cover
Contact Name
Habiddin
Contact Email
Habiddin_wuni@um.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpek.journal@um.ac.id
Editorial Address
O2 building, Chemistry Department, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang Jl. Semarang 5 Malang, East Java - Indonesia 65145
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
J-PEK (JURNAL PEMBELAJARAN KIMIA)
ISSN : 25286536     EISSN : 25795945     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
J-PEK, Jurnal Pembelajaran Kimia (e-issn: 2579-5945; p-issn: 2528-6536) is published by Chemistry Department, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. The publishing frequency of the journal is two issues per year (June and December) and it welcomes articles (in English or in the Indonesian language) in the area of chemistry education including research results, review or short communication, conceptual ideas in chemistry education, and others in-depth analysis of relevant issues in chemistry education disciplines.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK) Vol. 1 No. 2 2016" : 11 Documents clear
PERSEPSI MAHASISWA BARU JURUSAN KIMIA FMIPA UM ANGKATAN 2016 TENTANG FENOMENA PERUBAHAN MATERI M. Muchson M. Muchson; Yunilia Nur Pratiwi; Oktavia Sulistina; Darsono Sigit
J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK) Vol. 1 No. 2 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.254 KB)

Abstract

Abstrak                                                                                       Perubahan materi merupakan topik pembelajaran yang umumnya disajikan pertama kali sebelum reaksi-reaksi kimia yang lebih rumit. Topik tersebut sudah mulai diperkenalkan sejak siswa duduk di bangku sekolah menengah. Namun, kemampuan siswa untuk membedakan perubahan fisika dan kimia tergantung pada tingkat pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa baru pendidikan kimia tentang perubahan materi. Sebanyak 95 mahasiswa semester I tahun ajaran 2016/2017 diminta untuk menuliskan persepsi mereka terhadap tujuh fenomena perubahan materi. Hasil analisis menunjukkan bahwa 73,68% mahasiswa mampu mengidentifikasi perubahan fisika dengan tepat, sedangkan perubahan kimia diidentifikasi dengan tepat oleh 78,42% mahasiswa. Selanjutnya, alasan mahasiswa pada masing-masing fenomena dianalisis dan dikategorikan berdasarkan kemiripan jawaban dengan mahasiswa lain. Namun, kemampuan mahasiswa untuk mengidentifikasi fenomena komplek yang melibatkan kedua jenis perubahan materi tersebut masih sangat kurang. Kata Kunci : Perubahan materi, persepsi mahasiswa, konsep alternatif Abstract Changes of matter are generally the first topics taught before the more complicated chemical reactions. The topics have been introduced since students in secondary school. However, the student's ability to distinguish between physical and chemical changes was depend on the level of student understanding. This study aims to identify early chemical education undergraduate students' perceptions about physical and chemical changes. There were 95 first semester students were asked to write down their perceptions of seven phenomena related to changes of matter. Results showed that 73,68% students were able to identify the physical changes precisely, while chemical changes identified correctly by 78,42% of students. Then, students’ reason students for each phenomenon analyzed and categorized based on the similarity of the answers with others. However, students' ability to identify complex phenomenon that involves both types of material changes are still lacking.    Keywords : change of matter, students’ perception, alternative conception
PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LAWANG PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM Arifah Zurotunisa; Habiddin Habiddin; Ida Bagus Suryadharma
J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK) Vol. 1 No. 2 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.304 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan siswa yang dibelajarkan dengan Pendekatan konvensional (verifikasi) pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam. Selain itu juga ingin diketahui sikap ilmiah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lawang yang dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis garam. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu. Kegiatan analisis data meliputi uji-t dengan signifikansi 0,05 untuk hasi belajar kognitif. Data sikap ilmiah diperoleh melalui angket yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif  siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan konvensional (verifikasi) pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam. Sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan konvensional (verifikasi). Kata Kunci : Inkuiri terbimbing, Hasil belajar, Sikap Ilmiah, Larutan Penyangga, Hidrolisis garam Abstract This research was conducted to determine the difference  of learning achievements between students who learned with guided inquiry method and students who learned with the conventional method (verification) in the buffer and salt hydrolysis topic. Another objective is to determine the difference scientific attitude of student at both clases. Data were collected at XI class of science program SMA Negeri 1 Lawang. A quasi-experimental design post-test-only and descriptive design were used for this research. Data analysis was started by by for scientific attitude t-test with a significance of 0.05. Questionnaire data was analysis by quantitative descriptive analysis. The reseaarch showed that (1) there are differences in cognitive learning achievements of students that learned using guided inquiry methods and students that learned using conventional (verification) method in the buffer and salt hydrolysis topic. (2) the scientific attitude of students that learned using guided inquiry learning method is higher than the students that learned using conventional (verification). Keywords: Guided Inquiry, learning achievement, Scientific Attitude, Buffer Solution, salt hydrolysis
IDENTIFIKASI TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DAN PENERAPANNYA DALAM STOIKIOMETRI PADA SISWA KELAS X IPA DI MAN 3 MALANG Riski Norjana; Santosa Santosa; Ridwan Joharmawan
J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK) Vol. 1 No. 2 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.564 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas X IPA di MAN 3 Malang pada (1) konsep hukum-hukum dasar kimia, (2) konsep mol, (3) stoikiometri, dan (4) materi hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam stoikiometri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa dari kelas X IPA 1 dan X IPA 4 dengan jumlah 45 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 26 soal tes objektif pilihan ganda dengan 4 alternatif pilihan jawaban. Dalam pengumpulan data, siswa diminta menuliskan alasan pemilihan jawabannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas X IPA di MAN 3 Malang (1) pada hukum-hukum dasar kimia adalah kurang (48,15), (2) pada konsep mol adalah baik sekali (80,37), (3) pada stoikiometri adalah kurang (46,94), dan (4) pada materi hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam stoikiometri adalah kurang (55,21). Kata kunci: tingkat pemahaman, hukum-hukum dasar kimia, konsep mol, stoikiometri Abstract This research aimed to determine the understanding level of 10th grade science students of MAN 3 Malang on (1) the concept of fundamental chemical laws, (2) the mole concept, (3) stoichiometry, and (4) the fundamental chemical laws and their applications in stoichiometry subject. This research used a descriptive quantitative research design. The research sample was students of X IPA 1 dan X IPA 4 that consisted of 45 students. They were chosen using cluster random sampling technique. The instrument that used in this research was a written test that consist of 26 multiple choice questions with 4 alternative answers. In the data collection process, students were required to write down the reasons behind their answers. The conclusions of this research showed that the understanding level of 10th grade science students of MAN 3 Malang on (1) the concept of fundamental chemical laws was insufficient (48,15), (2) the mole concept was very good (80,37), (3) stoichiometry was insufficient (46,94), and (4) the fundamental chemical laws and their applications in stoichiometry subject was insufficient (55,21). Keywords: the understanding level, the fundamental chemical laws, the mole concept, stoichiometry
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRAKTIKUM MENGGUNAKAN DIAGRAM VE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM Atika Kusdiyana Putri; Dermawan Afandy; Muhammad Su'aidy
J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK) Vol. 1 No. 2 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.317 KB)

Abstract

Abstrak Pelaksanaan kegiatan praktikum di sekolah biasanya menggunakan prosedur percobaan yang telah disediakan oleh guru dan siswa tinggal mengikuti instruksi yang tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran praktikum dengan diagram Ve dan yang diajar menggunakan metode praktikum biasa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experimental Design-Posttest Only. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Kata kunci: diagram Ve, hasil belajar, hidrolisis garam Abstract At the lab work, students usually do the experiment using a procedure prepared by the teacher. At this research, the objective is to know the difference in cognitive learning outcome between students who learn using lab work learning strategy with Ve diagram and who learn using usual lab work method in salt hydrolysis topic. This research uses Quasi Experimental Design-Posttest Only. The result shows that there is a significant difference in cognitive learning outcome between control class and experiment class. Key words: Ve diagram, learning outcome, salt hydrolysis
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DALAM MATERI STOIKIOMETRI PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 MALANG MELALUI SOAL DIAGNOSTIK THREE-TIER Rofinda Gita Aini; Suhadi Ibnu; Endang Budiasih
J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK) Vol. 1 No. 2 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.236 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui konsep apa saja dalam materi stoikiometri yang menjadi miskonsepsi bagi siswa kelas X di SMAN 1 Malang, serta mengetahui keefektifan instrumen three-tier untuk mengidentifikasi adanya miskonsepsi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling dan terpilih 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen three-tier efektif untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada siswa. Salah satu bentuk miskonsepsi yang ditemukan yaitu siswa menganggap pereaksi pembatas merupakan reaktan dengan massa terkecil. Kata Kunci: miskonsepsi, stoikiometri, soal diagnostik three-tier Abstract The aims of this research are to identify which concepts that students on 10th grade of SMAN 1 Malang have as misconception and to know the effectiveness of three-tier diagnostic instrument to identify misconception. This research use descriptive design. The sample was drawn from this accessible population with cluster random sampling technic and 60 students are accepted as sampels. One of the misconceptions is student assume that limiting reactant is reactant which have smallest mass.  Keywords: misconception, stoichiometry, three-tier diagnostic instrument
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATAKULIAH DASAR-DASAR KIMIA ANALISIS MELALUI STRATEGI THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN MENURUT TEORI ELABORASI Endang Budiasih; Dedek Sukarianingsih
J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK) Vol. 1 No. 2 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.379 KB)

Abstract

Abstrak Telah dilakukan penelitian yang berjudul Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Dasar-dasar Kimia Analisis. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas proses belajar mengajar ditinjau dari aspek kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas tiga siklus, dengan mengambil pokok bahasan Ruang Lingkup Kimia Analisis,  Analisis Kation, Analisis Anion, Pengolahan Data Analitik, dan Gravimetri. Subyek penelitian adalah mahasiswa S1 Pendidikan Kimia yang sedang mengambil perkuliahan Dasar-dasar Kimia Analisis pada semester gasal 2015 – 2016, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen pembelajaran, yaitu bahan ajar yang diwajibkan dan suplemen bahan ajar (hand out). Instrumen pengukuran dibedakan menjadi dua macam, yaitu instrumen pengukuran kualitatif (lembar observasi), serta instrumen pengukuran kuantitatif (Lembar Kerja Mahasiswa dan tes tertulis). Data kuantitatif dikelompokkan berdasarkan rentangan skor tertentu, dan hasilnya disimpulkan berdasarkan patokan kemampuan yang berlaku di Universitas Negeri Malang. Berdasarkan analisis data, maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui Strategi TPS dengan Pengorganisasian Pembelajaran menurut Teori Elaborasi pada matakuliah Dasar-dasar Kimia Analisis dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar ditinjau dari aspek kualitatif maupun kuantitatif. Secara kualitatif peningkatan itu dapat diketahui dari kemampuan kooperatif mahasiswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Indikator peningkatan tersebut dapat dilihat dari aspek-aspek saling ketergantungan yang positif, interaksi langsung antar mahasiswa, pertanggungjawaban individu, dan keterampilan berinteraksi antar individu dan kelompok Secara kuantitatif dapat diketahui dari penilaian aspek kognitif, yaitu hasil LKM dan hasil ujian pada pokok bahasan Ruang Lingkup Kimia Analisis,  Analisis Kation, Analisis Anion, Pengolahan Data Analitik, dan Gravimetri. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan telah terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa siklus demi siklus. Kata kunci: Think, Pair, Share (TPS), Teori Elaborasi Abstract Has conducted a study entitled Improving the Quality Learning Course Fundamentals of Chemical Analysis. The purpose of this study was to determine the improvement of the quality of teaching and learning process in terms of qualitative and quantitative aspects. The study was designed as an action research three cycles, with the subject taking Scope Chemical Analysis, Analysis of cation, anion analysis, Analytical Data Processing, and Gravimetry. Subjects were students of S1 Chemical Education who were taking the course Fundamentals of Chemical Analysis in odd semester of 2015-2016, the number of students as many as 35 people. The research instrument consists of instruments of the learning and teaching materials that are required to supplement teaching materials (handouts). Measurement instruments can be divided into two kinds, namely the qualitative measurement instruments (observation sheet), as well as quantitative measurement instruments (Worksheet Students and written test). Quantitative data grouped by specific range of scores, and the result was concluded based benchmark capabilities in force in Universitas Negeri Malang (UM). Based on data analysis, it can be concluded from this study that the application of learning through TPS with Organizing Learning Strategies by Elaboration Theory on the course Fundamentals of Chemical Analysis can improve the quality of teaching and learning process in terms of qualitative and quantitative aspects. Qualitatively it can be seen from the increase in cooperative ability students in completing a given task. Indicators of the increase can be seen from the aspects of positive interdependence, direct interaction between students, individual responsibility, and the skills of interaction between individuals and groups Quantitatively it can be seen from the assessment of cognitive aspects, namely the results of the MFI and the test results on the subject of the Scope of Chemistry analysis, analysis of cation, anion analysis, Analytical Data Processing, and Gravimetry. Based on the analysis, we can conclude there has been increased ability of students cycle-by-cycle. Keywords: think, pair, share (TPS), elaboration theory
PENGARUH PENGAITAN NILAI KEIMANAN DAN KETAQWAAN DALAM PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR, DAN PERSEPSI SISWA Wiwin Puspita Hadi
J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK) Vol. 1 No. 2 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.094 KB)

Abstract

Abstrak Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, pendidikan juga bertujuan untuk  mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sesuai dengan tujuan yang sudah ada seharusnya sistem pembelajaran di Indonesia mampu menciptakan manusia Indonesia seutuhnya Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengaitan nilai keimanan dan ketaqwaan pada pembelajaran kimia terhadap motivasi belajar, prestasi belajar serta persepsi siswa terhadap pembelajaran tersebut. Rancangan yang digunakan adalah eksperimental semu. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MA An Nur Banyuates Sampang, dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing 40 siswa.. Prestasi belajar siswa diketahui dengan tes tertulis (post test) yang berbentuk multiple choice, terdiri dari 25 item. Uji coba instrumen tes diperoleh reliabilitas 0,80 dan validitas isi 78,6%. Motivasi belajar siswa diketahui dengan menggunakan angket, dan persepsi siswa terhadap pembelajaran diketahui menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang mendapat pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan nilai keimanan dan ketaqwaan motivasi belajarnya lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengalami pembelajaran kimia tanpa dikaitkan dengan nilai keimanan dan ketaqwaan; (2) Siswa yang mendapat pembelajaran kimia dengan nilai keimanan dan ketaqwaan prestasi belajarnya lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengalami pembelajaran tanpa nilai keimanan dan ketaqwaan; (3) Persepsi siswa terhadap pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan nilai keimanan dan ketaqwaan lebih positif dibandingkan dengan siswa yang mengalami pembelajaran tanpa dikaitkan nilai keimanan dan ketaqwaan. Kata Kunci: Keimanan, Ketaqwaan, Prestasi Belajar, Motivasi, Persepsi Abstract The function of national education is to develop and to embody ability, character and civilization to improve national life in order to grow students’ potency to be qualified human being with good in faith, religion, knowledge, health, behavior, creativity and talent. Moreover they should be independent, democratic and responsible person in their environment. Based on these objectives, Indonesian learning system should be able to create high quality person with excellent in religion and knowledge. These conditions will be achieved if all of teaching at schools, especially chemistry teaching, can be used to develop students’ knowledge, faith and piety. The objectives of this research is to know the effect of connecting faith and piety values in chemistry teaching upon students’ motivation, learning achievement, and perception. This research used quasi-experiment design. Population of this research was students in 10th grade of An Nur Senior High School Banyuates Sampang. Research sample consist of two classes, i.e. experimental and control classes. Each class consists of 40 students. The experimental class is subjected to chemistry teaching for hydrocarbon and petroleum topics connected to faith and piety values, whereas the control class is subjected to the same topics but not connected to faith and piety values. Students’ achievement was measured using objective written test consists of 25 items with content validity of 78.6% and reliability, measured with KR 20’s formula of 0.80. Student’s motivation was identified using a questionnaire, whereas student’s perception was identified using an observation form. The result of this research are as follows: (1)  students subjected to chemistry teaching for hydrocarbon and petroleum topics connected to faith and piety values have higher motivation than those who studied the same topics but not connected to faith and piety values; (2) students subjected to chemistry teaching for hydrocarbon and petroleum topics connected to faith and piety values have higher achievement than those who studied the same topics but not connected to faith and piety; and (3) students subjected to chemistry teaching for hydrocarbon and petroleum topics connected to faith and piety values have more positive perception about chemistry teaching than those who studied the same topics but not connected to faith and piety values. Based on these results it is suggested to connect chemistry teaching for other topics with faith and piety values. Keywords: Faith, piety, learning achievement, motivation, perception.
IDENTIFIKASI TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP STOIKIOMETRI PADA PEREAKSI PEMBATAS DALAM JENIS-JENIS REAKSI KIMIA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 4 MALANG Lailatul Maghfiroh; Santosa Santosa; Ida Bagus Suryadharma
J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK) Vol. 1 No. 2 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.312 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa SMA kelas X-MIA SMAN 4 Malang dalam memahami konsep persamaan reaksi, jenis-jenis reaksi, dan stoikiometri pereaksi pembatas. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-MIA 1 dan X-MIA 2 yang berjumlah 66 siswa yang diambil secara cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa 27 soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban yang memiliki validitas isi sebesar 83,34% dan reliabilitas dengan r = 0,833. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pemahaman siswa terhadap konsep persamaan reaksi kimia tergolong cukup (46,2%), (2) jenis-jenis reaksi kimia tergolong sangat tinggi (81,8%), dan (3) pereaksi pembatas tergolong tinggi (70,7%). Kata kunci: tingkat pemahaman konsep, stoikiometri, pereaksi pembatas Abstract This research aims determine the understanding level on Tenth Grade MIA SMAN 4 Malang in understanding the concept of chemical equations, type of chemical reactions, stoichiometry limiting reactant. The research was descriptive design. The sample of research is 2 classes, there are X- MIA 1 and X- MIA 2 that consist of 66 students with cluster random sampling technique. The research instrument is 27 multiple choice questions with 5 alternative answer with 83,34% of content validity and reliability with r = 0,833. The results showed that: (1) students who understand the chemical reaction equations is enough (46,2%), (2) type of chemical reactions is very high (81,8%), and (3) limiting reactant is high (70,7%). Keywords: concept understanding level, stoichiometry, limiting reactant
IDENTIFIKASI TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP LARUTAN PENYANGGA ASPEK MAKROSKOPIK, SUBMIKROSKOPIK, DAN SIMBOLIK PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 3 MALANG TAHUN AJARAN 2013/ 2014 Yusria Izzatul Ulva; Santosa Santosa; Parlan Parlan
J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK) Vol. 1 No. 2 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.483 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas XI IPA SMAN 3 Malang pada materi larutan penyangga aspek makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes tertulis yang berjumlah 28 soal pilihan ganda yang dibagi ke dalam tiga aspek, yaitu aspek makroskopik sebanyak 8 soal, aspek submikroskopik sebanyak 6 soal, dan aspek simbolik sebanyak 14 soal. Berdasarkan hasil verifikasi, diperoleh validitas isi instrumen sebesar 95,23%. Reliabilitas instrumen yang dihitung menggunakan software program statistik anates ver 4.0.9 sebesar 0,94. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pemahaman siswa pada materi larutan penyangga aspek makroskopik termasuk sangat tinggi (88,11%), (2) Tingkat pemahaman siswa pada materi larutan penyangga aspek submikroskopik termasuk sangat kurang (18,01%), (3) Tingkat pemahaman siswa pada materi larutan penyangga aspek simbolik termasuk sedang (52,99%). Kata kunci: makroskopik, submikroskopik, simbolik, larutan penyangga,  pemahaman siswa Abstract The purpose of this resarch was to determine the level of understanding of class XI IPA SMAN 3 Malang in macroscopic, submicroscopic and symbolic of buffer solution. Data was collected through purposive sampling technique. The instrument consists of 28 multiple choice questions divided into 8 of macroscopic, 6 of submicroscopic, 14 of symbolic. The validity of the instrument of 95.23%. Instrument reliability is determined using statistical software program anates ver 4.0.9 of 0.94. This study uses a quantitative descriptive design. The results showed that (1) the level of understanding of students on buffer solution is 88.11% of macroscopic, 18.01% of submicroscopic, and 52.99% of symbolic. Keywords: macroscopic, submicroscopic, symbolic,buffer solution, student understanding
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODUL STOIKIOMETRI BERDASARKAN KONSEP SUKAR DAN KESALAHAN KONSEP PADA PEMAHAMAN DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMAN 1 MALANG Sutinah Sutinah; Fariati Fariati; Oktavia Sulistina
J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK) Vol. 1 No. 2 2016
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.516 KB)

Abstract

AbstrakTujuan penelitian untuk mendeskripsikan ketuntasan belajar, pemahaman konsep, dan persepsi peserta didik, serta mengetahui efektivitas modul stoikiometri berdasarkan konsep sukar dan kesalahan konsep dibandingkan latihan soal. Pengumpulan data menggunakan dua set soal tes diagnostik dan angket persepsi peserta didik. Data selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan statistik. Hasil penelitian menyatakan peserta didik yang belum tuntas dan dibelajarkan dengan bantuan modul dan latihan soal pada ketuntasan belajar mencapai 49,27% dan 31,88%, penurunan konsep sukar sebanyak 16,94% dan 14,38%, serta penurunan kesalahan konsep sejumlah 10,0% dan 4,6%. Persepsi peserta didik terhadap isi dan pembelajaran menggunakan modul sangat positif. Hasil uji-t pihak kanan menunjukkan bahwa modul stoikiometri lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yang belum tuntas dibandingkan dengan latihan soal (thitung(2,923) > ttabel (1,995)). Kata kunci: modul stoikiometri, konsep sukar, kesalahan konsep, pemahaman, persepsi AbstractThe purposes of the research were to describe students' mastery learning, understanding, perception, and to determine the effectiveness of the stoichiometry module based on difficult concept and misconception which were compared with the exercises. Collecting datas used two set of diagnostic tests and a questionnaire student's perceptions. Analysis technique data used descriptive and statistic analysis. The results of research showed that students who were taught with module and those who were taught with exercises had average percentages as following: mastery learning were 49,27% and 31,88%, reduction of difficult concept were 16,94% and 14,38%, and reduction of misconception were 10,0% and 4,6% respectively. Students' perception of the module's content and learning that uses modules were very positive. The result one sample t-test of showed that stoichiometry module based on difficult concept and mosconception was more effective to improve the understanding of students in the topic of stoichiometry than exercises (thitung(2,923) > ttabel (1,995)). Keywords: stoichiometry module, difficult concept, misconception, understanding, perception 

Page 1 of 2 | Total Record : 11