena menggunakan lebih sedikit parameter sehingga mengurangi tingkatkesalahan dalam perhitungan.Kata kunci: Peramalan, data runtun waktu, ARCH/GARCH
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BATAM Hanggara, Yudhi; Alfionita, Vina
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.601 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v4i2.188

Abstract

This research aims to find out:  (1) is there any difference between the learning outcomes of students who were given the treatment model of Probing Prompting with Discovery Learning. (2) is there any difference between the learning outcomes of students who have an interest to learn high, medium and low. (3) is there any difference between the learning outcomes of students who were given the treatment modelsof Probing Prompting and Discovery Learning teach level of interest in learning. (4) is there any difference between the learning outcomes of students who have an interest to learn high, medium and lowon each model of learning. The sample of research consisted of 75 students: 37 in the first experiment class, and 38 in the second experiment class.The result of research showed that : (1) the Discovery Learning model outcomes learning better than the Probing Prompting model did. (2) The students with high interest in learning had learning outcome better than those with moderate interest in learning  did, the students with high interest in learning had learning outcomme better than those with low interest in learning did, and the  students with moderate interest in learning had learning outcome better than those with low interest in learning did. (3) the students with high, moderate and low interest in learning on Discovery Learning model had learning outcome better than the Probing Prompting model did. (4) on the Discovery Learning and Probing Prompting model, The students with high interest in learning had learning outcome better than those with moderate and low interest in learning  did, and the  students with moderate interest in learning had learning outcome better than those with low interest in learning did.Keywords: ProbingPrompting, Discovery Learning, interest in learning mathematics, Mathematics learning outcome.
PENGARUH PENERAPAN QUANTUM LEARNING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Putra, Jaya Dwi; Martini, Juwita
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.651 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v4i2.193

Abstract

Berdasarkan observasi, proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Batammasih didominasi oleh siswa yang pintar saja sehingga pembelajaran yang berlangsungbelum optimal, hal ini diduga menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Quantum Learningdengan Mind Mappingterhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakanpenelitian eksperimen.Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (QuasiExperimental Design), desain penelitian menggunakan model Nonequivalent Posttest onlyGroup Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk uraian.Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 1 Batam yang mana terdiri dari 9 kelasdengan jumlah siswa 360 orang. Sesuai dengan permasalahan yang ingin diteliti, maka dari 9kelas diperlukan 2 kelas sampel dan didapat kelas VII B sebagai kelas eksperimenmenggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan Mind Mappingdan VII Asebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan analisisdata ditemukan (1) Terdapat Pengaruh penerapan Quantum Learning dengan Mind Mappingterhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batamtahunpelajaran2014/2015; (2) Tidak terdapat pengaruh penerapan pembelajaran konvensional terhadap hasilbelajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batam tahun pelajaran 2014/2015; (3)Terdapat perbedaan penerapan Quantum Learning dengan Mind Mapping dan pembelajarankonvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batamtahun pelajaran 2014/2015; (4) Pembelajaran Quantum Learning dengan Mind Mapping lebihbaik dari pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Batam tahun pelajaran 2014/2015.Kata kunci: Quantum Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 BATAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Jafri, Fauzan; Adrila, Dewi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.677 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v4i2.198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui efektivitas metode pembelajaran Make AMatch dan metode pembelajaran Talking Stick ditinjau dari hasil belajar. Penelitian inimerupakan penelitian kuasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Two GroupRandomized Subject Post Test Only dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Batam padasemester II tahun pelajaran 2014/2015dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalahkelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen 2.Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes hasil belajar. Analisis data dilakukandengan menggunakan one sample t-test untuk hipotesis 1 dan 2 sedangkan untuk hipotesis 3menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1)Metode make a match efektif jika ditinjau dari hasil belajar matematika pada pokok bahasanmenghitung luas permukaan dan volume kubus siswa kelas VIII SMP negeri 11 batam tahunpelajaran 2014 / 2015. (2)Metode talking stick tidak efektif jika ditinjau dari hasil belajarmatematika pada pokok bahasan menghitung luas permukaan dan volume kubus siswa kelasVIII SMP negeri 11 batam tahun pelajaran 2014 / 2015. (3) Terdapat perbedaan efektifitasmetode make a match dan metode talking stick jika ditinjau dari hasil belajar matematikapada pokok bahasan menghitung luas permukaan dan volume kubus siswa kelas VIII SMPnegeri 11 batam tahun pelajaran 2014 / 2015.Kata kunci: Efektivitas Metode Pembelajaran, Metode Make A Match, Metode Talking Stick
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING Sari, Riska Novia
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.321 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v4i2.189

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji masalah peningkatan kemampuan penalaranmatematis siswa sebelum dan sesudah belajar melalui pembelajaran penemuan terbimbingdan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desainkelompok kontrol non ekivalen. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 3 Lembang.Sampel terdiri dari kelas IXA sebagai kelompok kontrol dan kelas IXB sebagai kelompokeksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes dan lembar observasi. Datadianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwapeningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar melalui pembelajaranterbimbing lebih baik daripada siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional.Kata Kunci: pembelajaran penemuan terbimbing, kemampuan penalaran matematis
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENTS HAVE DENGAN TEKNIK SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ANANDA BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Gusmania, Yesi; Wahyudha, Rahmat
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.966 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v4i2.194

Abstract

Berdasarkan observasi di SMP Ananda Batam menunjukan bahwa interaksipembelajaran dalam kelas relatif masih rendah dan berlangsung satu arah. Siswa di kelascenderung pasif, tidak berani menggungkapkan pendapat atau pertanyaan, dan motivasi siswadalam mengikuti pembelajaran rendah. Hasil ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian siswaSMP Ananda Batam semester 1 menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyelesaikan soalulangan masih rendah yaitu dari 39 siswa tersebut hanya 50% yang memperoleh nilai minimal60 dengan standar kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar nilai 67. Fakta tersebut dapatdiasumsikan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep dalammatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh modelpembelajaran question students have dengan teknik snowball throwing terhadap hasil belajarmatematika siswa kelas VII SMP Ananda Batam tahun pelajaran 2013/2014. Kemudian dapatdilihat perbedaan model pembelajaran question students have dengan teknik snowballthrowing dengan model konvensional.Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjekpenelitian siswa kelas VII SMP Ananda Batam tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian iniadalah penelitian eksperimen. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes yaitutes pilihan ganda yang dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu pre-test dan post-test. Hasilpengolahan data tes akhir kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 72,188, sedangkankelompok kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 65,625. Artinya ada peningkatan aktifitassiswa dalam pelajaran matematika melalui model pembelajaran question students havedengan teknik snowball throwing di kelasa eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian tersebutdapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran questionstudents have dengan teknik snowball throwing terdapat pengaruh terhadap hasil belajar kelasVII SMP Ananda Batam tahun pelajaran 2013/2014.Kata Kunci: Model Pembelajaran Question Students Have, Teknik Snowball Throwing,Hasil Belajar Matematika

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2022): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 10, No 2 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika More Issue