cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
ISSN : 20862407     EISSN : 2549886X     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual thoughts or ideas and learning Physics research results that have been achieved, both at school and in college.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2016): APRIL 2016" : 11 Documents clear
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Listrik Statis untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Subrata Subrata
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 7, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v7i1.1155

Abstract

Abstrak.Dalam pembelajaran di sekolah, metode ceramah masih menempati urutan teratas dalam penyampaian materi pelajaran. Dengan pendekatan ceramah, aktivitas pembelajaran didominasi oleh guru, sehingga peserta didik pasif dan motivasi belajar peserta didik rendah. Peserta didik menganggap pelajaran IPA sangat sulit difahami, sehingga menyebabkan mereka malas belajar. Hal ini terbukti dari hasil Ulangan Kenaikan Kelas pada kelas VIII pada tahun pelajaran 2010/2011dengan nilai rata-rata kelas 61,88 danketuntasan peserta didik hanya 60 % dengan KKM 70. Diperlukan pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai gagasan pokok untuk memotivasi peserta didik untuk saling membantu dalam menyelesaikan tugas dan siap untuk bekerja mandiri dalam mengerjakan evaluasi.Jika peserta didik sudah termotivasi, maka aktivitas peserta didik dalam pembelajaran meningkat. Peningkatan aktivitas pembelajaran akan berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan kooperatif tipe STAD pada kelas IX C SMPN 15 Semarang pada semester gasal tahun pelajaran 2011/2012, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik meningkat. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas pembelajaran sebesar 71,9 %, persentase ketuntasan 87,5 % dan rata-rata kelas 76,38.Kata kunci:aktivitas,kooperatif, motivasi.
Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Tata Surya Sri Latifah; Ratnasari Ratnasari
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 7, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v7i1.1150

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul IPA Terpadu terintegrasi aya-ayat Al-Qur’an pada materi tata surya sebagai bahan ajar siswa SMP/MTs kelas IX. Masalah pada penelitian ini antara lain, bagaimana mengembangkan modul IPA Terpadu terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi tata surya, dan apakah pengembangan modul IPA Terpadu terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi tata surya menarik untuk dijadikan sebagai bahan ajar.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D). Produk yang dihasilkan terkategori sangat baik berdasarkan validasi dari ahli materi dengan presentase skor 85% dan ahli desain dengan skor 85%, serta modul sangat menarik untuk dijadikan bahan ajar berdasarkan penilaian guru memperoleh presentase skor 86%, danrespon siswa pada ujicoba kelompok kecil memperoleh persentase 76% serta ujicoba lapangan memperoleh presentase skor 81%.Kata kunci: Modul IPA Terpadu, Integrasi ayat-ayat Al-Qur’an, Tata Surya.
Pengembangan Buku Ajar IPA Fisika Berbasis Proyek SMP Kelas VII Semester I Lylan Alfiani Wijaya; Harto Nuroso; Joko Siswanto
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 7, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v7i1.1156

Abstract

Abstrak. Salah satu penilaian otentik dalam KTSP adalah berupa tugas proyek yaitu kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu. Pelaksanaan tugas proyek dengan baik di dalam pembelajaran membutuhkan model pembelajaran berbasis proyek. Akan tetapi, tugas proyek di buku belum spesifik dan tidak bisa digunakan secara mandiri oleh siswa sehingga perlu pengembangan buku ajar berbasis proyek untuk siswa smp kelas VII semester 1. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan buku ajar ipa fisika adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian dilaksanakan di SMP N 37 Semarang Kelas VII dengan sampel yaitu kelas kontrol di VII H dan kelas eksperimen di VII G. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu metode tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa perlu dikembangkannya buku ajar IPA FISIKA berbasis proyek untuk siswa SMP kelas VII semester 1 karena belum tersedia di sekolah baik dari guru maupun dari dinas pendidikan. Efektivitas buku ajar berbasis proyek dapat dilihat dari hasil perhitungan uji t diperoleh data nilai posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai thitung sebesar 6,46. Nilai tabel pada dk = 62 dan pada derajat kepercayaan 95% diperoleh sebesar 1,9993. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa buku ajar efektif terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Proyek, Pengembangan Buku Ajar, IPA FISIKA
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berkomunikasi Ilmiah pada Kelas X di SMA Negeri 1 Rembang Ishartanto Qodry; Harto Nuroso; Susilawati Susilawati
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 7, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v7i1.1151

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning melalui pendekatan saintifik terhadap kemampuan berkomunikasi ilmiah pada kelas X di SMA Negeri 1 Rembang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Rembang, mulai tanggal 2 Februari sampai dengan 7 Maret 2015. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X yang diambil secara acak, untuk menentukan sampel. Terdapat dua kelas sampel yaitu kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X-MIA 4 sebagai kelas kontrol. Data awal diambil dari nilai Ulangan Tengah Semester Gasal dan data akhir dari hasil observasi. Analisis data terdiri dari analisis awal (uji normalitas dan uji homogenitas) dan analisis akhir (uji t- dan uji N-Gain). Hasil analisis akhir uji hipotesis diperoleh thitung (5,3557) > ttabel (1,68) maka Ho ditolak maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning melalui pendekatan saintifik terhadap kemampuan berkomunikasi ilmiah pada kelas X di SMA Negeri 1 Rembang memberikan pengaruh secara siginifikan. Uji N-Gain kemampuan berkomunikasi ilmiah pada kelas eksperimen 0,894 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,624 dengan kategori sedang. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa kelas X SMA N 1 RembangKata kunci: Model PBL, pendekatan saintifik, kemampuan berkomunikasi ilmiah.
Pengaruh Model Project Based Learning melalui Metode Praktikum terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Getaran Harmonis Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Comal Khanifah Khanifah; Joko Saefan
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 7, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v7i1.1141

Abstract

Physics learning will give optimal learning outcomes if the students can buildknowledge and find the answer of a problem through the learning process which has beendone. Separately, some studies show that students lack of creative thinking ability andscientific works. Therefore, it needs project based learning model which can sharpen thestudents creative thinking ability to learn Physics.This experimental study aimed to know theeffects of Project Based Learning model through the method of laboratory working on thecreative thinking ability on the material of harmonic vibration at grade XI MIA of SMAN 1Comal. The samples of this study were Class XI MIA 2 as the experimental class and Class XIMIA 3 as the control class. The techniques used to gather the data in this study weredocumentation, observation, and tests.Based on the analysis of the hypotheses using one-tailed t-test with right side, the results showed that the was 2,99 and the was 1,67. Itcould be seen that the was higher than the so that the Ha was acceptedisaccepted. Meanwhile, from the gain test, it was obtained that the of experimental class was0.710 with high category and the of control class was 0.611 with medium category.The learning using Project Based Learning model through the method of laboratory working on thematerial of Harmonic Vibration at Grade XI MIA of SMAN 1 Comal gives effects on thecreative thinking ability and can develop the students’ creative thinking ability. Keywords: Creative Thinking Ability, Practicum Methods, Project Based Learning.
Pemberdayaan Keterampilan Argumentasi Mendorong Pemahaman Konsep Siswa Viyanti Viyanti; Cari Cari; Widha Sunarno; Zuhdan Kun Prasetyo
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 7, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v7i1.1152

Abstract

Abstrak. Penelitian bertujuan memberdayakan keterampilan argumentasi untuk mendorong pemahaman konsep siswa pada materi terapung dan tenggelam. Penelitian difokuskan pada 1) identifikasi keterampilan argumentasi yang dapat diberdayakan dan 2) identifikasi pemahaman konsep siswa setelah diberdayakan keterampilan argumentasi. Populasi penelitian adalah siswa SMA kelas XI di kota Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk 2 kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa fokus memberdayakan keterampilan argumentasi (elemen claim) tanpa memberdayakan elemen keterampilan argumentasi lainnya, hal ini berdampak pada lemahnya pemahaman konsep materi terapung dan tenggelam siswa. Idealnya pemberdayaan keterampilan argumentasi secara utuh berdampak pada perluasan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian ini menjadi rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya guna memperoleh perubahan positif memberdayakan keterampilan argumentasi yang secara langsung meningkatkan pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik.Kata kunci: Pemahaman konsep, keterampilan argumentasi
Uji Coba Pemanfaatan Software Soundcard Oscilloscope V1.40 untuk Praktikum Efek Dopler Sigit Ristanto; Dwi Fajar Santoso
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 7, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v7i1.1147

Abstract

Abstrak Software Soundcard Osciloscope V1.40 adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menampilkan suara dalam bentuk grafik spektrum frekuensi maupun panjang gelombang. Dengan kemampuan tersebut software ini berpotensi untuk dapat digunakan sebagai alat ukur frekuensi dalam praktikum efek dopler. Tulisan ini akan melaporkan hasil studi kelayakan pemanfaatan Software Soundcard Osciloscope V1.40 untuk praktikum efek Dopler. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh besaran frekuensi menggunakan Software Soundcard Oscilloscope V1.40 dan membandingkan hasil eksperimen dengan teori. Penelitian ini dimulai dari uji tanggapan frekuensi Software tersebut terhadap sumber suara yang telah diketahui frekuensinya. Lalu, dilanjutkan dengan uji tanggapan frekuensi pada sumber bunyi yang belum diketahui frekuensinya. Setelah itu, digunakan untuk mengukur frekuensi sumber bunyi ketika dalam keadaan diam dan bergerak. Terakhir membandingkan hasil eksprimen dengan hasil teori menurut efek Dopler. Berdasarkan hasil eksperimen dan hasil teori diketahui bahwa pola grafik yang dibentuk sama-sama linier, sedangkan perbedaan hasil keduanya semakin kecil jika frekuensi suara semakin kecil. Dengan demikian software osciloskop dapat digunakan untuk praktikum efek Dopler.Kata kunci: software soundcard osciloscope, praktikum efek Dopler.
Pembelajaran melalui Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Kemagnetan Peserta Didik Kelas IX Semester Dua Tahun Ajaran 2012/2013 Umrotun Umrotun
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 7, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v7i1.1153

Abstract

Abstrak-Tujuan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pemahaman konsep kemagnetan, serta memaparkan perubahan perilaku belajar peserta didik kelas IX semester dua tahun ajaran 2012/2013 SMP N 3 Mranggen melalui pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, jumlah siswa 33 orang terdiri 18 siswa perempuan dan 15 siwa laki-laki. Setiap siklus dilakukan tahapan: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I hasil penelitian indikator meningkatnya pemahaman tentang kemagnetan menunjukkan persentase sebesar 63,64 % (21 orang) yang belum tuntas sebesar 36,36 % (12 orang) dan nilai rata-rata klasikal 73. Pada siklus II pemahaman tentang induksi elektromagnet yang mencapai tuntas belajar dengan persentase sebesar 93,94 % (31 orang), sedang yang belum tuntas 2 siswa sebesar 6,06 % (2 siswa) dan nilai rata-rata klasikal 82. Dari hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71,40 % dan pada siklus II sebesar 87,88 %.Kata kunci: Peningkatan kemampuan pemahaman, peta konsep (concept maps), konsep kemagnetan
Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah se-DIY Joko Purwanto Purwanto; winarti winarti
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 7, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v7i1.1148

Abstract

Abstrak. Berpikir merupakan aktivitas mental untuk membantu memformulasikan atau memecahkan suatu masalah, membuat suatu keputusan, atau memenuhi hasrat keingintahuan. Penanaman kemampuan berpikir kritis menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitan ini adalah 1)untuk mengetahui profil pembelajaran fisika di Madrasah Aliyah se DIY, 2)untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Aliyah se DIY. Adapun sampel pada penelitian ini adalah 12 MA yang ada di DIY baik itu yang bertatus Negeri maupun Swasta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) semua MA masih menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Center) meskipun sebagian besar Madrasah Aliyah Negeri sudah menerapkan kurikulum 2013 dan belum memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya, 2)kemampuan berpikir kritis siswa MA masih pada kategori rendah.Kata kunci: berpikir kritis, profil pembelajaran, teacher center
Pengaruh Penggunaan LKS dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII MTs Negeri 1 Semarang Mustika Mustika; Ernawati Saptaningrum; Susilawati Susilawati
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 7, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v7i1.1154

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Semarang. Sampel yang digunakan adalah 32 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VII H sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai tes hasil belajar IPA adalah 35 butir soal berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan LKS dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan LKS, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan KKM = 75,00 lebih signifikan pada kelas eksperimen, dan kategori lebih tinggi dalam perhitungan peningkatan ranah soal pada kelas eksperimen. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan LKS dengan pendekatan saintifik pada materi objek IPA dan pengamatannya terhadap hasil belajar IPA.Kata Kunci: Penggunaan LKS, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar IPA

Page 1 of 2 | Total Record : 11