cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
ISSN : 25411462     EISSN : 25491717     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and August.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2016)" : 10 Documents clear
EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT (PKM) PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) DI DESA BALONGGANDU KECAMATAN JATISARI KABUPATEN KARAWANG Ratna Sari Dewi
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.142 KB) | DOI: 10.30870/e-plus.v1i2.1161

Abstract

EVALUASI PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT (PKM) PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) DI DESA BALONGGANDU KECAMATAN JATISARI KABUPATEN KARAWANG                                                  Ratna Sari Dewi  Program Studi Pendidikan Luar Sekolah,FKIP - Universitas Singaperbangsa Karawangemail : nyixdarmi_indos@yahoo.co.id  ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan menganalisis data : 1) proses pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan kewirausahaan masyarakat (PKM), dan 2) evaluasi pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan kewirausahaan masyarakat (PKM) di desa Balonggandu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Proses Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) di Desa Balonggandu secara umum cukup matang dalam hal perencanaan  dengan pemilihan kegiatan berdasarkan prioritas kebutuhan kelompok masyarakat. Secara umum pelaksanaannya dapat menunjang keberhasilan kegiatan PNPM Mandiri melalui PKM dalam mengembangkan kewirausahaan terbukti dengan keseriusan UPK Jatisari Mandiri dalam merekrut tutor/instruktur/pelatih yang memiliki kompetensi dasar  yang baik. (2) Evaluasi Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Desa Balonggandu, merujuk pada hasil PNPM Mandiri melalui pendidikan keirausahaan masyarakat di Desa Balonggandu cukup berhasil dalam mengembangkan kewirausahaan  dan meningkatkan pendapatan kelompok masyarakat.                    Kata kunci : Evaluasi Program, PNPM Mandiri, PKM , Pelatihan
EVALUASI MODEL PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA BEBERAPA TK DI KOTA SEMARANG Utsman Utsman
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.062 KB) | DOI: 10.30870/e-plus.v1i2.1156

Abstract

EVALUASI MODEL PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI PADA BEBERAPA TK DI KOTA SEMARANG   Utsman Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Semarang (Unnes)utsman@mail.unnes.co.id Abstraks                 Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui model pengembangan kreativitas anak usia dini di beberapa TK di kota Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, dokumen, dan observasi sebagai metode pokok dalam menggali informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pengembangan kreativitas dalam berbahasa pada anak-anak usia dini di TK   tidak   menggunakan waktu  secara khusus, namun dilakukan terintegrasi  dengan pengembangan ranah kognitif, ssial emosional,   dan psikomotor.  Anak berkembang secara alami dalam berbahasa ketika pembelajaran berlangsung, (2) Pengembangan kreativitas seni   menggambar  tidak   menekankan pada kecepatan dalam menggambar, namun lebih menekankan pada kerapian dan keindahan. Umumnya anak-anak diminta untuk menggambar atau mewarnai gambar tertentu tanpa diberikan bimbingan kearah kreatif, dan (3) Kreativitas personal  yang terjadi pada anak-anak TK telah dikembangkan oleh para guru TK,  dan mereka umumnya mengembangkannya melalui berbagai kegiatan anak antara lain kegiatan melipat kertas, berceritera, menyusun balok, dan pazzle.  Atas dasar temuan-temuan tersebut disarankan: (1) Guru hendaknya dalam pembelajaran mengintegrasikan berbagai pengembangan kreativitas anak sesuai dengan potensi yang mereka miliki, dan guru harus juga mengenali semua potensi yang dimiliki oleh anak, dan (2)  Guru perlu memperbanyak pengetahuan tentang cara-cara mengembangkan kreativitas anak.                                                      Kata kunci: Pengembangan; Kreativitas, Usia Dini
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL (KF) MODEL INOVA KREATIF DI DESA MARGAMULYA KECAMATAN TELUKJAMBE BARAT KABUPATEN KARAWANG Tika Santika
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.866 KB) | DOI: 10.30870/e-plus.v1i2.1162

Abstract

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL (KF) MODEL INOVA KREATIF DI DESA MARGAMULYA KECAMATAN TELUKJAMBE BARAT KABUPATEN KARAWANG                         ABSTRAK Tika Santika Program Studi PLS FKIPUniversitas Singaperbangsa Karawangemail : tikasantika_usk70@yahoo.com                                                            Program Keaksaraan Fungsional diselenggarakan oleh berbagai pelaksana baik yang bersifat individu/perorangan maupun lembaga, baik pemerintah maupun masyarakat penyelenggara program yang bersifat lembaga. Penyelenggara Keaksaraan Fungsional (KF) yang dilaksanakan di Desa Margamulya ini adalah LPPM UNSIKA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan data tentang perencanaan, pelaksanaa, hasil dan dampak pembelajaran program KF Model Inova Kreatif di Desa Margamulya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Observasi, Wawancara, Analisis Dokumentasi sebagai sumber data Triangulasi. Proses perencanaan program pembelajaran Keaksaraan Fungsional dimulai dengan rekruitmen warga belajar yang dilakukan melalui koordinasi langsung pelaksanaan program dengan Pemerintah Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang. Pembelajaran program Keaksaraan Fungsional yang diberikan kepada warga belajar sesuai dengan petunjuk modul yang sudah ada, yaitu : membaca huruf vocal, membaca huruf konsonan yang digabung dengan huruf vocal, menulis huruf vocal, menulis huruf konsonan dan menyambungkan dengan huruf vocal, mengenal lambang bilangan, berhitung pengurangan, penjumlahan. Setelah mengikuti pembelajaran Keaksaraan Fungsional (KF) di Desa Margamulya warga belajar sudah bisa membaca, menulis, dan berhitung. Dampak pembelajaran program Keaksaraan Fungsional Model Inova Kreatif di Desa Margamulya dapat dirasakan oleh seluruh warga belajar diantaranya tumbuh minat baca. Kata Kunci : Pengelolaan Pembelajaran,  Keaksaraan Fungsional (KF)
KOMPETENSI INSTRUKTUR DAN EFEKNYA TERHADAP KECAKAPAN VOKASIONAL PESERTA PELATIHAN Dadan Darmawan
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.931 KB) | DOI: 10.30870/e-plus.v1i2.1157

Abstract

KOMPETENSI INSTRUKTUR DAN EFEKNYA TERHADAP KECAKAPAN VOKASIONAL PESERTA PELATIHAN  Dadan Darmawandadanpls@gmail.comJurusan Pendidikan Luar SekolahFakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Sultan Ageng Tirtyasa  ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi  Pedagogik instruktur dan efeknya terhadap kecakapan vokasional peserta pelatihan di Balai Pelayanan Pendidikan Non Formal Provinsi Banten. Rumusan masalahnya adalah; 1) Kondisi Objektif Kecakapan Vokasional, 2) Kondisi Objektif Kompetensi Pedagogik Instruktur, 3) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Instruktur terhadap Kecakapan Vokasional, dan 4) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Instruktur dan Efeknya terhadap Kecakapan Vokasional. Populasi penelitian ini adalah semua peserta pelatihan menjahit yang di selenggarakan Balai Pelayanan Pendidikan Provinsi Banten yang menjadi perwakilan kabupaten dan kota. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ; 1) Kecakapan Vokasional dasar lebih tinggi dibandingkan dengan kecakapan khusus dan perbedaannya dapat dilihat di pendidikan terakhir, usia peserta dan pengalaman menjahit. 2) Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kompetensi kepribadian dan sosial. 3) Kompetensi Instruktur memiliki pengaruh terhadap kecakapan vokasional peserta secara signifikan. Dan dilihat dari pengaruhnya kompetensi kepribadian memiliki pengaruh tertinggi dibandingkan dengan kompetensi lainnya. 4) Kompetensi Instruktur dilihat dari efek pengalaman menjahit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecakapan vokasional, tetapi usia peserta dan pendidikan terakhir tidak memiliki pengaruh yang signifikan.                        Kata Kunci : Kompetensi Instruktur, Efek dan Kecakapan Vokasional
MODEL KOMUNIKASI ORANG TUA TUNARUNGU YANG MEMILIKI ANAK MENDENGAR Etty Hasmayati
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.532 KB) | DOI: 10.30870/e-plus.v1i2.1163

Abstract

MODEL KOMUNIKASI ORANG TUA TUNARUNGU YANG MEMILIKI ANAK MENDENGAR 2016 Etty Hasmayati  ABSTRAK                 Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan pada tahun 2016. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan model komunikasi orang tua tunarungu yang memiliki anak mendengar. Penelitian dilaksanakan selama tiga tahun. Tahun pertama yaitu mengidentifikasi karakteristik orang tua tunarungu, identifikasi pola komunikasi yang terjadi antara anak yang mendengar dengan orang tua tunarungu, mengkaji secara teori model komunikasi orang tua tunarungu dengan anak mendengar. Metode penelitian meng-gunakan penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall (2008), yang terdiri dari tiga tahapan sebagai berikut: tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap implementasi. Teknik analisa data menggunakan deskritif untuk data kwalitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: telah tersusunnya kajian tentang karakteristik orang tua tunarungu, telah terindentifikasi pola komunikasi yang terjadi anatara anak yang memiliki pendengaran dengan orang tua tunaungu, telah tersusunnya draf model komunikasi orang tua tunarungu dengan anak yang memiliki pendengaran normal.
STRATEGI PENINGKATAN PERAN PKBM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP MASYARAKAT MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI PKBM PROVINSI BANTEN Irwan, Sudadio, Ahmad, Herlina Dede, Fathin, Didi
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.974 KB) | DOI: 10.30870/e-plus.v1i2.1158

Abstract

STRATEGI PENINGKATAN PERAN PKBM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP MASYARAKAT MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS KEARIFAN LOKALDI PKBM PROVINSI BANTEN Irwan, Sudadio, Ahmad, Herlina, Dede, Fathin dan DidiAbstrak Program pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan PKBM sebagai upaya memperluas jangkauan sasaran dan terbentuknya wadah pembinaan pendidikan luar sekolah sampai pada tingkat pedesaan, dengan melibatkan peran serta masyarakat. Dalam pelaksanaan program yang diselenggarakan PKBM tidak terlepas dari permasalahan yang dihadapi. Pelaksanaan pogram PKBM belum memanfaatkan dengan berbagai potensi lokal yang ada di lingkungan masyarakat setempat sehingga dampak program tidak bisa secara langsung membantu permasalahan yang dihadapi warga belajar di masyarakat. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Strategi peningkatan peran PKBM dalam meningkatkan kecakapan hidup masyarakat melalui pendampingan berbasis kearifan lokal di PKBM provinsi Banten. 2)  kearifan lokal yang dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan kecakapan hidup masyarakat melalui pendampingan berbasis kearifan local di PKBM Provinsi Banten. 3)  faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi peningkatan peran PKBM dalam meningkatkan kecakapan hidup masyarakat melalui pendampingan berbasis kearifan lokal di PKBM provinsi Banten. Kata Kunci : Pusat Kegiatan Belajat Mengajar (PKBM), Kecakapan Hidup, Kearifan Lokal
OPTIMALISASI LAYANAN TBM BERBASIS BAHASA IBU DALAM MEMELIHARA KEBERAKSARAAN MASYARAKAT (Studi pada TBM Luthfillah, Kota Palangka Raya) Muhamad Affandi
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.763 KB) | DOI: 10.30870/e-plus.v1i2.1164

Abstract

OPTIMALISASI LAYANAN TBM BERBASIS BAHASA IBU DALAM MEMELIHARA KEBERAKSARAAN MASYARAKAT(Studi pada TBM Luthfillah, Kota Palangka Raya) Muhamad Affandi(Universitas Palangka Raya) ABSTRAK Kajian ini bertujuan untuk memaparkan fenomena tentang peran aktif TBM dalam memelihara keberaksaraan masyarakat melalui bahasa ibu. Pada kajian ini, pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif. Adapun instrumen yang digunakan ialah wawancara, observasi serta studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan pada kajian ini yaitu menggunakan reduksi data, display data serta penarikan kesimpulan (conclution).Hasil kajian ini yakni mendapatkan deskripsi data bahwa sistem layanan yang diterapkan di TBM Luthfillah ini lebih berorientasi pada kebutuhan masyarakat atau pembaca. Artinya, pengelola memberikan kebebasan bagi pembaca untuk memilih, meminjam dan tentunya membaca bahan bacaan yang memang sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, TBM Luthfillah ini juga sangat kental dengan budaya Dayak.Pada prakteknya selain pendekatan berbasis bahasa ibu, TBM Luthfillah juga melaksanakan beberapa alternatif kegiatan untuk menstimulasi minat masyarakat untuk berkunjung ke TBM. Langkah-langkah ini dianggap cukup efektif, karena disamping mendapatkan hadiah, para peserta secara tidak langsung juga akan tergerak minatnya untuk berkunjung dan membaca di TBM. Treatment tersebut juga sukses memelihara keberaksaraan masyarakat, mengingat mayoritas dari peserta kegiatan ialah alumni pendidikan keaksaraan dasar dan keaksaraan usaha mandiri. Kata Kunci: Taman Bacaan Masyarakat, Bahasa Ibu, Keberaksaraan Masyarakat
KONTRIBUSI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN KOMPETENSI TUTOR TERHADAP MUTU HASIL BELAJAR KESETARAAN PAKET A, B, DAN C PADA SKB DAN PKBM BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI PROVINSI BANTEN Sudadio, Irwan, Ika Lulu, Ema, Wulan
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.645 KB) | DOI: 10.30870/e-plus.v1i2.1159

Abstract

KONTRIBUSI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN KOMPETENSI TUTOR TERHADAP MUTU HASIL BELAJAR KESETARAAN PAKET A, B, DAN C PADA SKB DAN PKBM BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI PROVINSI BANTEN Sudadio 1), Irwan Djumena 2), Ika Rizqi Meilya 3),Lulu Putri Utami 4), Ema Noviah 5), Wulan Rahmawati 6) AbstrakKeberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh baik buruknya suatu manajemen/pengelolaan yang dilakukan. Sedangkan keberhasilan manajemen/ pengelolaan pembelajaran sangat ditentukan oleh manusianya (the man behind) yang dalam pendidikan disebut guru/tutor. Berkaiatan dengan hal tersebut, maka menarik  peneliti melakukan penelitian yang memfokuskan pada kajian "Kontribusi Pengelolaan Pembelajaran dan Kompetensi Tutor Terhadap Mutu Hasil Belajar Kesetaraan Paket A, B, dan C pada SKB dan PKBM Berbasis Kearifan Lokal di Provinsi Banten". Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi pengelolaan pembelajaran terhadap mutu hasil belajar, (2) kontribusi kompetensi tutor terhadap mutu hasil belajar, dan (3) kontribusi pengelolaan pembelajaran dan kompetensi tutor terhadap mutu hasil belajar pendidikan kesetaraan paket A, B, dan C pada SKB dan PKBM berbasis kearifan lokal di Provinsi Banten.Berdasarkan analisis dan jenis datanya penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 94 orang tutor kesetaraan paket A, B dan C pada 3 SKB dan 11 PKBM berbasis kearifan lokal di Provinsi Banten. Instrumen pengumpulan databerupa kuesioner, pedoman observasi, wawancara tidak terstruktur, dan pedoman telaah dokumen. Penelitian ini melibatkan 2 variabel bebas yaitu pengelolaan pembelajaran (X1) dan kompetensi tutor (X2) dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar (Y). Masing-masing variabel bebas, digunakan rumus analisis regresi linear dua prediktor. Pengujian dilakukan melalui analisis varians garis regresi untuk menemukan harga F. Setelah nilai F diketahui, kemudian dicari  Sumbangan Relatif (SR) masing-masing prediktor.Sebelumnya, untuk menganalisis data yang didapat peneliti menggunakanrumus statistic korelasi Product Moment.Dari hasil perhitungan SPPSS v17 analisis korelasi parsial antara (X1) dan (Y)  R = 0,531 yang menurut ketentuan tabel koefisien korelasi berarti sedang. sedangkan antara (X2) dan (Y) didapat nilai R = 0,638 yang berarti tinggi. Analisis Korelasi berganda didapat nilai R = 0,695 maka terdapat hubungan yang tinggi antara (X1) dan (X2) terhadap (Y). Besarnya koefisien determinasi = 48 % dapat diartikan bahwa (Y) dapat dipengaruhi oleh (X1) dengan (X2), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis antara (X1) terhadap (Y) di dapat terhitung>ttabel 6,006>1,662 maka terdapat hubungan yang signifikan, dan dari hasil pengujian hipotesis antara (X2) dengan (Y) di dapat thitung>ttabel 7,941>1,662 maka terdapat hubungan yang signifikan. Hasil analisi regresi berganda didapat persamaan Y = 33,480 + 0,309 X1 + 0,398 X2, dan dari pengujian hipotesis di dapat nilai F hitung >F tabel 42,480 > 3,10 dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima atau dengan kata lain bahwa antara (X1)dan (X2) terhadap mutu hasil belajar terdapat hubungan yang signifikanKata kunci : pengelolaan pembelajaran, kompetensi, mutu hasil belajar
HUBUNGAN MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATERI MENULIS KARANGAN PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI PKBM AL-FIRDAUS KABUPATEN SERANG Lina Ta'atiah Insani Rahayu
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.475 KB) | DOI: 10.30870/e-plus.v1i2.1165

Abstract

HUBUNGAN MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATERI MENULIS KARANGAN PADA WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI PKBM AL-FIRDAUS KABUPATEN SERANG Liza Ta’atiah Insani RahayuABSTRAK Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut : (1) Apakah terdapat hubungan minat membaca dengan hasil belajar materi menulis karangan pada Warga Belajar Kejar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang? (2) ) Apakah terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar materi menulis karangan pada Warga Belajar Kejar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang? (3) ) Apakah terdapat hubungan minat membaca dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar materi menulis karangan pada Warga Belajar Kejar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan minat membaca  dengan hasil belajar materi menulis karangan; (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar materi menulis karangan; (3) hubungan minat membaca dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar materi menulis karangan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian kuantitatif deskriptif juga dapat dilakukan untuk mencari kuatnya hubungan antara variabel melalui penelitian korelasi. Maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, di mana penelitian ini mencoba meneliti hubungan antara variabel-variabel yaitu minat membaca sebagai variabel (X1), motivasi belajar sebagai variabel (X2) dan hasil belajar materi menulis karangan sebagai variabel (Y). Instrumen yang dipakai pada penelitian ini berupa angket untuk menilai minat membaca (X1) dan motivasi belajar (X2) pada warga belajar serta tes untuk menilai hasil belajar (Y) pada warga belajar.Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang siginifikan antara minat membaca  dengan  hasil belajar materi menulis karangan dengan rhitung (0,400) yang lebih besar dari pada rtable (0,361), koefisien  korelasi diuji signifikansinya dengan melihat harga t, dimana thitung (10,083) lebih besar dari pada harga ttable (1,701); (2) terdapat hubungan yang siginifikan antara motivasi belajar  dengan  hasil belajar materi menulis karangan dengan harga rhitung (0,442) yang lebih besar dari pada rtable (0,361), koefisien  korelasi diuji signifikansinya dengan melihat harga t, dimana thitung (8,392)  lebih besar dari pada harga ttable (1,703); (3) terdapat hubungan signifikan antara membaca dan motivasi belajar secara bersama- sama dengan hasil belajar materi menulis karangan  dengan Ry(1,2) sebesar 0,492, koefisien korelasi signifikansi dengan uji-F diperoleh Fhitung = 4,321 lebih besar dari Ftabel  sebesar  3,33  maka  Fhitung> Ftabel,  pada  taraf  nyata  α = 0,05.Dengan meninjau hal-hal di atas, dapat diketahui bahwa minat membaca dan motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan secara bersama-sama dengan hasil belajar materi menulis karangan sehingga perlu mendapatkan perhatian dan tindak lanjut sebagai pengembangan agar dapat membantu dan menunjang dalam meningkatkan hasil belajar materi menulis karangan warga belajar PKBM Al-Firdaus Kabupaten Serang Kata kunci: minat membaca, motivasi belajar, hasil belajar
DAMPAK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN FUNGSIONAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B Dayat Hidayat
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : FKIP Untirta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.841 KB) | DOI: 10.30870/e-plus.v1i2.1160

Abstract

DAMPAK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN FUNGSIONAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B Dayat Hidayat Program Studi Pendidikan Luar SekolahFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawangemail : dayathidayat194@yahoo.comTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses, faktor pendukung dan dampak pembelajaran keterampilan fungsional dalam meningkatkan keterampilan kewirausahaan warga belajar Kejar Paket B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan unit analisis PKBM Harapan di Desa Sukamulya Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang. Subyek penelitian yakni pengelola PKBM, tutor, dan warga belajar Kejar Paket B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan model interaktif. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa : (1) pembelajaran bagi warga belajar Kejar Paket B berkaitan keterampilan fungsional pembuatan budi daya jamur sesuai dengan sumber daya lokal yang tersedia. (2) faktor pendukung pembelajaran ditunjang kemampuan tutor yang cukup memadai. Sarana dan prasarana pembelajaran yang tersedia cukup lengkap dan memadai. (3) dampak pembelajaran yang diperoleh warga belajar Kejar Paket B adalah meningkatnya pengetahuan, sikap kewirausahaan dan keterampilan fungsional budi daya dan pengolahan budi daya jamur merang. Dampak pembelajaran bagi warga belajar adalah terbukanya kesempatan untuk meningkatkan pendapatan kehidupannya.                 Kata Kunci : Keterampilan Fungsional, Keterampilan Kewirausahaan, Warga Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 10