cover
Contact Name
Yusuf Murtadlo Hidayat, M.Stat
Contact Email
jbme@upi.edu
Phone
+628154688444
Journal Mail Official
jbme@upi.edu
Editorial Address
Kantor Program Studi Pendidikan Bisnis Gedung Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia Jl. Dr. Setiabudhi No 229 Bandung 40154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Business Management Education (JBME)
ISSN : 27153045     EISSN : 27153037     DOI : 10.17509/jbme
Core Subject : Economy, Education,
Journal of Business Management Education (JBME) with the registered number e-issn 2715-3037 and p-issn 2715-3045 is an online journal of undergraduate student in Pendidikan Bisnis, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia. Publishing every three times a year in May, September and December. Journal of Business Management Education contains scientific papers and or part of the thesis of undergraduate students. The primary editorial objective of the Journal of Business Management Education (JBME) is to provide a forum for the dissemination of theory and research in all areas of education, business, management, and entrepreneurship which would be of interest to academics and practitioners. The Scope of our journal includes marketing management, human resources management, financial management, operational management, strategic management, entrepreneurship.
Articles 240 Documents
PENGARUH LINGKUNGAN DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. RONADAMAR SEJAHTERA CABANG BANDUNG Widyanata, Riza; Senen, Syamsul Hadi
Journal of Business Management Education (JBME) Vol 2, No 3 (2017)
Publisher : Business Education Program of Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.074 KB) | DOI: 10.17509/jbme.v2i3.5883

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kinerja karyawan. Hal tersebut diindikasikan dengan menurunnya kinerja karyawan, dan menurunnya jumlah penjualan. Fenomena tersebut harus segera ditangani karena karyawan memiliki peranan penting dalam mencapai sebuah tujuan perusahaan. Lingkungan kerja dan kemampuan kerja dijadikan sebagai cara untuk meningkatkan kinerja karyawan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Lingkungan kerja, Kemampuan kerja, Kinerja karyawan, Besarnya pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, Besarnya pengaruh Kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan, Besarnya pengaruh Lingkungan kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan.Objek dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Ronadamar Sejahtera di Bandung. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah lingkungan kerja dan kemampuan kerja, serta veriabel terikat (Y) yaitu kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory survey dengan teknik sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 37 orang. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows.Hasil temuan dalam penelitian ini antara lain sebagai berikut: lingkungan kerja pada PT. Ronadamar Sejahtera dalam kategori baik, kemampuan kerja pada PT. Ronadamar Sejahtera juga dalam kategori baik, kinerja karyawan PT. Ronadamar Sejahtera dalam kategori tinggi, kinerja karyawan dipengaruhi secara positif oleh lingkungan kerja dengan korelasinya sebesar 7,8%, kinerja karyawan dipengaruhi secara positif oleh kemampuan kerja dengan korelasinya sebesar 66,5%, kinerja dipengaruhi secara positif oleh lingkungan kerja dan kemampuan kerja dengan koefesien determinasinya sebesar 49,8%. Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Kemampuan Kerja, Kinerja Karyawan
Pengaruh Modal Intelektual (Intellectual Capital ) dan Tanggung jawab Sosial Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Maula, Rita Nikmatul; Tarmedi, Eded; Tanuatmodjo, Heraeni
Journal of Business Management Education (JBME) Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Business Education Program of Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.621 KB) | DOI: 10.17509/jbme.v4i2.17319

Abstract

Abstract  : This study examines the effect of intellectual capital and corporate social responsibility (CSR) on firm value. The purpose of this study was to determine how the influence of intellectual capital and corporate social responsibility (CSR) on the value of the company in mining sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The population in this study were mining sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange from 2012-2016, while the sampling method used was purposive sampling and 25 research samples were obtained. The data used are secondary data collected by documentation techniques. The method of analyzing data in this study uses statistical testing of panel data with the common effect model method. Based on the calculation of panel data regression analysis with the help of software Eviews 9 it results that intellectual capital and corporate social responsibility (CSR) does not affect the value of the company. 
Analisis Kinerja Interpersonal Relationship Terhadap Customer Loyalty (Survei pada Pelanggan Telkom Speedy di Kota Bandung) Fitriansyah, Khelvin Aidil; Hurriyati, Ratih
Journal of Business Management Education (JBME) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Business Education Program of Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.006 KB) | DOI: 10.17509/jbme.v1i1.2272

Abstract

Persaingan bisnis secara global untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di dunia membuat suatu perusahaan harus memproduksi barang maupun jasa yang mempunyai kualitas sangat bagus agar pelanggan bertahan mengonsumsi produk maupun jasa. Dalam hal memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan di era kompetisi ini, harga produk tidak lagi mutlak menjadi faktor penentu bagi pelanggan dalam memilih sebuah produk. Kualitas produk dan layanan merupakan hal penting yang harus menjadi perhatian operator telekomunikasi. Hal tersebut juga diterapkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dengan strategi pelayanan terbaik melalui produknya yaitu Telkom  Speedy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja interpersonal relationship pada pelanggan Telkom Speedy di Kota Bandung, memperoleh deskripsi customer loyalty pada pelanggan Telkom Speedy di Kota Bandung dan mengetahui kinerja interpersonal relationship terhadap customer loyalty pada pelanggan Telkom Speedy di Kota Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif, dan metode yang digunakan adalah explanatorysurvey dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 110 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah  regresi linear sederhana dengan alat bantu software komputer SPSS 22.0. Berdasarkan hasil penelitian terhadap pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa interpersonal relationship memiliki pengaruh yang positif terhadap customer loyalty.
PENGARUH ARUS KAS OPERASI TERHADAP HARGA (Studi Kasus Pada Perusahaan Subsektor Pertambangan Batubara yang terdaftar di BEI SAHAM Periode 2011-2013) Badri, Dede Muhamad; Mayasari, Mayasari
Journal of Business Management Education (JBME) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Business Education Program of Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.074 KB) | DOI: 10.17509/jbme.v1i1.2288

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh (1) gambaran arus kas operasi pada perusahaansubsektor pertambangan batubara yang terdaftar di BEI periode 2011–2013. (2) gambaranharga saham pada perusahaan subsektor pertambangan batubara yang terdaftar di BEIperiode 2011–2013. (3) gambaran pengaruh arus kas operasi terhadap harga saham padaperusahaan subsektor pertambangan batubara yang terdaftar di BEI periode 2011–2013.Untuk mengukur pengaruh pada penelitian ini maka digunakanlah arus kas masuk arus kaskeluar sebagai rasio arus kas operasi dan harga saham penutupan sebagai rasio dari hargasaham. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan verifikatif dengandesain penelitian time series design. Analisis statistik yang digunakan adalah regresi liniearsederhana dengan tingkat signifikansi α = 5 % menggunakan alat bantu program SPSS21.0 for Windows.Hasil penelitian yang dibuktikan dengan uji F menunjukkan bahwa bahwa model regresidapat digunakan untuk melihat pengaruh arus kas operasi terhadap harga saham. Adapunpengaruh variabel independen dengan hasil uji t adalah arus kas operasi berpengaruhpositif terhadap harga saham. Artinya semakin tinggi arus kas operasi maka akanberpengaruh pada peningkatan harga saham.
UPAYA MENINGKATKAN KINERJA DENGAN CARA MEMBERIKAN MOTIVASI KERJA DAN MENUMBUHKAN KOMITMEN ORGANISASIONAL PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI JAWA BARAT Wardhana, R M Doni HA; Tarmedi, Eded; Sumiyati, Sumiyati
Journal of Business Management Education (JBME) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Business Education Program of Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.62 KB) | DOI: 10.17509/jbme.v1i2.5969

Abstract

Tujuan - Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan.Desain/metodologi/pendekatan- Penelitian ini dilakukan pada jangka waktu kurang dari 1 tahun, maka desain penelitian adalah desain cross-sectional. Dan metode yang digunakan adalah survei explanatory, dan populasi 109 karyawan. Teknik analisis yang digunakan adalah alat analisis jalur di olah menggunakan SPSS 16.0. kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data dari responden.Temuan - kinerja karyawan dipengaruhi oleh motivasi kerja dan komitmen organisasi secara signifikan dan positif.Orisinalitas/nilai - Motivasi dan komitmen organisasi digunakan sebagai cara untuk meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi, komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. motivasi pengaruh dan komitmen organisasi kepada karyawan lembaga transportasi kinerja di Jawa Barat. Objek yang menjadi unit analisis dalam penelitian ini adalah karyawan dari departemen transportasi dari Jawa Barat. Independet variable (X1) dalam penelitian ini motivasi adalah dan (X2) komitmen organisasi, serta variabel dependen (Y) adalah kinerja para karyawan. Kata kunci: Motivasi, komitmen organisasi, Kinerja Karyawan, Manajemen Sumber Daya ManusiaJenis Artikel: Research Paper 
GAMBARAN KOMUNIKASI PEMASARAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA KOMUNITAS MY XL FORUM Triatmojo, Benito Dani
Journal of Business Management Education (JBME) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Business Education Program of Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.846 KB) | DOI: 10.17509/jbme.v3i1.14174

Abstract

Purpose - The purpose of this study is to see the description of marketing communication and customer loyalty.Design / methodology / approach - The design of this study is cross sectional. This research uses descriptive approach with survey explanatory method as much as 83 respondents. A questionnaire was used as a research instrument to collect data from respondents. Analytical technique used is descriptive technique by using frequency table.Findings - Based on the results of the research using descriptive analysis, the result of the experience brand is in the high enough category with a score of representative 75.23% and the customer loyalty is in high category with a score of representative 76.40%.Originality / value - This research provides is condusted on telecommunication industry with the object of research is a sim card from famous brand. The dimensions and indicators used to measure of variable are the theories marketing mix.
GAMBARAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN DAN NIAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWI ANGKATAN 2014 DI UPI BANDUNG Rahayu, Widiana; Mulyadi, Hari; Utama, Dian Herdiana
Journal of Business Management Education (JBME) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Business Education Program of Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.032 KB) | DOI: 10.17509/jbme.v3i1.14248

Abstract

Purpose - The purpose of this study is to see the description of entrepreneurial attitude and entrepreneurship intention.Design/Methodology/Approach - The design of this study is cross sectional by using descriptive approach with explanatory survey method and total of 145 respondents. A questionnaire was used as a research instrument to collect data from respondents. Analytical technique used is descriptive technique by using frequency distribution.Findings - Based on the results of the research using descriptive analysis, the results obtained that the entrepreneurial attitude is in the medium category with a score of representative 63,5% and entrepreneurship intention is in the medium category with a score of representative 65,3%.Originality/Values - The difference of this study with previous research is on the object studied at female students 2014 in UPI Bandung who have pass studied Entrepreneurship studied, the measurement of entrepreneurship attitude through the dimension of Theory Planning Behavior (TPB) Icek Azjen in 1991 about autonomy authority, opportunity economy, self-realization, and perceived self-confidence.
GAMBARAN LINGKUNGAN KERJA, KOMUNIKASI KERJA DAN SEMANGAT KERJA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM PARU Dr. H.A. ROTINSULU BANDUNG Kamal, Nasrul; Sumiyati, Sumiyati; Purnama, Ridwan
Journal of Business Management Education (JBME) Vol 3, No 3 (2018)
Publisher : Business Education Program of Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.673 KB) | DOI: 10.17509/jbme.v3i3.14296

Abstract

Purpose - The purpose of this study is to see the description of work environment, work communication and moraleDesign/methodology/approachh - The design of this study was cross sectional method. This research uses descriptive approach with explanatory survey method. The nurses analysis unit is 107 people. Data collection using questionnaire. The analysis technique used is descriptive technique by using frequency distributionFindings - Based on the results of the research using descriptive analysis, the results obtained that work environment in the conducive category, wprk communication in the good category, and morale in the high category. Originality/value -  The differences in this study located on an object research , time research , a measuring instrument , literature that used , the theory that is used and the results of the study.
GAMBARAN BRAND EXPERIENCE DAN CUSTOMER-BASED BRAND EQUITY PADA SITUS WEDDING MARKETPLACE BRIDESTORY DI INDONESIA INDONESIA Nurfitriani, Nurfitriani; Wibowo, Lili Adi; Widjajanta, Bambang
Journal of Business Management Education (JBME) Vol 3, No 3 (2018)
Publisher : Business Education Program of Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.343 KB) | DOI: 10.17509/jbme.v3i3.14319

Abstract

Purpose - To find out the description of the level of brand experience and customer-based brand equity in site wedding marketplace Bridestory visitors in Indonesia. Design/methodology/approach - The design of this study is cross sectional method. This research uses descriptive approach with explanatory survey method. A total of 135 respondents were selected using probability sampling. A questionnaire was used as a research instrument to collect data from respondents. The analysis technique used is descriptive technique by using frequency distribution.Findings - The result showed that brand experience is in good category, while customer-based brand equity is in good enough category.  Originality / value - The differences in this study located on an object research , time research , a measuring instrument , literature that used , the theory that is used and the results of the study
Ekspektasi Pelanggan Media Sosial: Brand Engagement dalam Mempertahankan Customer Loyalty Adzimaturrahmah, Rozana; Wibowo, Lili Adi; Lisnawati, Lisnawati
Journal of Business Management Education (JBME) Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Business Education Program of Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.397 KB) | DOI: 10.17509/jbme.v4i2.16777

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand engagement terhadap customer loyalty pada pengguna media sosial di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan verifikatif dengan teknik analisis jalur, sampel yang digunakan sebanyak 106 responden. Hasil menunjukkan dari 5 dimensi brand engagement terdapat 3 dimensi berpengaruh terhadap customer loyalty yaitu curation, collaboration, interaction dan terdapat 2 dimensi tidak berpengaruh terhadap customer loyalty yaitu consumption, creation

Page 1 of 24 | Total Record : 240