cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7, No. 1" : 5 Documents clear
Kearifan lokal sawah Surjan di Kulon Progo sebagai upaya ketahanan pangan Sarah Pramadani; Filipus Dimas Darumurti; Sudrajat Sudrajat
Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Vol. 7, No. 1
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ketahanan pangan merupakan salah satu syarat dari terbentuknya masyarakat yang mandiri dan sejahtera. Salah satu upaya yang dilakukan guna menyukseskan ketahanan pangan adalah dengan melalui pengolahan lahan dengan sistem surjan. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui sejarah dan kemunculan sistem surjan, mekanisme sistem surjan dan implikasinya terhadap ketahanan pangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan/literatur. Hasil kajian menunjukkan 1) Sistem Surjan merupakan sistem pengolahan lahan dengan membuat kledokan dan guludan. 2) sistem surjan diaplikasikan di lahan persawahan daerah pesisir untuk memanfaatkan pengairan. 3) Sistem Surjan turut mendukung ketahanan pangan.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p1
Student perceptions of women's participation in the Legislature: Case study in Malang City government agency Ade Ana Kartikasari; Airell Malik Savero; Driya Safina Sahida; Revita Anastria Adinda Putri Kamandoko; Dedhi Lugita Hadi Wijaya
Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Vol. 7, No. 1
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Problems regarding gender equality in Indonesia enter various domains and fields, one of which is in the realm of Legislative politics. The existence of women in the legislative sphere is often underestimated. Therefore, a survey was conducted on students' perceptions as agents of change in responding to women's participation in the legislative membership, especially in the DPRD. The case study was in the Malang City DPRD. This survey uses a descriptive qualitative method of case studies in the Malang City DPRD. Based on the results of a survey conducted by students from various faculties and different universities, they agree that the presence of women in DPRD membership will contribute to the policies formulated by legislative institutions in the future.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p21
Living museum sebagai sumber pembelajaran Sejarah (comparative studies in Bali and West Java) Nana Supriatna; I Made Pageh
Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Vol. 7, No. 1
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini ditulis berdasarkan kajian pustaka berbasis Sejarah dan studi lapangan dengan metode etnografi mengenai museum hidup (living museum) dan potensi penggunaannya secara pedagogis dalam pembelajaran Sejarah. Artikel ini merupakan kolaborasi dua peneliti dari daerah berbeda, yaitu Bali dan Jawa Barat dengan fokus kajian pada kedua daerah tersebut. Kedua daerah ini memiliki karakteristik budaya dan pengalaman historis berbeda. Akan tetapi, keduanya memiliki persamaan yaitu warisan pengalaman masa lalu berbentuk artefak dan tradisi yang sarat dengan nilai-nilai kearifan lokal. Artefak yang tampak tidak hanya berbentuk benda fisik yang tersimpan di museum melainkan juga berbentuk nilai-nilai yang kini dirawat, dilestarikan dan dipraktikkan dalam kehidupan masyarakat. Namun demikian, nilai-nilai tradisional yang diklaim menggambarkan keaslian budaya lokal tersebut tidak selalu menggambarkan keasliannya. Hal ini karena faktor interaksi budaya selain faktor hegemoni warisan zaman kolonial yang terus berlangsung hingga sekarang. Dalam perspektif pos-kolonial, upacara adat, dan relief pura di Bali sudah mengalami hibridisasi. Demikian juga tradisi mengolah dan mengonsumsi pangan lokal di Jawa Barat mengalami mimikri berupa peniruan terhadap simbol-simbol budaya dari luar. Nilai-nilai hidup itulah -sekalipun merupakan bentuk percampuran budaya- dalam penelitian ini disebut sebagai living museum. Secara pedagogis, kedua peneliti menawarkan nilai-nilai tersebut untuk dijadikan sebagai sumber pembelajaran Sejarah di sekolah. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa cinta pada budaya lokal dan budaya bangsa sekaligus menumbuhkan kesadaran sejarah kritis.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i22022p42
Efektivitas media pembelajaran berbasis infografis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Masluhah Masluhah; Kiki Rizkiatul Afifah; Ahmad Hafid
Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Vol. 7, No. 1
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis infografis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, yang berdasarkan kriteria subjek penelitian sebanyak 20 siswa pada satu kelas di mata pelajaran IPS. Dokumentasi dan tes penilaian berupa pre-test dan post-test merupakan teknik pengambilan data pada penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisis melalui uji Paired Sample t-tes. Berdasarkan pada hasil uji pre-test dan post-test disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran berbasis infografis berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p11
Preparing Students as global citizens through strengthening state defense attitudes and actions Asep Mahpudz; Taufiq Eka Riandhana; Shofia Nurun Alanur; Dahlia Syuaib
Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS Vol. 7, No. 1
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Learning Citizenship Education in Higher Education faces challenges in the dynamics and global developments. One of the challenges faced in interpreting state defense for students who are young citizens. This article aims to conceptually analyze the steps to prepare students as young citizens as part of global citizens through strengthening awareness of defending the State. This study uses a quantitative descriptive research approach. Data collection techniques by distributing questionnaires randomly via google form to students of Tadulako University class 2018, 2019, and 2020 who have studied Citizenship Education. The results of the questionnaire were analyzed by percentage. The study results show that state defense's values, attitudes, and actions can be integrated into the learning of Citizenship Education in Higher Education. This is a step to strengthen students' cognitive, affective, and psychomotor aspects. That state defense is a form of student love as citizens of the State. The learning process of Citizenship Education in Higher Education, which discusses the material of state defense, is seen by students as very positive/very good and positive/good.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v7i12022p29

Page 1 of 1 | Total Record : 5